If someone wants to be a part of your life, they’ll make an effort to be in it.. Don’t bother reserving a space in your heart for someone who doesn’t make an effort to stay
By Unknown

winny-marlina

Hello World

Bukittingi, Agustus 2016

Hayoo coba sebutkan wisata Bukittingi yang ngehits? Wisata Bukittingi ada Jam Gadang, Ngarari Sianok, Janjang Saribu, Lubang Jepang, Great wall of Koto Gadang, Benteng Fort de Kock, Kampung China. Terus ada yang pernah dengar nama wisata Bukittingi “Tabiang Takuruang”? Tabiang Takuruang merupakan salah satu wisata terbaru yang tak jauh dari Bukittingi, Sumatera Barat karena pemandangan mempesona mulai dari Sungai dengan air jernih, bukit yang menjulang sendiri serta latar belakang Puncak Singgalang. Arti Tabiang Takuruang artinya Bukit Terkurung karena memang sebuah tebing tinggi teronggok menjulang membelah sungai menjadi dua jalur terus dikelilinginya bukit. Taruko sendiri adalah nama  sebuah kafe yang berada di kaki bukit. Jadi ada Café Taruko dengan pemandangan Tabiang Takaruang.

Tabiiang Takaruang

Tabiang Takaruang

“Jadi Tabiang Takuruang dan Ngarai Sianok itu terbentuk karena gempa besar ribuan tahun lalu yang menguncang Sumatera Barat dan membuat terjadinya patahan semangko ynag membentang sepanjang Pulau Sumatera. Jadi karena gempa bagian Ngarai yang menjadi lembah adalah bagian tanah yang turun. Namun uniknya di bagian Takuruang itu tinggal sebongkahan tanah besar atau tebing. Dulu dataran di atasnya lebih besar tidak terlalu runcing. Kemudian runtuh pada gempa tahun 2007 sehingga puncaknya menjadi runcing seperti sekarang. Dulu disekitar Tabiang Takuruang juga banyak kerbau liar sehingga Belanda menyebutnya Kerbauvanget”, tutur Eman dari info Sumbar.

Cafe Taruko

Cafe Taruko

Kami sendiri sampai ke Café Taruko pas siang hari demi si Tabiang Takarung. Café Taruko ini sering disebut Kafe Bule karena memang makannya kebanyakan makanan bule seperti omelet, sandwich dan lain-lain. Tapi pas kami kesana memang ada Orang Bulenya sih fasih lagi Bahasa Indonesianya. Taruko Café Bukittingi atapnya jerami, bangunannya dari kayu dan ornament etnik serta bangkunya dari kayu. Tidak jauh dari Café Taruko terdapat lapangan luas, sungai jernih serta bangunan beratap lancip khas Minangkabau. Dari Café Taruko kami menikmati pemandangan Tabiang Takarung walau kami gagal berjumpa Kerbaunya namun kami berhasil main air di Sungai dengan latar Tabiang Takarung. Entah kenapa asik banget bersantai di Tabiang Takarung, mungkin karena perpaduan alam yang Indah.

Tabiang Takuruang Bukittinggi

Tabiang Takuruang Bukittinggi

Main percik air Sungai, main ayunan terus selesai itu berleha-leha di Café sambil minum jus strawberry. Santai dan refreshing!

Jadi Bagi yang jalan-jalan di Bukittingi, mengunjungi Tabiang Takarung pilihan yang tepat saat liburan. Cakep, dan menenangkan!

Tabiang Takuruang Bukittinggi

Tabiang Takuruang Bukittinggi

Lokasi Taruko Caferesto dan Tabiang Takuruang

Jalan Binuang, Nagari Lambah

Sianok Anam Suku, Kec IV Koto

Kabupaten Agam

Sumatera Barat

Btw

SELAMAT HARI RAYA IDUL ADHA YA BAGI KAUM MUSLIM SELURUH DUNIA!

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

78 Comments

  1. Ijo sejuknya Tabiang Takuruang 😮
    Itu boleh sambil mancing juga nggak mbak :p?

    Reply

    1. waktu kesana gk ada lihta orang mancing tp boleh kayaknya haha

      Reply

  2. Win, sini deh dibisikin, diparagraf pertama salah ketik provinsi itu 😉
    Btw, yg liburan di sumbar ini beneran explore semua lokasi wisatanya yaa, keren 👍

    Reply

    1. haha sorry kak udah aku revisi duh saking rindunya kampung ini 😀

      Reply

      1. Hayuuk pulang kampung win, ketemuan kita 😊

      2. Iyaa Win di Binjai, kamu dimananya?

  3. tempatnya indahbanget, cuaca mendukung lalu orang yang diajak juga asik asik. hasilnya perjalanan yang sempurna

    Reply

    1. pas kami datang lumayan kak tapi di cafenya ramai

      Reply

  4. Wah sasaran bagus untuk bukit tinggi nih..

    Reply

      1. Iya kalo dah liburan hehe

      2. Iya kalo udah liburan mb hehe

  5. Aah…. belum kesini lah

    Reply

  6. wahh.. Padang, blm sempat kesana. Btw winnie tinggal di Padang ya? boleh dong kalau mampir Padang ketemuan dan jd guide, hehehe

    Reply

    1. aku dari Padangsidempuan kak tapi tinggal di Jakarta. 🙂
      kakak dimana?

      Reply

      1. oh ternyata di Jakarta, hahhaa kynya baca bio di Padang,.. hehe saya di Depok, pinggiran Jakarta.

