Hello World!

Padang, 29 Maret 2019

Terimakasih kepada teman-teman dimananapun berada yang setia dan suka membaca Blogku. Beberapa dari teman pembaca ada yang mengirim pertanyaan baik dari email dan Instagramku. Tapi mohon maaf kalau aku tidak bisa membalas emailnya satu persatu, bukan karena sombong namun keterbatasan waktu yang tidak memungkinkan. Untuk itu aku menjawab sekaligus dalam satu postingan dengan harapan jika ada teman lain yang memiliki pertanyaan yang sama maka terjawablah pertanyaan yang ada. Oh ya mohon maaf juga kalau dalam menjawab pertanyaan tidak memuaskan karena walaupun aku sudah ke beberapa tempat belum tentu tahu banyak tempat tersebut. Ingat blogger bukan “wikipedia berjalan”, Travel Blogger hanyalah bercerita pengalamannya dari persepsinya dan belum tentu pengalamannya bakalan sama dengan kamu. Jadi harap maklum saja.

Oh ya bagi yang pernah mengirim whatsapp kepada dan balasannya “singkat” dan “cetus”, harap dimaklumi saja ya karena aku anaknya malas mengetik tapi aslinya aku “gesrek” kok. Hehe ūüôā

Dari beberapa email yang masuk, maka ini jawaban berdasarkan pengalamanku:

1. Saya dalam waktu dekat ini pengen solo travelling dan membaca di situs Mbak bahwa pernah bertanya soal solo travelling di forum “Backpacker Dunia,” nah saya boleh minta link-nya ga Mbak? Mana tau bisa nemu teman jalan disana hehe. Saya juga mau tanya Mbak, sistem kelas kereta api di India itu ada banyak ya, bedanya apa aja ya antara S2, Sleeper Class, 3AC, 2AC, dan 1AC?
Sekian pertanyaan saya, sekiranya Mbak Winny bisa membantu saya.
Terima kasih banyak, Mbak! Have a nice day
Salam kenal kembali kak. Untuk link di forum saya sudah tidak menyimpan tapi untuk cerita di India ini ringkasannya
Mengenai kereta di India terdiri dari ilustrasinya berikut

Ilustrasi Kereta di India (Sumber: tripsavvy)

Untuk 3AC, 2AC, dan 1AC hanya beda jumlah dari tempat tidurnya. Kalau 3 itu dalam satu komparmen atau ruangan ada 3 tingkatan mulai dari atas tengah dan bawah. Yang paling asik itu pas di bawah dan atas, yang tengah itu sungguh menderita. Untuk sleeper itu hanya ada kipas angin saja dan kebanyakan rakyat jelata yang berada disini. Aku dan Yosi selama 6 kali naik kereta antar Kota di India seringnya pakai yang Sleeper, hanya sekali menggunakan 3AC itupun dari New Delhi ke Kolkata.

2. Hallo kak, aku anas, salam kenal y, aku baca blog kakak, sangat menginspirasi, saya rencana mau ke ireland, mohon masukannya kak

Thank u

Anas

Salam kenal juga Anas. Untuk trip Irlandia mohon maaf aku tidak punya gambaran karena waktu itu aku membuat visanya namun tidak jadi berangkat.

Untuk cara mengurus visa Irlandia bisa dibaca di https://winnymarlina.com/2017/03/02/cara-mengurus-visa-irlandia-di-kedutaan-ireland-jakarta/

3. Hallo kak Winny, selamat malam.

Aku Bella dan sudah beberapa kali baca web kak Winny soal India tapi baru sekarang penasaran dengan mengurus visa. Kakak bilang kan bisa urus di bandara di sana, itu persyaratannya apa aja ya kak? Dan ada minimum jumlah uangkah di rekening? Aku baca di kompas dan idntimes tertulis free visa. Tapi aku rancu itu dimulainya tahun berapa. Insyaallah aku ingin ke sana dengan modal nekad kak ehehe soalnya di sana ada temen. Semoga kak Winny membaca dan berbaik hati untuk membalas emailku ini. (Visa India)
Halo Bella salam kenal. Untuk visa ke India sepertinya sudah gratis sesuai dengan informasi
“.¬†Indonesians¬†can now visit¬†India¬†easier with¬†free-of-charge¬†visas¬†following an agreement by the two countries for improving people exchange and mobility. ‚ÄúE-visas¬†for¬†India¬†have been made¬†free¬†for¬†Indonesiannationals in effect from June 18, 2018,‚ÄĚ the¬†IndianEmbassy in Jakarta says on its website.”
Tapi mohon di crosscheck lagi dengan kedutaan karena saya ke India nya di tahun 2015, waktu itu saya mengurus visa di kedutaan dan rekening di atas 15 juta.
Good luck untuk trip ke Indianya

