Jika ke Bukittingi Jangan Lewatkan Tabiang Takuruang


If someone wants to be a part of your life, they’ll make an effort to be in it.. Don’t bother reserving a space in your heart for someone who doesn’t make an effort to stay
By Unknown

winny-marlina

Hello World

Bukittingi, Agustus 2016

Hayoo coba sebutkan wisata Bukittingi yang ngehits? Wisata Bukittingi ada Jam Gadang, Ngarari Sianok, Janjang Saribu, Lubang Jepang, Great wall of Koto Gadang, Benteng Fort de Kock, Kampung China. Terus ada yang pernah dengar nama wisata Bukittingi “Tabiang Takuruang”? Tabiang Takuruang merupakan salah satu wisata terbaru yang tak jauh dari Bukittingi, Sumatera Barat karena pemandangan mempesona mulai dari Sungai dengan air jernih, bukit yang menjulang sendiri serta latar belakang Puncak Singgalang. Arti Tabiang Takuruang artinya Bukit Terkurung karena memang sebuah tebing tinggi teronggok menjulang membelah sungai menjadi dua jalur terus dikelilinginya bukit. Taruko sendiri adalah nama  sebuah kafe yang berada di kaki bukit. Jadi ada Café Taruko dengan pemandangan Tabiang Takaruang.

Tabiiang Takaruang
Tabiang Takaruang

“Jadi Tabiang Takuruang dan Ngarai Sianok itu terbentuk karena gempa besar ribuan tahun lalu yang menguncang Sumatera Barat dan membuat terjadinya patahan semangko ynag membentang sepanjang Pulau Sumatera. Jadi karena gempa bagian Ngarai yang menjadi lembah adalah bagian tanah yang turun. Namun uniknya di bagian Takuruang itu tinggal sebongkahan tanah besar atau tebing. Dulu dataran di atasnya lebih besar tidak terlalu runcing. Kemudian runtuh pada gempa tahun 2007 sehingga puncaknya menjadi runcing seperti sekarang. Dulu disekitar Tabiang Takuruang juga banyak kerbau liar sehingga Belanda menyebutnya Kerbauvanget”, tutur Eman dari info Sumbar.

Cafe Taruko
Cafe Taruko

Kami sendiri sampai ke Café Taruko pas siang hari demi si Tabiang Takarung. Café Taruko ini sering disebut Kafe Bule karena memang makannya kebanyakan makanan bule seperti omelet, sandwich dan lain-lain. Tapi pas kami kesana memang ada Orang Bulenya sih fasih lagi Bahasa Indonesianya. Taruko Café Bukittingi atapnya jerami, bangunannya dari kayu dan ornament etnik serta bangkunya dari kayu. Tidak jauh dari Café Taruko terdapat lapangan luas, sungai jernih serta bangunan beratap lancip khas Minangkabau. Dari Café Taruko kami menikmati pemandangan Tabiang Takarung walau kami gagal berjumpa Kerbaunya namun kami berhasil main air di Sungai dengan latar Tabiang Takarung. Entah kenapa asik banget bersantai di Tabiang Takarung, mungkin karena perpaduan alam yang Indah.

Tabiang Takuruang Bukittinggi
Tabiang Takuruang Bukittinggi

Main percik air Sungai, main ayunan terus selesai itu berleha-leha di Café sambil minum jus strawberry. Santai dan refreshing!

Jadi Bagi yang jalan-jalan di Bukittingi, mengunjungi Tabiang Takarung pilihan yang tepat saat liburan. Cakep, dan menenangkan!

Tabiang Takuruang Bukittinggi
Tabiang Takuruang Bukittinggi

Lokasi Taruko Caferesto dan Tabiang Takuruang

Jalan Binuang, Nagari Lambah

Sianok Anam Suku, Kec IV Koto

Kabupaten Agam

Sumatera Barat

Btw

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA YA BAGI KAUM MUSLIM SELURUH DUNIA!

Salam

Winny

Published by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

78 thoughts on “Jika ke Bukittingi Jangan Lewatkan Tabiang Takuruang

  1. wah,. liat ada semacam saung di pinggir sungai jernih nan dangkal bagus banget.. bisa buat jalan-jalan, sambil main air 😀

  2. Mba… bagus sekali pemandangannya, asik banget bs jalan2 teruss… bahkan saya blm pernah k sumatera😁😁

    Tak kalah bagusnya quote khas pembuka tulisan mba winny…

    Izin share ya mba quotenya 😉

  3. Ah, kece badai pemandangan Sumbar ini! Udah bertahun-tahun ngga ke sana lagi, Win. Aku liat foto-foto temen yang baru balik dari Sawahlunto, wiih.. ajib!

  4. pengen kesini .. tapi belum kesampean2 … pernah waktu di padang berangkat ke bukitinggi tapi terjebak macet parah dan akhirnya menyerah dan balik lagi … hehehe … tapi memang mesti kesini .. memupus kepenasaranan … keren tempatnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: