Backpacker ke India, 7 Kota (Kolkata, Varanasi, Agra, Jodhpur, Jaisalmer, Jaipur, New Delhi) 8 Hari Rp6 Juta


The future belongs to those who believe in the beauty of their dreams

By Eleanor Roosevelt

Jaisalmer Rajashtan

Hello World!

India, 26 Februari-5 Maret 2016

Sebelumnya aku tidak menyangka aku bisa mewujudkan mimpi untuk backpacker ke India selama 7 hari dengan 7 kota. Apalagi travelling ke India hanya berdua saja dengan temanku Yosi. Sebelumnya aku hendak pergi liburan ke India dengan seniorku 2 orang karena kami sudah membeli tiket pp Jakarta-Kolkata Rp2,2 juta satu tahun yang lalu. Mengingat ada dua orang lelaki yang hendak ikut jalan maka aku berani memutuskan untuk jalan-jalan ke India hingga akhirnya karena ada sebab akibat keduanya tidak jadi pergi dan tinggal aku seorang yang hendak pergi. Awalnya aku ragu hendak ke India seorang diri, jujur saja sebagai wanita aku takut untuk mengunjungi India karena banyak isu tentang pemerkosaan atau pelecehan di India.  Sampai aku pernah bertanya pada forum Backpacker Dunia “amankan wanita solo travelling ke India?” Lalu dengan banyak komen yang akhirnya aku memutuskan jalan-jalan sendiri ke India karena Taj Mahal sudah memanggilku. Betapa tidak, hanya ada dua negara di ASIA yang membuatku penasaran yaitu China dengan Tembok Besarnya dan yang kedua adalah India dengan Taj Mahalnya. Sehingga aku nekat dan membulatkan tekat “sendiripun jadilah ke India”.

Jodhpur
Jodhpur

Beruntungnya aku ketika aku mengajak temanku Yosi (teman kuliah waktu di Teknik) untuk ikut bersamaku, walau dia mikir agak lama akhirnya dia ikut juga ke India. Betapa senangnya aku karena paling tidak aku tidak perlu cemas akan travelling sendiri di India. Walau awalnya was-was takut kalau kejadian salah memilih travelmate seperti pengalaman di Jepang tetap menghantui. Dan ternyata si Yosi adalah teman kece yang bisa diajak susah. Berdua kami berkelana dari ujung Kolkata hingga ke Jaisalmer. Bahkan kami mematahkan stigma negataive mengenai India, mulai dari pendapat orang mengenai India tidak aman bagi wanita hingga tidak mungkin menjelajah India dalam waktu singkat 7 Kota dengan jarak jauh. Bahkan orang India ketika melihat itenarary perjalanan India ku geleng-geleng, tapi kami berhasil menjadikannya jadi kenyataan.

Awalnya kami ingin ke Udaipur sehingga kami membeli tiket kereta api, tapi karena ingin melihat Padang Pasir, akhirnya kami membatalkan ke UDAIPUR dan memilih ke JAISALMER.

Rute Perjalanan

Hari 1 : Kolkata, 26 Februari 2016

Hari 2 : Varanasi, 27 Februari 2016

Hari 3 : Agra, 28 Februari 2016

Hari  4: Jodhpur, 29 Februari 2016

Hari 5 : Jaisalmer, 1 Maret 2016

Hari 6 : Jaipur, 2 Maret 2016

Hari 7 : New Delhi, 3 Maret 2016

Hari 8 : Kolkata, 4 Maret 2016

Jodhpur
Jodhpur

Persiapan sebelum ke India

1.Visa

Sebelum ke India, maka terlebih dahulu mengurus visa. Mengurus visa India bagi Indonesia bisa VOA (Visa on Arrival) yang bisa diurus dengan 3 cara:

1. Datang ke India terus langsung urus VOA, isi form bayar langsung (update dari situs kedutaan India The name of the Tourist Visa on Arrival enabled by Electronic Travel Authorisation (TVoA-ETA) scheme has been changed to eTourist Visa (eTV) scheme with effect from 15.04.2015)

2. Urus di Kedutaan India sebelum berangkat atau secara koveksional

3. E-Visa dengan mengisi formulir Visa melalui internet serta hasilnya adalah lembaran visa yang bisa diprint langsung dan ditempel di passport.

Pengurusan visa India tergantung kebutuhan masing-masing. Waktu itu aku mengurus di Kedutaan India karena biayanya jauh lebih murah daripada E-visa. Selain itu aku tidak memilih membayar VOA langsung karena pengalaman sepupuku ketika di India tidak mau menerima uang Dollarnya sehingga dia harus tukar Dollarnya dulu ke Rupee baru ke Dollar lagi walau ujung-ujungnya dia membeli Dollar yang sudah dia tukar tersebut.

Untuk pengalamanku malahan berbeda, karena Bandara kedatanganku di Kolkata jam 12 malam sehingga antriannya sedikit sehingga lebih praktis VOA. Malahan kami yang sudah memiliki visa antriannya digabung dengan local sehingga lebih lama untuk keluar dari Imigrasi India. Bahkan waktu itu kami lihat yang cepat malahan yang VOA, karena antriannya sedikit. Jadi pemilihan pegurusan visa tergantung kepada kebutuhan dan kondisi.

2.Uang

ATM dengan master card atau VISA banyak terdapat di India dengan potongan Rp20.000/penarikan. Tapi dari pengalamanku aku tidak menganjurkan untuk mengambil uang di ATM INDIA karena system ATM di India berbeda dengan system ATM di INDONESIA. Kalau di Indonesia, Kartu ATM dimasukkan ke mesin sampai transaksi selesai maka ATM baru bisa keluar. Sedangkan di India, ATM hanya gesek sekali saja masukkan pin terus ATM dikeluarkan terus barulah bertransaksi sehingga jika pelupa bisa uangnya dipakai orang karena systemnya berbeda. Sebaiknya siapkan uang secukupnya atau bawa uang Dollar yang mudah ditukarkan. Aku backpacker ke India selama 8 hari 7 kota hanya membawa 5000 Rupee saja dan 100 Dollar America yang aku tukar menjadi 6500 Rupee dan terakhir aku tarik di ATM 3000 Rupee karena ingin membeli oleh-oleh. Total uang yang aku bawa ke India selama 8 hari Rs145000 sudah termasuk biaya oleh-oleh.

3.Bagasi/bawaan

Pelajaran yang paling beharga bagiku ialah jangan membawa baju banyak jika tidak membeli bagasi dan tidak memiliki rencana menginap. Kami berdua sempat kewalahan bongkar tas setiap hari, memikul berat tas kemana-mana saking membawa baju yang banyak. Bahkan aku sempat membuat bercandaan kepada Yosi “ Yosi kerjaan kita setiap hari bongkar tas, itu-itu aja kerjaan kita sampai pulang”, langsung Yosi ngekeh habis 😀

4.Oleh-oleh dari Indonesia

Mungkin terdengar sederhana tapi bawalah makanan ringan yang bisa dibagikan kepada siapapun yang dikenal di jalan. Aku dari jauh hari sudah menyuruh Yosi membawa Beng-beng dan aku membawa Gary Cokelate. Nah makanan ringan inilah yang kami bagikan kepada orang India, sesama pejalan bahkan siapapun yang menolong kami. Kami selalu bilang “ This is chocolate from Indonesia”, sekalian promosi kalau orang Indonesia baik-baik.