Taj Mahal India

4. Hay mbak win. Nice to know u from ur blog

Salah seorang tmn ngasih info ttg blog mbak win
Q ad planing ke london.
Pasport baru ajha d buat
Untuk keperluan travel dan ad sesuatu yg hrus sy kunjungi d manchester
Apakah bisa kesana yah??
Apakah bsa mngurus Visa
Tk

Salam kenal Mba. Untuk ke Inggris siapapun bisa asalkan memenuhi syarat Visa. Untuk panduan pengurusan visa bisa melalui pengalaman saya di https://winnymarlina.com/2017/05/08/panduan-mengurus-visa-uk-sendiri-melalui-vfs-jakarta/

Semoga bermanfaat

5.Kak perkenalkan saya erwin sutanto. saya dari jakarta.kak saya mau bertanya mengenai travel ke tehran.

1. kira kira berapa estimasi biaya yg harus saya siapkan untuk 4-5 hari. di luar tiket pesawat. Untuk ini tergantung kebutuhan kakak bagaimana. Untuk penginapan ada yang sehari hanya Rp200.000 terus yang mahal itu hanya visa dan ke kota.
Untuk pengalamanku ada di
2. kesulitan tidak berkomunikasi di sana? tidak karena banyak juga orang Iran bisa berhasa Inggris
3. Apakah mengurus VOA iran sulit? mudah, datang terus langsung bayar trus dapat visanya. Untuk pengalaman pengurusan visa Iran bisa dibaca di https://winnymarlina.com/2016/10/06/pilih-voa-iran-atau-urus-visa-di-kedutaan/
4. Ada ga kak travel agen yg ke iran karna ko saya ga dapat ya kak info2 gitu.
Ada banyak tinggal jumpain ke tour saja kak.
kak winny mohon sarannya kak. karna saya benar benar ingin pergi ke sana
Semoga bermanfaat ya

6.Selamat sore kak win, he he to do point aja Kali ya, kak mau Tanya dong waktu ke belitung itu sekitaran budget brp abis?  Untuk nyebrang kepulau Yang lain itu gimana soal kapalnya(kena brp)..

Aku menghabiskan uang sekitar 2 juta an dari Jakarta, yang mahal itu di biaya tiket.

Untuk rincian biaya ada di https://winnymarlina.com/2015/10/15/pengalaman-backpacker-ke-belitung/

7. Hallo Winny,

Saya eva dari jakarta.
saya lagi browsing di google mengenai tata cara penulisan formulir form schengen, tidak sengaja ketemu website kamu dimana sangat sangat membantu saya.
Saya ada plan mau ke eropa (1-18 juni’18).
Hanya saya ada pertanyaan sedikit mengenai euro train. Kan saya baru mau apply visa, kalau saya sudah beli tiket kereta, tapi ternyata di tolak visa schengen, jadi tidak mungkin saya beli yang sudah terconfirm punya.
Apakah Winny tau website mana yang saya bisa buat booking-an untuk kereta di eropa?
Seperti hotel, bisa book di booking, jadi bisa di cancel belakangan.
Untuk tabungan selama 1-18 juni, kalau saya bawa sekitar 35jt, apakah ok? Atau minimum seperti yang travel suggest min.50jt.
Mohon info nya ya.
Terima kasih,
Eva

Salam kenal kak Eva. Untuk bookingan kereta saya kurang tahu karena saya memilih transportasi bis untuk pindah dari satu negara ke negara lain di Eropa. Saya booking dari flixbus atau euro bis dan itu yang saya lampirkan. Mengenai jumlah uang di rekening memang berbeda jika dari travel. Minimal jumlah uang di rekening 50 juta menurutku wajar karena mereka meyakinkan kalau ke Eropa uangnya cukup sesuai dengan lama perjalanan. Untuk 35 juta apakah cukup selama di Etopa selama 18 hari itu tergantung cara mba mengatur uang. Kalau hanya di satu, dua, tiga negara itu lebih dari cukup. Kalau pengalaman saya 10 juta bahkan cukup 1 bulan di Eropa tapi itu penuh dengan cerita. I

ni pengalaman saya selama di Eropa https://winnymarlina.com/2017/06/02/backpackeran-ke-eropa-sebulan-12-negara-nederland-france-belgium-england-scotland-germany-czech-austria-hungary-kosovo-italy-vatican/

