Pengalaman Rafting Di Sungai Progo Magelang


I owe no explanations for my flaws. I don’t have to justify my mistakes, my past, or my insecurities. I am growing and learning. Let me live.

By Unknown

arung-jeram-magelang

Hello World

Magelang, Agustus 2016

Yee akhirnya aku mencoba arung jeraml! Bahagia itu sederhana, sesederhana jika salah satu dari bucket list kesampaian. Maklum selonjoran di ban di Sungai Bahorok sudah, body rafting di Green Canyon Tasikmalaya sudah nah pas impian melakukan rafting yang beneran rafting terwujud rasanya itu senangnya luar biasa dan baru kesampaian di Famtrip Jateng bersama blogger kece nan ngehits kami bersama-sama melakukan aktivitas arung jeram. Yah paling tidak Magelang tidak hanya Candi melulu, wisata arung Jeram Magelang pun tak kalah serunya.

Sekitar jam 9 kami tiba di basecamp Progo yang selokasi dengan Hotel Puri Asri, Magelang. Kemudian kami mangisi form pendaftaran peserta kemudian menitipkan barang kami. Kemudian kami memakai life jacket, helm dan peralatan arung jeram serta masing-masing kami dibagi dalam satu kelompok. Kelompokku terdiri dari 6 orang yaitu aku, Citra, Kak Titi, Kak Bulan, Mas Sukmana dan Bu Ina dalam satu perahu. Sebelum kegiatan arung jeram kami dimulai kami semua dibreifing tentang teknis arung jeram mulai dari bagaimana mengayuh ke depan, ke belakang serta cara memegang dayung yang benar. Kelompokku dalam melakukan arung jeram didampingi pemandu professional bernama Bang Mukhlis. Jadi kami adalah tim Arung Jeram bang Muklis.

Teman Kelompok Arung Jeram
Teman Kelompok Arung Jeram

Setelah selesai mendengarkan penjelasan dari guide kami, lalu kegiatan yang ditunggu-tunggupun dimulai!

Yeeee aku arung jeram!

Kategori arung Jeram yang kami ikutin adalah Rute Progo atas kategori Pemula Grade III sepanjang 9 km dengan lama kegiatan 2 jam. Jalur Progo atas merupakan jalur favourite yang sering dipilih oleh wisawatan penikmat arung jeram khususnya pemula arung jeram. Tapi yang mahir arung jeram bisa juga memilih kategori expert. Kalau kami sih mengikuti jalur Progo Atas pemula aja cukup memacu adrenalin loh, untungnya tingkat kesulitannya aman bagi pemula sepertiku yang tidak bisa berenang.

Rafting di Sungai Progo, Magelang
Rafting di Sungai Progo, Magelang

Saat arung jeram dimulai,  aliran sungai membawa perahu kami mengikuti arus di Sungai Progo. Terlihat jelas muka-muka antusias bukan karena masa kecil kami kurang bahagia tapi main arung jeram itu serunya gak ketolongan. Percikan air Sungai yang lumayan besar yang sesekali membenturkan kami ke batu lumayan menantang. Debit air Sungai Progo waktu kami melakukan rafting lumayan besar serta pemandangan sekitar Sungai progo yang alami, penampang sungainya lebar. Walau sayangnya pas di beberapa Sungai banyak sekali sampah yang ada. Katanya karena musim hujan tapi semoga kedepannya penduduk sekitar bisa membersihkan sampah di Sungai mengingat kegiatan arung jeram di Sungai Progo sangat menarik.

Pengalaman pertamaku dalam arung jeram cukup membuatku deg-degan, lebih deg-degan daripada Cinta Pertama :D. Apalagi melewati jalur pertama di awal 4 km dimulai dari Pengarungan – Arung Jeram Progo Atas – Etape I kemudian menyusur jeram-jeram Grade I-II lalu kemudian menyusur jeram maskot – Ace – Grade III hingga menyusur jeram maskot II – Rodeo – Grade III.

Sumpah yang saat melewati Ace dan Rodeo mukaku itu antara takut, senang atau apalah yang penting aku teriak melulu kayak orang histeris tapi seru. Aneh kan ya? Yang pasti teriakan “aaaaaaaaah” itu biasa bahkan aku merasa di kelompokku aku doang yang begitu yang lainnya malah santai. Untung perginya ama blogger ya jadi gak malu-malu banget hahaha 😀

Rafting di Sungai Progo, Magelang
Rafting di Sungai Progo, Magelang

Sebenarnya ekpresi mukaku antara ketakutan dan gembira pas melewati jalur Ace dan Rodeo, karena takut terombang ambing, maklum aku gak bisa berenang kak. Memegang dayung sekaligus perahu serta mencari posisi duduk nyaman di perahu cukup susah buatku untungnya Kak Bulan mengajari cara memegang dayung yang benar sehingga si Kak Bulan senang banget ketika aku bisa mendayung setelah mengajariku.

