The journey of a thousand miles begins with a cash advance

By Alton Brown

pantai-bengkulu

Hello World!

Bengkulu, Desember 2016

Kak Win, apa wisata menarik di Kota Bengkulu?

Begitu pertanyaan Yuni kepadaku ketika kami hendak Dinas ke Bengkulu.

Kemudian aku teringat akan kunjungan pertama kali di Bengkulu aku hanya mengunjungi beberapa tempat wisata yang terkenal di Kota Bengkulu seperti Benteng Marlborough dan Rumah Pengasingan Soekarno, masih ada satu wisata Bengkulu yang terlewat waktu itu yaitu Pantai Panjang Bengkulu. Sehingga jika ada kesempatan berkunjung ke Bengkulu lagi maka aku membatin “ingin menyempatkan ke Pantai Panjang”. Akhirnya keinginan itu terjawab ketika mendapat kesempatan untuk balik ke Bengkulu.

Baca juga 8 wisata di Kota Bengkulu

Sebenarnya aku sudah lewat dari Pantai Panjang Bengkulu di kunjungan pertama namun tidak pernah benar-benar berhenti di depan Pantai Panjang sampai kunjungan kedua  ke Bengkulu barulah bisa singgah dan benar-benar bermain pasir di Pantai Panjang.

Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Win, ini namanya Pantai Panjang, 
kata Dimas di kunjungan pertama kali ke Bengkulu.

Waktu itu saya malahan teringat akan Pantai Pasir Panjang di Kupang.

Kok namanya sama yah yang di Kupang Dim, tanyaku kepada Dimas.

Yah sama-sama memiliki nama Pantai Panjang.  Hanya saja nama Pantai Panjang di Kupang memiliki nama tengah “Pasir” sementara di Pantai Panjang Bengkulu hanya “Panjang” saja.

Sama seperti namanya Pantai Panjang memiliki garis pantai yang panjang mencapai lebih dari 7 km sehingga tidak heran disebut Pantai Panjang. Pantai ini sering aku lewati sewaktu pulang bekerja dan memandangi Pantai Panjang sejauh mata memandang diwaktu sore memiliki kenyamanan sendiri.

Pantai Panjang Bengkulu cukup terkenal di Kota Bengkulu, dipinggir Pantai banyak terdapat warung yang menyediakan makanan serta warga lokal sering melakukan berbagai macam kegiatan olahraga disekitar Pantai seperti jogging, main volley atau sekedar bersantai di depan Pantai sambil makan kelapa yang ada dipinggir Pantai Panjang Bengkulu. Bahkan disediakan trek untuk jogging di Pantai Panjang sehingga masyarakat bisa melakukan jogging dengan pemandangan Pantai.

Lumayan seru ya jogging di depan Pantai?

Keunikan dari Pantai Panjang Bengkulu terdapat pada pasirnya yang putih lengkap dengan deburan ombak serta pohon cemara dan pinus yang tumbuh di tepi Pantai Panjang yang menambah keindahan objek wisata andalan Bengkulu ini.

Kak kita main ke Pantai Panjang yah pas pulang Kerja, kata Yuni

Ok Yuni, aku juga belum pernah singgah di Pantai Panjang kataku

Sama dengan Pantai alami di Indonesia pada umumnya maka untuk menikmati suasana Pantai Panjang di Bengkulu tidak perlu bayar alias Gratis. Karena memang Pantainya Panjang jadi mau berjalan sepanjang Pantai juga tidak masalah, asalkan kaki kuat saja berjalan. Namun sayangnya masih ada beberapa sampah di Pantai Panjang yang kami temui, agak disayangkan untuk ukuran Pantai yang memiliki Pasir yang lumayan bagus.

Pantai Panjang Bengkulu

Pantai Panjang Bengkulu

Kak Winny, aku sangat suka Pantai, begitu kata Yuni

Bagus gak sih Pantai Panjang Bengkulu? 
Bisa renang gak ya lanjut Yuni

Lumayan bagus kok Pantainya Yun, 
cuma aku belum pernah lihat orang berenang di Pantainya lanjutku

Dan benar sewaktu dua kali ke Bengkulu tidak pernah aku lihat orang mandi di Pantai Panjang kebanyakan warga lokal itu bersantai. Pilihan bersantai memang menjadi pilihan terbaik karena banyak aneka pilihan makanan di sekitar Pantai bahkan penginapan juga banyak sekali di sepanjang Pantai Panjang Bengkulu.

Sayangnya kami cuma sebentar bersantai di depan Pantai Bengkulu, padahal ada satu spot menarik di depan Pantai Bengkulu yaitu berupa pohon pinus dengan latar belakang Pantai Panjang pasti Instagrammable banget dah!

Walau hampir tiap hari kami lewati sepanjang Dinas di Bengkulu namun kami tidak pernah berhenti khusus malahan kami berhenti di depan Pantai untuk makan siang. Itupun karena ajakan teman untuk makan siang di depan Pantai Panjang. Karena aku sempat menanyakan dimana tempat makan yang enak di Bengkulu kepada teman Blogger bahkan sempat aku menanyakan Om Google  “tempat makanan enak di Bengkulu” dan salah satunya restauran Resto Kampoeng Pesisir tempat yang juga direkomendasikan di Blog Ata.

Ata dimana tempat makan yang enak di Bengkulu, begitu tanyaku kepada Ata

Kebanyakan seafood kak didepan Pantai Panjang ada tempat langgananku

Akhirnya bak gayung bersambut ternyata kami pas makan siangnya di depan Pantai Panjang alhasil kami bisa sempat bersantai di depan Pantai.

