Don’t cry when the sun is gone, because the tears won’t let you see the stars

By Violete Parra

Pulau Pasumpahan Padang Sumbar

Hello World

Sumatera Barat 2010, 2016

Ranah Minang memang memiliki Pesona menarik untuk dijelajah karena begitu banyak pilihan wisata yang ada di Sumatera Barat mulai dari alamnya, kulinernya, hingga budayanya. Bahkan aku pernah sampai bela-belain dari Medan sehabis tamat kuliah naik bus selama 27 jam demi mengunjungi objek wisata di Sumatera Barat. Kala itu aku penasaran dengan Jl. Dr Johan dekat dengan Jam Gadang Bukittingi karena dari situlah Surat Lebaran pertama dari Cinta pertama terkirim. Ternyata walau 10 hari menjelajah wisata Sumatera Barat tidak cukup hanya bisa mengunjungi wisata Sumatera Barat yang umu-umum saja, untungnya di tahun 2016 aku bisa menapakkan kaki lagi ke Sumatera Barat untuk mengunjungi sisa-sisa objek wsiata Sumatera Barat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Tentu saja walau dua kali ke Sumatera Barat tidak sepenuhnya dapat menaklukkan Ranah Minang, namun semoga tempat yang pernah saya kunjungi bisa menjadi pilihan objek wisata yang hendak dikunjungi jika berada di Sumatera Barat.

25 Pilihan Objek Wisata di Sumatera Barat

1. Halau

Halau

Halau

Di tahun 2010 aku diajak temanku Nyakmat ke Payakumbuh terus kami mengunjungi Halau. Halau itu menurutku snagat indah karena pemandangan bebatuan, persawahan, tebing sampai air terjun ada. Mengunjungi Harau naik becak motor waktu itu dengan pemandangan kiri kanan hijau membuatku jatuh cinta dengan Halau, terbayar perjalanan seorang diri ke Sumatera Barat. Jadi jika ingin travelling ke Sumatera Barat, Halau bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Gua Ngalau Indah

 Gua Ngalau Indah di Payakumbuh

Gua Ngalau Indah di Payakumbuh

Sumatera Barat juga mempunyai Gua yaitu Gua Ngalau Indah dan masih berada di daerah Payakumbu. Gua Ngalau Indah masih alami, bebatuan, serta bentuknya bermacam-macam, sayangnya karena kedatangan kami kesorean terus temanku Nyakmat lihat ada yang “lewat baju putih”, akhirnya kami tidak jadi masuk ke dalam. Walau masih penasaran sih masuk kedalam Gua Ngalau Indah.

3. Jam Gadang

Jam Gadang

Jam Gadang

Jam Gadang mungkin wisata mainstream di Bukittinggi, namun aku tetap suka dengan Jam Gadang apalagi pas malam hari sambil minum susu hangat melihat keramaian pengunjung Jam Gadang. Nyaman menikmati harinya!

4. Lobang Jepang Bukittingi

Lobang Jepang Bukittinggi

Lobang Jepang Bukittinggi

Lubang Jepang Bukittiggi merupakan saksi bisu sejarah dimana Lubang ini dibuat sebagai pertahanan. Walau lubang namun memasuki Lubang Jepang tidak pengap, pencahayaannya bagus nyaman untuk dikunjungi. Di dalam Lubang Jepang bisa ditemukan bilik atau ruangan seperti ruangan amunisi dan sebagainya.

5. Ngarai Sianok

Panorama Bukittinggi

Ngarai Sianok

Ngarai si Anok juga merupakan pilihan wisata di Sumatera Barat jika ingin berkunjung karena pemandangan batu kapurnya itu khas dengan pegunungan dan merupakan salah satu iconik objek wisata Bukittingi.

6. Rumah Bung Hatta

Rumah Kelahiran Bung Hatta

Rumah Kelahiran Bung Hatta

Siapa yang tidak mengenal Bung Hatta, salah satu pencetus Proklamasi yang pernah menjadi Wakil Presiden Indonesia. Nah mengunjungi rumah kelahirannya merupakan perjalanan menarik tersendiri jadi bisa masuk ke pilihan wisata menarik di Sumatera Barat siapa tahu dengan mengunjungi rumah Bung Hatta bisa menumpuhkan jiwa patriotisme kita.

