‘Brick walls are there for a reason — they let us prove how badly we want things and to keep out others who do not want it enough’

By Randy Pausch

Bayah Banten

Banten

Hello World!

Ciwandan, Januari 2016

*Sing*

Antara Anyer dan Jakarta
Kita jatuh cinta
Antara Anyer dan Jakarta
Kisah cinta tiga malam
Kan ku ingat selamanya
Antara Anyer dan Jakarta

Itulah sepenggal lagu dari Majid Sheila “Antara Anyer dan Jakarta”.

Sejak aku di Mutasi kerja ke Ciwandan maka mengharuskanku bolak-balik Jakarta-Cilegon setiap minggu. Namun trip weekend yang aku lakukan antara Cilegon dan Jakarta bukan kisah cinta atau kisah perjuangan antara dua sejoli yang saling merindu namun kepada beberapa kegiatan yang memang harus aku kerjakan ke Jakarta misalnya menemui Dosen, mnegurus ini itu, ketemu teman karena temanku rata-rata di Jakarta dan masih banyak hal lain yang mengharuskan aku bolak-balik Jakarta-Cilegon. Sebenarnya mutasiku juga bukan di Kota Cilegonnya sih namun di Ciwandan.

"Aku Mutusi di Ciwandan, kataku"

"Ciwandan, dimana itu?, tanya beberapa orang

"Cilegon, kataku"

"Cilegon emang dimana?, pertanyaan yang mulai membuat kesal

"Banten", cetusku

Barulah habis perkara ketika mengatakan Banten. Entah Ciwandan itu tidak begitu familiar namun intinya Ciwandan itu berada di Cilegon, nah Cilegon ini merupakan KOTA INDUSTRI. Wisata yang terkenal di Cilegon itu yah PANTAI ANYER, PANTAI CARITA. Sebenarnya kalau dari Jakarta ke Pantai Anyer misalnya maka Ciwandan itu dilalui loh cuma yah karena tidak terlalu familiar sehingga ketika aku bilang Ciwandan banyak yang belum tahu.

wisata ciwaandan

Dulu aku sering Dinas ke Ciwandan dari Jakarta namun tidak pernah benar-benar pindah untuk tinggal. Jadi pas pindah di Ciwandan, Cilegon maka aku harus menyesuaikan diri khususnya transportasi dari Ciwandan ke Jakarta atau sebaliknya.

Mutasiku juga pas Natal dimana orang masih liburan dan aku harus mengemasi barang-barang sendirian dan mengangkutnya ke Ciwandan. Untung ada Bapak Kos dan GOBOX sehingga barang yang tidak cocok dengan ukuran anak kos lumayan ada yang bantu.

"Barangnya ternyata banyak banget ya", kata Bapak Kos

"Dulu gimana nyusunnya yah biar masuk semua?" 
lanjutnya dengan raut tak percaya

Terus aku mengiyakan pernyataannya, paling tidak barang yang cukup banyak membuktikan ternyata uangku tidak habis di Tiket tok! Walau aku sendiri menyesal membeli barang-barang yang gak penting karena pas pindahan itu lelah sekaliii! Sendiri pula!

Sumpah dah baru kali ini aku pindah ke suatu tempat terus membathin karena biasanya aku malahan suka pindah ke suatu tempat. Mungkin karena kebanyakan barang kali ya atau karena teman-temanku memang kebanyakan di Jakarta. Serta tinggal di Jakarta atau Ciwandan ada plus minus sih namun aku tetap bersyukur karena di tempat kerja baru teman satu kerjaan orangnya baik.

Akhirnya Senin-Jumat aku kerja di Pabrik di Ciwandan kemudian Sabtu-Minggu aku balik ke Jakarta jika ada suatu hal yang aku kerjakan. Paling tidak selama 1 bulan pindah di Ciwandan, 3 minggu aku bolak-balik Jakarta mulu karena UAS lah karena IELTS lah karena Visa lah. Ah disini kadang aku rindu Jakarta karena kan di Jakarta semua-semua ada!

Yang paling seru adalah perjalananku ke Jakarta dari Ciwandan. Jadi setiap Jumat aku harus nebeng diantar ke Terminal Cilegon karena kan aku tinggal di Mess Lingkar Ciwandan yang cukup jauh. Untuk ke Terminal Ciwandan saja atau paling tidak tempat ngetem Bus-bus yang ke Jakarta dari Ciwandan aku harus naik angkot warna silver turun di depan Mall Cilegon kemudian naik angkot ungu PCI ke tempat bus. Baru deh menaiki bus dengan tujuan Jakarta.

