Tips Liburan ke Istanbul, Turki


“When you are everywhere, you are nowhere

When you are somewhere, you are everywhere.”

By Rumi

topkapi

Hello World!
Turki, Oktober 2016

Tips liburan ke Turki aku buat karena beberapa pertanyaan yang masuk via email. Tips liburan Turki terbatas di area Istanbul saja karena memang aku melakukan perjalanan trip ke Turki hanya Istanbul saja itupun 3 hari dan belum puas tentunya. Namun melakukan perjalanan selama di Turki ada beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi teman-teman yang hendak melakukan trip ke Turki.

1. Bagaimana proses VISA TURKEY bagi Indonesia?

Visa merupakan dokumen izin seseorang untuk masuk kesuatu negara dalam periode dan tujuan tertentu yang dikeluarkan oleh sebuah negara. Visa sendiri memiliki jenis ada visa turis, visa belajar, visa bekerja dan sebagainya. Sehingga dalam pembuatan visa tergantung tujuan ke negara tersebut. Visa sendiri juga ada yang gratis, ada yang VOA (Visa on arrival) ada yang e-visa dan ada visa yang mesti diurus di kedutaan. Untuk visa Turkey bagi orang Indonesia sendiri berlaku VOA artinya kita datang kemudian ke Turki kemudian melakukan proses visa dengan membayar langsung pas di Imigrasi Bandara Turkey dan bisa juga dengan E-visa.

Untuk harga visa Turki bagi Indonesia sebagai berikut

SINGLE ENTRY VISA                      Rp. 570.000

MULTIPLE ENTRY VISA                   Rp. 1.905.000

SINGLE TRANSIT VISA                    Rp. 570.000

DOUBLE TRANSIT VISA                   Rp. 1.140.000

Aku sendiri waktu itu membuat visa Turki dengan memilih mengurus E-Visa.

Apa itu E-visa Turkey?

Jadi kita masuk kedalam website Turki untuk melakukan pembuatan visa kita secara online kemudian visa tinggal print. Untuk harga E-visa Turkey sebesar 25 USD untuk single entry serta biaya administrasi 0,7 USD sehingga harganya $25,7 dengan lama berlaku visa selama 30 hari. Namun pembayaran E-visa harus memakai Kartu Kredit, jadi yang tidak punya kartu kredit, minjam dulu sama teman, pacar, gebetan atau keluarga. Aku kebetulan tidak memiliki CC alias Credit Card sehingga waktu itu minjam Kartu kredit Mbak Ninik (teman perjalanan ke Turki). Untuk proses visanya sederhana sih hanya saja saat di Turkinya rasanya ngenes karena visanya tidak ditempel di passport karena berupa kertas jadi hanya stempel biasa tok di passport saja. Gak rela rasanya Visanya di kertas tok kemudian dibuang hihihi 😀

Baca juga cara membuat visa Turki

gelata-bridge-istanbul
Pemandangan dari Gelata Bridge

2. Bagaimana pengalaman selama di Imigrasi Turki, apakah banyak ditanya pihak Imigrasi?

Waktu kedatangan kami di Istanbul Atatürk Airport waktu itu pas tengah malam jam 2 dan aku tinggal menunjukkan kertas VISA Turki yang telah aku print kemudian tidak ditanya mau nginap dimana seperti biasanya. Petugas langsung melihat visa ada terus dicap di kertas kemudian selesai. Untuk antriannya juga tidak lama dan cepat. Jadi selama proses Imigrasi di Turki lancar jaya.

3. Bagaimana cara dari Bandara Atatürk ke Sultan Ahmed

Hal yang aku suka dari Turki itu adalah transportasinya yang super mudah, tinggal baca peta transportasinya terus ikutin arah. Semua moda transportasinya terintegrasi mulai dari metro, trem, bus sampai ferri. Bahkan ke Sultan Ahmed tempat wisata populer di Istanbul dari Bandara mudah sekali.

