Hello World!!

padangsidempuan

padangsidempuan

Salam hangat buat blogger sedunia,,
kali ini backpacker ingin membuat kamus mini bahasa batak karena kecintaan terhadap kampung halaman, padangsidempuan.
Padangsidempuan merupakan salah satu kota yang ada di Sumatera Utara yang terkenal dengan kota salak, karena merupakan perghasil salak terbesar dan semboyannya ialah ‘salumpat saindege’, seiya sekata. Mayoritas penduduknya ialah Muslim dan bahasa kesehariannya ialah bahasa batak padangsidempuan, atau sering di kenal dengan ‘Batak Angkola’.
Batak adalah salah satu etnis yang ada di Indonesia dan buat yang belum tahu, batak itu sebenarnya beragam loh!! Ada namanya Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Pak-Pak, Karo, Batak Angkola dan sebagainya.

Untuk tulisannya disebuat tulisan tulak-tulak, kalau ini semua batak pasti tahu karena alphabetnya sama.
Nah kamus mini yang hendak dibuat ini adalah khusu bahasa batak Angkola yang digunakan oleh masyarakat Padangsidempuan, jangan heran kalau datang ke kampung halamanku maka penduduk lokalnya ngomong pake bahasa Batak, jangan bilang bahasa planet yah!! 😀
Nah sedikit kamus mini yang akan saya buatkan semoga bermanfaat bagi pembaca apabila ingin mengunjungi kota salak, kota padangsidempuan agar komunikasi yang ada berjalan baik. Bisa untuk referensi belajar bahasa batak.

Kamus Mini Bahasa Batak

Saya: Au

Kemana = Tudia
Kamu: Ho

Rambut = Obuk
Kita: Hita

Lucu = Lawak
Tidak: Inda

Uang= hepeng
Iya: Olo

Seperti = songon
Sapa: Ise

Cantik = jeges
Jangan : Ulang

Pacar = Gandak
Ayo: Keta

Bohong = Pargabus
Dimana: Didia

Rumah = Bagas
Kapan: Andigan

Kampung = Huta
Kenapa : Asi

Cari = manjalaki
Tidur: Modom

Bermain = Marmayam
Bodoh : Oto

Beli = Manabusi
Pintar: Pistar

Besar = Godang
Tidak usah: Nakon

Kecil= Menek
Makan: mangan

Jauh = Dao
Cepat: Paipas

Dekat = Donok
Capek: Loja

Benar = Botul
Nama: Goar

Pulang = Mulak
Apa: Aha

Tahu = Binoto
Asik = Tagi

Sekolah = Sikola
Enak = Tabo

Malam = Borngin
Tunggu = Painte

Besok = Atcogot
Pergi = kehe

Marah = Mangamuk
Berapa = Sadia

Tadi = Nakin
satu = sada

Disini = dison
Kata = Hata

Kaki = Pat

dan masih banyak lagi…
bagi yang berminat silahkan request kalau mau tahu kata yang lainnya 😀

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

309 Comments

  1. Wah, hampir-hampir sama dengan Batak Toba ya kak..

    Reply

    1. iya cuma kalau bahasa batak angkola sering pake kata dabo dan mattong 😀

      Reply

      1. tambah lagi dong… kata – kata nya…
        kalu bisa percakapan sehari -hari…

        thanks…

    2. Tanya. Ada yg versi android tak? Soalnya saya mau belajar bahasa batak karena lahir dan besar di luar tanah batak meski ayah saya orang batak saya tidak bisa bahasa batak.

      Reply

      1. wah maaf saya tidak ada

    3. minta arti artinya bahasa simalungun misalnya salah bahasa simalungunya apa.

      Reply

      1. maaf saya tidak bisa Bahasa Simalungun

    4. kalok selamat tidur smoga mimpi indah bg ??

      Reply

    5. Kak apa arti kata ini kak ” aha na udak na “

      Reply

      1. aha = apa
        na udak na = uda itu sebutan paman

  2. Mantappp…

    Torus ma markreasi,,,
    Aso matamba maju, daerah sidimpuan,,,

    Reply

  3. olo olo olo booo
    hehehehehhe
    B taunya itu sa

    Reply

    1. hahah sa itu kan basasa kupang

      Reply

  4. Wow,
    aku baru tau kl ada Batak Angkola 🙂

    Reply

    1. iya surya itu etnis ku ehhehe 😀

      Reply

  5. andigan ma ita marmayam kakak ?? Hahaa 😀

    Reply

    1. anggo mulak au da tu sidimpuan 😀

      Reply

  6. Wow..kampungku juga deket situ.. di Purba Sinomba, Padang Bolak, Gunung Tua..

    Reply

    1. temans ekampung dong,,, is aku pengen kalilah ke candi portibi yang disitu

      Reply

  7. #mandeling godang
    lagu-lagunya banyak yg dangdut, kalo di utara seriosa 😀

    Reply

  8. Bisa ditambahin lagi kosa katanya….
    atau buat seperti percakapan ringan githu, dengan artinya pasti….
    pengen belajar banget dah skrang… marga saya siregar tp g bisa bahasa batak, trus nikah suami saya marga harahap, skrang dituntut harus bisa bahasa batak…
    ^^
    Nurul Siregar

