Goa Pindul (Pindul Cave) is is dark and full of stalactite in it. Tourists only need Rp35.000 to enter this 300 meters length cave. We were equipped with a life-vest, rubber shoes and a big tire to floating on the river and hot sweet tea after we finish the journey. Interesting first cave tubing experience!

Cave Tubing di Goa Pindul

Cave Tubing di Goa Pindul

Hello World!

Setelah puas travelling di Dieng bersama Irwan, Sarta, Bu Dessy, Ivana, Diany, Merry dan Elisabeth kami melanjutkan perjalanan ke Yogyakarta. Jarak tempuh Dieng-Yogyakarta dengan mobil kurang lebih 4 jam dan objek wisata tujuan di Yogyakarta ialah mencoba wisata Cave Tubing di Goa Pindul.

Aku baru bisa merasakan sensasi wisata Goa Pindul Yogyakarta setelah mengunjungi Yogyakarta untuk ketiga kalinya! Ckckkckckc. Sesampai di Goa Pindul maka kami langsung mencari Paket Wisatanya Goa Pindul. Banyak sekali bertebaran paket tour di Wisata Goa Pindul tapi kami memilih paket wisata Goa Pindul Wirawisata.

Untuk merasakan pengalaman menyusuri gua bawah tanah maka kami membayar harga tiket Cave Tubing di Goa Pindul Rp35000. Kami lalu diberikan live jacket dan sepatu serta ban untuk memulai caving yang mengasyikan.

Wisata Cave Tubing di Goa Pindul keren!

Goa Pindul

Goa Pindul

Dari tempat kita memakai pakain khusus caving maka kita berjalan sambil membawa ban bekas di tangan kita, seru sekali!! Jarak ke Goa Pindul dari tempat kita berjalan kaki cukup dekat hingga kita sampai di pintu utama Goa Pindul.

Sayangnya Gua Pindul sangat ramai sekali sehingga untuk masuk ke dalam Goa Pindul harus ngantri, syukurnya kita datang awal jam 9 pagi jadi kita cepat sekali untuk memulai Caving di Goa Pindul, berkat ide si Irwan juga sih!

Ketika memulai aktivitas olah raga caving maka kami saling pegangan membentuk untaian panjang lalu sang guide kami menuntun kami menelusuri Goa. Untungnya Guide kami itu expert serta kocak sekali sehingga kami senang selain itu dia juga mau mengabadikan photo kami selama di dalam Goa Pindul dengan kamera Elisabeth karena kameraku tidak tahan air kalau tidak, maka no photodi goa Pindul bisa jadi hoax deh perjalanan kami mengunjungi Goa Pindul!

Selamat berwisata di Goa Pindul Yogyakarta dan mari memulai Caving di Goa Pindul!

Paket Wisatanya Goa Pindul Yogyakarta

Paket Wisatanya Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul memiliki panjang 300 meter dengan stalaktit terbesar keempat di dunia. Gua Pindul terdiri dari tiga zona: zona terang, zona remang-remang dan zona gelap abadi. Di zona gelap abadi Goa Pindul, maka sama dengan namanya suasanya gelap sekali dan berkat bantuan senterlah kami bisa melihat sekeliling dan aku kagum sekali dengan staknalit di Goa Pindul yang menurutku benar-benar pemandangan incredible!

Sesekali Sang Guide berceloteh tentang keadaan didalam Goa Pindul seperti tempat sarang walet, tempat bersemedi hingga tentang jenis batuan yang ada di dalam Goa Pindul. Tidak hanya batuan, di dalam Goa juga terdapat banyak kelalawar hidup di langit-langit batuan Gua Pindul ribuan ketika kami menyenter ke arahnya yang memberikan pemandangan yang mencenangkan . Salah satu batu staknalit yang terkenal dinamai batu gong, karena kalau dipukul suaranya memang seperti gong. Di dalam gua juga ada batu keperkasaan hingga sebuah air yang menetes dari Staknalit yang kata guide kami jika kena muka maka akan membuat awet muka maka kami jadi berebutan deh mengambil air. Kocak lah pokonya kami di dalam Goa Pindul! itu semua berkat penjelasan Guide kami yang lucu.

