10 Wisata Air Menarik di Indonesia


“Love never dies of starvation but often of  indigestion.”

By Ninon de L’Enclos

Cave Tubing di Goa Pindul

Hello World!

Jakarta, Agustus 2016

Wisata air Indonesia itu emang paling lengkap ya mulai dari wisata air biasa sampai ekstrim yang memacu adrenalin terus tersebar di seluruh Indonesia. Nah bicara tentang wisata air Indonesia, ternyata pengalamanku main air sudah 10 cerita loh mulai main airnya di Sungai sampai di Laut.  Tentu saja kesan main air itu seru sekali karena setiap perjalanan itu memiliki cerita tersendiri.

Pengalaman Main Air di 10 Wisata Air Menarik Indonesia

1. Diving di Bali

Pantai Kuta Bali
Bali

Pertama kali main air itu di Bali tahun 2010 saat aku dan teman-teman kuliahku Susanto, William dan Surya backpacker ke Bali. Waktu itu kami mencoba diving di Bali, walau aku itu tidak bisa berenang. Pertama kali menyelam di Bali rasanya itu menyenangkan loh diajari ama si “Beli” (panggilan abang di Bali) serta kami berempat ramaian main nyelam di tempat pemula. Menurutku wisata menyelam itu paling keren karena bisa melihat biota bawah laut, sayangnya itu aku tidak bisa berenang. Nah pengalaman menyelam pertama di Bali itu aku malah santai sementara temanku Santo dan William mabuk laut padahal mereka bisa berenang loh karena memang semakin dalam kita menyelam maka telinga kita bisa pekak. Terus menyesuaikan bernafas dengan tabung oksigen dari mulut itu bukan perkara mudah karena kita biasa bernafas dengan hidung. Walau demikian pengalaman main air diving di Bali itu merupakan pengalaman yang sangat menarik dalam hidupku. Suatu saat ingin mencobanya lagi.

2. Main Tubing di Sungai Bahorok

tubing di sungai bahorok
Tubing di Sungai Bahorok

Pengalaman kedua main air di wisata air Indonesia yang paling seru lainnya ialah saat main Tubing di Sungai Bahorok, Taman Lauser Sumatera Utara. Jadi setelah 1 hari memasuki hutan Luaser jalan kaki dikejar oleh Ornag Utan terus menginap di tepi Sungai Bahorok kemudian kami melakukan perjalanan menelusuri Sungai Bahorok dengan ban alias tubing. Jadi masing-masing kami dalam satu tubing isi dua lalu menelusuri arus Sungai Bahorok. Karena aku tidak bisa berenang jadi main tubing itu bikin deg-degan tapi serunya minta ampun. Untungnya teman tubing aku itu bisa berenang, aku jadinya merasa amanlah. Belum lagi di rombongan aku dan Surya doang yang turis lokal yang lainnya bule semua, jadi kami merasa tubing dengan para bule itu kayak merasa bule jadinya haha, habis walau orang lokal malah main tubing atau kalau di Sidempuan disebut “main ban-ban” pertama kali pula. Tapi daripada gak sama sekali, iya kan? biar gak malu-maluinlah ama orang Bule yang jauh-jauh ke Sungai Bahorok ke Taman Lauser demi “main ban-ban” (tubing)

Baca Juga Trekking di Taman Lauser

3. Snorkeling di Pulau Riung

Snorkeling di Riung
Snorkeling di Pulau Riung

Sebenarnya aku bukan penyuka wisata air dalam aktivitas snorkeling karena aku susah sekali menggunakan alat snorkel, dan sering sekali air masuk ke hidung sehingga aku kurang suka snorkeling. Tapi bak kontradiktif, justru kegiatan snorkeling malah sering aku lakukan paling diantara kegiatan air lainnya. Kegiatan snorkeling pertamaku di Kepualauan Riung di Flores. Air nya jernih, lautnya biru serta pasirnya putih! Gimana aku tidak menolak untuk melakukan snorkeling di Riung. Alamnya menggoda sehingga melupakan keterbatasan tidak bisa berenang. Bahkan saat snorkeling di Pulau Riaung, aku melihat Nemo loh, terus ikan-ikan lucu lainnya. Pokoknya kalau teman-teman punya rezeki, kunjungilah Flores, karena alam Flores itu sungguh indah sekali.

Baca juga Tentang Pulau Riung dan Gambar Riung

4. Snorkeling di Pulau Tunda

snorkeling di Pulau tunda
Snorkeling di Pulau Tunda

Pengalaman snorkeling lainnya ketika di Pualau Tunda, waktu itu aku open trip Pulau Tunda. Agenda perjalanan kami salah satunya snorkeling di Pulau Tunda. Sayangnya banyak sekali sampah di Pulau Tunda (tahun 2013) dan semoga sampahnya tahun 2016 sudah dibersihkan. Waktu snorkeling di Pulau Tunda aku ikut karena aku mengajak ibuku untuk snorkeling pertama. Jadi sangat senang melihat ibuku ikut trip bersamaku, alhasil aku juga ikut-ikutan snorkeling di Pulau Tunda. Selain snorkeling di Pulau Tunda, kami beruntung karena kami melihat kawanan Lumba-lumba di Pulau Tunda yang seolah menyambut kedatangan kami. Tentu saja bagiku berkesan karena melihat  kawanan lumba-lumba di habitatnya langsung, di laut.

