Umbul Ponggok Wisata Snorkeling Air Tawar di Klaten


Love what you do and do what you love. Don’t listen to anyone else who tells you not to do it. You do what you want, what you love. Imagination should be the center of your life.”

By Ray Bradbury

Umbul Ponggok, Bunake Klaten
Umbul Ponggok, Bunake Klaten 

Hello World!

Klaten, Agustus 2016
Siang sekitar jam 11 kami sampai di sebuah objek wisata Klaten yang sedang ramai dibicarakan bernama Umbul Ponggok. Umbul sendiri berarti mata air dan Ponggok merupakan nama Desa di Klaten, Jawa Tengah sehingga arti Umbul Ponggok adalah mata air yang berlokasi di Desa Ponggok.

Jujur saja sewaktu aku ke Umbul Ponggok aku tidak tahu kalau Umbul Ponggok merupakan tempat hits-hitsnya di kalangan wisata Klaten, Jawa Tengah. Bahkan yang lebih tahu adalah temanku Sarta yang dia mengatakan “Wow kau ke Umbul Ponggok, itu tempat lagi hits di Instagram, cakep airnya jernih”. Terus aku langsung mengutuk kecuwek bebeka ku terhadap suatu tempat, malu jadi blogger yang doyan jalan tapi kurang update. Tapi aku cukup beruntung karena diundang untuk mengenal wisata Jawa Tengah dalam teman #famtripJawaTengah dalam acara #VisitingJawaTengah untuk menyambut Ulang Tahun Jawa Tengah ke 66. Terimakasih banyak kepada Kak Fahmi Hiu telah memberikan kesempatan bertemu dengan 13 Blogger lainnya yang super kece dan menjalah sebagian kecil dari sekian banyak wisata Jawa Tengah (maaf jadi pidato haha :D)

Umbul Ponggok
Umbul Ponggok

Nah pas di depan Umbul Ponggok, kamipun keluar dari bus besar yang mengantarkan kami dari Semarang, dari luar aku melihat tempat yang bernama Umbul Ponggok itu kelihatan biasa-biasa saja. Berada di tepi jalan dan terlihat jelas dari sisi jalan berbentuk kolam renang serta banyak wisatawan hingga aku penasaran ada apa dengan Umbul Ponggok? Barulah setelah mendekati kolam Umbul Ponggok, ternyata kolam yang di depan mataku bukanlah kolam biasa. Bukan juga kolam renang tapi yang di depanku adalah sebuah mata air jernih sehingga dari atas langsung kelihatan dasarnya. Tunggu dulu, pendapat kolam biasa saja berubah dratis ketika aku langsung mencoba nyebur kedalam Umbul Ponggok setelah berganti pakaian dan teman Blogger lainnya juga telah berada di dalam.

Umbul Ponggok, Klaten
Umbul Ponggok, Klaten

Airnya “brrrrrr”, berhasil membuatku menggigil, airnya dingin dan yang paling serunya yang membuatku terkagum-kagum dengan kejernihan air di Umbul Ponggok. Bahkan di dalam kolam mata air itu banyak sekali ikan lucu-lucu tapi tidak amis serta dekorasi lucu untuk berphoto mulai dari gambar hati, becak bahkan motor. Tak heran sih kenapa Umbul Ponggok menjadi daya pikat wisata Klaten, memang instagram banget!

Pas mencoba langsung Umbul Ponggok rasanya itu pengalaman pertama snorkeling di air tawar. Biasanya kan snorkeling di air laut dengan asinnya yang aku tidak suka nah ini snorkeling pertama nan ajaib, didalam mata air yang jernihnya 100% keren. Nyesel dah kelamaan tahunya Umbul Ponggok, kalau tidak aku sudah dari lama ambil tiket terus cus ke Klaten, Jawa Tengah. Memang wisata Jawa Tengah itu banyak sekali tidak hanya melulu Borobodur, tapi banyak!

Keseruan lainnya yang aku rasakan ketika berenang bersama dengan teman sesama Travel Blogger. Walau aku tidak bisa berenang cukup beruntung karena Umbul Ponggok menyediakan life jacket sebagai pelampung jadi aman bagi yang tidak bisa berenang.

Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah
Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Bahkan aku mencoba dong photo underwaternya Umbul Ponggok, agar ngehist di Instagram. Jangan tanya bagaimana perjuanganku untuk mendapatkan photo cakep Umbul Ponggok, harus belajar nyelam terus bertahan 5 menit di dalam dasar Umbul Ponggok sambil membuka mata. Berkali-kali mencoba menahan nafas sampai akhirnya naik keatas lagi. Wajar sebagai orang yang tidak bisa berenang, dan malas main air, maka menyelam sambil membuka mata itu PR banget. Untungnya sang abang Photographer baik hati dan sabar dalam mengambil photoku. Walau ekpresi mukaku ampun DJ saat di Photo, tapi walau demikian aku bahagia. Bukan hanya bahagia berphoto di Umbul Ponggok, tapi bahagia bisa merasakan sensasi snorkeling di Air Tawar bersama para Blogger ngehits seperti Kak Fahmi, Males Mandi, Koper Traveller, Wulan, Kak Danang, Ubermoon, Kak Titi, Albert, si Rico Sinaga, Adlin, Irjal, dan Citra Hananan. Bahkan sempat mupeng melihat photo mereka kece-kece tidak sepertiku yang asal karena keterbatasan nafas.

Untuk suasana Umbul Ponggok sendiri cukup asri, banyak pepohonan dan tempat makan karena dipinggir warung banyak tersedia warung. Bahkan dari Informasi Pak Junet, Tourguide kami selama famtrip, Umbul Ponggok dikelola warga lokal dan sistemnya bagi hasil sehingga menjadi salah satu pendongkrak ekonomi warga lokal. Salut dengan keberadaan Umbul Ponggok, mata air bersih nan jernih. Tidak hanya itu biaya masuknya juga murah hanya Rp10.00o saja sudah bisa merasakan mandi mata air.

Umbul Ponggok Wisata Snorkeling di Air Tawar di Klaten Cocok bagi Pecinta Instagram. Tempat Snorkeling air tawar, photo underwater Bunaken Klaten Jawa Tengah

Wisata Air Tawar, Umbul Ponggok
Wisata Air Tawar, Umbul Ponggok 

Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam alami yang dikembangkan menjadi wisata snorkeling yang cukup terkenal di Klaten. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda dengan ukuran 1,5 -2,6 meter. Tidak perlu takut gelombang karena bukanlah laut melainkan sebuah sumber mata air alami yang segar dan jernih. Berbeda dengan kolam renang yang dasarnya keramik, dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti dibawah laut. Meski dipenuhi ikan, air Umbul Ponggok tidak amis sebab airnya mengalir terus menerus. Selain sebagai tempat snorkeling, Umbul Ponggok juga kerap dijadikan lokasi latihan diving bagi penyelam pemula sebelum mereka benar-benar menyelam di laut dan ada juga sebagai tempat lokasi pengambilan photo preweding. Untuk anak kecil ada kolam berukuran pendek sebatas bermain.

(Sumber Brosur Umbul Ponggok).

Umbul Ponggok, wisata snorkeling klaten
Umbul Ponggok 

Snorkeling di Umbul Ponggok, Klaten wajib hukumnya dan bagi teman-teman pembaca jangan tunggu lama-lama karena wisata Umbul Ponggok berharga untuk liburan.

Btw siapa yang sudah mencoba snorkeling di Umbul Ponggok, Bunakennya Klaten?

Tiket masuk Umbul Ponggok

Rp15.000 (naik per 1 September 2016)

Rp30.000 (termasuk tiket masuk, snorkel dan pelampung)

Daftar harga sewa di Umbul Ponggok

Masker Snorker Rp13.000

Pelampung Rp7.000

Kaki katak Rp7.000

Locker Rp3.000

Ganti baju Rp1.000

Mandi Rp2.000

Paket kamera + Operator (Photografer) Rp 60.000/30 menit, Rp100.000/1 jam

Paket Diving Rp200.000 termasuk dokumentasi underwater, tabung oksigen, bimbingan, perlengkapan diving

Paket Prewedding Rp300.000 hanya untuk tempat saja, Paket full Rp1.600.000 (photo dalam CD, 2 Lembar ukuran besar dengan 1 hari pemotretan lengap dengan 3 orang photographer dan 1 make up artist.