5.Website yang berguna untuk trip ke India

Sebelum ke India, untuk membeli tiket kereta, pesawat, dan bus bisa menggunakan website cleartrip. Sehingga ketahuan jarak, rute, harga dari alat transportasi di India.

Trip India
Trip India

Akomodasi 

Kereta api kelas bawah adalah kamar tidur kami selama 8 hari Backpacker ke 7 Kota di INDIA. Bisa dibilang hotel kami ialah kereta dengan type sleeper yang menyatu dengan warga local dengan toilet yang membuatku harus menahan muntah saking joroknya. Hanya sekali kami mencoba kelas sedikit elit yaitu type 3 AC dan kami tidak menyukainya karena lebih sedikit eksklusif dan orang-orangnya sedikit angkuh. Salah satu yang aku tidak suka di India ialah system kastanya. Tapi pengalaman menginap di Kereta India sepanjang perjalanan merupakan pengalaman yang tak terlupan dalam hidupku.

Rajashtan
Rajashtan

Rincian Perjalanan Backpacker Ke India

Hari pertama di Kolkata 25-26 Februari 2016, Jakarta-Kuala Lumpur-Kolkata (Calcutta)

15:10 – 18:00 Bandara Soeta Jakarta-Kuala Lumpur, disini kami berkenal dengan Johnny asal Malaysia yang rupanya sama-sama hendak ke rumah Jojo, host Cs kami di Kolkata, akhirnya kami janjian sama-sama ke rumah Jojo di Ballygunge, Kolkata

22:35 – 12:05: Sampai di Netaji Subash Chandra Bose Internasional Airport, Kolkata

12:05 – 01:00: Pengurusan Imigrasi, bagi yang sudah punya visa India maka antriannya disatukan dengan warga local India, berbeda dengan yang belum punya visa maka antriannya di e-visa atau VOA India (Visa on Arrival)

01:00 – 05:00: Tidur di Bandara Netaji Subash Chandra Bose Internasional , Kolkata. Aku, Yosi dan Johnny mencari bangku untuk tempat tidur dan kami keluar dari area imigrasi. Toilet di Bandara lumayan bersih.

05:00 – 06:00: Naik taxi Rs750/3 orang dari Bandara Netaji Subash Chandra Bose Internasional ke Easy Space system Confield Road Ballygunge. Taxinya tanpa argo, normal harganya Rs500 untuk taxi, untuk bus  Rs10, untuk Rickshaw (sejenis Bajaj) Rs20. Awalnya harga nya dari Rs1000. Aku sih tidak terlalu mau dengan harga Rs750 karena standar harganya Rs250-500, tapi karena mengalah yasudahlah akhirnya ngikut saja. Saran jika pesawat tengah malam tunggu jam 7 pagi kemudian naik metro (kereta subway) dari Bandara terus paling biayanya Rs40-100. Atau mau naik taxi yang prepaid warna kuning yang berada di luar Bandara, tanya harus ada argonya.

06:00 – 08:00: Sarapan pagi. Patata Rs3, Chai Rs 300/3 orang, susu Rs 20/2 orang

08:00 – 09:00 : Istirahat dan mandi di rumah host CS kami si Jojo . Puas-puasin mandi

09:00 – 10:00: Dibawa kuliner ala Kolkata ama Jojo dengan mobilnya ke Tasty Corner bareng traveler dari London, aku, Yosi dan Johnny. Makan Kasta Katchuri Rs10, Chai Rs10 sehingga Rs50/orang.

10:00 – 11:00:  Aku, Yosi, Johnny mencari tiket ke Central. Ddengan naik bus ke Kalighat Rs10, terus dari Kalighat ke Central naik metro Rs10. Ditengah jalan beli aqua Rs10. Dari central jalan kaki ke Eastern Railway Station, tempat membeli tiket kereta api di Kolkata, India. Cara membeli tiket kereta api di India dengan mengisi form dengan nomor kereta, tanggal, tujuan serta menunjukkan passport. Aku dan Yosi sempat dimarahin petugas administrative Kolkata karena kami mengisi formulir banyak sekali karena kami tidak mengerti. Akhirnya aku dan Yossi menahan dongkol dalam hati ahhaha.

11:00-14:00-00:00 Antri beli tiket. Pas beli si bapak memberikan tiket mahal karena beda kereta. Akhirnya dia memberikan tiket kereta Kolkata-Varanasi Rs415 berangkat jam 20:00 dari Howrah station.

14:00 – 15:00: jalan kaki hingga ke Gereja ayam hingga aku dan Yosi berpisah dengan Johnny karena di membeli SIM CARD India, sementara kami mencari wifi gratisan,

15:00 – 17:00: ke Park Street dengan naik bus Rs8, demi memanfaatkan wifi gratis karena katanya ada wifi gratis di Park Street. Terus hujan pula akhirnya kami menikmati waktu dengan berwifi gratisan ria di bawah jembatan sambil berteduh

17:00 – 18:00: Kami berjalan ke wisata Kolkata, Victorial Memorial dan Gereja St Paul. Karena sudah sore sehingga masuknya gratis. Untuk tahu jalan kami tanya orang sekitar serta berjalan kaki dari Park Street hingga ke  Victorial Memorial, Kolkata.

18:00 – 19:00: Ke Howrah station dengan naik bus Rs 8.

19:00 – 19:30 : Minum Lassi strawberry (lassi = yogurt), aqua Rs20, kemudian mencari peron kereta ke Varanasi

20:00 – 09:30 : Perjalanan dari Kolkata ke Varanasi dengan sleeper train dan tidur di kereta. Berkanalan dengan turis China yang sudah 7 kali datang ke India bernama Veena.

Kolkata
Kolkata

Biaya pengeluaran Hari pertama di Kolkata Perjalanan Backpacker Ke India

Taxi Rs 250, sarapan pagi Rs110, makan di tasty corner Rs50, bus dan metro ke Central Rs30, Kereta ke Varanasi  Rs415, bus ke Park Street Rs8, bus ke Howrah Rs8, lasssi Rs30, aqua Rs10 = Rs911

Highlight objek wisata Hari Pertama Kolkata

Tempat wisata yang bisa dikunjungi hari pertama di Kolkata: Gariahat Market, Park Street, Gereja St Paul, dan Victrorial Memorial

Catatan perjalanan mengenai Kolkata

1. Banyak warga local India di Kolkata mandi di tempat umum

2. Banyak pengemis, banyak yang pipis di jalan apalagi laki-lakinya serta banyak gembel yang tinggal di jalan.

3. Banyak burung Gagak di Kolkata

4. Kolkata kota yang ramai

5. Makanan di Kolkata itu murah dan enak

6. Bus, taxi dan kerta jadul di India

7. Banyak orang meludah sembarangan di India

Aku dan Yosi
Aku dan Yosi

Hari Kedua di  Varanasi, 27 Februari 2016

09:40: Tiba di Varanasi Junction Railway station.

