Never look down to test the ground before taking your next step, only he who keeps his eye fixed on the far horizon will find the right road

By Dag Hammarskjold

patung liberty jepang

Hello World!

Jakarta, 31 Desember 2015

Kalau kata Nathaniel Hawthorne “Time flies over us, but leaves its shadow behind”, begitulah betapa waktu cepat berlalu dan tak terasa sudah dipenghujung tahun 2015. Sebentar lagi detik-detik pergantian tahun Baru 2016, semoga harapan dan impian serta target hidup dapat dicapai di Tahun 2016.

Untuk tahun 2015 Alhamdulillah adalah tahun penuh kenangan buatku karena pertama kalinya merasakan melihat Salju dalam hidupku serta mencapai goal untuk menginjakkan kaki di Tembok besar China. Banyak sekali suka duka perjalanan yang dilalui dan semoga tahun depan lebih baik dari tahun sebelumnya.

Ringkasan perjalanan selama tahun 2015

Januari, 2015

Trip ke Cirebon

Mengawali tahun 2015, di bulan Januari aku melakukan perjalanan dengan Andisu ke Cirebon. Setidaknya kami berangkat dari Jakarta ke Cirebon dengan angkutan umum serta seru sekali perjalanan kami karena ngeteng sambil mandi gak mandi demi melakukan penelusuran ke objek wisata Cirebon. Objek wisata Cirebon yang kami kunjungi waktu melakukan travelling ke Cirebon itu Keraton Kesepuhan Cirebon, Keraton Kacirebonan dan Keraton Kanoman yang kami lakukan dengan jalan kaki dari satu wisata ke wisata lainnya. Khusus Keraton Kesepuhan Cirebon, aku sangat suka dengan unsur Hindu yang kental dan dapat dilihat di batu bata merah serta bentuk gapura keraton.

Keraton Kesepuhan Cirebon

Baca cerita tentang perjalanan ke Cirebon

Februari 2015

Trip ke Padangsidempuan

Di bukan Februari aku memiliki rezeki untuk pulang kampung ke kampung halamanku di Padangsidempuan dan merasakan pertama kali naik pesawat Garuda. Waktu pulang kampung mamaku begitu antusias memberikanku makan yang super banyak sekali dan bertemu dengan Adikku, horee 🙂

Padangsidempuan

Trip ke Pontianak

Masih di bulan Februari, aku bisa mendapatkan rezeki dinas keluar Kota tepatnya ke Pontianak. Sambil nyelam minum air maka beberapa objek wisata Pontianak yang aku kunjungi ialah Tugu Khatulistiwa Titik Nol Garis Khatulistiwa “the equator line”, Taman Alun-alun Kapuas, Sungai Kapuas, Batu Layang Makam kesultanan Pontianak dan Keraton Kadriah (Istana Kadriah Kesultanan Pontianak).

Tugu Khatulistiwa Pontianak

Trip ke Anyer

Masih di bulan februari, pas dinas ke Ciwandan aku dan teman-teman ex MT Cemindo pas makan siang ke Pantai Bojong yaitu Aku, Andisu, Aji, Handhy, Hamzah, Reza, Meri, dan Wilson.  Kami makan gado-gado dengan air kelapa muda dengan pemandangan pantai yang menenangkan.

Sedap kan? 😀

Anyer

Maret 2015

Trip ke Kuala lumpur

Di awal Maret aku melakukan trip yang super menyenangkan dengan temanku yang kemudian kami sebut sebagai geng kamseupay. Perjalanan kami itu dimulai dari Kuala Lumpur ke Penang hingga ke Hatyai. Di Kuala lumpur pula aku bertemu dan tinggal di rumah bang Hamydy, blogger asal Malaysia. Teman yang ikut trip keliling Malaysia dan Thailand itu ialah aku, Sarta, Sarah, Ilham, Ade dan Shahreza.