9. Halo kak Winny

Sebelumnya mohon maaf kalo saya ngehubungin lewat email. Saya coba ninggalin pertanyaan di blog beberapa kali tapi mungkin lagi error.Saya cuma mau tanya, untuk urus visa Irlandia, alamat email yang bisa dihubungi apa ya? saya coba untuk kirim email yang ada di website embassy tapi tidak ada tanggapan.Dan apakah benar kalo waktu visa jadi kita harus balik lagi bawa paspor untuk ditempelin visa? Saya ga tinggal di Jakarta, berarti harus balik lagi gitu ya kak? Mohon bantuannya. Terima kasih.

Emailnya bisa dilihat di website kedutaan Irlandia mba di Jakarta dan bisa tanya langsung seputar visa. Kalau tidak berada di Jakarta bisa diwakilkan untuk mengambilnya asalkan ada surat kuasa. Untuk pengurusannya cepat kok mba.

10. Selamat siang Mba Winny Marlina,Salam kenal dan mohon maaf mengganggu. Saya berkeinginan melakukan perjalanan pribadi ke Iran dengan tujuan singgah pertama kalinya di Taheran. Tujuan perjalanan adalah menambah pengetahuan dan pengalaman saja. Saya belum pernah ke Iran.
Salam kenal kak, Iran itu asik dikunjungin yang penting bawa uang yang cukup saja karena di Iran itu sangat ketat dengan Bank, hanya Bank yang bekerjasama dengan Iran saja yang ada. Sehingga permasalahannya di masalah uang karena pas habis uang tiba-tiba tidak bisa mengambil uang di ATM karena Bank di Iran tidak ada kerjsama dengan Bank kita kan bahaya.

11.Saya baca blog kamu yang travelling ke India neh, dan sangat mengesan kan perjalanan kamu, by the way saya mau coba jalan ke India juga neh tapi mungkin ga sebanyak kota yang kamu kunjungin, saya mau tanya untuk pesan kereta dll nya itu apakah ada website nya sehingga bisa pesan online? dan biaya Visa nya berapa ya yg OnArrival sama yang dari Kedubes? Thanks before.

Hi kak, untuk Visa mungkin lebih jelasanya bisa menghubungi kedutaan India. Kalau dulu pengalaman saya mengurus visa India bisa dibaca disini https://winnymarlina.com/2016/03/05/mengurus-visa-india-tanpa-ribet/
Untuk kereta bisa pesan online, tapi pengalaman saya dulu saya belinya on the spot alias langsung di tempat.
12.Halo Winny. Saya Ria dari Jakarta, saya baca blog kamu tentang Backpack ke Iran, saya ada rencana kesana tahun depan kemungkinan akan mengunjungi kota Lahijan juga (setelah dari Tehran), tapi saya cari-cari informasi akomodasi, tiket pesawat dari Teheran agak susaj ya di internet.Boleh kasih saran atau share informasi, website (terpecaya) utk pembookingan hotel di Lahijan? Terima kasih sebelumnya.Oh ya kamu punya contact number yang bisa dihubungi jika boleh tahu?

Terima kasih,

Ria

Salam kenal Ria, saya tidak bisa memberikan saran website terpercaya karena seringnya saya backpackeran dan belum pernah ke Lahijan tapi lebih mudahnya bisa dicari langsung saat di Tehran.

13.Hi Mba Winny. Mohon info karena aku mau apply visa schengen.

Apakah KTP dan KK harus di translate?

