Mengurus Visa India Tanpa Ribet


“Charisma is not just saying hello. It’s dropping what you’re doing to say hello.”
By Robert Brault

Trip India

Hello World

Jakarta, Februari 2016

Visa India merupakan visa termudah yang pernah aku urus sendiri selain visa ke Jepang. Kenapa tidak? Dengan hanya mengisi formulir via online terus datang ke kedutaan, penuhi persyaratan visa India kemudian bayar visa India terus tunggu dihari berikutnya maka visapun jadi. Gampang banget!

Waktu itu sempat konsultasi dengan si Alid karena dia mengurus visa India via Online alias e-Tourist Visa India tapi harganya Rp800.000 an sementara kalau urus ke Kedutaan India hanya Rp550.000 an. Jadi mending aku urus kekedutaan!

Jika ingin ke India maka untuk Warga Negara Indonesia harus mengurus visa terlebih dahulu. Untungnya WNI bisa menggunakan Visa On arrival (VOA) India, maksudnya datang ke India terus di Bandara India urus visanya dengan mengisi formulir Visa on Arrival kemudian bayar, antri di petugas imigrasi, lalu selamat datang di India. Hanya saja dari reiew yang aku baca kebanyakan menyarankan untuk mengurus Visa India terlebih dahulumengingat antriannya lama di India selain itu agar tidak susah pas tiba di Indianya.

Selain memperoleh visa India dengan VOA di Indianya langsung, bisa juga mengurus secara konvensional seperti yang aku lakukan dengan datang ke Kedutaan India. Sementara bagi yang tidak mau repot datang ke kedutaan, maka bisa juga isi  visa secara online melalui electronic tourist visa (e-tourist visa). Dari online tinggal isi formulir, isi persyaratannya kemudian cetak sendiri visanya lalu tempel di passport, selesai baru terbang ke India.

Hanya saja harga pengisian via melalui electronic tourist visa (e-tourist visa) India agak lebih mahal dibandingkan dengan ke kedutaan sehingga aku mengurus langsung ke kedutaan.

Sebelum ke kedutaan India, aku sudah menyiapkan persyaratan visa Turis India (Sumber: Kedutaan India) berupa:

1. Konfirmasi atau print out tiket untuk perjalanan pulang pergi

Ini tinggal prinan dari tiekt ayng sudah aku beli. Aku sendiri sudah memiliki tiket India pulang pergi hasil beli promo dengan harga 2,2 juta setahun lalu.

2. Rekening bank untuk 3 bulan terakhir

Ini aku print dari Bank dengan rekening korang selama 3 bulan.

3. Konfirmasi atau Pemesanan Hotel di tempat tujuan di India

Aku mencari hotel dari booking dot com

4.Surat undangan / sponsor dari India dengan salinan paspor atau kartu identitas sponsor.

Aku tidak bawa sih tapi lebih isi di formulir

5. Formulir India

Formulir bisa dibuka di https://indianvisaonline.gov.in/visa/tvoa.html, pilih apply online hingga keluar formulir yang berisi data.

Cara daftar visa india
Cara daftar visa india

Lalu isi data

cara mengurus visa india
Cara mengurus visa india

Kemudian akan ada formulir untuk dibawa ke kedutaan berisi informasi diri

Mengurus visa india
Mengurus visa india

Setelah berkasku lengkap maka aku datang ke kedutaan jam 9 pagi. Antriannya tidak lama meninggalkan KTP di keamanan serta jangan lupa membawa uang untuk visa. Harga turis visa India Rp530.00 tapi sewaktu di kedutaan kena chas jadi total biaya visa India secara langsung di Kedutaan Rp553.000.

Saat proses mengurus visa di kedutaan India tidak lama dan mudah. Karena aku mengurusnya hari kamis maka aku disuruh datang pas senin kemudian Visa India dengan wajahku menempel di passport.

Kedutaan India

Jl H.R. Rasuna Said, Kav. S-1,

Kuningan, Jakarta Selatan 12950

Salam

Winny

Salam

Winny

Iklan

75 tanggapan untuk “Mengurus Visa India Tanpa Ribet

  1. Haha, formulirnya sama kayak kalau apply disini Win.

    Btw, iya tuh. Dulu aku mikir kayaknya mending ngurus visanya dulu sebelum berangakt karena takut kalau ngurus VoA di bandaranya bisa lama. Tapi ketika berangkat pertama kali (mendarat di Bangalore), karena mendaratnya jam 2 subuh, itu antrian VoAnya kosong loh ternyata, hahaha 😆 .