Menara Petronas Malaysia

Baca juga keliling Malaysia dan Hatyai

Trip ke Hatyai

Puas melihat menara petronas di Kuala Lumpur walau untuk kedua kalinya aku berkunjung ke Menara Petronas, kami berburu objek wisata andalan Hatyai yaitu standing Buddha, Wat Hat Yai Nai Temple dimana the reclining Buddha Hatyai (sleeping Buddha Hatyai), Chang Puak Camp Hatyai penangkaran Gajah Thailand  dan berakhir ke  floating market Hatyai. Pengalaman tak terlupakan saat trip ke Thailand Hatyai ketika kami dimarahin bapak-bapak di bus karena kami tertawa kuat yang akhirnya si Bapak keturunan Singapura campuran India yang memarahi kami malah jadi sok akrab sama kami karena dia kena batu pas diimigrasi.

Kocak perjalanan kami “so memorable“!

Sleeping Buddha Hatyai

Trip ke George Town Penang

Bersama teman kamseupay kami mencari semua daftar Street Art in George Town dan Street art seperti boat, kids on bicycle, old motorcycle, boy on chair, kungfu girl walau gagal karena tidak semua berhasil dikunjungi. Lucunya kami disni sempat kecapean jalan dan adegan Sarah ngambek. Terus mencari keputusan tetap di Penang atau ke Hatyai yang akhirnya memutuskan ke Hatyai.

George Town

Trip ke Batu Caves

Untuk kedua kalinya aku ke Batu Caves tapi tidak masalah karena teman-temanku senang jadi yah aku juga ikut senang. Soalnya pertama kali ke Batu Caves melihat acara Thaipusam maka pas kosong penasaran juga melihatnya walau jujur aku sangat benci Batu Caves soalnya pernah lihat photo mantan dengan selingkuhannya disini ahhaah 😀

batu caves

Batu caves

Trip ke Jepang

Pengalaman luar biasa mulai dari melihat Sakura dan salju pertama kali hingga adegan selisih paham dengan teman perjalanan padahal dulunya akrab malah jadi musuhan, KACAU! Tapi menjadi pengalaman berharga dalam memilih teman perjalanan.

Kalau kata Mark Twain

“I have found out that there ain’t no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them.”

Selama di Jepang aku melakukan perjalanan dari Osaka ke Tokyo terus ke Kyoto hingga ke Nara. Ibaratnya perjalanan ke Jepang sebagai hadiah untuk ulang tahun sendiri 🙂

Trip ke Osaka

Di Osaka aku membeli Osaka Amazing free, mengelilingi objek wisata Osaka yaitu Shitennoji Temple, HEP FIVE Ferris Wheel (landmark Osaka) dan  Osaka Castle. Sayangnya aku tidak sempat ke Osaka Municipal Museum of Fine Art, dan Umeda Sky Building. Sayangnya tidak sempat ke Dotombori ZAZA, Entrepreneurial Museum of Challenge and Innovation,  Kamigata Ukiyoe Museum, Museum of Oriental Ceramics Osaka, Nagai Botanical Garden, Nishinomaru Garden, Osaka Human Rights Museum, Osaka International Peace Centre, Osaka Museum of History, Osaka Museum of Housing and Living, Osaka Museum of Natural History, Osaka Science Museum, Sakuya Konohana Kan, Shitennoji Temple, Tempozan Ferris Wheel, Tennoji Zoological Gardens dan Tsutenkaku Tower.

Jepang

Trip ke Tokyo

Puas sekali keliling di Tokyo karena hampir semua wisata Tokyo dapat dijelajah selama 2 hari yaitu Asakusa, Imperial palace Tokyo, Sky Tree Tower dekat dengan iconnya daerah Asakusa, Kuil Sensō-ji, Pasar ameyayokoch, melihat patung Hichiko yang membuatku nangis di film dan langsung melihatnya si Shibuya, melihat Akihabara dengan icon komiknya Jepang hingga ke Museum Doraemon di Kawasaki. Lucunya pas di Kuil Sensō-ji yang merupakan kuil terkenal di Tokyo yang berada di daerah Asakusa aku memakai baju “Jakarta Tempoe Doloe” hahaha 😀

Di Tokyo ada Aan temannya temanku yang slek alias salah paham pas trip ke Jepang! Tapi ama Aannya yah biasa aja tidak ada salah paham.