09:40- 10:00 Kami langsung membeli tiket kereta ke destinasi berikutnya yaitu:

Agra fort –Jodhpur Rs690/2 orang

Jodhpur – Jaisalmer Rs410/2 orang

Jaisalmer – Jaipur Rs680/ 2 orang

Jaipur-New Delhi Rs Rs 470/2 orang

Disini kami berkenalan dengan orang Argentina bernama Markus dan Rico. Kami memberikan cokelat dan mereka memberikan gantungan kunci. Disini pula kami numpang toilet dang anti baju tapi tidak mandi.

10:00 – 10:30: Naik Bajaj alias Rickshaw dari di Varanasi Junction Railway station ke Sungai Gangga Rs50/ 2 orang. Di tengah jalan kami harus memutar balik walau sudah dekat ke Sungai Gangga karena ada sapi yang menghalangi jalan.

10:30 – 12:53: Keliling Sungai Gangga

12:53 – 15:00: Makan di madhur Milan Café dekat Dasameth Gates rekomendari dari lonely planet. Laddu Rs50, makan siang di dekat Sungai Gangga tak jauh dari Vishwanth temple, paneer chowmie (mie tahu) Rs 90 dan Chai Rs10. Beli sari buat mamaku Rs250. Aku juga menukar uang dollar 100 menjadi Rs6500 di Varanasi

15:00 – 18:00: berpisah dengan Yosi karena di ke Sarnath sedangkan aku masih ingin mengelilingi Gangga. Aku berjalan kaki mengelilingi Gangga dari Kedar Gate hingga ke Visnu Temple sampai ke Masjid yang ada di Gangga. Naik ke atas Manmandir Gate bayar Rs100 dan bisa melihat Sungai Gangga dari atas. Ngasih uang ke Pendeta Rs90 karena membolehkanku melihat pembakaran mayat dari dekat serta melihat langsung otak meleleh keluar dari kepada pas di depan Vishnu Temple depan Sungai Gangga. Aku juga sempat membeli postcard Rs10, berkenalan dengan orang India di Varanasi yaitu Sunny, Rohit dan Musa serta mentraktir mereka chai Rs30 karena menemani jalan kaki sepanjang Gangga. Terus ngasih uang ke pendeta Rs10 karena memberikan tanda di jidat atas keberkatan.

18:00-19:00 naik angkutan sepada ke Stasiun Rs100

19:00-20:00: Sempat menggunakan wifi fratis di stasiun Varanasi dengan menggunakan nomor hp orang India yang aku sok SKSD in di stasiun sambil menunggu Yosi yang sempat membuatku khawatir.

21:00-10:30: Perjalanan kereta malam dari Varanasi ke Agra dengan tidur di sleeper train

Rajashtan
Rajashtan

Biaya pengeluaran Hari kedua Varanasi Perjalanan Backpacker Ke India

Tiket kereta Agra fort –Jodhpur Rs690/2 orang, Jodhpur – Jaisalmer Rs410/2 orang, Jaisalmer – Jaipur Rs680/ 2 orang, Jaipur-New Delhi Rs Rs 470/2 orang = Rs1125/ orang, ongkos Rickshaw Rs25, melihat Gangga dari atas Rs100, ke pendeta dan postacard Rs100, sari Rs250, makan Rs100, ke stasun Rs100, chai Rs45 = Rs1945

Highlight objek wisata Hari kedua Varanasi

Yang bisa dilakukan di Varanasi hari kedua di India ialah melihat Sungai Gangga puas, melihat prosesi pamakaran mayat, melihat acara Hindu jam 7 malam di Varanasi

Catatan perjalanan mengenai Varanasi

1. Malam hari sangat ramai di Varanasi karena ada acara Hindu dan sangat menarik untuk dikunjungi

2. Pembakaran mayat selalu dilakukan dari pagi hingga malam hari di depan Vishnu Temple

3. Di dekat sungai Gangga ada masjid

4. Tidak boleh memphoto mayat selain ijin dari penjaga dengan membayarkan uang baru boleh photo

5. Banyak sapi dan anjing di Kota Varanasi

6. Sungai Gangga sangat suci Bagi umat Hindu, jadi sering diadakan acara di depannya serta banyak warga India mandi di Sungai Gangga dan Abu mayat di bakar juga dibuang ke Sungai Gangga

7. Di dekat sungai Gangga ada pasar tradisonal untuk membeli oleh-oleh

Taj Mahal India
Taj Mahal India

Hari ketiga di Agra India, 28 Februari 2016

10: 30 Sampai di Agra Fort Station

10:30 – 11:00: Rickshaw Rs50 ke Taj Mahal

11:00 -13:00: Mandi di toilet umum yang ada di pintu depan Taj Mahal Rs10, tips sari Rs10. Sebelumnya kami disuruh bayar Rs600 di Maya hotel hanya untuk mandi yang akhirnya kami tidak mau dan malah menemukan toilet umum

13:00 – 14:00: Jalan kaki ke Locker untuk menyimpan bagasi Rs20.

14:00 – 17:00: Harga tiket masuk ke Taj Mahal Rs750, photo Rs250/orang.

17:00 – 18:00: Beli souvenir di Agra Market Rs450, pscard Rs5, gantungan kunci Rs10, jus Rs30. Ricksaw dari Taj Mahal ke Stasiun Agra Fort Rs50/2 orang

18:00-19:00 Makan malam di dekat Stasiun Agra Rs 328/2 orang. Menu makan malam kami Chamsala Rs70, chicken curry Rs90, egg kel Rs50, Cold drink Rs40, zeera rice Rs70, 2 Roti Rs 8.

19:30 – 00:00 kereta kami telat datang. Di stasiun Agra aku dicium pipi serta dikasih jepitan rambut ama anak gadis kecil India karena kami memberikan cokelat. Disini bertemu dengan Markus dan Rico lagi serta si yosi sempat digangguin ama cowok India hahah. AKu juga ke toilet Rs10, omelet Rs30 dan Aqua Rs15.

Biaya pengeluaran Hari ketiga Agra Perjalanan Backpacker Ke India

Rickhsaw Rs25, toilet dan tips sari Rs20, harga tiket masuk ke Taj MAHAL RS750, photo Rs 250, oleh-oleh Rs465, makan malam Rs164, jus Rs30, toilet dan aqua Rs45 = Rs 1799

Highlight objek wisata Hari ketiga Agra

Hari ketiga di India tepatnya di Agra cukup puas mengelilingi TAJ MAHAL dari ujung ke ujung serta sempat melihat Red Fort yang memukau.