    Reply

    1. aku juga siregar kak, untuk sarannya sangat bagus kak, bolehlah kak mau nanya apa ntar aku kasih bahasa batak angkolanya 😀

      Reply

  9. ajar bncina …..kn adi nggeluh,
    riahken uga litna———

    maksudnya apa winnymarch

    Reply

    1. itu bukan bahasa batak angkola tapi bahasa batak karo, beda sama batak angkola

      Reply

  10. 1.lawesken ku embang ah nte

    2.Tedehku e lanai ertepi man bndu,nd tigan,nd biringku…….

    Reply

  11. oya pingin tau artinya “aha do na dipandokkoni ho” apa ya…
    maaf bkn orang batak..hehe

    Reply

    1. aha do na dipandokkoni ho = apa yang u bilang

      Reply

    2. obral sana sini Bahasa batakny apa ya…maaf

      Reply

  12. Wih, lagi nyari-nyari juga ternyata ada yang bikin kamus kecilnya. Ditambah lagi lah kak kata-katanya. Orang batak juga nih, bapak Angkola, ibu Mandailing. . hehehe. .

    Reply

    1. Boleh hehhehe sialhkan request ntar saya tambahkan

      Reply

    2. Apa arti kalimat ‘Au masihol da ahu’

      Reply

    1. Terimakasih Rinal 😀

      Reply

  13. Jeges bah halak boru ni… Boru hamu…?

    Reply

    1. Baoru Regar ito 😀

      Reply

  14. Batak ama MANDAILING beda.. bukan karna agamanya tp sisillah keturunanny jaman dulu ga ada hubungannya. contoh Lubis nenek moyangny dr bugis SULAWESI

    Reply

    1. minta referensi ama penjelasannya lengkap dong

      Reply

  15. aaggh…blehlah qmnta diajari bhsa btak via fb??
    qbkan bdak btak,tp snang kali dgar lgu” btak…

    Reply

    1. bahasa batak diatas itu bahasa batak angkola beda dengan bahasa batak toba., kalau yg lagu kebanyakan bahasa batak toba sih

      Reply

  16. au halak mandailing ….. dang ku boto molo nasaro halak mandailing ….. boi do au marsiajar nasaro mandailing di hamu

    Reply

  17. hanya segitu aja yang aku tau ……..

    Reply

  18. Aq senang dgr gondang batak dan pernah sekamar dgn bang asron siahaan.Hollan ho ibana nungga hu tanda.
    Aq ingin nambah kosa kata.

    Reply

    1. ai i do, akon marhata do, antusanma 😀

      Reply

  19. Aq pengen x bisa bhasa batak,gmn cara nya supaya cpt ngerti bg?

    Reply

      1. Coba tolong translate ini dong” Kenapa kamu berbohong?” kalo aku gabungin kata yg kamu susun aku malah gak ngerti”

  20. Coba tolong translate ini dong” Kenapa kamu berbohong?” kalo aku gabungin kata yg kamu susun aku malah gak ngerti”

    Reply

    1. kenapa = asi, kamu= ho, berbohong = margabus
      Kenapa kamu berbohong? asi margabus ho?

      Reply

  21. ajari au le bahasa batak

    Reply

      1. Rere au baya na rere silalat kian di Sigumuru artinya?

  22. Ingin lebih banyak lagi dong..??itu kampung alm ayah aku tepat nya dikampung selamat

    Reply

    1. boleh, kasih saja bahasa Indonesianya ntar saya translete kan

      Reply

  23. enak kali bahasa batak Angkola ini,
    salam kenal

    Reply

  24. perbedaan bahasa mandailing dengan bahasa batak angkola apa min ??? bisa minta link fbnya aku mau belajar via fb bisa ???

    Reply

    1. beda intonasi sama beberapa kata saja.. fb ku bisa dilihat disebelah pos atau search winny alna marlina

      Reply

  25. sidempuanya pada dimana nih ?? rumah ompung aku juga dsna di kayuombun..

