Pengalaman Backpacker ke Belitung

Belitung

For those who think traveling with a friend is the only way to travel, you’ll be in for a series of unpleasant surprises. Traveling requires constant decision making all day long, and traveling with a friend requires constant consensus all day long. Everything from sleep schedules to eating habits to sightseeing preferences, and, above all, budget restrictions, must be harmoniously synchronized. And this is entirely separate from the rather obvious predicament of having to spend your whole vacation alongside someone who might be a huge jerk. If the two of you can’t stand each other, there will be no escape.

By Unknown

belitong
Belitong

Hello World

Belitung, Oktober 2015

Ingin liburan ke Belitung alias Belitong di waktu weekend saja cukup loh, cuma untuk backpackeran ke Belitung itu susah-susah gampang karena transportasi yang relative susah. Kalau hendak ke Belitung sebaiknya ramai-ramai atau dengan rombongan untuk dapat sharing cost. Awalnya aku hendak pergi dengan Gladies, Sarah, Novrizal dan Dendi tapi karena Sarah lagi bokek jadinya tidak jadi pergi sementara Gladies yang sudah membeli tiket terpaksa batal karena mengalah bertepatan dengan pernikahan temannya. Terus jadilah kami bertiga Aku, Novrizal dan Dendi serta dua temannya dan satu teman temannya ke Belitung.

Secara keseluruhan wisata di Belitung itu kebanyakan wisata Bahari, sangat cocok untuk penyuka Pantai apalagi yang pernah Nonton Film Laskar Pelangi pasti tidak asing dengan bebatuan yang tinggi. Itulah khas dari PantaI BELITUNG, jernih dengan bebatuan besar.

Susahnya di Belitong itu karena tidak ada angkutan umum maka kalau hendak kemana-mana harus sewa motor seharian dengan range Rp60.000-Rp70.000 diluar bensin, atau sewa mobil dengan range sewa Rp350.000-Rp500.000 tergantung nego. Untuk penginapan juga relative mahal untuk dinamakan hotel tapi mirip ke hostel rangenya Rp200.000 ke atas. Untuk penginapan aku mendapatkan saran dari Citra untuk menginap di Surya Hotel yang berada tepat di tengah kota Tanjung Pandan. Harga perkamar fannya Rp100.000, dapat sarapan teh manis, telur rebus dan kue. Tapi airnya jorok kuninga dan toiletnya berada di luar.

Untuk makanan di Belitong aku suka banget karena cocok dilidah, makanan khasnya seperti Gangang sangat aku suka semacam ikan dengan kauh jahe dan kunyit serta nenas yang rasanya nikmat. Kalau katanya makanan seafood di belitong murah, aku belum mendapatkan makanan seafood murah di belitong itu dimana.

Sayangnya pas kedatangan kami cuaca tidak mendukung terus saat berada di Pulau lengkuas tidak diperbolehkan masuk ke mercusuar sehingga tidak kelihatan sport terindah Belitong. Nah jika hendak keliling Pulau biasanya sewa perahu seharian dengan muatan 10-15 orang dengan harga sewa Rp450.000.

Kalau bicara pantai Belitong dipastikan pasirnya putih serta bersih dengan air yang biru. Cuma perlu diperhatian waktu yang tepat ke Belitong, kalau menurutku Oktober tidak terlalu tepat untuk trip ke Belitong.

Biasanya orang akan keliling Belitong dibagi tiga yaitu Belitong Barat ini biasanya yang pantai-pantainya, Belitong Timur harus dengan sewa mobil seharian untuk melihat rumah Andrea Hirata dan Ahok karena kedua tokoh yang membuat Belitung jadi terkenal wisatawan khususnya dari Buku Laskar Pelangi hingga diadaptasi ke dalam Film dengan judul yang sama serta menjelah belitong Selatan tapi jarang dilakukan oleh traveler.

Aku sendiri seharusnya 4 hari menjelajah Belitong jadinya reschedule menjadi 3 hari saja karena sudah males.