Catatan perjalanan mengenai Agra

1. Jika ada yang mengatakan photo free di Agra sebaiknya diabaikan karena ujung-ujungnya diambil photo dengan pemaksaan harus beli minimal 5 photo, 1 photo Rs50 sama kayak aku dan Yosi. Terus pas datang di Agra itu pas siang ramainya minta ampun sampai hilang mood untungnya keindahan Taj MAHAL jadi lupa kalau sedang tidak mood.

2. Banyak tempat wisata di Agra dan jika ingin mengunjungi Agra lebih jauh sebaiknya tinggal 2 hari dan disekeliling Agra.

Hari Keempat di Jodhpur, 29 Februari 2016

11:00 Tiba di Jondhpur Junction Railway Station, kenalan dengan Shaw turis asal Jepang yang jadi bodyguard kami selama di Jodhpur. Di kereta aku memperbaiki tas Rs50, minum Chai Rs10.

11:00 – 12:00 Rickhsaw Rs50/3 orang berhenti di depan Clock Tower

12:00 – 13:00 Makan siang di Shivam Guesthouse @Rs192,5 terdiri dari mixed vegetable Rs140, Kabooli Rs 140, saffron Lassi Rs50, pineapple lassi Rs 55 = Rs385/2 orang.

13:00 – 14:00 = Jalan kaki ke Mehrangarh Fort. Pas panas menanjak pula jalannya. Sempat beli aqua Rs15.

14:00 – 18:00: Menjelajah Mehrangarh Fort. Tiket masuk untuk turis Mehrangarh Fort Rs500 sudah termasuk diberikan audio listening untuk mendengarkan penjelsanan Mehrangarh Fort. Jika memiliki kamera bayar Rs100 untuk museum Mehrangarh Fort, kemudian aku membayar Rs50 untuk charity kepada Bapak yang menghirup Opium di Mehrangarh Fort. Aku juga membeli postcard Rs10 di Mehrangarh Fort.

18:00 – 19:30: makan omelet terenak di Jodhpur rs110/ 2 orang

19:00 – 20:00: Shopping di Sardar Market. Aku hilap membeli sari, kerudung, baju Punjab, gelang Rs1100.

20:00 – 22:00 : Makan di Shivam Guesthouse Rs500/ 2 orang terdiri dari veg meal Rs270, strawberry lassi Rs 55, Mango Lassi Rs55, orange Rs90. Di Shivam kami bisa wifi, toilet gratis dan mandi gratis.

22:00 – 22:15: dari area Mehrangarh Fortdi Shivam ke Jodhpur railway station dengan rickshaw Rs50/ 2 orang

00:45: Perjalanan kereta dari Jodhpur ke Jaisalmer, kami tidur di kereta dengan sleeper train.

Jodhpur
Jodhpur

Biaya pengeluaran Hari keempat Jodhpur Perjalanan Backpacker Ke India

Rickshaw Rs15, Makan siang di Shivam Guesthouse @Rs192,5, Tiket masuk untuk turis Mehrangarh Fort Rs500, aqua Rs30, omelet Rs 55, Shopping Rs1110, makam malam Rs250, perbaiki tas Rs50, charity ke pak Opium di Mehrangarh  Rs50 = Rs 2252,5

Highlight objek wisata Hari keempat Jodhpur

Hari keempat di India kami hanya bisa mengunjungi Mehrangarh Fort dan puas belanja di Sardar Market Jodhpur. Kami tidak mengejar untuk ke wisata Jodhpur lainnya karena seharian di Mehrangarh Fort saja membuat kami sangat puas dan bahagia.

Catatan perjalanan mengenai Jodphur

1. Shivam guesthouse itu baik sekali pada kami, tas boleh kami titip gratis lagi, toilet gratis, wifi ada dan makanan di restoranya juga murah.

2. Orang Jodhpur ramah-ramah dengan turis

3. Belanja sari murah itu di Sardar Market Jodhpur.

4. Stasiun Jodhpur ada esklatornya

5. Banyak masjid di Jodhpur, ashar di India jam 5 sore, subuh jam 6 pagi.

jaisalmer
Jaisalmer

Hari kelima di Jaisalmer, 1 Maret 2016

06:00 sampai di Stasiun Jaisalmer

07:00 – 08:00 Ke Point City dengan ricksaw Rs50, minum chai Rs 10.

08:00 – 09:30: Makam pagi di Pakwan Restauran Rs 380/ 2 orang dengan pemandangan Jaisalmer Fort

Terdiri dari 2 black tea Rs40, veg biryani Rs 80, mix patata Rs 50, tea Rs20.

09:30 – 11:00: Sampai di Padang Pasir.

11:00 – 12:0: Kami melakukan camel Safari Rs1700/ 2 orang, aqua Rs20, tips penjaga unta Rs50

12:00 – 14:00: Ke depan Jaisalmer fort, makan siang. Aku membeli oleh-oleh Rs100 untuk topi Rajasthan.

14:00 – 16:30: si Yosi makan aku main wifi gratis. Jus Rs50

16:30: ke Staisun Jaisalmer

17:00: Jaisalmer ke Jaipur berkenalan dengan Mahipal Ratnoo, polisi India dan dia memberikan cham-caham dan chapatti.

17:00 – 05:30: Perjalanan malam dari Jailsamer ke Jaipur. Lagi-lagi kami tidur di kereta dengan kereta sleeper.

Biaya pengeluaran Hari kelima Jaisalmer Perjalanan Backpacker Ke India

Rickshwa Rs50, chai Rs10, makan pagi Rs190, Camel safari Rs900, topi Rajashtan Rs100, jus Rs50 = 1280

Highlight objek wisata Hari kelima Jaisalmer

Hari kelima di Jaisalmer kami hanya bisa Camel Safari dan melihat Gurun Pasir, merupakan gurun pasir pertama dalam hidupku. Kami juga bisa melihat Jailsamer Fort serta makan pagi dengan pemandangan Jaisalmer fort itu sangat menakjubkan.

Catatan perjalanan mengenai Jaisalmer

1. Biaya Camel Safari seharin itu Rs500-1000 jadi jangan sampai kena tipu. Kami sempat kena tipu Rs900 hanya sejam oleh salah satu pegawai Kohari Palace hotel.

2. Harga standar camel Safari per harian Rs500-1000, jadi tawarlah sebaik mungkin.

Hawa Mahal
Hawa Mahal

Hari keenam di Jaipur, 2 Maret 2016

04:30 Sampai di Jaipur

05:06 – 07:00 makan di Roop Basanat Pavitra Bhujan depan staisun Jaipur. Chai Rs10, Samosa rs12, Paneer Parantha Rs40.

07:00 – 09:00: dijemput host dari CS bernama Aslam Khan yang rupanya tour guide dan tukang tipu. Akhinrya kami mandi ri umahnya terus diantara ke staisun kereta unutk beli tiket New delhi ke Kolkata lalu diantar ke Hawa Mahal dan kami di chas Rs500/ 2 orang.