    Reply

    1. aku tinggal di gang bengkel, gk jauh dari aek tampang

      Reply

  26. Buat teman2 yg ingin mencari dan berniat untuk mengembangkan bahasa mandailing, mohon berkunjung kesini kamusmandailing.com

    Reply

    1. Upamasuk non mocci ku babami so logam di lalaho…
      Klu ini artinya apa ya gan

      Reply

      1. kasar banget itu gan gak tega translatenya
        upamasuk = kumasukkan
        non = nanti
        mocci = tikus
        babami = mulutmu

  27. au kampung ku di gunje baya,.,.

    Reply

  28. na mantap mahulala bahasa angkola on da,au pe anggo siaran marbahasa tapsel do au

    Reply

    1. Olo anggo mambege halak ita sajo mambotona 🙂 melestarion budaya tai

      Reply

      1. Mulai roaming, ini artinya apa ya

  29. mandailing dan angkola kan bukan Batak..
    Batak itu Toba

    Reply

    1. Batak itu terdiri dari beberapa etnik. Angkola salah satu bagian dari Batak. Batak bukan hanya Toba saja..Cmiw

      Reply

  30. TOBA =TANAH ORANG BATAK ASLI
    Diluar Dari Toba Berarti suku yang berdiri sendiri,,,
    seperti Suku Karo yang gak mau disebut Batak..
    Suku Mandailing Juga menyebut dia suku mandailing demikian juga angkola
    beserta suku simalungun,,,

    karna saya pernah ketemu dengan marga Tarigan yang menyebut dia itu adalah Suku Karo dan marga Damanik yang menyebut dia suku simalungun
    begitu juga siregar,nasution yang bilang dia Bukan suku Batak Namun suku Mandailing
    dan siregar yg menyebut suku angkola…

    Berarti Hanya Toba Saya Yang Mengaku Batak

    Reply

    1. kalau saya marga Siregar sih, kalau ditanya saya etnis apa, saya bilang Batak. Mungkin tergantung orangnya kali ya

      Reply

    2. Ardiansyah Putra Harahap January 15, 2014 at 11:30 am

      marga menandakan bahwa kita orang batak.
      marga itu banyak.
      di setiap nama tentu harus dicantumkan karna untuk menandakan bahwa yang punya nama adalah orang batak.
      kalo sudah ada marga itu menandakan dia adalah orang batak.
      hanya saja batak nya berasal dari mana, apakah dari karo, mandailing, toba dll.
      jika ditanya orang yang bermarga tarigan, siregar, damanik suku apa , ya jawabannya udah pasti batak. tidak mgkn suku melayu atau suku jawa.
      hanya saja bataknya dari mana. tentu jawabannya berbeda. ada dari karo, simalungun, mandailing dll.
      contoh nya simalungun ada kecamatan sidamanik dimana masyarakatnya mayoritas bermarga damanik.
      kemudian tutur bahasanya jg berbeda. contohnya batak mandailing dgn ciri khasnya bernada lemah lembut. sedangkan batak toba biasanya bernada keras.
      hal ini bisa dilihat dan ditemukan sehari2 di lingkungan kehidupan kita.
      ini hnya pemahaman buat kita smwa, tidak ada unsur untuk menjelekkan atau menjatuhkan antara satu dgn yg lainnya.
      sekedar memberi penjelasan bagi yg kurang paham akan arti dibalik marganya sendiri.
      buat saya marga itu adalah sebuah kebanggaan.
      jgn malu untuk menampilkan marga anda sendiri.
      TERIMA KASIH.

      Reply

  31. alfitri nasution piliang November 18, 2013 at 9:34 pm

    pengen pandai bhs mandailing

    Reply

    1. pasti bisa kalau mau 🙂

      Reply

  32. inda u boto aso sangoni roha ku tu ia (artnya apa ya)???

    Reply

    1. artinya gak tahu saya kenapa perasaanku terhadapanya

      Reply

  33. Saya lahir d medan ayah saya penduduk sumatrautara asli.
    Nama saya marsyah valencia serigar banyak yng bilang saya ini batak….
    Tapi ayah tidak punya bahasa batak seperti itu…..

    Reply

    1. Batak itu ada beberapa jenis, mungkin bapak kamu batak toba dan itu sangat berbeda dengan bahasa batak angkola yang lebih mirip ke Mandailing

      Reply

  34. Aduh susah nya bahasa batak ini,sama marga kita ya ito hahha

    Reply

    1. iya ito hahaha, mudah kok sebenanrya

      Reply

  35. artikan ma jolo ito tu baso mandailing —–>

    apa kabar :
    tidak ada yang seperti itu :
    kalau ada jangan lupa :
    siapa pemiliknya :
    baru saja dia pergi :
    tetapi ada juga yang mau :
    buat dulu tempatnya :
    lem apa yang kuat :
    perekat serbaguna :