Kaminarimon Sensō-ji

Tokyo Skytree

Tokyo Skytree

Selain itu kami juga ke “Patung liberty Jepang”  di Odaiba serta melihat Fuji TV Building, Decks Tokyo Beach, Aquacity Odaiba, DiverCity Tokyo Plaza, Rainbow Bridge, Museum of Maritime Science, National Museum of Emerging Science, Ferris Wheel dan masih banyak lagi.

Patung Hachiko di Shibuya

Fujiko·F·Fujio Museum

Fujiko·F·Fujio Museum

Trip to Kyoto

Di Kyotolah aku pertama kali melihat salju sampai dibilang “dont crazy” hahaha 😀 Pengalaman super menakjubkan dalam hidupku! Padahal di Kyoto, kartu bus Kyoto all day pass ku hilang  sehingga membeli kembali yang mendapatkan rezeki untuk melihat salju.

my first snow in kyoto tower

My first snow in kyoto tower

 

Geisha, Gion Kyoto

Selain itu di Kyoto aku juga sangat suka dengan Fushinimi Inari, sebuah objek wisata Kyoto yang terkenal dengan seribu tori berjajar sepanjang Gunung. Di Kuil Fushimi Inari aku berkenalan dengan dua cewek Jepang yang aku tidak bisa berbahsa Inggris sehingga aku pake bahasaku mereka pake Bahasa mereka dan bersama-sama melakukan perjalanan naik Gunung di Fushimi Inari, gokil gak itu?

Fushimi Inari

Selain itu aku juga sendirian ke Kinkakuji temple (Golden Pavillon) serta pas hujan-hujan tapi seru aja soalnya ikuti aja langkahmu pasti akan mendapatkan pengalaman yang berharga.

Golden Pavillon

Objek wisata Kyoto lainnya yang aku kagumi ialah Kiyomizudera Temple karena anak bocah berebut berphoto denganku seakan aku itu bule bagi mereka hahaha, untuk pertama kalinya merasa bule di negeri Orang alias orang asing di negeri asing. Terus pas di Kiyomizudera temple aku masuknya gratis, jahil banget ya aku. 😀

Kiyomizu-dera Temple

Terus di Hongwanji Nishi temple aku berkenan dengan kak Sisca yang juga sedang liburan di Jepang maka sama-samalah kami mengelilingi Hongwanji Nishi sampai ke Bamboo path. Cuma pas di bamboo path kami berpisah dan aku melakukan perjalananku sendirian.

Hongwanji Temple

Aku sangat senang jalan-jalan di Arashiyama Bamboo Grove (bamboo path) karena dulu lihanta di film pas datang langsung itu rasanya amazing!

Arashiyama bamboo path

Trip ke Nara

Terkahir perjalanan ke Nara setelah dari Iga Ueno walau gagal melihat kampung Ninja, tapi aku melihat kampung Rusa di Nara serta makan apel Fuji yang super gede dan tentu saja melihat kuil Tua Todaiji Temple yang merupakan salah satu UNESCO WORLD HERITAGE.

Nara

Baca backpackeran ke Jepang

April 2015

Trip to Lembang

Di bulan April, aku, Sarta, Frans dan Gladies, Sarah dan bang Novrizal melakukan trip ke Bandung dengan tujuan wisata pemandian panas Sari Ater, Bambooo Village (Dusun Bambu) Bandung serta floating market Bandung walau yang di Ciater kita amit-amit banget hahhaha 😀

Dusun Bambu Lembang.

Floating Market Bandung

Trip ke Wisata Tangerang

Masih di bulan April, aku Indra, Rinta alias Dita dan Defi melakukan trip sehari ke wisata Tangerang mulai dari Museum Benteng Heritage, Kelenteng Boen Tek Bio, Masjid Seribu Pintu serta Bendungan Pasar Baru Irigasi Cisadane hingga ke Masjid Seribu Pintu. Full keliling wisata Tangerang seharian!