09:30 – 11:00: ke stasiun Jaipur, tiket kereta New Delhi-Kolkata type 3 AC 2500/ orang. Pagi-pagi petugasnya mengerjain kami dengan meminta photo copy passpot Rs5 kemudian pas si Yosi ngasih tunjuk Cuma dicoret saja pas giliranku masa diminta harus pasphotocopy pas di kasih malah gak jadi. Aku sempat naik pitam di stasiun dengan muka tidak enak ahahha

12:00 – 13:00: menemanin Yossi belanja di Old City Jaipur, minum Lassi Rs20, aqua Rs20, lalu ke Hawa Mahal, objek wisata terkenal di Jaipur. Lalu kami berkenalan dengan Mohit dan Bim yang baik hati memberikan kami Chai, dan Lassi serta makan siang gratis. Bahkan tas kami bisa dititip di toko Bim yang berjualan baju.

14:00 – 17:00 Kami ke Ambert fort dengan bus Rs10, aku membeli oleh-oleh lagi di depan Ambert Fort Rs500.

17:00 – 19:00 : nongkrong di depan Danau Jal Mahal. Disini kami berkenalan dengan Rahul dan Dip yang orang India. Makan potta Rs70. Disini kami menggunakan wifi gratis dari mereka berdua.

19:00 – 20:00: balik ke tempat Bim (Jordan) membeli oleh-oleh sari dan baju India Rs 600.

20:00 – 21:00: Ke stasiun Jaipur dari Hawa Mahal Rs200/ 2 orang dengan Rickshaw. Disini si yossi sempat ketinggalan Kamera di Toko Bim terus mukanya stress habis untungnya ada orang India baik hati bernama Dewa yang menolong kami pas berkenalan di stasiun.

21:00 – 22:00 Yosi balik ke area Hawa Mahal untuk mengambil kameranya

00:00 – 07:00 Perjalanan malam dari Jaipur ke New Delhi, tidur di kereta dengan sleeper train

Biaya pengeluaran Hari keenam Jaipur Perjalanan Backpacker Ke India

Kena tipu Rs250, makan pagi Rs 62, shopping Rs500, Tiket kereta New Delhi-Kolkata Rs2500, minum Rs 120, oleh-oleh Rs600, rickshaw Rs100 = Rs4132

Highlight objek wisata Hari keenam Jaipur

Hari keenam di Jaipur kami hanya bisa melihat objek wisata Jaipur yaitu Hawa Mahal, Ambert Fort dan Danau Jal Mahal yang kami sangat sukai.

Catatan perjalanan mengenai Jaipur

1. Hati-hati dengan CS (Couchsurfing) Rajashtan khususnya Jaipur kebanyakan adalah tourguide

2. Tempat untuk melihat aktivitas orang india di Jaipur di Danau Jal Mahal, meskipun kotor dipinggiran danaunya tapi menarik untuk dilihat

3. Jaipur adalah ibukota Rajashtan sehingga ramai sekali penduduknya

New Delhi
New Delhi

Hari ketujuh New Delhi, 3 Maret 2016

07:00: Sampai di Stasiun New Delhi

07:00 – 08:40: Makan di stasiun New Delhi MCD nya Rs 138,2 / 2 orang. MCD rasa India.

08:40 – 09:00: Ke Agra Fort dengan rickshaw Rs50 dari stasiun New Delhi

09:00 – 10:00 ke rumah ibadah Agama Sigh yaitu perpaduan Hindu dan Islam yang ada di India, Kami numpang toilet disini. Lalu naik Rickshaw Rs50 ke Jama Masjid.

10:00 – 11:00 Makan pagi di depan Jama Masjid, New Delhi Rs 438/2 orang. Matton Rs150, chicken biryani rs150 dan beef Korm.

11:00 – 13:00 Jama Masjid

13:00 – 14:00 jalan kaki dari Jama Masjid melewati Chow Bazaar terus ke Metro. Dari Chow Bazaar naik metro ke Qutub Minar Rs10

14:00 – 14:30 Makan jeruk dengan Bapak India penjual batu dekat satasiun Qutub Minar

14: 30 – 17:00: ke Qutub Minar dengan rickshaw Rs 10, mandi di toilet umum di Qutub Minar Rs20, locker untuk tas kami Rs 50, tiket masuk ke dalam Qutub Minar Rs 250.

17:00 – 18:00 : Ke tasiun new Delhi dengan metro Rs20.

18:00 – 19:30: Jasa Launge kereta Rs150 bisa pake wifi, ada toilet bersih dan minum Chai. Disini kami hampir ketinggalan kereta saking asyiknya berwifi ria.

19:30 – 19: 40 lari ke peron dan masuk dari A3 Ke kelas B3 karena kami berada di 3AC

Biaya pengeluaran Hari ketujuh New Delhi Perjalanan Backpacker Ke India

Rickhsaw Rs35, MCD Rs51,9, makan pagi Rs 220, metro 40 Rs,masuk ke Qutub Minar Rs250, jasa launge Rs150, locker mandi Rs 70, kasih tips ke petugas kereta Rs100= Rs1275

Highlight objek wisata Hari ketujuh New Delhi

Di hari ketujuh New Delhi, kami bisa mengunjungi objek wisata New Delhi berupa Red Fort, Jama Masjid, Chow Bazar dan Qutub Minar.

Catatan perjalanan mengenai New Delhi

1. Ibukota negara lumayan modern dan banyak manusianya

2. Ada Metro

Danau Jawa Mahal
Danau Jawa Mahal

Hari kedelapan di Kolkata, 4 Maret 2016

14:00 Tiba di Stasiun Seladah Kolkata

14:00- 16:00 : Keliling pasar Sealdah, beli sari Rs200 bus Rs10

16:00 – 17:00 Ke Spanish Café di Suddar Street, makan Rs 100

17:00 – 19:00 : Wifi gratis di Spanish Café bertemu dengan Dizzi CS Kolkata lalu beli oleh-oleh Rs580

19:00 – 21:00 ke Bandara dengan bus Rs40, lalu naik taxi Rs30.

Biaya pengeluaran Hari kedelapan Kolkata Perjalanan Backpacker Ke India

Sari Rs200, bus dan makan siang Rs110, oleh-oleh Rs580, bus ke Bandara dan Taxi Rs 70 = Rs 950

Highlight objek wisata Hari kedelapan Kolkata

Hanya bisa melihat New Market dan beli makanan khas Kolkata di hari terakhir di India, bermula dari Kolkata berakhir di Kolkata

Total Pengeluaran selama di India dari tanggal 26 Februari Sampai 4 Maret 2016 ialah Rs14500 sudah termasuk oleh-oleh yang oepartional hanya keluar sekitar Rs10.000 dan selebihnya oleh-oleh dengan rate 1 Rupee (Rs) = Rp200. Tiket pesawat pulang pergi Rp2,2 juta, Visa Rp530.000 jadi pengelauran backpacker ke India Rp2,2 juta + Rp530.000 + Rp2,9 juta = Rp5,630.000.