    Reply

    1. apa kabar : bia kabarmu
      tidak ada yang seperti itu : nadong na sonida
      kalau ada jangan lupa : anggo adong ulang lupa
      siapa pemiliknya : puna ni se dei
      baru saja dia pergi :ondope kehe ia
      tetapi ada juga yang mau : tai lek adong na giot
      buat dulu tempatnya : baen jolo tempatna
      lem apa yang kuat : lem aha do na kuat
      perekat serbaguna : lem serbaguna

      Reply

  36. kalau menjamret dompet pencopet apa bahasa sidimpuannya

    Reply

  37. horas”’
    pingin bljr lbh bnyak lgi bhs btak,,
    q asli orng btak mrga q nasution,,tpi smpai skrng kok sush ya berbcra pke bhs btak,,he

    Reply

    1. sering diasah aja ntar bisa kok

      Reply

      1. Tumpang belajar bahasa Mandailing

  38. […] 5 Kamus mini Bahasa Batak Padangsidempuan 74 COMMENTS January 2013 […]

    Reply

  39. pengen belajar jga . salam kenal 🙂

    Reply

    1. salam kenal Jui. boleh belajar

      Reply

  40. semangat belajar harus tinggi

    Reply

  41. margabung jolo do au. mohon maaf anggo adong na salah marbahasa na. tei giot marsiajar bahasa ita do au. hehe.. ( lahir godang di jakarta).

    Reply

    1. sep do tai bahasa batak mu

      Reply

  42. Bsa artiin ini gak kak?
    1.silalat ko silalat au marbagasko salamat au
    2.tu dia noma haholongan baya huoloskon nahaccit nangot2 nadangol di rohaon

    mohon bantuan nya ya kak,
    trima kasih.

    Reply

    1. 1. Kamu daun ubi, aku daun ubi. kamu nikah, aku selamat

      2. Kemana kasih ku cari tempat menghilangkan sakit, perih, pedih, sedih yang di hatiku (intinya sakit hati berat inih orang)

      Reply

  43. Makasih ya kk buat bantuan nya

    Reply

  44. Ketaboo !! 😀 mangaligi bagas ta jo hita boo di sidempuan ! molo bagas hu di kampung Losung do daboo … 😀

    Reply

  45. Kak yg ini apa ya artinya.?

    Loja bada loja pikiran d uma’k

    Reply

    1. bada apa badan? bada = perkelahi, loja=capek, pikiran =pikiran, umak = mama. d’umak= sama mama

      Reply

  46. Kak, kalo arti mulak ma jo itu apa ya?

    Reply

  47. Kak ini appa ya artinya?
    Tarkurungau di lubuk cintamu,ho tarsiksa di hangoluanku

    makasih kk..

    Reply

    1. aku terkurung di danau cintamu. kamu tersiksa di hidupku

      Reply

  48. Oh iya,
    makasih ya kak 🙂

    Reply

      1. Kaka ini apa artinya ya?
        Mandoting milas ni ari on da uma’k

        Makasih kk

      2. Panas banget hari ini mama

  49. harrissitompul March 4, 2014 at 11:25 pm

    wah mantap kali postingannya,
    mama ku juga Batak Angkola dari Sipirok, boru Nasution,
    salam kenal ya …
    main juga ya ke blog aku ya ito
    planetbatak.blogspot.com

    Reply

  50. lumayan susah ini buat di hapal hehee

    Reply

  51. Dian Aprodita Siregar April 7, 2014 at 9:25 pm

    kaka kalo bahasa bataknya :

    Ayah aku sangat merindukanmu, meskipun Ayah udah pergi tapi aku selalu merasa ayah masih ada. Sekarang udah gak ada lagi yang manggil aku inang. Ayah kapan ya kita bisa bertemu, aku ingin sekali bertemu Ayah walaupun hanya dalam mimpi. Aku sayang Ayah karena Allah…

    tolong ya ka di artiin soalnya aku lahir & tinggal dijakarta jadi kurang ngerti bahasa batak.

    Terimakasih

    Reply

  52. Taofik Nugraha May 5, 2014 at 9:37 pm

    Ada bahasa batak simalungun ga?
    Saya perlu buat tugas kuliah saya “Ilmu Perbandingan Bahasa Nusantara”.

    Reply

  53. horas…..ito .au bayo tompul. lhr godang d lampung. ayah dohot umak sian sipirok. slm knl. & met puaso

    Reply

    1. au boru regar ito slam kenal da 🙂

      Reply

  54. Kak..tolong artikan kedalam bahasa mandailing:
    aku cinta kamu:
    apa kamu udah punya pacar gak:
    udah makan belum:
    adek lagi ngapain:
    rumah kamu dimana:

    Reply

    1. aku cinta kamu = holong rohakku tu ho

      apa kamu udah punya pacar gak: adong do gandakmu?
      udah makan belum: mamangan do ho
      adek lagi ngapain:anggi mangua ho
      rumah kamu dimana: didia bagusmu?