Rinta, Defi dan aku di depan Vihara Boen Tek Bio Tangerang

Mei 2015

Trip ke Kawah Ijen

Perjalanan ke Kawah Ijen full backpacker dan numpang-numpang serta penuh dengan keseruan perjalanan bersama Bang Dendi, Bang Novrizal dan Melisa. Ngetrip demi menyusuri objek wisata andalan Banyuwangi yaitu Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran merupakan edisi travelling yang nyentrik bagiku karena mulai dari tidur di jalanan, pakai wifi gretongan, di dalam kereta 20 jam dengan dua kali nyambung tujuan kereta hingga numpang dengan mobil sayur dan belerang bahkan puncak kegilaan perjalanan ketika beradu mulut dengan tukang angkot karena masalah harga sewa angkot. hehehe 😀

Kawah Ijen

Kawah Ijen

Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Trip ke Ujung Genteng

Masih di bulan Mei, aku, Sarta dan Muja nebeng temanku Dede untuk jalan-jalan ke Ujung Genteng dengan modal Rp100.000 saja. Rombongan yang ikut trip perjalanan ke Ujung Genteng ialah Dede, Surya, Rina, Gita, Ale, Jamed, Icang, Mayun, dan lainnya melihat pelepasan penyu di Taman Pesisir Pantai Penyu Pangumbahan.

Ujung Genteng

Baca juga Murahnya travelling ke Ujung Genteng

Juni 2015

Trip ke Beijing

Di bulan Juni  travelling ke Negeri Panda selama kurang lebih enam hari. Dua kota Beijing dan Xi’an di China dan yang paling menakjubkan ketika aku bisa meninggalkan jejak di Great Wall atau Tembok besar China. Selain itu berbeapa objek wisaya Beijing yang bisa aku kunjungi ialah Forbidden city, temple of heaven, wangfujing area, Tianmensquare, Great Wall, Summer pallace, Pearl Market dan ruins of Yuanmingyuan.

Tembok Besar China

Tianmen Square

Temple of heaven beijing

Summer Palace Beijing China

Yuanmingyuan

Yuanmingyuan ( old Summer Pallace)

Wangfujing Street

Trip ke Xi’an

Xi’an adalah Kota di Beijing yang aku kagumi karena banyak Muslimnya dan pertama kali bertemu roang Persai terus disuruh kerumahnya ama dibekali telur buat makan. Aku merasakan keluarga di Xi’an terus bisa sholat di The Great Mosque of Xi’an dan menapaki kaki di wisata impian Terracotta Warriors and Horses atau Museum of Terracotta Warriors and Horses.

Mausoleum of the First Qin Emperor

Great Mosque Xian

Great Mosque Xian

Baca juga Trip to China

Juli 2015

Trip ke Mancak, Cilegon

Aku dan Andisu ke wisata Cilegon yaitu lembah Bukit hijau atau Mancak atau Rawa Danau terus makan seafood enak ditraktir Andisu ahhaha 😀

Mancak

Mancak

Trip ke Gresik

Masih di bulan Juli aku plesiran ke Gresik serta mengunjungiMakam Sunan Maulana Malik Ibrahim salah satu Wisata Religi Gresik.

Gresik

Trip ke Surabaya

Selain Gresik aku juga ke House of Sampoerna terus ke Patung Empat wajah serta Patung Kwan im hingga ke Little Arabnya Indonesia alias ke Makam Sunan Ampel.

House of Sampoerna

four faced Buddha berada di Kenjeran Surabaya

Agustus 2015

Trip ke Candi Bahal

Pulang Kampung ke Padangsidempuan, karena lebaran eeh aku malah main sama teman SMA ku ke Candi Bahal yaitu dengan Ilham terus main teman SMPku juga ke Kebun Anggrek. Lebarang kok malah jalan-jalan ya 😀

Candi Bahal

Trip ke Gunung Galunggung dan Kampung Naga Tasikmalaya

Masih di bulan sama, aku, Indra, Sarta, Santo dan Melisa melakukan oneday tour objek wisata Tasikmalaya yaitu Galunggung, Kampung Naga dan Situ Gede. Cuma pas ke Kampung Naganya kami diusir hahaha 😀

Kawah Gunung Galunggung

September 2015

Trip ke Museum-Museum Jakarta

Di bulan September banyak waktu aku habiskan menjelah museum Jakarta mulai dari Museum Tekstil, Museum Kebangkitan Nasional, Gedong joang hingga ke STOVIA.