Wisata Goa Pindul

Wisata Goa Pindul

Melewati zona gelap abadi kami masuk ke zona remang-remang yang hanya memiliki sedikit cahaya. Di dalam zona remang-remang paling suka dengan jalur jenis batu yang ada di dalmnya yang begitu indah.

Selesai menelusuri zona remang-remang kami memasuki zona terang. Di zona teranglah kami melakukan aktivitas jumping ke air dan mengeluarkan semua aksi kami dengan melompat dari batuan ke bawah, Byurrrr aku sampai tenggelam! Kami begitu antusias saat melakukan olah raga yang cukup menantang. Awalnya aku tidak mau melompat tapi karena pada melompat aku jadi ikut-ikutan deh!

Lama menelusuri Goa Pindul kurang lebih 45 menit karena begitu ramai bahkan lebih ramai lagi ketika kami selesai melakukan aktivitas air ini.

Intinya seru dan ribut karena tim kita paling yang bisa berhenti tertawa terbahak-bahak sampai semua perhatian kepada kami. Dasar tim jalan-jalan yang aneh! heheheheh 😀

Cave Goa Pindul

Cave Goa Pindul

Walau capek tapi terlihat jelas kebahagian teman-teman seperjalanan karena untuk pertama mencoba cave tubing di Goa Pindul Yogaykarta dan rasanya seru banget dah!

Di Zona terang pulalah sering dibuat iklan Tv lalu aku teringat akan iklan yang mengatakan “My life my adventurer” hehehe 😀

Tips menuju Goa Pindul sebaiknya dengan rombongan agar bisa sharing cost tapi buat yang mau mencoaba solo traveller juga bisa karena munuju ke Goa Pindul tidak begitu sulit karena merupakan objek wisata populer di Yogyakarta sehingga memiliki akses ke Goa Pindul cuma memang jaraknya agak jauh dari Kota Yogyakarta sendiri.

Air Goa Pindul Sejuk dan menyenangkan!

Goa Pindul Yogyakarta

Goa Pindul Yogyakarta

Setelah puas terjun-terjunan kami pun keluar dari Goa Pindul dan menaiki mobil pick up menuju ke tempat semula. Lagi-lagi kita yang paling ribut di dalam mobil pic up. Kami naik ke dalam mobil ramai-ramai berdiri hihih lucuuu!

Sesampai ke tempat semula maka kami mecoba jahe hangat gratis yang menghangatkan kami. Di papan dinding banyak sekali photo artis yang sudah mencoba Caving Goa Pindul!

Caving Goa Pindul is my first caving tubing in a cave!

Wisatanya Goa Pindul

Wisatanya Goa Pindul

Caving Goa Pindul finish dan kamipun melanjutkan ke wisata Yogyakarta lainnya! Hari ini begitu menyenangkan!!

Salam

Weeny Traveller

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

11 Comments

  1. Nah, pengen ke siniii.. banyak paketan dari hotel yogya buat ke situ yaa

    Reply

    1. iya banyak Haya,, kamu bukannya tinggal di Yogya ya?

      Reply

      1. bukaaaan >,< perasaan pernah cerita dehh.. aku di purwokerto, kota kecil di kaki gunung slamet hehe

      2. ahaaa ingattt ntar aku culik ksna deh

  2. Mbaaaaa aku org jogja murtad banget nih. Masa belom pernah kesini. Hiks hiks

    Reply

  3. wow, seru banget kayaknya…..
    asik nih buar cebar cebur!!!!

    Reply

  4. Goa pindul kan sudah
    Nanti cobain cave tubing di kalisuci ito
    Tapi airnya gak setenang goa pindul, dengan sedikit jeram :mrgreen:

    catatan lama:
    http://advjourney.com/2013/04/16/cave-tubing-kalisuci-menyusuri-sungai-di-perut-bumi/

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.