Untuk ke Jakarta dari Ciwandan tidak terlalu sulit karena biasanya aku minta nebeng dengan teman atau diantar, yang susah pas baliknya. Jadi pas Tahun baru aku kan di Jakarta kemudian balik ke Ciwandan karena tanggal 2 Januari harus sudah bekerja lagi. Waktu itu aku naik bus dari rumah kak Bijo di Tangeran dengan bus ARIMBI yang ternyata di dalam bus penumpangnya ramai bahkan aku duduk di lantai depan pintu. Harga tiket Tangerang-Jakarta waktu itu Rp26.000. Dengan bawa tas segede gaban duduk di lantai bersama para penumpang lainnya, maklum Europfia Tahun Baruan sehingga penumpang membludak. Kemudian aku harus duduk di lantai kurang lebih 3 jam hingga sampailah di Simpang tiga setelah Tol Cilegon Timur. Nah dari Cilegon Timur aku naik angkot warna Ungu dengan tujuan PCI dan biaya angkot Rp10.000 kemudian turun di Mall Cilegon lalu naik angkot lagi warna Silver dengan tujuan Anyer dengan harga tiket Rp5000 namun karena jalan ke Anyer macet karena antusias Tahun Baruan di Anyer akhirnya aku dan penumpang lain harus turun di tengah jalan lalu menyambung angkot lagi dengan membayar Rp5000 lagi agar sampai di depan jalan Lingkar. Mau tahu berapa lama yang aku butuhkan dari Tangerang sampai ke Mess di Ciwandan? Well berangkat jam 10 pagi nyampe jam 5 sore pas Tahun baru itu!!

Terus selain naik angkot, bagaimana cara ke Lingkar dari Terminal Cilegon? Bisa naik Ojek namun waktu aku tanya berapa harga naik Ojek dari depan pintu Tol Cilegon Timur-Lingkar kata si Bapak Rp60.000 akhirnya aku langsung masuk ke angkot. Kan gila, masa lebih mahalan dari tiket bus Jakarta-Cilegon!

Pengalaman seru kedua tentang Trip Weekend Jakarta-Cilegon dari Jakarta. Jadi untuk menuju ke Cilegon dari Jakarta aku menunggu bus di depan SLIPI Jaya karena bus menuju ke Merak pasti banyak yang lewat. Waktu itu aku ngasal naik Bus yang penting tujuannya Merak aja eh ternyata harga tiketnya Rp35.000 padahal gak AC loh terus pas di Terminal Serang dipindahin ke Bus Primajasa lagi. Terus sampai di Cilegon Timur jam 9 malam dari berangkat jam 5 sore dari Jakarta. Akhirnya malas naik angkot-angkotan akhirnya aku minta jemput dan diantar ke mess dengan salah satu teman di Pabrik.

Nah sensari ketiga Trip Weekend Jakarta-Cilegon dari Jakarta aku mendapat pelajaran baru. Pertama menunggu bus di Slipi Jaya namun aku menunggu Primajasa dengan harga bus tiket Jakarta-Cilegon Rp26.000 (sama dengan harga bus Arimbi) kemudian turun di simpang tiga naik angkot Ungu PCI dengan harga Rp5000 (beda banget dengan harga saat Tahun baru) kemudian turun di Mall lanjut naik angkot Silver (Rp5000) turun di Pabrik terus minta antarin ke Mess.

Nah dari 3x bolak-balik Jakarta-Cilegon setidaknya aku mendapat pelajaran mengenai transportasi umum ke Lingkar Ciwandan

1. Harga standar Jakarta-Cilegon itu Rp26,000 sekali jalan (kalau dari Jakarta busnya bisa menunggu di Slipi Jaya, kalau dari Cilegon busnya bisa menunggu di Cilegon Timur). Kalau dari Cilegon aku turun biasanya di Kebon Jeruk

2. Tidak perlu naik angkutan umum PCI lagi dari Terminal Cilegon Timur karena ternyata busnya lewat dari Mall sehingga sekali angkot saja yang Silver ke Ciwandan. Lumayan menghemat angkot!

Nah segitu dulu pengalamanan bolak-balik trip Weekend Jakarta-Cilegon, ada yang punya pengalaman yang sama?

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

54 Comments

  1. Haha Cilegon sama Serang gak beda jauh mamang tukang angkop semau dia nurunin penumpang kalo macet n harga suka naik kalo pas hari besar.

    Intinya kalau naik bus Jakarata-Merak tujuan Serang or Cilegon dari Slipi Jaya, Harapan Kita, Kebon Jeruk pilihlah Primajasa atau Arimbi. Asli Prima no recomended ya dua jenis di atas asal tujuan Pulogadung-Merak, TJ. Priok-Merak. Patokan harga sampe cilegon 26K, serang 20K kadang 26K hehe. Ciujung Kragilan 15K. Ok segitu aja 😃

    Reply

      1. yupp, harus bilang gini ‘wong kene mang’

      2. wong kene mang artinya apa?

  2. ciwandan … ??? dimana mba ??? …#MintaDikeplak
    mengharu biru trip-nya … kebayang deh … naik bis bawa tas gaban .. hehehe ..

    Reply

    1. wkwkw bersepadahan disini kak paling 3 jam 😀

      Reply

  3. Wuaaa…kece banget mba…strong sekali…

    Reply

  4. Wah ciwandan kira2 deket anyer ga nih

    Reply

  5. trip nya seru banget win, naik bus bawa tas gede, ramai pula. aku pernah naik bus dari jakarta ke mojokerto, 22 jam! gara-gara sopirnya nggak tau jalan! trus busnya nyasar. parah banget….