Museum Tekstil

Oktober 2015

Trip ke Belitong

Lagi-lagi bermasalah dengan teman perjalanan meski itu dengan senior kuliahku yaitu  Bang Novrizal dan Dendi padahal dengan Bang Novri sering jalan bareng tapi yaudahlah.

Again “there ain’t no surer way to find out whether you like people or hate them than to travel with them”!

Sahabat belum tentu bisa jadi travel mate mu!

Di Belitong aku dapat melihat Pulau Lengkuas walau tidak bisa naik ke Mecusuarnya serta beberapa Pulau disekitarnya, dapat melihat Museum Kata Andrea Hirata hingga minum kopi khas Manggar yang super duper enak. Intinya senang dapat menginjakkan kaki di Tanah Laskar Pelangi. Oh ya sampai melihat Kaolin juga dan makan kuliner khas Belitong.

Pulau Lengkuas Belitong

Danau Kaolin Belitong

November 2015

Trip ke Medan

Aku dinas ke MEDAN terus sekalian jalan-jalan ke Kolam Abadi Binjai dengan Adikku Riski. Kolam Abadi sangat ngehits di Medan serta Air terjun Tongkat, air terjun teroh-teroh dan air terjun lau Berte. Cuma harganya mahal dan tempatnya tidak seindah yang aku bayangkan cuma karena jalan dengan adikku jadi aku senanglah 🙂

Aku dan Adikku di Kolam Abadi

Trip ke Rumah Sipitung

Masih di bulan yang sama, akhirnya aku dan teman kuliah Yos ke Rumah si Pitung di Marunda Jakarta.

Rumah Sipitung

Rumah Sipitung

Trip ke Dufan

Kalau ke Dufan berawal dari ide iseng Bang Fahmi Hiu untuk mengadakan liburan ke Ancol bersama dengan blogger lain Rinta, Aku, Akbar, Citra, Choky, Putri, Fahmi Hiu, Dede dan Bobby.  Kalau kata mereka #bloggerkurangpiknik, pengalaman seru sekali!

Rinta, Aku, Akbar, Citra, Choky, Putri, Fahmi Hiu,Fahmi Kucing, dan Bobby

Desember 2015

Trip ke Makassar 

Akhir tahun aku bersama kak Indri Juwono dan Lukman Juwono melakukan trip ke Makassar dan Tana Toraja serta nginap di rumah Kak Olive. Jalan-jalan bareng travel blogger emang sedap dan seru! Di Makassar aku banyak melakukan trip nebeng dan objek wisata Makassar yang aku kunjungi yaitu Air Terjun Parangloe, Ramang-Ramang, Lenag-Leang, Pantai Losari hingga ke Taman Nasional Bantimurung.

air terjun parangloe

Air terjun parangloe

Trip ke Tana Toraja

Di Toraja aku belajar bahwa setiap pasti mati sehingga menyadarkanku untuk menghargai kehidupan. Di toraja full jalan kaki ke semua tempat wisata dan ada kalanya kami diajak nebeng alias dibantu nebeng.

Rezeki anak soleh!

Tempat wisata Tana TorajaMakam tua Londa, Desa Adat Kete Kesu dan makam tua Lemo, Batutumonga, Loko Mata, Bori, Tobarana dan Pallawa.

tana toraja

Tana toraja

Entah kenapa aku iseng-iseng kumpul perjalanan selama setahun 2015 dan ternyata perjalananku lumayan banyak, pantes saja aku kere hahahahha 😀 tapi walau kere aku senang karena pengalaman yang aku dapatkan tidak dapat diukur dengan uang. Semoga tahun depan bisa melakukan perjalanan lagi, dan tentunya rezeki berlimpah.