Pelajari peta transportasi di Istanbul, Turki untuk memudahkan perjalanan selama di Turki.

istanbul_rapid_transit_map_with_metrobc3bcs_schematic

4. Dimana harus menginap di Istanbul?

Waktu di Istanbul Turki selama 3 hari, 2 hari aku menginap gratis karena menginap di rumah teman yang aku kenal dari CS sehingga lumayan untuk menghemat biaya perjalanan. Hanya hari terakhir aku dan Mbak Ninik menginap di area Sultan Ahmed dan menginap di  Sultan Hostel dengan alamat hostel di Cankurtaran Mh., Akbiyik Cd No:17, 34122 Istanbul, Turkey dengan biaya permalam sebesar 80 TL dengan tipe dormitory female. Artinya ada 6 cewek dalam satu kamar dan tempatnya strategis di area Sultan Ahmed. Jika hendak ke Blue Mosque tinggal jalan doang dan harga penginapan di area Sultan Ahmed Istanbul cukup ramah di kantong meski area turis banget. Kalau bingung mau menginap dimana di Turki tinggal cari penginapan di booking dot com karena banyak pilihan menginap.
5. Bagaimana cara mendapatkan teman di Istanbul?

Untuk mendapatkan teman sangat mudah bisa dari CS, berkenalan dari tempat penginapan atau pas ketemu di tempat turis. Itu tergantung individu, ada yang suka jalan sendiri dan tidak mau kenalan dengan warga lokal namun menikmati perjalanan dan ada juga tipe yang suka berjalan dengan warga lokal. Kalua aku sendiri perjalanan itu untuk mengenal tempat yang baru serta memiliki teman. Seru loh kalau mendapatkan teman baru di suatu negara. Pengalamanku selama di Turki aku mengenal 3 orang yang super baik-baik ada Kosan yang rela menjemput kami meski jam 2 malam dan memberikan kami tempat menginap selama 2 hari di Istanbul serta mentraktir makanan lagi. Kemudian aku mengenap Hallis yang super baik mengajakku makan romantis di depan Bosphorus Bridge kemudian berkenalan dengan Ramazan yang ternyata adalah actor di film Elif serta membawaku ke tempat indah di Istanbul. Belum lagi di penginapan berkenalan dengan dua cewek traveller dari England dan Africa. Jadi kemampuan untuk berteman itu perlu dalam perjalanan.

turki

beltas-cafe-ortakoy
Beltas Cafe

turkey

6. Apa wisata yang bisa dilihat di Istanbul?

Tempat wisata di Istanbul itu banyak (banyaaak). Kebanyakan memang di area Sultan Ahmed dan yang paling populer diantaranya Blue Mosque, Basilica Cistern, Hagia Sophia, Topkapi dan masih banyak lagi. Jadi kalau di Istanbul saja 1 hari tidak cukup sebenarnya. Meski kebanyakan wisatanya merupakan wisata Museum namun jangan salah, museum di Istanbul itu super kece-kece dan menarik untuk dikunjungi. Jadi tidak heran banyak sekali turis yang datang ke Turki.

aya-sophia-istanbul
Hagia Sophia
topkapi-palace
Topkapi Palace
blue-mosque
Blue Mosque
basilica-cistern
Basilica Cistern

Setidaknya ada 20 pilihan what to do in Istanbul atau 20 Top Rated Tourist Attractions in Istanbul