Camel Safari
Camel Safari

Tips perjalana ke India

1. Visa bisa diurus langsung di Bandara kalau kedatangan tengah malam karena tidak antri.

2.Bawa tissue basah banyak karena toilet umum India jorok dan sering terlihat tentara kuning di toiletnya dan bawa obat diare

3.Download offline maps untuk mengetahui jalanan

4.Sering bertanya

5. Untuk daerah Varanasi, Rajashtan sebaiknya jangan memakai baju ketat apalagi rok mini

6. Bawa baju seperlunya

7. Jika menawar harga di India tawarlah ½ harga bila perlu 1/3 harga karena harga turis jauh lebih mahal.

8.Jika ingin melihat India sebenarnya maka datanglah ke Varanasi

9.Tempat terbersih di India ialah area Rajashtan dan setiap kota menyimpan wisata menarik tersendiri

10.Orang India sangat ramah pada turis jadi tidak perlu takut

11. India aman untuk wanita sepanjang mematuhi aturan di India seperti tidak keluar sendirian pas jam 10 malam dan jangan berpakaian yang menggumbar.

12.Mudah mencari makanan halal di India karena mayoritas penduduknya beragama Hindu kemudian Islam sehingga tidak perlu khawatir tentang makanan halal di India.

13. Selalu bawa photocopy passport untuk keperluan pembelian kereta India

14. Bawa pasphoto dan photocopy passport untuk membeli SIMCARD India dengan lama aktivasi selama 3 jam.

15. System kereta India dengan membaca peron dan nomor kereta terus lihat peron mana. Tidak ada system menyebutkan sampai di mana di stasiun sehingga perhatikan jam sampai dan tanya kepada orang sekitar jika stasiun yang dituju telah sampai.

Taj Mahal
Taj Mahal

Mengutip dari pendapat Yosi mengenai India

Masih gak percaya ni rasanya uda pulang ke Indonesia saya, 7 hari 7 Kota, no hotel always tidur di kereta kelas bawah, mandi di toilet umum, jadi bahan perhatiaan dan dilihatin ma para Indiahe, belajar bahasa Hindi spontan, ketemu cowok Hindi yang cakep-cakep meski gak ada yang nyantol, dijamu, ditolong, dikasih hadiah dan makanan ma masyarakat India, wow! Di India gak aman untuk wanita? No! Di India gak boleh pake kaus ngepas? No!, Para masyarakat India katanya jahat-jahat n gak ramah? No! India jorok? No, ga semua! No madam! India is incredible country”!

Kira-kira begitulah gambaran umum yang kami dapatkan mengenai India. Travelling ke India itu sangat berharga karena  aku bertemu dengan orang baru, memiliki teman baru, ditolong ama orang India walau ada juga yang nipu, dicium pipi ama anak kecil dan dikasih ikat rambut pas di Stasiun Agra, terus menggembel, tidurnya selalu di kereta dan kadang mandi gak mandi. Pengalaman travelling ke India itu membuatku benar-benar “CANDU”, dan di India aku bersyukur hidup di INDONESIA karena dia INDIA betapa susahnya orang mencari rezeki bahkan yang sudah tuapun masih banting tulang demi Rupee. Hanya dua kesan mengenai  travelling ke India, kamu sangat membencinya atau kamu sangat mencintainya, dan aku termasuk ke dalam AKU SANGAT MENCINTAI INDIA!

Salam

Winny

 

Iklan

226 tanggapan untuk “Backpacker ke India, 7 Kota (Kolkata, Varanasi, Agra, Jodhpur, Jaisalmer, Jaipur, New Delhi) 8 Hari Rp6 Juta

  1. Weh keren mbak, perjalanannya sungguh amazing,,, idenya asyik juga tuh bawa beng – beng dari Indonesia.,, biar membuktikan kalau orang indonesia baik – baik, hehehe,,, hidup beng – beng

  2. Aaaa serunya Kak. Itu kenalan sama Rahul yang main Kuch Kuch Ho Ta Hai bukan? Hehe.
    Btw McD india ada menu khususnya gak? Kan biasanya McD menunya beda2 ya tiap negara.

  3. Win, keren banget review backpackernya. Btw kamu nggak diare makan-makanan sana?. Kabarnya sih, mending minum cola daripada air yg dijual sama pedagang. Bener gak sih?

    Well, i salute to you. The way you arrange your budget was inspiring.

  4. Wah murah ya mbak win nggak sampek 6 juta udah bisa keliling-keliling india. Saya excited mbacanya. Seumur hidup belum pernah backpacker sendiri atau bareng temen. Cuma pernah rekreasi pas studi tour di sekolah ato pas liburan akhir semester.

  5. gileee 7 hari 7 kota, tante sanggup gak ya kalo ikut traveling bareng kamu? hahaha
    kayaknya harus workout dulu kalo mau backpacking bareng Winny 😀
    foto-fotonya bagus banget winny….jadi iri deh

  6. winnyy… aku iriiii… huhuhuu….
    eh, beneran ya india aman, slama ini baca2 di berita atau liat film india, semacam mengerikan.. hehehe…

    teruuuus… itu kota2 yg kau tuju, kota2 yg aku apal banget akibat keseringan liat serial jodha Akbar.. huahahahaha….

    pengen ke sana, tapi masih agak2 jiper 😀

  7. Bener bener incredible India, aku dari awal ogah ke India karena terkenal kumuh dan kotor, tapi skrg mungkin agak berkurang sedikit sudut pandang tentang India setelah baca tulisan mb.Winny

  8. wah kerennn .. backpakeran 2 wanita ke india …. bisa di bilang 2 wanita perkasa nih 😀 soalnya kan India terkenal sebagai negara tidak aman bagi perempuan … tapi ternyata asal tahu tips dan triks-nya .. lancar2 dan aman2 saja .. toppp

  9. makasih sudah berbagi detailnya ya say! lagi-lagi salut deh dengan petualangannya, itu biayanya oke banget. kalo pake nginap, mungkin 10 juta masih dapat kali ya, tapi pasti dapat kotanya lebih sedikit. ditunggu tulisan selanjutnya.

  10. Aku cuman nyampe new delhi dan agra. Dan aku doyan pake banget menu di india. Jauuuh lebih suka dibanding jepang or korea. Rotinya fresh banget. Masih anget . Dicocol kare. Wuihhh ..lupa utang kpr. Kemudian ditutup dengan ice cream khas india yg lembut ..hmmm yummy

  11. Astaga Winny luar biasaaa , eh tapi seru ya itu kejer2 an sama waktu juga… Gw demen deh… Ga kayak temen traveling gw yg mandi aja lamaaa kalo ga pake mandi ga mau huhuhu

  12. Wah..baca blog mbak Winny jadi inget India tripku juga. Cuma bedanya ak g ke kolkata, varanasi ama jaipur. Bener banget mbak..India is beautiful country and the foods are delicious too. Rasanya kepengen balik lagi dan lagi (walo ak wes kapok naik sleeper..hehahaha)

    Ya wes..salam kenal ya mbak..