    Reply

  6. Jauh juga ya Wel..Jakarta-Cilegon kira-kira 94 km kan ya? belum lagi macetnya ya….

    Reply

    1. betul kak kadang macetnya itu

      Reply

  7. Sudah sampai Anyer dan Cilegon, tidak diteruskan langkah menuju Cagar Alam Ujung Kulon? Alamnya tak kalah menarik dengan Cagar Alam Pananjung Pangandaran.

    Reply

    1. udah pernah ke Ujung Kulon kak tapi pengen balik lagi kesana

      Reply

      1. Kalau sudah pernah ke Ujung Kulon, sempatkan juga berkunjung ke Ujung Timur Pulau Jawa, yakni ke Pantai Plengkung, Alas Purwo Banyuwangi. Pantainya indah tempat turis berselancar main ombak Laut Kidul. Lalu sempatkan juga mampir ke Kawah Ijen.

  8. Winny, seriusan tinggal di ciwandan, saya domisili di Cilegon lho… 😀
    Selamat datang di kota “lurus” Win :D, jalan utamanya lurus doang

    Reply

    1. haha serius kak, yuk kak kapan-kapan jumpa 🙂

      Reply

      1. seriusan, hayuu hayuu

  9. Wah. Dipindahkerjakan! Kak, kalo naik kereta gitu lebih mahal/repot ya? Kayanya enak bisa jalan-jalan di kereta kalo capek/pegel.

    Reply

    1. Aku belum nyoba kak Iyos yang kereta penasaran juga, pernah naik kereta ke Ciwandan?

      Reply

      1. Belum sih.. Sempet ingin ke Merak nsik kereta tapi batal. Kalo ga salah akan berenti di Stasiun Rangkasbitung sebelum berenti di Merak. Mungkin deket?

  10. Tapi enaaak kak pindah dari Jakarta gak macet. hahahaha. Waah makanya sekarang jarang ketemu Winny. Kamu ngambil S-2 dimana ka?

    Reply

    1. tapi aku masih sering bolak-balik jakarta kok kak 🙂 aku ambil di Mercu kak

      Reply

  11. semoga betah ya kak di tempat barunya.
    moga uangnya gak abis di Tiket Travelling tok.
    semangaaat

    Reply

  12. Dengan segudang aktivitas kerja, lanjut kuliah pasca, ngeblog produktif plus ngebong ngetrip ya Win. Salam Sukses ya Win.

    Reply

    1. makasih banyak kak Rynari 🙂

      Reply

  13. Hahaha, belum pernah ke Cilegon Win 😛

    Reply

    1. kalau main ke Jakarta boleh ke Cilegon Zilko sekalian ke Anyer

      Reply

  14. Mau di Jakarta/mutasi yg penting travelling jalan teruss. Hihi.

    Reply

  15. ternyata masih banyak tempat yang belum tereksplore ya mba dan bagus juga tempatnya.
    Dulu saya juga mikirnya,kota saya itu kecil dan udah saya kelilingi semua,tapi nyatanya sekarang masih banyak tempat keren di kota saya yang belum saya datangi. haha

    Reply

    1. iya aku mau keliling Cilegon dulu

      Reply

  16. pasti capek ya tiap minggu bolak balik, tapi harus tetep cemunguth!

    Reply

  17. Aku pernah cuma one day trip tapi dan… nggak bisa kemana-mana. Hahaha… Kebetulan cuma nemenin suami yang dinas aja di sini. Next time kudu disempetin jalan nih.

    Reply

    1. kalau kesini kabarin ya kak manatau bisa ketemu 🙂

      Reply

  18. naik kereta subuh 8000 rupiah heheeee

    Reply

      1. jam 5.35 Wib start dari stasiun merak

      2. iyaaa harus berangkat subuh kalau mau dapet

  19. Hahaha, aku ya pernah ngerasain pindahan kos, dan ngedumel ndiri, ini barang ga abis2, apalagi printilan yang kecil2 … udah printilan trus kecil2 pulak 😀

    Reply

    1. sama kita printilan kecil-kecil itu loh bikin puyeng

      Reply

  20. Lho mbak winny mas kuliah ya kok masih ada uas? Kirain udah lulus soalnya sudah sering backpackeran.

    Reply

  21. Setiap denger nama ciwanda selalu inget wajah mu berbedak semen hahahaha

    Reply

  22. kerja dimana mba? ke jakarta atau ke ciwandan bisa pake kereta sekarang eheheh. siapa tau minat nyobain :).
    atau dari slipi bisa naik elf yang ke serang, nanti lanjut bus dari serang ke cilegon (kalau mau agak cepet)
    saya tinggal di serang dan kerja di cilegon, kadang kalo weekend suka main ke jakarta – one day trip. biasanya naik elf

    Reply

    1. Hi Mba Neni sekarang saya udah pindah ke Jakarta lagi

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.