Nah kejadian menengangkan saat di area Rodeo ketika Citra jatuh dari perahu kami. Gila itu panik banget aku tapi kok malah aku yah yang panik sementara yang jatuh dari perahu malah santai. Citra bisa renang sih ya! Tapi memang kalau jatuh saat rafting tidak perlu panik, santai saja dan posisi badan harus seperti tidur menghadap langit kemudian kita memberikan dayung kepada teman untuk naik lagi ke perahu.

Keseruan lainnya saat rafting di Sungai Progo, Magelang ketika sesekali kami nakal dengan membenturkan diri ke perahu teman yang lain serta ada adegan sesekali menyirami mereka dengan air.

Jadi main basah-basahan dah!

Gimana gak terasa yah 2 jam main rafting berlalu saking asiknya!

Rafting di Sungai Progo, Magelang
Rafting di Sungai Progo, Magelang

Waktu perjalanan arung jeram kami sempat istirahat pas ditengah perjalanan karena pemandu kami makan, maklum pasti lelah menemani kami blogger-blogger yang staminanya gak habis-habis! Teriaknya juga paling kencang 😀

Oh ya kami juga diberikan air mineral dalam melakukan arung jeram.

Setelah itu kami melanjutkan rute arung jeram kami dimulai dari Start arung jeram etape II kemudian menyusur rangkaian jeram Grade I-II hingga sampai di bagian  Finish Arung Jeram Progo Atas.

Selama melakukan arung jeram, aku baik-baik saja, hanya saja suara kayaknya habis teriak saking serunya. Mandi airnya juga lucu-lucu, ah seru pokoknya!

Rafting di Sungai Progo, Magelang
Rafting di Sungai Progo, Magelang

Basah kuyup tak terekkan, tapi sumpah sepanjang arung jeram mukaku itu ampun mina ampun karena antara senang dan takut bercampur. Duh image kece ilang sudah haha 😀

Setelah seleasi melakukan arung jeram kamipun keluar dari perahu kemudian kami menyerahkan pelampung, helm, dayung kepada pemandu kami di sebuah pendopo. Di pendopo pula kami istirahat sambil diberikan snak dan kelapa muda. Lelah setelah melakukan arung jeram hilang setelah kami minum kelapa muda, bak mengembalikan energi yang telah habis saat di arung jeram. Kemudian kami kembali ke Base Camp Progo Rafting di Hotel Puri Asri dengan angkot beramai-ramai.

Nah bagi teman-teman yang ingin rafting monggo atuh dicoba pas di Magelang siapa tahu ada yang sedang liburan di Magelang dan selesai lihat Borobudur maka tak ada salahnya menghilangkan stress dengan arung jeram!

Btw ada yang sudah pernah melakukan arung jeram? Dimana dan bagaimana perasaannya?

Rafting di Sungai Progo, Magelang
Rafting di Sungai Progo, Magelang

Tips Melakukan Arung Jeram Pertama Kali

1.Ikutin syarat yang ada dan pilihlah kelas pemula Grade III ( AWA Scale )

2. Usia peserta +7 tahun

3. Minimal peserta 4 orang

4. Mengikutin arahan dari pemandu

5. Kerjasama tim sangat diperlukan

6. Jika terjatuh jangan panik

7. Mendengarkan dengan baik arahan dari pemandu

Rafting di Sungai Progo, Magelang
Rafting di Sungai Progo, Magelang

Biaya Progo Rafting

Rp 200.000/orang (Fasilitas peralatan Arung Jeram, pemandu Professional, transportasi Lokal, mineral Water, makan 1x, kelapa Muda, Snack, Sertifikat, Foto 2 files / boat, Insurance dan Shower)

Lokasi Base Camp Progo Rafting Magelang

Hotel Puri Asri Magelang

Jl. Cempaka No. 9

Kota Magelang

Jawa Tengah

NB: Semua photo di tulisan ini dari hasil Progo Rafting dalam satu paket.

Salam

Winny

Iklan

65 tanggapan untuk “Pengalaman Rafting Di Sungai Progo Magelang

  1. dari foto-fotonya bagus banget dan sepertinya bisa dimasukkan sebagai referensi untuk liburan tahun depan.

    Bagaimana dengan transportasinya Mbak?
    apakah naik kendaraan umum bisa?

  2. pernah sekali main rafting di citatih, sukabumi, tp pas musim kemarau jadi arusnya gak terlalu deras.. pengen nyobain lagi tapi belum kesampaian, yang banyak jeramnya, hehe..

  3. Asyik nih, ini yang juga jadi wishlist sampe sekarang belum keturutan, main terakhir ke rumah temen di magelang ya lagi-lagi borobudur, bonus lihat sunrise di punthuk. Pengen coba rafting di magelang sama di banjarnegara juga kayaknya seru mbak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s