Kak aku senang akhirnya bisa melihat Pantai kata Yuni
Meski tidak jadi berenang aku cukup senang padahal
Yuni udah bawa Baju renang loh, katanya dengan semangat

Bahagianya begitu sederhana, sesederhana melihat Pantai!

Ah andai aku anak Pantai dan penyuka Pantai seperti Yuni!

Namun memang wisata Bahari Indonesia itu indah terlebih Pantainya, meski Pantai Bengkulu tidak setenar Pantai cantik di Indonesia namun Pantai Bengkulu lumayan bagus dan cocok bagi anak Pantai khususnya area Pinusnya yang super kece dengan latar belakang Pantai. Serasa Twilight versi Pantai!

Btw ada yang pernah ke Pantai Panjang Bengkulu?

Atau ada anak Pantai yang bisa merekomendasikan Pantai di Indonesia yang kece?

Lokasi Pantai Panjang Bengkulu

3 km dari Pusat Kota Bengkulu

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

54 Comments

      1. Naik mobil ya jauh hehehe

  1. Pengunjung lokalnya mungkin udah bosa berenang. Jadi nggak ada lagi yg berenang. Tapi klo mengunjungi pantai dan gak berenang kayaknya ada yg kurang deh.

    Reply

    1. mungkin juga tapi kalau ada yang mandi di Pantai aku gak ikutan deh gak bisa berenang sih

      Reply

  2. Aku baru ngeh nih. Ini tampilan baru ya win? Pantainya bagus, aku belum pernah kesini. Semoga nanti bisa jalan jalan ke Bengkulu. Btw, udah ke pulau Rupat, Pasumpahan dan Sikuai? Disana pantai nya juga bagus bagus win. Kalo menurutku sih cantik,diliat dari sudut manapun.#bestviewfromtop

    Reply

    1. Pasumpahan udah tapi sikuai dan rupat belum. Pasumpahan bagus pantainya. dan tampilan blognya emang baru Sarah 🙂

      Reply

  3. Waah pantai panjaaaaaaang, kangen seketika. Dan postingan lo obatnya mba Wiin :))

    Reply

  4. Huahaha, sesuai namanya ya Win. Pantai Panjang itu panjang 😛 .

    Reply

    1. wkkw iya sesuai nama zilko 😀

      Reply

  5. pantainya landai..pasirnya kelihatan bersih..
    jadi primadona wisata bengkulu ya ini
    penasarn juga gimana suasana sekitarnya.. 😀

    Reply

  6. Aku punya kaosnya, walaupun belum pernah ke situ… Hehehe *oleh2 😀

    Reply

  7. kalau kk nggak fokuskan ke Pantai Panjang, baru aja ditulis minggu lalu,.. sisir pantai sampai ke ujung dan lihat kehidupan nelayan dan pembuat perahu

    Reply

    1. menarik kak itu emang ada di paling ujung kan ya kak

      Reply

  8. sakses bikin mupeng ke pantai. kelamaan puasa mantai. huhuhu help!!!

    Reply

    1. saya terakhir Desember kak

      Reply

  9. namanya simple. sesuai dengan arti harafiah nya 😀
    lumayan masih bersih ya pantainya?

    Reply

    1. lumayan tapi sayangnya masih ada sampah

      Reply

  10. Aduh pantainya memang panjang dan pasirnya juga kelihatannya enak banget buat dipakai lari. Lumayan juga 7km, selesai lari langsung langsing, haha. Sekarang lagi di Bengkulu ya Win? Sudah lama nih pengen jelajah Bengkulu, terutama benteng dan makam-makam tuanya. Saya juga suka pantai… apalagi di saat mendung, menjelang senja, atau fajar. Suasananya beda dan tidak terik. Matahari terik itu bikin emosi dan vertigo, di mana pun kita berada, haha.

    Reply

    1. aku di Bengkulu Desember lalu Gara sekarang di Ciwandan, eh kapan kit sama-sama ke Candi?

      Reply

      1. Ciwandan? Wah, Cilegon. Boleh nih kita ke Anyer Win, hehe.

  11. Pengen banget bisa jalan2 keluar pulau jawa. Tapi sayangnya baru bisa menjangkau sampai Denpasar.
    Kalo mau jalan2 boleh lah info2. hehehe..

    Reply

  12. Bengkulu sepertinya memang kurang dilirik sama wisatawan luar sumatera ya. Padahal nggak sedikit destinasi wisatanya.

    Reply

  13. Aku belum pernah ke sana. Padahal palembang-bengkulu cuma 10 jam naik mobil. 😀

    Reply

      1. Iya win, lumayan dekat

  14. Wow pasirnya bagus. Kelihatan tenang dan menentramkan…qq

    Reply

  15. Area pinus dengan latar belakang pantai itu kece banget dibuat foto-foto, apalagi di senja hari 🙂

    Reply

    1. setuju pak aku juga suka itu

      Reply

  16. Padahal kalo lihat pantai aku langsung pengen nyebur, tapi ngelihat pantai ini ga ada yg renang jadi sedih..

    Reply

    1. karena gk ada yang mandi disitu ya?

      Reply

      1. yoi mbak, jadi ga ada temennya.

  17. ke pantai panjang ?? … ke bengkulu aja saya belum pernah mba …
    kalau ke bengkulu jadi saya musti kudu ke pantai ini … hmmm .. lari2 pagi disini pasti asyik bangettt

    Reply

  18. Tahun baru kemarin saya ke sana. Tidak ada yang berenang memang dilarang karena ombak dan langsung laut lepas deh kayanya. Ada pantai yang boleh buat renang tapi saya lupa namanya.

    Reply

  19. butet ah, itu benerin dulu horison, garis pantainya masih miring di foto. *ups*

    Reply

    1. ngambilnya miring juga butet haha 😀

      Reply

  20. Nice post

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.