Pilih VOA Iran atau Urus Visa di Kedutaan


Sometimes, reaching out and taking someone’s hand is the beginning of a journey. At other times, it is allowing another to take yours.” 

By  Vera

esfahan-iran

Hello World

Iran, 25 September 2016

Masih ingat tentang review ku mengenai Cara Mengurus Visa Iran di Kedutaan Iran di Jakarta? Nah sebelum aku berbagi tentang pengalaman perjalananku ke Iran dan Turkey lebih dalam, aku ingin membahas tentang VISA IRAN. Sebenarnya lebih kepada menjawab pertanyaan diri sendiri sih, lebih baik mengurus Visa Iran di Kedutaan Iran di Jakarta atau mengurus VOA (Visa on arrival) saja? Jadi keduanya aku lakukan, gila ya bener-bener niat untuk menjawab pertanyaan diri sendiri. Karena tripku itu Jakarta-Tehran-Istanbul-Tehran-Jakarta jadi dua kali ke Iran. Untuk trip pertama ke Iran aku megurus ke Kedutaan Iran yang ada di Jakarta dengan biaya 20 EURO berlaku selama 14 hari. Nah untuk cara pengurusan Visa Iran di Jakarta silahkan baca disini.

Trip kedua ke Iran setelah pulang dari Istanbul aku mengurus VOA (Visa on Arrival), yaitu pas kedatangan silahkan isi formulir visa kemudian bayar terus dapat deh Visa. Ternyata VOA Iran pas kedatanganaku kedua tidak semudah yang aku bayangkan dan harganya itu jauh lebih mahal yaitu 45 Euro yang berlaku selama 30 hari. Karena penerbanganku di hari yang sama jam 00:00 malam sementara sampai di Bandara Imam Khomeini, Tehran jam 10 pagi Bapak petugas tidak mengizinkanku untuk keluar Bandara alias menunggu di area kecil dan tidak bisa naik ke atas. Gila saja aku harus menunggu selama 12 jam duduk bego di dalam ruangan selain itu aku berjanji dengan temanku jam 4:30 untuk bertemu dan aku ingin ke Saabad Place atau sekedar beli oleh-oleh di Tajrish di kunjungan terakhirku di Iran. Tapi VOA ternyata agak ribet karena mengingat aku wanita jadi mereka agak menyusahkan sih jadi aku sempat tidak diberi untuk mengurus VOA karena mungkin mereka merasa sayang uangku kali  ya 45 Euro hanya 10 jam tapi karena aku ingin bayar keluar dari Bandara dan ingin Visa jadi terpkasalah 2 jam lah aku menunggu kepastian diberi Visa Iran atau tidak. Postivenya sih transit di Iran tidak perlu membayar Visa dan mungkin mereka tidak mau uangku sayang 45 Euro hanya 10 jam saja. Namun karena aku udah niat saja akhirnya si Bapak petugas yang usianya mungkin 30 tahunan aku tanya tiap menit sampai pusing kepalanya seperti anak ekcil yang menginginkan permen.  Ternyata untuk mengurus VOA di Iran harus membeli namanya Asuransi perjalanan dimana harganay tergantung lama tinggal yang pasti aku ingat 1 hari – 16 hari kalau tidak salah 16 Dollar. Kemudian dengan pontang panting sana sini akhirnya aku diberi keputusan dan diperbolehkan untuk membayar VOA 45 Euro yang bener-benar mahal untukku mengingat jika mengurus di Indonesia hanya 20 Euro saja.

Namun janji adalah janji dan kalau aku tidak aku mencoba keduanya dipastikan aku tidak tahu mana yang baik mengurus sendiri Visa di Jakarta sebelum ke Iran atau mengurus sendiri di Iran secara langsung melalui VOA. Karena memang warga Indonesia mendapat fasilitas VOA (Visa on arrival).

Lah lalu kenapa tidak mengurus dua kali di Kedutaan Iran di Jakarta sebelum ke Iran? Karena si Bapakpertigas kedutaan Iran di Jakarta itu tidak memberikan dua kali kunjungan hanya single entry saja dan kalau pun ingin dua kali kunjungan bayarannya dua kali jadinya 20×2 = 40 Euro. Makanya waktu itu aku hanya mengurus sekali karena dalam hati “ah gampang  bisa VOA juga”. Nah pas mengalami langsung VOA agak ribet karena perempuan sendirian dan harus punya namanya sponsor orang Iran, intinya agak disusahkan lah! Nah loh sponsor orang Iran dapat darimana coba aku saja ke Iran dengan biaya sendiri. Untungnya aku ada ide dengan memberikan alamat dan nomor telepon orang Iran sehingga pas ingin mengurus VOA Iran aku asal kasih nomor orang Iran dan nomor teleponnya saja barulah aku dikasih VOA. Itu pun nomor si kawan dan alamatnya kenal dari Couchsurfing Iran.