1. Hagia Sophia berlokasi di Aya Sofya Medanı, Sultanahmet

2.Topkapı Palace (Topkapı Sarayı) berlokasi di Babıhümayun Caddesi, Gülhane Park

3. Blue Mosque (Sultan Ahmet Camii) berlokasi di AtMeydanı, Sultanahmet

4. Basilica Cistern (Yerebatan Sarnıçı) berlokasi di Yerebatan Caddesi, Sultanahmet

5. Hippodrome berlokasi di AtMeydanı, Sultanahmet

hipprome

6. Istanbul Archaeology Museum berlokasi di Gülhane Park, Sultanahmet

7. Grand Bazaar (Kapalı Çarşı) berlokasi di Beyazıt Meydanı, Beyazıt

8. Süleymaniye Mosque berlokasi di Süleymaniye Caddesi, Beyazıt

9. Spice Bazaar (Mısır Çarşısı) berlokasi di Yenicamii Meydanı, Eminönü

10. Dolmabahçe Palace berlokasi di Dolmabahçe Caddesi, Beşiktaş

istanbul

11. Chora Church (Kariye Müzesi) berlokasi di Kariye Camii Sokak, Edirnekapı

12. Museum of Turkish and Islamic Arts (Türk ve Islam Eserleri Müzesi) berlokasi di At Meydanı Caddesi, Sultanahmet

13. Little Aya Sofya (Küçük Aya Sofya) berlokasi di Küçük Aya Sofya Caddesi , Sultanahmet

14. Rüstem Paşa Mosque berlokasi di Hasırcılar Caddesi, Eminönü

15. Yedikule Fortress (Yedikule Hısarı) berlokasi di Yedikule Sokak, Yedikule

16. Galata Tower berlokasi di Bankalar Caddesi, Karaköy

gelata-tower
Gelata Tower

17. Istanbul Modern berlokasi di Meclis-i Mebusan Caddesi, Tophane

18. Pera Museum berlokasi di Meşrutiyet Caddesi, Tepebaşı

19. İstiklal Caddesi and Taksim berlokasi di İstiklal Caddesi

20. Üsküdar dengan cara naik ferri dari Eminönü

7. Dimana rekomendasi tempat makan di Istanbul?

Sewaktu di Istanbul, makanan yang tak terlupakan bagiku saat mencoba Hamburger di Taksim area tepatnya di Kizilkalayar. Menurutku merupakan best Istanbul Street Food karena rasanya yang super enak. Memang kebanyakan makanan khas Turki itu kebab dan aneka kebabnya juga bervariasi ada yang namanya Iskander kebablah namun hamburger di warung ini rasanya mantap. Untuk masuk kedalam saja ngantri, dan tempatnya kecil namun rasanya itu membuat bahagia. Alamatnya di Sıraselviler Caddesi 6, Taksim Square.

kizilkayalar

Selain itu jika di Turki jangan lewatkan untuk mencoba es krim Turki. Bukan rasanya es krimnya yang menarik namun proses menyediakan es krimnya yang lucu dimana si penjual membuat trik lucu sehingga bisa membuat deg-deg ana atau sport jantung karena tiba-tiba si penjual membuat kaget dengan menghilangkan es krim dari tangan.

turkey
Taksim

8. Amankah melakukan perjalanan ke Turki?

Karena kondisi Turki sekarang yang memang kurang kondusif akibat banyak teror maka pertanyaan amankah mengunjungi Turki sering muncul. Waktu aku memutuskan ke Turki waktu itu ada kejadian pengeboman di Bandara Atatürk sampai teman dengan niatnya memberikan link tentang bahaya ke Turki. Namun aku sih cuwek saja karena prinsip hidupku namanya kematian itu bisa dimana saja dan kapan saja. Jadi tidak perlu takut namun tetap mawas diri dan hati-hati. Kalau ditanya aman atau tidak itu tergantung penilaian. Untuk aku sendiri pas disana aman dan kembali dengan selamat.

9. Dimana tempat membeli oleh-oleh di Turki?

 

Kebanyakan orang akan membeli oleh-oleh di Area Grand Bazaar Istanbul, Turkey. Namun karena nasehat teman lokal warga Turki sebaiknya membeli oleh-oleh agak jauh misalnya di area Gelata Tower atau bisa juga ke bukit dekat dengan Egyptian Bazaar dan biasanya ada tertulis harganya. Jika tidak ada maka coba tawar saja, selain itu bisa juga mencari oleh-oleh di area Sultanahmet.

10. Pengalaman apa yang tak terlupakan selama di Turki?

Pengalaman yang tak terlupakan selama di Turki adalah ketika merasakan naik feri dari sisi ASIA TURKI ke sisi EROPA TURKI, pengalaman yang membuatku merasa nyaman dan menikmati pemandangan sekitar. Kemudian aku sangat suka ketika sholat di Blue Mosque dan berlama-lama disana serta saat melihat peninggalan Islam di Topkapi. Rasanya perjalan ke Turki sebandingan dengan harga tiket yang aku keluarkan. Karena memang kesalahan dimana harus membeli tiket kembali jadinya harga tiket ke Turki jatuhnya $500 walaupun via Iran yang harusnya murah namun karena visa transit Yunani membuat kami terpaksa membeli ulang tiket ke Turki meski transit 1 jam namun dengan pengalaman selama di Turki dan benar-benar merasakan liburan sehingga uang tidak ada nilainya. Seperti kata kutipan “travel is the only way  that makes you richer

hagia-sophia-istanbul-turkey
Hagia Sophia

11. Perlukah membeli SIMCARD dan dimana bisa membeli SIMCARD?

Perlu tidak perlu tergantung kebutuhan masing-masing. Aku sendiri tidak membeli SIMCARD selama di Turki. Namun temanku Mbak Ninik membeli SIMCARD di Bandara. Jadi bagaimana aku bisa update status social media selama di Istanbul, Turki? Pake wifi gratsisan dari apartemen Kosan, dari penginapan serta thatering data. hahaha 😀

Gak modal banget ya?