  13. pengen bgt k india tp bawa balita gmn doonk..hehe.mba win bikin ak ngiler ajj niih..tp msh bingung cara ngatur wkt slama d india n cari tiket pp.thx

  14. Jadi makin pengen ke Indiaa kyaaa. Ohya jadi klo milih CS disana jg harus hati2 ya? Hmm

    Ini sama bgt kayak pengalamanku waktu ke korea yg ngira orang sana jutek eh taunya baik hatiii dan aku tuliskan jg di blogku hhi

  15. Salam kenal, dear Mba Winny… 20-27 Feb 2017 saya sdh beli tiket AA Jkt-New Delhi pp. & rencana travelling ke India berdua dengan rekan wanita, sama seperti pengalaman Mba Winny tsb.
    (1) Apakah aman jika nginap di hotel ? rasanya kami berdua ngga kuat kalo tidur malam di kereta… (2) Boleh share foto pembakaran mayat di Varanasi ? honestly, jauh-jauh ke India itulah salah satu dream saya… thanks before…

  16. Hi, what a perfect article! Bantu bgt nih bt itinerary k India,. Kalau untuk tiket kereta dr Kalkota k Agra apa mesti booking dl dr indo atau bisa beli tiket on the spot gt? (Sempet baca klo d India susah dpt tiket klo beli langsung d stasiun).. terima kasih 🙂

  17. rupanya siapa saja bisa menjadi seperti orang kaya tanpa harus kaya dan kamulah salah satu nya…….. menaklukan 7 kota india dalam 8 hari hanya dgn cuma 6 juta …… hebaaaaaat

  18. Wah.. ini penulis mungkin biasa hidup miskin tinggal disampah dan bau busuk.. makanya dia nyeritain yg bagus2 soal india. Nyatanya aku baru balik di india dan nggak ada tu yg bisa dibanggakan di india. yg ada muntah dan muak… nauzubillah.. kumuh dah kotor serta sembrawutnya.. mulai dari new delhi trus ke jaipur trus ke agra taj mahal itu.. waduh.. sangat memperihatinkan.. jangan sampai deh buang2 duit tiket ke india.. menyesal.. nggak bakalan kesana lg.. indonesia ILOVE YOU… ternyata indonesia berjuta2 kali lebih baik dari india!

    1. Beda perjalanan beda pengalaman, kalau saya sih pas kesana asik-asik saja bukan berarti aku tidak cinta Indonesia loh. Kalau mengenai biasa hidup miskin memang saya miskin sih karena hanya Tuhan saja yang kaya. Toh ini perjalananku, walau tujuan sama kita tak akan memiliki pengalaman persis.

      1. Hi Mbak, sy jg Desember 2015 kmrn sempat ke India. Sangat menarik, meski pun tetap ada minus nya. So far, sy sngt menikmati perjalanan sy selama di India. Dan yg psti pgn ksana lg….

        Thanks utk sharing nya ….

  19. MBa Winny salam kenal, emak 2 anak dari Bandung yg nafsu banget buat ajak anak2 backpacker. Masih rencana sih (thn depan) mau ke Bangkok sama Jepun. Boleh tau knp waktu ke Jepun ada pengalaman ngg enak, hehe….hatur nuhun😊😊

      1. Udah dua2 nyaa udah beli tiketnya, tinggal Googling nih lumayan nambah2 referensi. Klu nanti sy tanya2 boleh yaa

  20. hi kak,,

    thanks for sharing your travel story,,,jadi makin ga sabar nih next month mau sekalian diwali ke India.

    btw itu kalau kita ke Taj Mahal, bisa beli sari di dekat sana atau kamu udah beli sari dari sebelumnya?

  21. ini mimpiku yang blm terealisasikan. dg tulisan ini jadi tambah semangat utk bisa pergi ke india. mksh winny, utk byk info yg diberikan dlm tulisan ini ….sukses selalu.

  22. Waahh.. Setelah baca ini jdi tambah pngin terbang ke india. Tp ttep tkut untuk pergi sndiri.. Apalagi aq blom prnah naik pswat.
    Pngin bgt maret thn depan ke india skalian liat festival holly..tp gk ada tmn. 😢😢
    Oya mbk.. Mau nanya.. Kalau pesen tiket air asia enaknya lwt apa ya, beli lwt travel agent apa beli online di traveloka atau beli online langsung lwt aplikasi air asia?

  23. Baca cerita kk yg travelling ke india jadi mupeng aku, mau banget kesana karena pengen liat taj mahal sm liat keadaan kotanya kaya apa. Gak nyangka aku 8 hari dan singgah di 7 kota bayarnya 6 jt? Kayanya masih mahalan ke bali deh daripada ke india. Btw, suka sama tulisannya, lengkap bgt, ditunggu cerita2 mengenai trip2 kk selanjutnya 😊😀

  24. ka Winny postingannya keren 😍aku ada rencana mau liburan ke india tapi belum tau mau pesen tiket dimana karena aku masih newbie banget nih, kalo boleh tau kaka pesen tiketnya dimana ya? ditunggu balesannya ya, terimakasih ka Winny :3

    1. Share yuk sisi…biz baca blog ini liat komentar kamu jd pngen join nih kepo2in blog bwt yg udh prnah backpackeran ke india,& bwt yg blm krn masih ragu2 bwt berangkat sendirian.

  25. mbak itu yg jd foto paling atas yg kayak di film kuch kuch hota hai itu dmn mbak di indianya??

    tulisan mbak winny benar2 membantu, tahun depan saya rencana mau ke india..

    mbak kapan mau ke india lagi? bareng yuk…

    btw itu cara pesen tiket keretanya gmn ya??

    mbak winny ada kontak yg bs dihubungi gak? line atau apa gitu…
    mau tanya2..
    makasih ya mbak…

  26. FIX ini ngebantu bangetttt !!
    udah dari lama pengen ke india tapi kalo cari info sana sini kesana butuh budget 20Jutaan…
    jadi mikir lagi kalo 20jt mending ke Eropa tinggal nambahin dikit lagi, hehehe
    Thanks mba ini membantu banget…
    nanti aku mau tanya tanya Via Line yaaa kalo boleh

  27. Hai mb..salam kenal ya..btw aku suka banget sama tulisan kamu, bikin ngiler & menambah rasa penasaranku sama india..kalo ada rencana ke india lagi share ya..mau ikut gabung..hehehe

  28. salam kenal, mbak win setelah baca tulisanya, jadi pingin bgt ke india tapi aq msh takut 7 ragu aplgi kalo gk ada tmenya..aplgi suamiku kurang suka sma india..pdhal aq pimgim bgt lihat taj mahal …..kalo di india hrs menguasai bahasa inggris ya mbk win..mohon infonya..