      Reply

  55. Ask: Apakah bahasa batak toba dgn batak mandailing itu berbeda dalam arti yg signifikan?
    Terimakasih

    Reply

  56. Saya asal dari Malaysia. Ingin belajar bahasa mandailing kerana datang setiap tahun ke Panyabungan.

    Reply

  57. oi baya poroa mulak tapi nabonoto sanga tudia ancit nadong ayah.. artinya apa ya?

    Reply

    1. artinya pengen pulang tapi gk tau mau tinggal dimana sakit gk punya ayah

      Reply

  58. Makasih atas bantuan nya kk…

    Reply

  59. Aku ingin mengerti bahasamu, karena aku sayang kamu.. tolong bahasa pdsidempuan nya apa ya.. Makasih sebelumnya

    Reply

    1. porohakku mamboto bahasamu harana holong rohakku tu ho

      Reply

  60. Aku juga pengen belajar bahasa mandailing kak….. Ayah ku Hasibuan Omakku Nasution tapi aku nggak pandai bahasa mandailing kak…. aku nyesal sekali nggak pandai bahasa Mandailing.

    Reply

  61. yulfan syahputra nasution August 24, 2014 at 1:34 am

    Horas..

    Au nasution sian medan.
    Malastarikon hata mandailing..
    Bahat na giot marsiajar hata on, tai.. Bahat na inda binoto idia hele anggo giot marsiajar hata mandailingna..

    Reply

  62. kakak. .bantu aku. . tlg terjemahan nya ya. “lebih baik jujur apa adanya, daripada kebohongan yang mesti ditutupi dengan kebohongan lain nya”. Makasih atas bantuan nya..

    Reply

    1. mendingan mangecet napeto daripada margabus dohot gabus nalain

      Reply

  63. Makasih atas bantuan nya kaka…

    Reply

  64. kak ini apa artinya..
    sanga, langa, tola.
    tolong ya kk

    Reply

    1. tola = boleh

      sana lanag : lebih ke partikel seperti arinya “lah”

      Reply

  65. sy dari riau, suami dr baruman, padang lawas. dia g memaksakan sy utk dpat brbhasanya. tp sy ingn bsa tlg bntuannya.

    Reply

  66. hati-hati dijalan, jangan ngebut. sms kalo dah smp, jangan begadang terus. lanjutin kerjanya.

    Reply

  67. Translate please thx

    Reply

    1. hati-hati dijalan = hati2 di dalan
      jangan ngebut = ulang ngebut
      sms kalo dah smp = sms muda sampe
      jangan begadang terus. = ulang bagadang sajo
      lanjutin kerjanya = lanjutkon karejo

      Reply

      1. mauliate….. “bgaimna krja hr ini lancar? ada yg macet bayarnya g?” Pls translt

  68. ani j. hutagalung September 26, 2014 at 11:48 am

    Saya juga ingin belajar bahasa batak, tpi kaya x susah ya

    Reply

  69. hitung 1-11 bahasamu bgamana? sada=1 lalu lnjutannya gmna ke? asin, asam, pahit, kotor, bersih, sakit, sehat, dingin, tlong translate maolite….

    Reply

  70. au bia ma nikku’ ho di au nikku naraho

    hampir na utanda par

    artinya apa y ka

    Reply

  71. Batak sebatak bataknya October 7, 2014 at 12:44 pm

    lucu juga ya bahasa mandailing..banyak yang mirip bahasa TOBA…. heheheheh…. menambah keberagaman…. HORAS

    Reply

  72. mau nanya ni artinya apa yaa ?
    “sayang nai uleni rupami di baiko laso mararga gabee ridok maho jablay diar sippo sigaret begui”

    Reply

    1. sayang kali kurasa rupamu kau buat gk berharga sehingga kayak dibilang jablay seperti rokok setan.. kurang lebih begitu

      Reply

  73. mau tanya dong artinya apa ?
    “si erna do dbo, mbiar moa ?? pala get pangida alak epek niai

    mulai nkim u sapai sanga sadia gaji nia na unjung ijawa

    Akkon nau pling 60 lobi ipe matab nabusi mangaan ni si erna i anggo namaroban indahania”

    Makasih

    Reply

    1. “si erna do dbo, mbiar moa ?? pala get pangida alak epek niai = si ernanya kok takut u ?, kalau nggak diminta orang uangnya.

      mulai nkim u sapai sanga sadia gaji nia na unjung ijawa =daritadi aku tanya berapa gajinya tp gk pernah dijawab

      Akkon nau pling 60 lobi ipe matab nabusi mangaan ni si erna i anggo namaroban indahania”=paling cuma 60 lebihnya itupun kalau beli makanan si iran atau harus membawa makanan dia

      Reply

      1. Indak pacak Hoda ho ! .. apa artinya kaka

  74. kak boleh ajari aku bahasa batak gak. soalnya aku orang siantar tapi suku jawa.