Salam kenal kak, waktu itu saya translate kak

ini panduan untuk pengurusan visa schengen https://winnymarlina.com/2017/01/16/mengurus-visa-eropa-di-kedubes-belanda-via-vfs-jakarta/

leang-leang Makassar Sulawesi Selatan

14.kak mau tanya.
waktu kakak kemakassar ketemu kak olive  ditoraja kan??
apakah kak olive keluarga kakak???
soalnya pengen main ke toraja, mana tau kak olive  bisa jadi pemandu disana heheh
atau kak olive emang tour guide kak??
makasih
Halo Kak Olive adalah salah satu Travel Blogger di Indosia yang merupakan teman sesama Blogger dan sudah aku anggap seperti kakak sendiri. Untuk pemandu bisa menghubungi langsung kak Olive di blognya si kakak di Obendon dot com

16.Dear Mbak Winny. Boleh tanya2 gak soal Iran. Aku ada baca blognya katanya ngurus visanya via kedutaan nih…Saya agak terkendala di booking penginapannya karena di booking cuman ada di Tehran aja, sedang kota lain yang dikunjungin gak ada. Dulu mbak Winny nyiapin bookingan hostelnya gimana? Trus hostelnya dipake ato dicancel? Soalnya sampe saat ini masih belum fix itinerary saya padahal akhir bulan April mo berangkat ke Iran. Maunya udah dapat visa dari Indonesia dan hitung2 juga lebih murah hehehe…Berharap dapat angin segar dari mbak Winny. Makasih banyak ya mbak sebelumnya…

Saya dulu booking di Tehran semua terus pas aktualnya di cancel dan pergi ke Kota lain.

17.Hai Mba Winny. Kenalin nama aku Inda Kostarini Sanjaya, panggil aja inda. Aku udah baca blog nya mba winny, dan aku tertarik bangeeet pengen ikutan travelling bareng J. Kira-kira untuk tahun ini mau kemana ya mba destinasi yang di Indonesia ? kalau mau travelling lagi boleh dong di infoin mba ke aku, pengen ikutan. heheh

Regards,

Inda Kostarini Sanjaya

Salam kenal Inda, terimakasih sudah menjadi pembaca setia. Untuk next trip kalau ada akan saya buat di IG saya di @winnymarlina. Semoga ada jodoh untuk trip bersama!

18. Selamat Pagi. Sebelumnya kenalkan nama saya Felicia Angelina Rusli, biasa dipanggil Feliz. Domisili saya dari Surabaya dan bekerja di salah satu Tour & Travel di Surabaya. Kebetulan saja pagi ini saya baca-baca artikel di salah satu koran yang membahas soal Couchsurfing dan iseng saya coba cari-cari info lagi via Google dan akhirnya ketemu artikel blog Mbak Winna yang di post sekitar tahun 2013. Mbak Winna saya ingin tanya-tanya soal Couchsurfing, sebenarnya apakah aman untuk menggunakan aplikasi ini ? Secara garis besarnya ‘kan aplikasi ini tidak hanya mencari tempat menginap gratis saja namun juga mencari komunitas baru yang mungkin belum masyarakat ketahui. Nah saya berencana ke Bali kira-kira bulan Juli yah untuk tujuan bisnis kulakan snack si, kira-kira apakah Couchsurfing di Bali cukup aman ? Mengingat belum tentu semua host punya itikad baik dan saya sempat membaca salah satu artikel di Kompas yang membahas pentingnya safety mengingat kabarnya banyak juga kasus pemerkosaan dan pembunuhan traveler perempuan yang dilakukan beberapa Host Couchsurfing di beberapa negara. Saya tunggu info dan rekomendasi Mbak Winna soal Couchsurfing.Terima Kasih.

Salam kenal Mba Felicia, CS itu seperti peluang 1/2 dimana selalu ada resikonya. Untuk CS Bali apakah aman atau tidak saya kurang tahu karena tidak memiliki pengalaman CS di Bali. Untuk penginapan di Bali rata-rata murah kok Mba. Kalau mau mencoba CS boleh dicoba tapi lihat baik-baik profile dari hostnya. Kalau saya sudah jarang memakai CS untuk mencari penginapan gratis, terakhir saya pakai CS di Laos itupun di hang out jadi hanya jumpa saja.

19. Siang winny,maaf neh karena kamu kan sering pergi2 keLN tuh aku mau tanya dong,klo misal kita apply visa swedia tapi tidak bekerja bisa gak surat keterangan kerjanya diganti? Atau misal hanya kerja di toko kecil dan tidak ada kop surat gimana caranya bikin suratnya win??
Salam kenal. Kalau hanya memiliki toko bisa kok kak, buat aja surat keterangan. Yang penting kedutaan mau memastikan kalau ke Swedia bukan jadi TKI dan bakalan balik lagi ke Indonesia jika itu adalah turis visa. Yang penting semua dokumennya lengkap.
Itulah beberapa pertanyaan yang bisa aku jawab, semoga bermanfaat ūüôā

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.