  29. Hai winni ,aku akhir2 ini suka sama india dan rencana mau kesana …kira2 ini aku harus berangkat dari airport mana Suhat apa Juanda kebetulan rumah ku di Malang dan 10 juta cukup ga ya mbak ??aku punya teman dari sana juga lumayan bisa jadi tourguide …Mohon infonya ..:)

  30. mbak, tiket pesawatnya kok dpt murah gtu gmna? aku nyari pp 4.5 jt. trs cara tau jalan nya gmna? apa hrs online trs? dan baiknya ke delhi dulu atau kenama? krn tujuannku mau ke sungai gangga, taj mahal, jaisalmer sama vrindapan, trs nyari hotel yg murah gmna ya coz aku bawa mama gak mungkin backpacker.. bls ya thnks

  31. Salam kenal. Saya Wanul. Boleh berbagi id line atau whatsapp. Saya dan teman saya ada niatan traveling ke india ataupun nepal sekaligus. Mumpung ada yg berpengalaman. Mungkin bisa sharing dengan kita

  32. Hallo mbak, perkenalkan aku Rani dari Bali. Aku pingin banget ke India, tp kebetulan nggak ada yg diajak nih.. Aku pingin banget menetap di India selama 3 bulan, aku pingin belajar nari india langsung disana. Kira2 aman g ya mbak buat aku pergi sendiri dan tinggal agak lama disana, soalnya ini rencana tripku yang pertama. Saya tunggu balasannya mbak. Terima kasih

  33. Hi mba,
    Waah salut dengan pengalaman perjalanannya ke India. Saya sebelumnya ke India di Desember 2015 nya karena dapat tiket gratis diberangkatkan Kedutaan Besar India, karena tiketnya pake reguler dengan penerbangan JetAirways jadi Harga tiketnya aja 13 juta sekian. Tapi karena dibayarkan jadi ya saya bawa diri aja. Saya mengunjungi Delhi-Agra-Mumbai. Di India saya banyak teman tapi pas saya berangkat saya tidak infokan karena rempong bakalan pasti perjalanan saya agak terhambat karena semua minta ketemu dan saya harus mengunjungi wilayah mereka. India itu dataran luas, 1 kota dengan kota lain bisa sampai 2-3 jam bahkan lebih. Memanfaatkan keraahan teman yang berniat menemani kita selama perjalanan disana gpp, namun tetap harus hati2 karena g smua org india itu ramah seperti org indo. Saya menginap dihotel yg bukan hotel besar. Padahal saya difasilitasi, hanya saja saya mau melihat dan dekat dengan kehidupan masyarakat indianya yag asli. Jadilah saya ambil hotel di Delhi dan Agra. DiMumbai saya tidak menginap karena hanya 2 jam saja untuk bertemu seorang teman terus balik lagi ke Delhi. Selama di delhi-agra saya menginap di htel Zostel Delhi dan Zostel Agra. G nysel dech pkoknya, murah, bersih, rapi dan aman. 100 ribu/malam + dapat sarapan. Wifi gratis dan bisa ketemu dengan org2 bule dari berbagai negara. Apalagi zotel Agra, waah tempatnya enak bngt dan saya rekomen karena menuju pintu masuk Taj Mahal sekitar 15 menit saja. Jika malam ada acara api unggun dengan wisatawan lain. Tadinya saya hendak ke jaipur dan memesan Zostel Jaipur juga karena lebih cantik tapi saya cancel ke Jaipur karena harus ke mumbai jadi change plan. Saya kembali ke Delhi karena ada pertemuan dengan dubes RI di Chanakyapuri jadi saya batal ke jaipurnya. Pengalaman mba wini bisa jadi referensi bagi yg berminat kesana.
    Cuma saya mau ralat tulisan mba wini yg di Delhi, maksudnya mungkin bukan Agra Fort tapi Red Fort/benteng merah. Karena Agra Fort sebelahnya Taj Mahal di Agra Uttar Pradesh dan lumayan jauh dari Delhi.
    Terus saran saya juga ada baiknya jangan senyum sembarangan apalagi kelelaki, kan kita suka pengen ramah tapi justru jangan. Artinya jika kita senyum sembarangan berarti maaf tandanya kita mau sama dia/lelaki tsb. Saya juga sebelum berangkat diinfokan teman2 India saya diJakarta.budaya kita tetap beda dg mereka. Jadi saya ikuti arahan teman2 India saya selama itu benar.

    Saya ada niat kembali ke sana untuk akhir 2017 besok dengan rombongan karena banyak teman2 saya yg penasaran dg kota mumbai. Sekarang ada penerbangan langsung menggunakan GI dari JKT-Mumbai baru promosi di 12 desember ini/2016. Rencana kita juga mau ke Hyderabad karena mau lihat kota film Ramoji studio.

    Yaach itu saja mungkin dari saya, sukses buat mba wini buat perjalanan ke india berikutnya. Terima kasih ..

      1. mahal bgt ya tiketnya 13 juta.. febuari ini saya dapat tiket malaysia airline 2 juta dari delhi ke KL …berangkatnya naik scoot ke amritsar dari singapur 1,3 juta

  34. hallo mba winniy salamkenal ya.. beruntung baca postingan ini jadi tambah semangat solo travel nya hehe..
    bydway sy ada rencana mau ke india tp sendiri apa disini ada yg berminat ke india juga tahun ini ?

  35. “Total uang yang aku bawa ke India selama 8 hari Rs145000 sudah termasuk biaya oleh-oleh.”
    ini maksudnya Rs 14.500 kali ya, mbak?

  36. Salam kenal mbk….Ikut mrsakan seruny petualangan mbk….hebat bs kendel backpackr ksna…jd pgn mrsaknny lngsung…kpn2 kl ksna lg boleh ajak2 akyu y mbk..

  37. Salam kenal winny, ikhwan here

    Mau nanya donk, untuk tiket kereta antar kota selama di india apakah perlu kita booking sebelum brgkt ke india atau gapapa jika beli on the spot di india nya. mohon infonya karena saa rencananya maret ini mau solo ke india

    terimakasih

  38. katanya kalo mau ke india nggak boleh cuma cewek2 aja teryata aman ya mbak disana cuma berdua cewek2 pula,kalo disana pake tour guide gitu biayanya mahal nggak ya mbak ?

  39. haaaiii ka win,, slm knl ya,, q pngen bngt k india, tp ndag brni klu hrus sndirian,, klu kk mau k india lgi ajak2 wulan y,, 🙂

  40. Menarik bgt mba ajak dong mb kalau mau ke.india , aq pgn bgt ngerasain backpakeran ala mba winny. dg budget yg terjangkau juga dan dpt pengalaman yg bnyak lgi , jd ga nyesel2 bgt kalau ke india kaya pglmn org2 . minta email.y mb atau ada ig . trims 🙂

  41. Kak, mau nanya, saya kan mau ke india bulan depan rencananya. Nah, lebih enak dari jakarta delhi atau kota lain ya kalo tujuan utama saya ajanta cave? Makasi kak

  42. Hai mbak winny.
    Saya dah punya tiket masuk dr kolkata pulang dr new delhi. Mbak saya punya waktu 12 hr rencana mau masukin kasmir. Kira2 menurut mbak dgn 12 hr rutenya sya hrs mampir ke kota mana aja nih ?

    Makasih

  43. Dengan membaca serasa udah telah pergi, tp ngomong2 cukup murah juga tuh harganya perjalanan bisa ku tabung 7bulanan.. hanya saja untuk berjaga2 kurang lebih 10jt udah cukup aman

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s