Alamat Umbul Ponggok

Jln. Raya Desa Ponggok

Ponggok, Polanharjo,

Kabupaten Klaten

Jawa Tengah

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah @VisitJawaTengah (www.twitter.com/visitjawatengah)

Salam

Winny

 

Iklan

144 tanggapan untuk “Umbul Ponggok Wisata Snorkeling Air Tawar di Klaten

  1. Wah airnya bening, byk ikan trus ada dekorasi begitu emang jadinya instagrammable bgt ya, Kak. Btw, itu kak winny udah hebat gak bisa renang tapi bisa nahan napas utk pose begitu. Kalo aku mah udah megap2 lol 😂

  2. Wuaj kereeenn Winny. Waktu bca postingan yg pkg atas, Cinta udah mau muji Winny, sng ya bisa berenang, ga kyk Cinta cuma bisanya gaya batu aja 😁. Eh tp stlh bca postingan bagian bwahnya, Cinta lbh kagum lagi loh, gmn susahnya itu ga bs berenang tp dpt capture keren gitu. Selamat selamat, Winny berhasil bikin Cinta mupeng jg pgn kesna 😊

  3. aq juga penasaran mba sm umbul pongok ini.
    air yg jernih jadi keinget tirta empul, sama2 kolam dan ada ikannya besar2 tapi tidak amis sama skali airnya.

    btw, untuk berpose sambil tahan napas gt susah ga sih? hihihi

  4. Aku juga menggigil dengan airnya si Umbul Ponggok ini Win,, ga berani lama-lama, tapi anakku tahan berjam-jam main air disini *dsasarnya senang main air 😀

    Airnya selalu bening krn mengalir dan sumber air alam.

  5. Kuncinya tahan napas selama mungkin demi foto kece dalam air ya, Win😀. Tempat ini hits banget, seliweran di timeline. Aku ntah kapan bisa kesana. Hahahaha😂😂.

  6. Aku selalu suka mandi di kolam alami macam ini, cuma kalau sudah terlalu komersial, kadang malah gak asik lagi ya. Cuma memang Umbul Ponggok ini sepertinya sedang naik daun 🙂

  7. Cakep ya Win.

    Duluu banget aku pernah main ke umbul apa gitu (di daerah Klaten juga), tapi aku lupa namanya; dan waktu itu tempatnya masih sederhana banget, hahaha 😆 . Lha waktu itu masih belum masanya socmed sih 😛 .

  8. udah masuk list nih umbul ponggok cuma lg mikirin transportasi ke sini naik apa dari semarang atau jogja nya, wah hebat pengelola ngorbanin 1 motor buat di cemplungin ke mata air benar2 modal ya

  9. Huaa. ini deket rumahku. makasih y mba sudah mengulas ponggok, hihi. sedikit seneng ada yg mempromosikan klaten.
    btw, salam kenal ya Mba Winni. makasih sebelumnya udah mampir d blogku insanwisata.com 😀

    Ditunggu lagi ya silaturahminya. sudah saya sediakan jamuan yg enak. hehe

  10. Tempatnya memang lagi hits. Tapi saya gak setuju kalau Locker, kamar Ganti baju, Mandi juga dikenakan biaya. Bukankah itu semua termasuk hal dasar dalam pelayanan yang harus mereka sediakan? Peralatan snorkeling bolehlah dikenakan biaya.

  11. ebuset udah rame aja comment2nya hehe. btw posemu di becak macam dewi penunggunya sono aja ya kak hahaha, rambut tergerai manja di dalam air sampe bingung mau setir becaknya kemana kayanya :p

    *piss*

  12. Ada aja yang motornya mau diceblungin kayak gitu. Duh, aku mesti ke sono mbak. Masa bertahun-tahun di solo tapi belum pernah sambangin yang itu. Kalo mata air klaten yang lain pernah cuma yg hits ini beluum.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s