Tidak ke Sumatera Barat jika belum ke Istana Pagaruyung


Isn’t it an irony when we ignore each other and pretend the other person doesn’t exist when love fades away?

By Unknown

 Istana Pagaruyung

Hello World

Batusangkar, Agustus 2016

“Win, jadi kamu belum ke Batusangkar melihat Istano Basa Pagaruyung?”, kata temanku Irma di tahun 2010. Ah belum lengkap perjalananmu di Sumatera Barat menimpali yang semakin membuatku sedikit jengkel. Maklum waktu itu jalan sendirian keliling Sumatera Barat seorang diri bukanlah perkara mudah serta keterbatasan waktu dan dana. Eh siapa sangka ternyata ada kesempatan mengunjungi Istano Basa Pagaruyung di Batusangkar dari Pesona Indonesia. Rezeki anak soleh ya 😀

 Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung

Kami sampai di Istano Basa Pagaruyung sekitar jam 11an dan waktu itu matahari terik sekali. Setelah mamarkirkan mobil, kami masuk kedalam Istana Pagaruyungm wisata menarik di Sumatera Barat karena salah satu icon dari kebudayaan Suku Minang. Istano Basa Pagaruyung artinya istana besar  memiliki bentuk seperti rumah gadang dengan runcing keatas. Istano Basa Pagaruyung atau sering disingkat Isatan Pagaruyung merupakan replika dan aslinya berada di bukit Batu Patah tapi terbakar tahun 1804 lalu didirikan kembali dan terbakar kembali di tahun 1966. Istana Pagaruyung merupakan Istana Raja Alam berjenis Alang Babega. Entah kenapa nasib Istana Pagaruyung selalu terbakar tapi yang pasti tahun 2007 juga terbakar terkena petir lalu dibangun kembali, karena icon suku Minangkabau.

 Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung

Dari sejarah beberapa kali kebakaran aku sungguh salut upaya memilihara Istana Pagaruyung yang menurutku memanga harus dilestarikan mengingat salah satu bukti Kerajaan Pagaruyung (1500-1825) pernah ada di Sumatera Barat. Sehingga pas masuk ke pintu masuk aku itu langsung takjub dengan bangunan Istana Pagaruyung, megah dan mempesona. Untuk masuk kedalam Istana Pagaruyung harus membuka sepatu kemudian menaiki anak tangga. Didalam Istana Pagaruyung terdiri 3 buah lantai kemudian ada 2 ruangan dapur, kemudian ruang dayang. Didalam juga terdapat peninggalan berupa budaya Minang.

Pilar di dalam Istana Pagaruyung bahkan sangat aku suka, di dalam Istana Pagaruyung juga bisa melihat sejarah tentang Istana Pagaruyung. Bahkan di Istana Pagaruyung bisa meminjam baju pakaian adat Minang loh lengkap dengan Suntiang seperti yang kami lakukan di Minang Village Padang Panjang.

 Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung
 Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung

Sayangnya kami cuma sebentar di Istana Pagaruyung namun cukup menyenangkan masuk kedalam Istana Pagaruyung masuk ke dapurnya, naik keatas biliknya kemudian di bagian bawah tempat peminjaman Suntiang dan baju Minang, merasa seperti anak Minang dah!

Wajar sih ya temanku dulu sangat merekomendasikan untuk mengunjungi Istana Pagaruyung karena memang jika ingin melihat seluk beluk kerajaan Islam maka Istana Pagaruyung merupakan pilihan yang tepat!

 Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung

Harga Tiket Masuk Istana Basa Pagaruyung

Dewasa Rp7000

Anak-anak Rp5.000

Wisatawan Mancanegara Rp12.000

Anak-anak Wisatawan Mancanegara Rp10.000

Alamat Istana Basa Pagaruyung

Jalan Sultan Alam Bagagarsyah

Nagari Pagaruyung, Tanjung Emas

Tanah Datar,

Sumatera Barat

Salam

Winny

 

 

.

 

 

 

Iklan

23 tanggapan untuk “Tidak ke Sumatera Barat jika belum ke Istana Pagaruyung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s