Baca juga Tentang Pulau Tunda

5. Snorkeling di Pulau Karimun Jawa

karimun jawa
Karimun Jawa

Di tahun 2013 temanku Helga mengajakku ke Karimun Jawa. Tentu saja aku mengiyakan ajakan untuk trip di Karimun Jawa. Salah satu kegiatan trip Karimun Jawa kami adalah snorkeling di Pulau Karimun Jawa bersama teman lainnya. Di trip Karimun pulalah aku mengenal Jard, blogger wanita keren dari Malaysia yang sudah melanglang buana menaklukkan peta dunia. Waktu itu kami berenam, dua cewek, 4 cowok dan ramai-ramai lah kami snorkeling di Pulau Karimun Jawa tepatnya di Pulau Menjangan. Jard merasa laut Indonesia sangat bagus karena dia juga menemukan Nemo di Pulau Karimun. Tentu saja celotehnya masuk akal mengingat Pulau Karimun Jawa sangat bersih dan cocok untuk wisata snorkeling.

Baca juga Tentang Karimun Jawa

6. Tubing di Goa Pindul

 Goa Pindul
Tubing di Goa Pindul

Di tahun 2013 aku juga melakukan aktivitas air berupa tubing di Goa Pindul, Yogyakarta. Beramai-ramai dengan teman kantor, kami trip ke Yogya dan melakukan tubing di Goa Pindul. Bedanya tubing di Sungai Bahorok Sumatera Utara dengan Tubing di Goa Pindul yaitu pada jumlah pemakaian tubing yang masing-masing satu ban satu orang. Terus kami masuk kedalam Goa Pindul melewati aliran sungai yang ada. Keseruannya karena waktu ke Goa Pindul ramai wisatawan terus mian air di dalam Goa rasanya memacu kebahagiaan. Lain kali ke Yogya, pasti aku akan mencoba tubing lagi karena tubing itu seru.

Baca juga tentang Gua Pindul

7. Canoing di Ujung Kulon

canoe in ujung kulon
Canoeing di Ujung Kulon

Canoing di Ujung Kulon alias main sampan-sampannan di Ujung Kulon tahun 2014 ketika waktu itu aku berantem banyak sekali masalah. Akhirnya aku merasa butuh libur sehingga aku acak mencari trip ke Ujung Kulon. Nah akhirnya akupun ikut trip orang ke Ujung Kulon dan bertemu dengan orang baru. Ternyata pilihanku itu tepat karena Canoing di Ujung Kulon itu seru. Pengalaman mendayung melewati Sungai Cigenter Ujung Kulon dan mencari jejak Badak terasa seru. Belum kami ramai-ramai jadi seolah sedang lomba sampan.

Baca juga Ujung Kulon

8. Body Rafting di Green Canyon

Green Canyon Pangandaran Indonesia
Body Rafting di Green Canyon Pangandaran Indonesia

Pengalaman air lainnya yang seru ketika main body rafting di Green Canyon Pangandaran tahun 2014. Waktu itu aku trip bersama teman-teman ex MT ramaian dimulai dari Tasikmlaya. Waktu itu ada adegan nyasar mobil kami saat mencari Green Canyon Pangandaran. Jadi pengalaman terlelah main air yang pernah aku alami ialah main body rafting di Green Canyon Pangandaran karena kami dilengkapin dengan life vest kemudian kami membiarkan badan kami mengikuti arus sungai. Duh capek sekali tapi seru apalagi pas saling menyatu dengan teman lainnya. Seru habis!

Baca juga Green Canyon

9. Snorkeling di Air Tawar Umbuk Ponggol, Magelang

Umbul Ponggok, Bunake Klaten
Umbul Ponggok, Bunake Klaten

Untuk wisata Umbul Ponggok, Klaten Jawa Barat baru aku lakukan di tahun 2016 bersama teman Blogger dalam rangka Famtrip Jateng. Kalau pengalaman dulu-dulu snorkeling di air laut maka pengalaman di Umbul Ponggok berbeda karena snorkelingnya di air tawar. Awalnya sempat mengernyitkan dahi ketika bentuknya seperti kolam eh ternyata pas masuk kedalam terkagum-kagum dengan kejernihan airnyanya serta airnya dingin sekali. Terus bagi penyuka photo dan mau eksis di Instagram maka Umbul Ponggok jadi pilihanlah.

Baca Juga Umbul Ponggok

10. Rafting di Sungai Progo Magelang

Rafting di Sungai Progo, Magelang
Rafting di Sungai Progo, Magelang

Nah pengalaman terakhir main air-air di Indonesia itu beneran rafting dengan teman Blogger dalam Rangka Famtrip Jateng. Jadi mendayung menelusuri Sungai Progo selama 2 jam bahkan saking serunya mukaku bercampur antara takut, senang. Tengoklah mukaku pas di rafting Sungai Progo, menahan diri agar tidak jauh.

Baca Juga Rafting di Sungai Progo

Ternyata wisata air menarik di Indonesia banyak ya!

Hayo siapa yang sudah mencoba kegiatan wisata air di Indonesia?

Dimana dan wisata air kategori apa?

Salam

Winny

Iklan

76 tanggapan untuk “10 Wisata Air Menarik di Indonesia

      1. Kalo saya gaya dada mbak, kalau masuk air trus tenggelam, trus tangannya keluar dari air digoyang-goyangkan sambil bilang “daadaaa…”… Plung langsung ilang…

  1. 3 dari 10, bali, karimun, dan pindul, lumayan lah, hehe..

    yang bikin malas snorkeling sebenernya karena mata minus, dan jarang penyedia yang menyediakan snorkel minus, kecuali beli sendiri..

  2. Aku termasuk jaraaang wisata basah-basahan di air, Win. Padahal bisa berenang. Hahahaha. Tapi penasaran sama canoing di Ujungkulon itu, keknya seru! Mungkin kapan-kapan aku harus coba :D.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s