    Reply

  75. kak kalau’apa kabar’ apa ya

    Reply

      1. Umak man dokkon tu au : hu taonkon doi amang harani hamu, asal mana lalu amang sikkola munui. Burju ma hamu amang nasikkolai. boleh tau gak, apa artinya itu

      2. Aku menahankan demi kalian anakku, asalkan sekolah kalian sampai, Baik lah anakku yang sekolah

  76. kak mau nanya kalo harahap itu masuk ke batak apa kak? batak karo atau batak angkola atau batak apa ??

    Reply

    1. Harahap itu masuk ke suku Batak angkola/mandailing. Karena biasanya marga Harahap dari Tapanuli Selatan/ Mandailing/Padangsidimpuan/Sipirok dll

      Reply

  77. kalau ini artinya apa?
    ai aha do na dipandokkoni amanta on

    Reply

    1. apa yang dikatakan bapak ini?

      Reply

  78. kak semoga cepat sembuh apa bahasa bataknya kak

    Reply

  79. Alak jia langa ho so namalo ho bahasa ita artinya apa

    Reply

    1. orang apa kamu makanya mengerti bahasa kita

      Reply

      1. Malungun do au baya ana sattak lungunna kalo ini artinya??

      2. aku rindu amat sangat rindu

  80. mantab ito, ane sekarang mukim di sidimpuan…. baru 1 tahun disini…..

    Reply

    1. wah aku barusan dari sana

      Reply

  81. Malungun to daganaki baya, Muli majolo to tano hatubuan mohon artinya dong

    Reply

    1. rindu kepada anak. pulang ke kampung halaman

      Reply

  82. Apa artinya : ikkon, bope, lokoan, tai, tae

    Reply

  83. Artinya : ikkon, bope, lokkoan, tai, tae

    Reply

  84. Didia do si boru regar on, inda dibalas na hu sukkun

    Reply

      1. Apa artinya : indu, ikkon, tarorom

  85. Artikan dulu ito : indu, tarorom, ikkon

    Reply

  86. Indaba dongn umak andi do syukur i belakang ni goar ni abg mu dei artiin dong

    Reply

    1. nggak teman ibu andi nya, syukur di belakang nama abangmu

      Reply

  87. percuma lahir di tapsel aku lahir tapi gak tau bahasa nya. bagi yang baik ajarin aku donk pliss

    Reply

    1. gak apa bisa belajar kok

      Reply

  88. saya bangga jadi orang sidempuan

    Reply

  89. Mulai najolo nasabar i kalo ini artinya apa??? maaf ya tanya terus

    Reply

  90. aku mau kamu jadi istriku,,arti apa y kak,,

    Reply

    1. porohaku ho jadi adaboruku

      Reply

      1. Mau dong di ajarin bahasa nya, soalnya saya orang jambi punya punya suami marga harahap

  91. Mangan ma da ho syg soipas magodang, Jadima sanyangee masalpu maii lae mulak do hita lae Insyalloh adong do tonamu jadima, insyalloh anggo na tanggal 31 mei tgl 5 juni ma

    Reply

  92. Mangan ma da ho syg soipas magodang, Jadima sanyangee masalpu maii lae mulak do hita lae Insyalloh adong do tonamu jadima, insyalloh anggo na tanggal 31 mei tgl 5 juni ma artinya apa sih??

    Reply

  93. kalo bahasa batak pdsidempuan nya
    ”tolong lihat aku,aku yang rela hancur demi kamu”
    tolong bantuan nya

    Reply

    1. tolong ligi au, au na hatcur demi ho

      Reply

  94. Idia amu anggi rahmad tinggal ini artinya apa??

    Reply

  95. Kak mau tanyak lah,
    Ima ia holos niba dan borat do artinya apa ya kak?
    Hehehe
    Makasi kak

    Reply

    1. begitulah dia, berat banget heheheh kiasan sih arti borat do

      Reply

  96. aha do gunjo?

    Reply

  97. Kak,
    Malala ate ate ki
    Artinya apa ya kak?
    Hehehe

    Reply

  98. kk angkola sama mandailing sama kah bahasa nya ?
    bahasa batak nya ngantuk, mau tidur lah dlu ya … apa ?

    Reply

    1. sama, ngantuk: nonomatakku, mau tidurlah dulu aku =modom ma jolo au

      Reply

  99. kak minta tolong terjemahkan kalimat ini ke bahasa mandailing ya kak :

    sudah ku bilang, jangan dekati hatiku kalo niat mu gak serius. sekarang masa nya mencari calon suami, bukan lagi cinta cinta monyet.

    makasih kak sebelumnya..