Amin 🙂

The new year stands before us, like a chapter in a book, waiting to be written. We can help write that story by setting goals

By Melody Beattie

HAPPY NEW YEAR!

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

79 Comments

  1. Keren Win, tahun 2015 kelayapan trip kemana-mana. Salut.
    Semoga tahun 2016 lebih baik.

    Reply

  2. wuih….. ngwbolangnya udah ke mana-mana nih…. mantap

    Reply

  3. Ah gilaaaa asik bangeeet setaun jalan2 keliling! Seruuuuuuu..

    Reply

    1. makasih kak Nadia soalnya blognya tentang jalan-jalan sih kak 😀

      Reply

  4. kepengen jalan jalan ke luar negri belom kesampean… :mrgreen:

    Reply

  5. WOW, tiap bulan ngetrip. Kereen!

    Reply

    1. iya pantes kere aku ya hahahha

      Reply

  6. Perjalanan setahun yang asyik semua. Tapi kok kita blom berhasil bersua ya tahun ini hahaha. Happy New Year, Win 🙂

    Reply

    1. iya nih Halim semoga dapat bersua di lain waktu ya

      Reply

  7. Waah keren banget sudah melanglang buana ke mana-mana dirimu Win, salut sekali… tapi menulisnya tetap aktif di blog dan semua juga bisa dituliskan tanpa delay yang lama, keren banget sih. Semangat terus Win, semoga di 2016 bisa pergi ke lebih banyak tempat lagi dan siapa tahu saya juga bisa ikut diajak ke salah satu destinasi :hihi.

    Reply

    1. amin Gara pasti ada kesempatan jalan bareng ya

      Reply

  8. Ish..ish.. Ish.. Mantap jalan2 nya mba. Mudah2an 2016 selalu sehat ya, biar bisa jalan2 n posting foto2 yg keren2 lg 😀

    Reply

      1. Mudah2an ketularan mujur di 2016.. pengen ke Pontianaaakk jugaaa 😭😭

  9. Keren Winny, itu tempat2 oke belum pernah semuahhh..uhuukkk😿
    Jepang dan China bagus banget yaa👍

    Reply

    1. pasti nanti ada kesempatannya kak, aku juga mupeng lihat perjalanan scotland kakak

      Reply

      1. Amiiinn. Iya ya Wyn, sblmnya gak pernah kebayang bisa kesini, tapi tenyata bisa juga. Berarti kan ada kemungkinan aq bisa jalan2 kaya Winny juga yaaa.

      2. pasti kak aku juga ada kemungkinan kesana kan ya 🙂

  10. Gokil ini mah 😀 tempatnya okeeeeeee 😀 traveller keceeee :)) maret paling padat nih mbak 😀 gimana besok 2016? kita tunggu tripmu selanjutnya 😀

    Reply

    1. semoga tahun 2016 makin banyak rezekinya juga ya

      Reply

  11. Memang, salah satu cara mencari teman yang setia adalah dengan mengajaknya jalan jalan jauh.. Karena dalam setiap perjalanan jauh, sifat asli manusia akan terungkap.. 🙂

    Reply

    1. bener banget yusuf, kadang teman akrab belum tentu cocok untuk teman jalan

      Reply

  12. Happy new Year winny, keep on jalan-jalan…

    Reply

  13. Semoga 2016 menjadi trips yang luar biasa.

    Reply

  14. Mbaak winny kereen. Bagi tips travellingnya doongs, tips paket lengkap ahaha. Ditunggu yaaa 😀

    Reply

  15. seru seruu sekali tripnya..