Bagi yang tidak memiliki teman di Iran maka booking an hostel dan alamat  penginapan selama di Iran sangat penting. Nah sekarang tinggal pilih mau travelling ke Iran mengurus visa sendiri di Kedutaan Iran di Jakarta atau mengurus VOA pas di Tehran Irannnya tergantung selera. Kalau saya sih dari pengalaman keduanya mending mengurus di kedutaan saja karena jauh lebih murah. Terus alasan kenapa aku tidak mengurus visa kedua karena ada teman yang juga melakukan backpacker ke Iran selama 1 bulan mengatakan tidak perlu bagi orang Indonesia visa kalau hanya kunjungan 14 hari dan tentu saja akibat pernyataan ini membuatku gigit jari. Karena pada kenyataannya goodbbye 45 Euro sambil hapus ingus!

Nah perbandingan VOA dan mengurus Visa Iran di Kedutaan Jakarta

1.Biaya VOA Iran 45 Euro (pake mata uang EURO), berlaku selama 30 hari, mengurus di kedutaan Iran di Jakarta biayanya 20 Euro (bayar pake Euro) salama 14 hari

2.VOA Iran untuk Indonesia memerlukan bookingan hotel atau sponsor orang Iran sementara mengurus di kedutaan Iran di Jakarta juga memerlukan booking hotel/hostel di Iran tanpa harus sponsor

Nah yang hendak merencanakan ke Iran, silahkan memilih sendiri VOA atau mengurus Visa di Kedutaan dan selamat berlibur! Yang pasti sih meski uang 45 Euro 10 hilang tapi aku senang karena bisa melihat Iran untuk terakhir kalinya!

Salam

Winny

Iklan

45 tanggapan untuk “Pilih VOA Iran atau Urus Visa di Kedutaan

  1. gak dari segi uang aja sih, dari segi ketenangan batin sebelum berangkat juga bakalan milih ngurus visa di kedutaan…soalnya ngeri kalo ngebayangin udah sampe sana, taunya ada apa2, dan visa belum di tangan.

    berarti ga ada visa multiple entry ya? meskipun urus di kedutaan?

  2. Win berarti kalo misalnya mau itinerary kayak kamu kl-iran-istambul-iran-kl gt kalo apply di kedutaan minta yg multiple bisa ya? Menarik nih kayaknya taun depan pengen coba rute kamu

  3. Kalo dari Pekanbaru ke Jakarta lumayan juga ongkosnya Kalo mau ngurus visa langsung di kedutaan nih. Model jauh kek gini mending VOA kayaknya lah. Tapi kalo pake VOA aman kan disana ya? Gak dipersulitkan?

  4. Salam mba Winny Marlina, saya dan teman2 ada rencana backpacker an ke Iran tgl 3-8 Mei, pas tulip festifal…Senang sekali membaca pengalaman mab selama di Iran. Mba kalo tidak keberatan boleh info tentang hostel murah di Iran serta no kontak CSnya? Terimakasih banyak sebelumnya

  5. Halo Mba Winny
    Mba saya mau tanya, kl misal mau 3 minggu disana bagaimana mba ?
    Bisa kah urus visa di embessy iran indo mba ?
    Dan ini tidak perlu rekening 3 bulan terakhir kan ?
    Kemudian adakah wawancara disana mba?
    Terima kasih mba

  6. Mbak winny,

    Good info.
    Kebetulan dri tgl 1 sampe 9 kmren saya di Iran. Saat ini saya di Armenia sampai tgl 17. Nanti 17 saya ke iran lagi dan pulAng dri iran tgl 23. Nah kmren saya cuma diksh single entry krn rencana ke armenia juga dadakan. Nah saya minta diubah jdi multiple ga diksh sama kedubes jakarta. Katanya sudah terlanjur issued. Nah kira2 saya masuk lagi pke VoA ada masalah ga ya? Ga ada batas masuk lagi ke Iran brp hari khan? Yg perlu saya prepare apa aja? Soalnya kmren sama konsulat Iran di jakarta saya disaranin apply di iran embassy Yerevan. Cuma winter gjni males mondar mandir ke iran embassy di yerevan. Gimana kira2 mbak winny? Akankah dipersulit? Minta masukanny. Thanks.

  7. Hi winny, aku rencana mau ke iran nih selama sebulan. Tp cuma ada tiket berangkat karena rencana dari iran mau ke turki naik bis (tehran-ankara). Nah karena tiket bisnya rencana mau beli di sana -on the spot, maka gimana tuh nanti pas ngisi form VoA, apakah diminta bukti tiket balik ke Negara asal? Syarat VoA apa aja selain bukti booking hostel?
    Mohon infonya ya winny :))) makasih banyak.

  8. hai winny, boleh tanya jg. saya berencana untuk ke iran april nanti. apakah izin VoA hanya diberikan di bandara teheran, karena saya rencana sampai iran langsung terbang lagi ke georgia, baru akan masuk lewat darat, apakah baiknya saya buat visa di jakarta aja. tapi mengingat saya tidak tinggal di jakarta maka lebih ke VoA aja. dan apakah harus punya bukingan penginapan selama disana. semisal saya disana untuk 2 minggu tpi cm punya bukingan penginapan untuk 2 hari aja gimana. soalnya saya kurang suka buat perencanaan perjalanan dan mencari penginapan murah disana juga tidak mudah. thanks ya infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s