    Reply

    1. madung au dokon, ulang donoki ateku anggo nanggo serius ho tu au anggo sanari masana manjalaki calon alaklai nanggo be cinta monyet

      Reply

      1. vina_maniez@yahoo.com November 18, 2015 at 8:49 am

        lebih banyak lagi dong kata katanya

  100. vina_maniez@yahoo.com November 18, 2015 at 8:51 am

    kalau bahasa sidempua “aku mau pulang”

    Reply

  101. vina_maniez@yahoo.com November 18, 2015 at 8:51 am

    bahasa sidempuan “aku mau pergi ke rumah uwak”

    Reply

    1. au got kehe tu bagas ni uwak

      Reply

  102. Aku merasa sedih sebagai orang mandailing bermarga nasution aku ga bisa bahasa tapsel dan sekitarnya. malahan aku lebih lancar berbahasa simalungun karena aku dilahirkan dan dibesarkan dikampung halaman ortu perempuan (Pematang siantar) coz nyokap orang simalungun… terkadang diperantauan ini sering bertemu dengan satu suku (mandailing) ketika dia tau marga ku Nst. dia langsung ngajak ngobrol pake bahasa tapsel. mati kutu lah aku… ketika dia tanya :
    a. o anggi keta bo manjalaki bujing2 na jogi ..!!
    b. aku jawab pakai nbahasa simalungu ” ija ma hita dior bang anak boru na desengin..???
    kwkwkwkkw… biarpun agak beda2 tipis tapi sedikit2 nyambung juga.

    Reply

    1. jangan sedih kak pasti bisa belajar

      Reply

  103. Kak, artinya margobak majolo dan bolga majolo apa ya kak?
    Makasih kak sebelum nya

    Reply

    1. kurang tahu jarang dengar bolgang klai ya

      Reply

      1. Kalo bolgang apa artinya kak?
        Marrondam kak artinya apa kak?
        Trus kecet/mangecet juga artinya apa ya kak? Mikkim,mukkup itu juga apa ya kak? Hehhe

      2. bolgang = rebus, marrondam = berendam, kecet = bicara, mikkim = seyum, mukkup = gerah

  104. Kreatif teman. Lanjutkan terus karyanya. Terimakasih

    Reply

  105. Artinya ini apa ya harana au mangholongi ho

    Reply

    1. harana = karena
      au = saya
      mangholongi = menyayangi
      ho = kamu

      Reply

  106. Oy bayaa
    Alk jia do ita bng..
    Tola do marsitandaan ita bng hehe

    Reply

  107. Owii na onok ma elek ii di saba tambotull doii
    Di saba rodang namiian doii, ro ho anso uoban ko
    arti dari kalimat ini apa ?? Terutama doii

    Reply

    1. Artinya duh lama banget di sawahnya, di sawah kmainya, datanglah biar aku bawa

      Reply

  108. top ah Winn…, bahat nai komentator di son na giot marsiajar saro hita

    Reply

    1. wi malo do lana kakak bahasa ita sep ba 🙂

      Reply

      1. saotik sajo do Win.. he..he…

      2. masep mai kak, mantap haha

  109. Maunya buat nya kaya gini, contoh: ise goar mu
    Jadi lebih mudah bg

    Reply

    1. ntar aku buatin lagi ya

      Reply

  110. maaf boleh tanya klo kalimat ini artinya apa yaa?? “songon lagui” layas mu do luai abg da tu au … terima kasih bantuannya 🙂

    Reply

    1. Seperti lagu itu sepelenya dirimu padaku bang

      Reply

  111. Thanks ya kalau bisa di perbanyak lagi kakak kata nya aku orang mandailing besar bukan di tanah mandailing

    Reply

  112. ADA YANG BERBENTUK BUKU G, YANG BISA DI DOWNLOAD ?

    Reply

  113. Gilak kau y dek alfitri boru nasution,,, mana pulak nasution masuk ke piliang?
    Marga Nasution it appara marga siahaan

    Reply

  114. Tolong dong kasih tau jenis2 warna dalam bahasa angkola

    Reply

  115. maimunah Harahap October 3, 2016 at 9:16 pm

    Tolongma dokkon warna2 di bahasa nita dohot artina tu bahasa indonesia

    Reply

    1. merah = narara. hijau = ijo, putih = nabottar, hitam = nalomlom, kuning = nagorsing

      Reply

  116. Kak ajarin aku bahasa batak angkola, soal nya sahabat ku orang sipirok alumni smk n 1 batang angkola suka ngejek aku pake bahasanya jadi aku gk ngerti kak, tp dia ktwa2 gt kak 😦 bantu aku buat balas dia kak 😦
    Terlebih aku org jawa kak

    Reply

  117. ajarinnya gmna kak ?