    Reply

  16. Banyak banget jalan-jalannya. Kamu teh masih kuliah atau udah kerja?

    Reply

    1. dua duanya kak, eh kak aku bagi no kakak dong

      Reply

    1. itu karena dikumpulin kak

      Reply

  17. Banyak bener mbaaa, seruuu! Selamat tahun baru yaaa 😀

    Reply

    1. selamat tahun baru juga fasyaa

      Reply

  18. Selain jalan-jalannya padet banget dokumentasi dan publikasi rapi loh Winny, semoga 2016 tetap semangat jalan-jalan.

    Reply

  19. Widiiih…. gak ada yang absen yaa hehehe… semangaaat trus win… semangaat jalan2nya 🙂 dua jempol buat kamu win hehehe

    Reply

      1. sama-sama Win 🙂

  20. Assalaamualaikum wr.wb, Winny… asyik ya berjalan sepanjang tahun. Bak kata pepatah, jauh perjalanan luas pemandangan dan banyak pengetahuan. Tahun 2016 ini pasi sudah ada rencananya ya. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Reply

    1. Waalaikum salam siti, iya semoga tahun 2016 makain banyak rezeki ya baik buat dirimu juga

      Reply

  21. Seumuranmu, kakak sudah harus kerja keras dek, membangun kerajaan bisnis, smoga kelak tidak terlalu tua untuk dapat menikmati Indonesia dan dunia, lumayan kalo tiap tahun sekali wisata 1xluar negeri dan 1x dalam negeri ya dek..aamiin

    Reply

    1. amin kak aku juga pengen tuh kak seumuran ku buka bisnis kak 😀

      Reply

  22. Keren jalan-jalannya. Semoga tahun depan lebih banyak tempat wisata lain yang bakalan kamu kunjungi yach?

    Reply

  23. Widiiih, kece bgt trip 2015, mba winny! Aku cuma ke vietnam sm kamboja, hehehe :p maklumlah cutinya se-emprit. anyway, ada trip ke jepang juga ya, aku kangenn jepang :’D
    Ternyata lumayan banyak ya tempat wisata Cirebon, aku wkt ksana cuma ngincer wiskul, makan melulu~! 😀

    – Utie

    Reply

    1. wah aku belum pernah utie ke vietnam kayaknya seru juga ya

      Reply

      1. Hanoi bagus, sejuk2 eksotis gitu 😉 kotanya etnik. Sayang postingan Vietnamnya blm jadi nih jadi blm di-publish :p Aku juga ke Kamboja, tapi puanaaaasss..

        Oia link blogku sebelumnya salah, yang ini udah bener kok..

        – Utie

      2. ditunggu cerita hanoinya ya utie

  24. saluut mba win. bisa atur waktu dan budget..

    Reply

    1. budgetnya nggak woro malahan banyak habis ke jalan-jalan tp senang, aneh kan ya

      Reply

      1. sama persis sampe tabungan abis.ahaha

      2. haha nasib jalan pake uang sendiri ya 😀

  25. perjalanannya mantap bisa keliling dunia dalam setahun..
    semoga tahun ini dapat mendapatkan lebih dari tahun lali hihi
    nyicil pengen belum bisa keliling dunia 😀

    Reply

    1. amin kak makasih ya kak, kakak pasti bisa juga

      Reply

  26. Setiap bulan jalan-jalannya jauh ya kakwin, aku berasa kayak butiran milo 😥
    Semoga selalu sehat dan bisa terus jalan-jalan ya 🙂

    Reply

    1. ah dini bisa aja, awak lautan debu dalam lautan, yuk sama-sama lain kali jalan-jalan

      Reply

      1. Aw… ditawarin jalan-jalan bareng sama kaka kece, akuh mau, akuh senang 🙂

  27. wiii keren.. semoga makin keren di 2016. 🙂

    Reply

      1. sama-sama. 🙂

  28. Gara2 search ttng dwiwarna nyasar ke blog ini…kok nama2nya kaye kenal yaa 🙂
    Join donk win kalau ngetrip lagi di 2016…

    Reply

    1. hi hi bg maraden, ayuu bg

      Reply

  29. waaah keren. Kayaknya tiada bulan tanpa ngetrip ya 🙂

    Reply

  30. kasih tips dong biar bisa jalan2 tiap bulan.salam kenal ya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.