      2. deketan kak, kalau jalan-jalan ngajak-ngajak ya kak

  7. wah,. liat ada semacam saung di pinggir sungai jernih nan dangkal bagus banget.. bisa buat jalan-jalan, sambil main air 😀

    Reply

    1. tempatnya juga masih hijau ismail cocok buat nyari ketenangan

      Reply

  8. Wiiiih kereen banget. Pengen pisan back packer ke sana
    Pemandangannya kereen banget ya mbak..

    Reply

    1. iya cocok banget yang suka ketenangan

      Reply

  9. Baru tahu, Win. Pemandangannya hijau dan airnya bening banget. Kayaknya kalau disana hari akan berlalu dengan tenang dan damai.

    Reply

    1. setuju kak bikin betah lama-lama bersantai

      Reply

  10. Aaaaaaakh paraaah pemandangannya kereeeen parah Mbak :’

    Reply

      1. Culik aku, Mbak. Culik aku 😀

  11. Indah bangett yaa pemandangan nyaaa 😆

    Reply

    1. iya kak asri dan masih hijau

      Reply

  12. aer nyaa jernih banget mba winnn, ga bosen lah klo wisata ke tmpat yg ada aer jernih nya hehe

    Reply

    1. terus tanpa polusi lagi 😀

      Reply

  13. duhh kayaknya asik banget main ayunan di situ yaaaa

    Reply

    1. kayak masa kecil bahagia ya 😀

      Reply

  14. Coba aja Tabiang Takuruang itu ada di Jogja, yakin deh tiap akhir pekan mandi di sana *eh hahahahah

    Reply

    1. wah aku juga tiap hari kudatangi ito :0

      Reply

  15. duh, adem banget ngeliatnya, ijo dan biru.. semoga berkesempatan eksplore sumbar dalam waktu dekat..

    Reply

  16. Harus balik lagi dan leyeh2 lebih lama, kalo perlu nginepo disini

    Reply

    1. Ide bagus kak sambil makan bebek ijo lagi

      Reply

  17. Mba… bagus sekali pemandangannya, asik banget bs jalan2 teruss… bahkan saya blm pernah k sumatera😁😁

    Tak kalah bagusnya quote khas pembuka tulisan mba winny…

    Izin share ya mba quotenya 😉

    Reply

    1. monggo itu orang yang buat juga 😀
      moga kesampaian ke sumatera Barat ya kak

      Reply

  18. “Tabiang Takuruang merupakan salah satu wisata terbaru di Bukittingi, Sumatera Utara……”

    Sumatra Barat kak! 🙂

    Reply

    1. hehhe sorry Riyan maklum rindu kampung tp udah dibenerin 😀

      Reply

  19. pengen mandi dan berendam kalo lihat sungai jernih tp kalo ke sini mesti sewa mobil kayaknya biar bisa keliling2 lebih leluasa

    Reply

    1. klo sendiri nyewa motor aja kak biar puas dan murmer

      Reply

      1. iya bener cuma takut aja soalnya disana kan nyetir sebelah kiri dan jalanannya crowded sm motor

      2. kalau begitu sewa mobil kak 🙂

  20. Wonderful stories, as usual. Cantik ya tempat nya. Aku bakal betah berayun2 ayun Dan duduk2 seharian di sana.

    Reply

    1. iya kak Nurul terasa santai

      Reply

  21. wiih sungai kecilnya… bikin pengen keceh….

    Reply

  22. Jernihnya air batang Sianok. Kami dulu nggak mampir kafenya, nitip Winny aja. Panorama Tabiang takuruang elok nian…

    Reply

  23. Dari pulau-pulau di Indonesia, yang pengen banget aku kunjungi tapi belum kesampean Sumatra, Win. Trus liat foto-foto kamu, remarkable!
    *langsung browsing tiket

    Reply

    1. ke Sumatera kak sekalian jelajah Aceh, Medan terus Padang terus ke Palembang

      Reply

      1. Iya Win, kayanya tujuan pertama ke tempat pacar dulu di Pematang Siantar. Ahahahaa..

      2. itu banyak wisatanya juga kak ada patung kwan in kayak di hatyai kak

  24. Beautiful company, beautiful scenery! Hope you had a good trip 🙂

    Reply

  25. Ah, kece badai pemandangan Sumbar ini! Udah bertahun-tahun ngga ke sana lagi, Win. Aku liat foto-foto temen yang baru balik dari Sawahlunto, wiih.. ajib!

    Reply

    1. kak harus ke Sumbar lagi kak mumpung dekat, tabiang ini bagus banget

      Reply

      1. Ya juga ya, deket aja padahal dari Medan. Foto-foto Winny di Sumbar bikin aku mupeeeng!😀.

  26. pengen kesini .. tapi belum kesampean2 … pernah waktu di padang berangkat ke bukitinggi tapi terjebak macet parah dan akhirnya menyerah dan balik lagi … hehehe … tapi memang mesti kesini .. memupus kepenasaranan … keren tempatnya

    Reply

    1. berarti harus balik lagi kak

      Reply

  27. Winn.. Kangenn bangett sama Bukit Tinggi, tar L gedean gw berencana balik jalan2 kesana lagi 😀

    Reply

  28. Win…Apakah bus bisa masuk ke lokasi sampai Taruko ?

    Reply

    1. kalau bus besar kurang yakin pak ada jembatan soalnya

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.