    Reply

    1. Silahkan tanya ntar saya jawab

      Reply

  118. kak, bunion ni ate ate artinya apa ya kak?
    makasih kak
    🙂

    Reply

    1. ate-ate sih hati bunion bunyi kali ya 😀

      Reply

      1. Kalau buni, marsere, patola,pancur paridian,lobas,siadosan,takkang,marsak/mangarsak artinya apa kak?
        Kalau bahasa mandailing nya marah?
        Makasih kak sebelumnya

      2. patola = bolehkan, paridian = tempat mandi, takkang = bandel, marsak = gelisah, marah = mangamuk

      3. kalau puang itu artinya apa kak?

      4. tidak ada arti kayak imbuhan “lah”, “pun”

  119. Mekasih ya informasinya, bahasa bataknya…

    Reply

  120. Saya asli minang punya pacar marga harahap. Saya baru ternyata tidak semua batak berwatak keras. Jadi makin tertarik belajar bahasa batak terutama mandailing biar disayang calon mertua. Hehehe

    Reply

  121. kirim solom tu hamu sude di son sian bayo dalimunthe. lahir dan besar d bandung, rindu kampung ayahku sitampa

    Reply

  122. markaco mada jo iba tu najolo niba i
    ulang malo mandokkon sajo
    au pe uboto do napade dohot inda
    sala i rasa blum tentu sala rasa halak

    artinya apa ya,,?? tlong donk 🙂
    mkasih sbelumnya

    Reply

    1. markaco mada jo iba tu najolo niba i = berkaca dulu kita di depan kita (maksudnya sih ini buat berkaca diri)
      ulang malo mandokkon sajo = jangan hanya bisa berkata saja
      au pe uboto do napade dohot inda = aku juga tahu gk tahu ikut tidak
      sala i rasa blum tentu sala rasa halak = salah dirasa bekum tentu salah di orang

      Reply

  123. Maaf kalau baya artinya apa ya?

    Reply

  124. maaf kalo halak beta doi ??? artinya apa?

    Reply

    1. halak = orang
      beta = bahasa kupang
      doi = partikel seperti lah, kah dst

      Reply

  125. Kalau artinya hati hati dijalan apaa?

    Reply

    1. maksudnya supaya lebih berhati-hati ketika di jalan

      Reply

  126. Maaf, mau tanya. kalau bahasa Batak di Psp “Ayok ditunggu traktiran jalan-jalannya lagi dan makan-makan besarnya di rumah!”

    Terima kasih. 🙂

    Reply

    1. Maaf, mau tanya. kalau bahasa Batak di Psp “Ayok ditunggu traktiran jalan-jalannya lagi dan makan-makan besarnya di rumah!” itu apa ya?

      Terima kasih. 🙂

      Reply

      1. diapitte da traktiranna dohot mangan di bagas

  127. Maaf mau tanya kalo bahasa batak karonya “aku adalah terserah orang mau berkata apa” itu apa kak,makasih

    Reply

    1. maaf aku cuma bisa bahasa batak tapanuli selatan, kalau Karo beda lagi

      Reply

  128. kak arti “na borat do bah” apa ya

    Reply

  129. BISA G TERJEMAHIN SATU LAGU BATAK

    Reply

  130. Buyuk apa artinya ya

    Reply

  131. Indak pacak Hoda ho !
    Apa artinya ka

    Reply

  132. Kak apa bahasa angkolanya..saya minta maaf karna saya emosi..brp kali saya bilang jangan sebut nama itu lg

    Reply

    1. Kak apa bahasa angkolanya..saya minta maaf karna saya emosi..brp kali saya bilang jangan sebut nama itu lg

      Reply

      1. mangido maaf ma au da harana emosi do au, ma udokon ulang dokon goarnia

    2. mangido maaf ma au da harana emosi do au, ma udokon ulang dokon goarnia

      Reply

  133. Terima ksih ka winny

    Reply

  134. Kak winny saya mau tanya bahasa angkolanya: diam mu menyiksa ku,lbh bàik kau sayat diriku dengan pisau

    Reply

    1. sipmu manyiksaku, tugenanma koyok au dohot piso

      Reply

  135. Kakak ajari bahasa batak nya dong, soalnya ayah sama ibu saya asli batak, tapi anak-anaknya ini belum pada bisa bahasanya,karna bukan lahir ditanah batak. Jadi mohon bantuannya ya

    Reply

  136. amangoi …

    Reply

  137. ada yang tahu artinya TOLPANG ?

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.