Life is either a daring adventure or nothing

By Helen Keller

wisata bengkulu

Hello World

Bengkulu, Januari 2016

Sehari keliling Kota Bengkulu? Bisa banget, jadi untuk jalan-jalan ke beberapa wisata Bengkulu dalam sehari bisa. Tapi siap-siap seharian jalan nonstop dan baiknya kalau sendirian sewa motor.

Aku sendiri sewaktu di Bengkulu hanya bisa melihat 8 objek wisata Kota Bengkulu padahal masih banyak lagi wisata Bengkulu seperti pantai Panjang, Pantai Tapak Padri dan sebagainya. Cuma numpang lewat doang, lainnya benar-benar diniatin mengunjungi nya walau singkat.

8 Objek wisata Bengkulu yang bisa dikunjungi dalam sehari

1.Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak Sudah

Dari Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu maka dimulai ke  Danau Dendam Tak Sudah yang berlokasi di Jl. Danau Kota Bengkulu. Walau Danaunya biasa tapi lumayan unik namanya serta ada legenda di dalamnya. Aktivitas yang bisa dilakukan di Danau Dendam Tak Sudah berupa duduk manis dibangku yang ada dekat Danau sambil menikmati pemandangan Danau. Bagi yang doyan makan bisa pesan diwarung dekat Danau.

2. Masjid Jamek Bengkulu

masjid jamek bengkulu

Masjid Jamek Bengkulu

Dari Danau Dendam Tak Sudah bisa melanjutkan perjalanan ke Benteng Marlborough yang merupakan wisata terkenal di Kota Bengkulu namun seblumnya coba singgah di Masjid Jamek Bengkulu. Keunikan dari Masjid Jamek Bengkulu terletak pada rancangannya sebagai hasil karya Ir. Soekarno ketika beliau diasingkan di Bengkulu tahun 1938-1942. Lokasinya di  Jl. Soeprapto, Kota Bengkulu sekalian satu arah ke wisata Bengkulu lainnya seperti Benteng Marlborough maupun makam Inggris.

3. Pecinaan Bengkulu

 

pecinaan bengkulu

Pecinaan Bengkulu

Karena satu lokasi dengan Benteng Marlborough jadi sekalianlah melewatinya. Jika yang suka banget wisata pecinaan maka Pecinaan Bnegkulu sangat direkomendasikan dikunjungi pas malam hari karena lampion merah disepanjang jalan serta rumah kas Tionghoa serta beberapa bangunan dari kayu sehingga kelihatan otentik banget.

4. Benteng Marlborough

Makam Raffless di Benteng Marlborough

Makam Raffless di Benteng Marlborough

Benteng Marlborough merupakan peninggalan Inggris saat di Bengkulu. Bagi penyuka wisata heritage maka Benteng Marlborough Bengkulu bisa menjadi pilihan. Pemberian nama FortMarlborough sebagai kenangan kepada seorang komandan militer Inggris bernama John Churchil yang terkenal sebagai “the first Duke of Marlboruogh”. Benteng Marlborough merupakan benteng bertahanan Inggris yang didirikan tahun 1714-1741. Selain meriam, serta ruang Soekarno di Benteng Marlborough terdapat makam Raffless. Kalau mengunjungi Kota Bengkulu jangan lewatkan ke Benteng Marlborough.

5.  Tugu Thomass Parr

Tugu Thomass Parr

Tugu Thomass Parr

Tak jauh dari Benteng Marlborugh terdapat sebuah tugu yang umurnya sudah lebih dari dua abad bernama Tugu Thomass Parr. Tugu Thomas Parr dibangun tahun 1808 untuk memperingati Thomas Parr yang dibunuh oleh rakyat Bengkulu karena Thomas Parr memberlakuan tanam paksa kopi kepada rakyat Bengkulu. Jadi sangat bagus untuk singgah ke Tugu Thomas Parr.

Oh ya, selain Tugu Thomass Parr, maka bisa juga melihat pantai di dekat Benteng Marlborough.

6. Rumah Pengasingan Soekarno

Rumah kediaman Bung Karno

Rumah kediaman Bung Karno

Rumah Pengasingan Soekarno juga menjadi pilihan setelah dari Benteng Marlborough. Tiket masuknya cukup murah Rp3000 saja serta bisa napak tilas serta melihat langsung peninggalan Bung Karno di Rumah Pengasingan Soekarno di Bengkulu.

Oh ya kalau mau ke Rumah Pengasingan Soekarno jangan lupa bilang daerah Anggut.

7. Rumah Fatmawati

rumah fatmawati di Bengkulu

Rumah Fatmawati di Bengkulu

Tak jauh dari Rumah Pengasingan Soekarno maka sekalian melihat rumah Fatmawati yang pernah menjadi ibu Negara kita. Rumahnya berbentuk panggung dari kayu sehingga unik. Jadi rumah  Pengasingan Soekarno dan rumah Fatmawati bisa dilihat sekaligus karena lokasinya berdekatan. Tak jauh dari Simpang Lima Bengkulu cuma beda gang saja.

8. Berburu Oleh-oleh khas Bengkulu

oleh-oleh khas Bengkulu

Oleh-oleh khas Bengkulu

Terakhir jangan lupa berburu oleh-oleh khas Bengkulu yang masih satu area dengan Rumah Pengasingan Soekarno di daerah Anggut. Baik minatur, produk dari pelepah pohon dan daun sampai makanan khas Bengkulu.