Nah yang mau membeli SIMCAR bisa membeli TurkCELL dengan harga bervariasi mulai dari 25TL ke 35TL dengan kapasitas 1GB ke 15GB dan bisa dijumpai di Terminal Internasional Bandara Atatürk, Istanbul.

12. Bagaimana dengan mata uang Turki, dimana bisa menukar uang di Turki?

Mata uang Turki adalah Turkish Lira yang disingkat TL.

$1 = 3-3,6 TL

Untuk menukar uang bisa di Bandara Atatürk, Istanbul maupun di area Sultanahmed karena banyak counter money changer. Aku sendiri menukar uang TL dari Indonesia dan lumayan mahal sekitar Rp5000 untuk 1 TL (bulan September 2016) dan menurutku sebaiknya menukar dollar ke TL saja biar tidak rugi atau jika kehabisan uang bisa Tarik tunai di ATM Turki dan biaya adminitrasi tergantung Bank. Karena Bank ku BNI maka sekali tarik tunai dari ATM kena biaya administrasi Rp25.000 namun lebih praktis saat tarik tunai via ATM di Istanbul. Untuk mengetahui berapa uang yang diperlukan selama trip di Turki maka bisa dengan membuat itinerary perjalanan. Terus cari ATM yang berlogo Masterlogo atau Visa.

gelata-bridge

13. Perlukan itinerary perjalanan selama di Turki?

Perlu tidaknya sebuah itinerary tergantung kepada si pejalan. Kalau aku selalu membuat rincian biaya perjalanan selama perjalanan karena dari rencana perjalanan aku bisa mempersiapkan uang yang harus aku bawa dan hendak mau kemana walaupun kadang perjalanan itu tidak sesuai dengan rencana. Paling tidak aku bisa memperkirakan butuh biaya berapa saat perjalanan.

Bagi yang ingin melihat contoh Itinerary Turki baca Trip ke Istanbul

14. Apakah perlu membeli Istanbul Pass Museum?

Untuk membeli Istanbul Pass museum tergantung kebutuhan serta lamanya di Istanbul. Waktu itu aku membeli museum pass 85 TL untuk 5 hari meski tempat yang aku kunjungi hanya Topkapi dan Hagia Sophia saja dan jatuhnya sih aku tidak perlu membeli museum pass. Membeli dengan satuan paling kena 70 TL makanya sayang 15 TL namun kalau hendak mengunjungi kesemua museum selama 5 hari di Istanbul maka sebaiknya membeli museum pass Istanbul karena jatuhnya lebih murah. Kalau beli single ticket akan mahal namun jika hanya ingin mengunjungi Hagia Sophia dan Topkapi saja tidak perlu Museum Pass.

museum-pass
Museum Pass Istanbul

Daftar Harga Tiket Masuk Wisata di Istanbul, Turkey

Hagia Sophia Museum 30 TL
Tapkopi Palace Museum 40 TL
Hagia Irene Museum
Istanbul Archeological Museums 15 TL
Museum OF hystroy of Science and Technology in Islam
Istanbul Mosaic Museum 10 TL
Fethiye Museum 5TL
Chora Museum
Galata Mevlevi House Museum
Rumeli Hisar Museum
Blue Mosque Gratis
Basilica Cistern 20 TL
The Grand Bazaar
Sulaymen Mosque Gratis
42 TL

Sebagai perbandingan jika membeli tiket secara single

Hagia Sophia Museum– 30 TL

Topkapi Palace Museum– 40 TL

Topkapi Palace Museum Harem Apartments – 15 TL

Chora Museum– 15 TL

Istanbul Archaeological Museums – 15 TL

Museum of Turkish and Islamic Arts – 20 TL (Currently closed due to renovations)

Istanbul Mosaic Museum– 10 TL

Total cost secara beli pertiket: 135 TL

Jadi bakalan murah jika hanya membeli 85 TL namun dengan catatan bila memang ingin mengunjungi semua tempat yang dicover oleh Museum pass dan punya banyak waktu luang di Istanbul.