Trip ke Belitong itu sangat cocok dengan wisatawan yang suka banget pantai. Aku sendiri paling suka dengan kopi susu di Manggar yang rasanya nikmat serta Pulau lengkuas dengan bebatuan yang memukau serta ke museum kata Andrea yang menarik. Sayangnya aku tidak ke pantai syuting laskar pelangi yaitu Pantai Tanjung Tinggi karena udah males di Belitongnya. Mungkin next time harus pergi sendiri di waktu yang tepat kali ya 😀

Belitung
Belitung

Rincian pengeluran biaya perjalanan dan itenary trip ke Belitung

Belitong, 10 Oktober 2015

Taxi Bandara- ke kota Tanjung Pandang dengan street taxi Rp90.000/3 orang

Penginapan di Surya hotel Rp150.000/3 orang

Makan nasi padang dan the Rp25000

Sewa Motor + bensin Rp120.000/3 orang

Makan makanan khas Belitong mie atep + jeruk hangat Rp21.000

Tiket masuk ke Pantai Tanjung Pendam Rp2000

Makan seafood di Tanjung Pendam Rp89.000/3 orang

Tujuan wisata trip hari pertama di Belitong: Danau Kaolin dan Pantai Tanjung Pendam

Belitong, 11 Oktober 2015

Penginapan di Surya hotel Rp150.000/3 orang

Sewa Motor + bensin Rp120.000/3 orang

Bensin + snack Rp77.000/3 orang

Makan sup daging di Mak Sam Desa Terong Rp 20.000

Bekal makan siang Rp12.000

Makan kelapa di Pulau Kepayang Rp18.000

Kapal sewa seharian explore Pulau Rp450.000/9 orang, jadinya Rp45.000

Tujuan wisata trip hari kedua di Belitong: Pulau Lengkuas, Pulau Kelayang, Pulau Kepayang

Belitong, 12 Oktober 2015

Kuliner Kopi di Museum Kata Andrea Hirata, goring pisang dan peyek Rp 16.000

Tiket masuk museum Kata Rp2.000

Makan seafood di Rudi Pakistan Rp385.000/5 orang, masing-masing Rp72.000

Sewa Mobil ke Belitong Timor ke Manggar dan Gantung Rp500.000/5 orang, masing-maisng Rp100.000

Teh Tarik di warkop Milenium Manggar Rp6000

Oleh-oleh makanan Rp111.000

Makan di Mak Panggong makanan khas Belitong Lempah darat dan kwitiew Rp32.000

Oleh-oleh kas Belitong Rp144.000

Tujuan wisata trip hari ketiga di Belitong: pantai serdang, pantau burung mandi, museum andrea Hirata, replika Sekolah muhammadiyah Gantong

Biaya reshecule Tiket Rp130.000

Salam

Winny

Iklan

58 tanggapan untuk “Pengalaman Backpacker ke Belitung

  1. Belitung ini emang bikin penasaran, tapi baca artikelnya lumayan mahal juga ya Win. Penasaran sama batu-batu besarnya dan makanan yang kata beberapa orang termasuk dirimu enak dan cocok di lidah itu.

  2. Ciyee Belitung :hihi. Tapi sebetulnya masih lumayan banyak lho Win objek wisata Belitung yang belum terekspos, rumah Ahok misal :hihi. Terus ada batu baginda juga, sama situs kerajaan Balok yang asli Belitung, ada kampung transmigran Bali juga, yang membuat saya penasaran :hehe. Cuma kalau untuk tempat-tempat yang sudah booming semacam pantai dan island hopping (yang ramai itu), betul sih kata teman saya juga cukup 3 hari, jangan lebih :hehe :peace.

      1. Saya ada niat ke bangka belitung apakah saya bisa minta kontak anda? ini id line saya inesandi terimakasih sebelumnya

  3. info, jangan ke belitung kalau sudah masuk musim hujan, bisa kacau deh susunan acaranya, karena mayoritas tempat wisatanya adalah pantai (outdoor). dan juga kalau mau kesana kalau bisa pas musim duren atau musim cempedak, harga murah sangat, tapi agak keluar dari kota tanjung pandan. ^,^

  4. Mahal banget makan gangan kepala katarap di RM Rudi Fakistan…getok harga …170 ribu per porsi 4 potong..buat wisatawan…makan di RM Tempo Dulu…aja…harga per porsi gangan beda.banget…. 4 potong cuma 45 ribu..jadi..hati hati yaaa…tanya dulu harga nya

  5. halo kak, mau nanya, dulu waktu ke belitung, untuk hopping island naik kapalnya lgsg datang saja ke pantai tanjung kelayang atau harus sewa kapal dulu sebelum ke sana ya kak? karena saya mau ke belitung hanya ber 3, kalau 450 di bagi 3 lumayan berasa juga ya kak. 😛
    kakak waktu itu gimana sewa kapalnya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s