  2. Berarti intinya lebih baik ngurus visanya di Jakarta ya mbak, langsung di kedutaan Indianya? Disana tinggal menuju ke tempat tujuan,,,, Wah apalagi di India konon katanya lumayan nggak terlalu mahal untuk traveling,,, semakin ingin segera kesana aja 🙂

  3. Kenapa ya sampe skrg aku belum ada keinginan ke India? Temen2ku yg org India kalo cerita ttg negaranya kurang antusias, trus temen pramugari yg kerja di SQ pada blg rute ke India adalah rute paling menyiksa. Setelah balik dari sana gmn kesan km ttg India? Worth it?

  4. ribeeettttt, gampangan visa jepang kayaknya, haha.
    banyak banget isian yang mesti diisi.. masa kasus lah nunggu print2an yang banyak banget. total ada kali itu berkas 30 lembar, hahaah

  5. Wah India salahsatu destinasi impian..cuma masi maju mundur cantik gegara isu keamanannya buat traveler perempuan. Kemarin ke India kemana aja? Kira2 aman kah kalo cewek pergi sendiri? Maklum biasa solo travel

  6. Hi Winny,

    Love what you wrote!
    Saya april pertengahan mau ke india cuma selama 3 hari, ticket PP sudah beli, besok rencanaya mau apply visa. Tapi agak worried sama bank statement aku, takutnya mereka gak approve karena mungkin kurang. Pengalaman aku ke Holland soalnya mereka butuh at least puluhan juta saving account.
    Ada info gak ya mengenai penolakan visa India yang pernah Winny dengar?
    Atau mungkin pendapat Winny mengenai concern aku.

    Thanks a lot
    Sari

  7. hi winny, kalo mo urus visa dikedutaan, apakah bisa hanya bawa tiketnya untuk pulang dari india nya saja? berhubung kesananya nanti mau naik bus dari nepal, jadi ga ada tiket pesawatnya. mohon infonya ya 🙂

  8. Ka win da minimal nominal tabungannya ga sih soalnya q mau urus visa ke india tapi tmn q bilang hrs pny tabungan minimal 30 jt

  9. Mbak ..saya berencana ke INDIA skitar bulan Juli atau Agustus..selama2-3mnggu..
    pasangan saya kerja dan stay di India..
    (1).Bagaimana saya mndaftar visa online nya yah, mbak..?? Webs nya gak bisa dbuka, mbak.. yng untuk daftar visa onlinenya..
    (2).Bagaimana caranya mengurus visa yng dsponsori, mbak..krna suami saya yang akan mnsponsori visa saya rencanya.. Kira2 apa yg dperlukan jika visa dn smua biaya dsna dsponsori psngan kita ??
    (3).Berarti,klo visa turis bisa diurus saat di bandara di India,artinya ga mslah yah pas saat pnerbangan ksana dri Indonesia, qt hnya bwa passport slain KTP dn buku tabungan??
    (4).Seandainya kita tinggal dirumah kita (apartemen) suami, apakah kita prlu ada boking hotel dll gtu,mbak ??
    trimakasih, mbak..
    Hjjjj

    1. 1. Langsung ke kedutaan India saja
      2. biasanya bank statement bisa
      3. kalau VOA bisa urus pas disananya namun langsung check imigrasi dan ketetentuannya siapa tahu berubah
      4. kasih alamat apartemen

  10. Salam kenal mbak winn dr saya..
    Senang membaca serunya petualang mba selama di india,
    Mbak kira kira berapa bidget yg harus saya sediakan untuk ngtrip ke india??
    Mohon tips dan saran nya mbak.
    Trims mbak winny…

  11. kak, sy rencana ingin menikah dgn WNA india di negaranya.

    apa rekening bank itu wajib? kl tidak ada, bisa pakai rekening orang tua/calon suami tdk?
    krn nanti calon suami yg akan membiayai saya disana.

  12. Halo kak, bole tanya ga surat sponsor itu bentuknya seperti apa sebab saya ada rencana menikah dengan org asli India? Mohon bantuannya. Dan apa tabungan rekening pasti akan di cek?

  13. Hai winny, kl e-visa dan visa konvensional di kedutaan ada bedanya ngga sih? takut kl e-visa diribetin ya sama imigrasinya..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s