15. Apakah itu Istanbul Kart?

istanbul-kart

IstanbulKart merupakan kartu pintar untuk membayar transportasi umum di Istanbul Turkey yang bisa digunakan untuk Metro, bus, trem, dan ferry. Dan IstanbulKart ini bisa digunakan oleh lebih dari satu orang. Harga IstanbulKart 10 TL, dengan harga jartu 6 TL dan credit di kartu 4 TL. IstanbulKart ini mirip semacam e-money yang kita gunakan saat naik busway atau kereta di Jakarta. Berisi uang yang kemudian kita tab ke mesin kemudian kita bisa bepergian.

PS: jika ada kesalahan dalam informasi, mohon diberi masukan dan ingin bertanya juga boleh banget 🙂

 

Semoga tips Liburan ke Istanbul Turki bermanfaat!! Dan jika ingin ke Turki kirim salam sama cewek-cowok Turki yang super cantik dan ganteng 😀

This blog has been verified by Rise: R8c58e20fe790443e00f3dbc03f425bfd

Merhaba Turkey!

Salam
Winny

Iklan

68 tanggapan untuk “Tips Liburan ke Istanbul, Turki

      1. Daerah kab. Mojokerto mbak winny. Klo kpan2 mampir saya temani. Cuma saya bukan teman traveller yg hebat. Bisa2 mengeluh sepanjang jalan ha ha ha……

  1. Emang betul Turki cantik kotanya. Dulu sempat kesana krn nyari negara yg bisa visa on arrival secara males ngurus visa. 😂 Dan gak rugi bgt ke negara ini. Bagian tradisional kota tua ada, bagian modern nya ada juga. Mau lg kesana tp suasana lagi kurang aman ya. Jadi terpaksa di pending dulu.

  2. Winnnyyyy…. mantap tipsnyaaa.
    Nanya dikit ya. Foto Galata Bridge, yg dimaksud bridge itu yg ada tiang2 itu Win? Kalo iya, berarti tertukar. Jembatan yg ada tiang2 itu stasiun metro (Haliç). Galata Bridge ada di sebelahnya, yg banyak orang mancing dan di bawahnya banyak restoran. 2 minggu lalu ada temenku nginep di Sultanahmet Guesthouse. 3 hari cuma 45 USD, sekamar buat berdua aja, bukan yg tipe sekamar utk banyak org.
    Ohya, ada lagi obyek menarik: Museum Panorama 1453 dan melihat sisa2 tembok Kostantinopel (lokasinya berdekatan).
    Thanks for sharing Win. Maaf komenku panjang yaaa.

      1. Win, nanya. Winny pake ATM BNI ya buat narik tunai di Istanbul. Di ATM bank apa? Soalnya temenku kok ga bisa narik ya? Dia coba di ATM HSBC.

    1. wah makasih banyak kak koreksinya, yang photo diambil dari gelata bridge, kalau hostel kami milih yang dormitory waktu itu bayar 80 TL semalam isinya 6 orang namun kasurnya tetap satu masing-masing. btw penasaran kak Museum Panorama 1453 jadi pengen balik lagi

  3. komplit banget win.. u makes me jeleeez ich! hahahaha..

    aku pikir kenalannya lewat FB atau ada komunitas apaa gitu? ternyata nnti dsana kenalan langsungnya ya?
    .
    .
    aku sih tipe penikmat jalan2 sndiri. Tapi kalau ga ada kenalan jg rawan siiih. Kalau masih jalan2 cantik lalu d culik-kan gak lucu! apalagi modalnya cmn bisa ngabisin makanan doang! xixixiixi..

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb Winny… Terima kasih maklumat ini, Winny. Saya sudah boleh merancang ke Turki melalui panduan dari Winny di atas. Semoga bermanfaat untuk perjalanan yang lainnya. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  5. Wow lengkap banget ulasannya!! Tadinya pengen ke Turki pake paket tour aja biar ngga ribet, tp baca tulisan ini jd pengen brangkat sendiri aja ga pake tour 😁 Smoga rejeki bisa ke Istanbul.. amiin

  6. Mbak win..aq mau byk tanya hehe. Soal turki. Klo bs chat siyy mbak. Soalx tiket dll. Tp yg aq tanyain skr tiketx mbak kmren pke apa? Via apa? Trimakasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s