Jadi sehari wisata Bengkulu?

Cukup banget!

 

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

51 Comments

  1. Wah, tenaga juga mesti kuat inii

    Reply

  2. wisata kulinernya belum Win..?

    Reply

    1. itu dia kak aku bingung apa makanan khasnya

      Reply

  3. CUkup banget karena kedelapannya, gak begitu jauh jaraknya. Mana di sini gak macet. 😀

    Reply

    1. iya ata jadi kemana-mana mudah

      Reply

  4. Itu masjidnya unik… , lebih besar kubahnya dari tempat sholatnya

    Reply

    1. dalemnya lumayan luas loh

      Reply

  5. Waaahh pas ini buat referensi kalo ke Bengkulu 🙂

    Reply

  6. Rumah Fatmawatinya bagus ya WIn 🙂

    Reply

    1. u suka rumah tradisional ya zilko

      Reply

  7. masjid ‘jamik’ mbak.
    Oh iya kalau boleh ditambahin, satu hal yang paling penting kalau mengunjungi bengkulu itu menyusuri pantai mbak. kalau dari benteng malborough itu yang keliatan pantai jakat, terus kalau lanjut berkendaranya ada pantai sungai suci mbak. Kalau kearah sebaliknya ke pantai panjang, ke tapak paderi, terus ke samudera ujung 🙂

    Reply

    1. terimakasih koreksinya fira. betul banget pantai banyak juga di bengkulu kota

      Reply

  8. wah itu beneran bisa dikunjungin semua dalam sehari Win? tempatnya deket2 kali ya

    Reply

    1. beneran adhya, karena gak macet dan dekatan

      Reply

  9. Nice post Winny. Ngga pernah tau kalau Bengkulu punya wisata menarik yg cukup banyak secara jarang traveler yang main ke sini ya. Thanks for sharing 😊

    Reply

  10. Kayanya aku mau ke benteng nomer 4 ituuu. Buat foto2 kece tuh Mbak 😀

    Reply

    1. cakep banget fasya apalagi itu peninggalan dari berabad lalu

      Reply

  11. Kuncinya harus ada kendaraan ya Win. Kalo pake angkutan umum kira-kira berapa banyak yang bisa didatangi ya?

    Reply

    1. ada angkutan umum dani tapi kalau berhenti satu-satu lumayan juga. kalau angkutan bisa mengunjunjugi kedelapannya krena berdekatan kok itu semua

      Reply

  12. Kurang makananannya aja ya mbak. Habis jalan-jalan pasti memburu makanan khas.

    Reply

    1. itu dia aku bingung makanan khasnya apa

      Reply

  13. Wah, keren kak,,, lengkap dari sejarah, realigi hingga kulinernya. Bisa di coba nieh. Berarti enak sewa kendaraan sendiri ya kak Win? kalau pakai angkutan umum susah ya?

    Reply

    1. pake angkutan umum mudah kok anis tapi harus jalan sedikit karena mutar-mutar dia

      Reply

  14. Trim Winny rekapnya, sehari komplit dari alam, sejarah pun oleh-oleh ya….

    Reply

  15. 8 tempat dalam sehari, tempatnya keren keren… kalau 3 hari liburannya dapat 24 tempat… hehe

    Reply

  16. rumah pengasingan sukarno dan rumah Fatmawati berdekatan, itu dalam masa yang sama nggak dulu mbak sukarno diasingkan dan ibu fatmawati juga ada di sana? penasaran.

    Reply

    1. waktu pak soekarno diasingkan di bengkulu maka bu fatmawati itu tinggal di bengkulu mbak

      Reply

      1. oh, seperti dugaan saya ya mbak… makasih ya mbak untuk penjelasannya.

  17. Banyak juga yak, tapi kalau menclok-menclok doang rasanya kurang puas mengunjunginya.

    Reply

    1. kalau buat kak efenerr harus 1 minggu dah :d

      Reply

  18. enggak nyesel deh ke bengkulu bisa mengunjungi semuanya 😀

    Reply

  19. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny… jika begitu banyak tempat wisatanya, pasti asyik ya dalam sehari bisa dikunjungi dan tidak membosankan. Perlu kepada tenaga yang banyak ni, Win. Salam manis dari Sarikei, Sarawak.

    Reply

    1. walaikum salam Siti, iya seru Siti

      Reply

  20. Wah gaya traveling kita rada-rada mirip, ke banyak tempat dalam waktu singkat! Hahaha. Gue juga pengen ke Bengkulu. Benteng Marlborough, Pantai Panjang, Pecinan, Danau Dendam Tak Sudah, dan Rumah Pengasingan Soekarno jadi daftar wajib ke sana deh 🙂

    Reply

    1. jadi antimainstream gk sih matius

      Reply

      1. Entahlah, yang jelas sih: Flashpacking! 😀

  21. Mau tanya,Bisa rental motor di sana? Di mana?

    Reply

  22. Hai mba, mau tanya dong, punya info tempat rental motor di bengkulu ga? biar enak kemana2

    Reply

    1. maaf irin saya gak bisa tapi bisa kok naik angkot

      Reply

  23. ane masih berkunjung ke 4 tempat dari daftar diatas, duh dulunya malah kebayang pingin nyebrang ke pulau tikus. ah, bikin badmood dan harus ngerencain ke bengkulu lagi

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s