7. Fort de Kock

Benteng Fort De Kock di Bukittinggi Sumatera Barat

Benteng Fort De Kock di Bukittinggi Sumatera Barat

Tak jauh dari Jembatan Limpapeh, jangan lupa mengunjungi Benteng Fort De Kock di Bukittinggi sebagai pilihan wisata di Sumatera Barat. Merupakan peninggalan Belanda dan satu lokasi dengan Kebun Binatang Bukittinggi, dan disini masih ada loh bekas meriamnya.

8. Pecinan Bukittingi

Jembatan Limpapeh

Jembatan Limpapeh

Pecinan Bukittingi ada di bawah Jembatan Limpapeh, tempat berkumpulnya backpacker. Jadi jika mengunjungi Bukittingi dan ingin berkunjung dengan para bule dan bakcpacker lokal lokasinya di Pecinan Bukittinggi.

9. Tabiang Takaruang

Tabiang Takuruang Bukittinggi

Tabiang Takuruang Bukittinggi

Tabiang Takuruang juga masuk top pilihan wisata wajib di Sumatera Barat karena nuansa dan tempatnya asri, ada sungai, ada Cafe untuk makan membuat betah lama-lama bersantai.

10. Istana Pagaruyung

 Istana Pagaruyung

Istana Pagaruyung

Jika ingin melihat Rumah Gadang yang elok maka singgahlan ke Istana Pagaruyung dan masukkan ke dalam pilihan wisata di Sumatera Barat karena selain belajar sejarah tentang Kerajaan Minang dulunya maka bisa juga mencoba Pakaian Adat Minang. Kurang kece apa coba berphoto dengan latar belakang Istana dengan bentuk runcing khas Rumah Gadang terus memakai baju Minang, dipastikan yang lihat photomu bakal envy banget 🙂

11. Batu Agkek-Angkek

Batu Angkek-angkek

Batu Angkek-angkek

Tidak ada yang mengetahui berat dari Batu Angkek-angkek yang pasti yang tenaganya besar belum tentu bisa mengangkatnya dan berukuran kecil bisa jadi bisa mengangkatnya. Jadi jika penasaran ingin mengangkat batu angkek-angkek maka batu angkek-angek bisa masuk kedalam daftar wisata yang dikunjugi di Sumatera Barat.

12. Pacu Jawi

PACU JAWI

PACU JAWI

Sebagai wisatawan lokal sebenarnya aku malu baru mengetahui tentang Pacu Jawi karena wisatawan macanegara saja jauh-jauh datang ke Sumatera Barat demi mengabadikan Pacu Jawi. Pacu Jawi sendiri mirip seperti Karapan Sapi di Madura bedanya Pacu Jawi dilaksanakan di tempat berlumpur bahkan sang Joki tak segan menggigit ekor Sapi demi melaju lurus dan kencang. Kalau saranku jika ingin jalan-jalan ke Sumatera Barat, agendakan untuk mengunjungi Pacu Jawi khususnya pecinta phototographi.

13. Pandai Sikek

Tenun Pandi Sikek

Pandi Sikek

Pilihan wisata Sumatara Barat lainnya adalah Pandai Sikek yaitu melihat bagaimana cara menenun Songket Minang. Dan harganya juga variasi dari yang murah hingga mahal.

14. Rumah Puisi Taufik Ismail

Rumah Puisi Taufiq Ismail

Rumah Puisi Taufiq Ismail

Kamu anak sastra? Jangan ngaku anak Sastra jika belum ke Rumah Puisi Taufik Ismail karena disini banyak sekali literatur Sastra yang bisa dibaca.  Selain itu pemandangan di sekitar Rumah Puisi Taufik Ismail itu beuuuh “beautiful” kayak lagu hits aja ya!

15. Silek Lanyah

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang

Silat itu memang khas Indonesia apalagi bela diri ini sangat kental dari Ranah Minang. Namun untuk Silek Lanyah merupakan Silat di Sawah loh berada di Padang Panjang. Attraksi Silek Lanyah wajib dimasukkan ke dalam tempat yang harus dikunjungi di Sumatera Barat.

16. Sekolah Musik ISI Padang Panjang

ISI

ISI

Ngapain mengunjungi sekolah Musik? Jangan salah, ISI yang merupakan sekolah musik di Padang Panjang merupakan tempat melihat mahasiswa dengan piawai memainkan musik tradisonal dan sering berlatih tarian khas daerah bahkan mereka sering diundang di acara internasional. Kurang keren apa coba?

17. Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau Maninjau

Danau Maninjau merupakan salah satu Danau yang indah menurutku. Tenang dan cantik, jadi wajar aku masukkan dalam pilihan wisata Sumatera Barat. Dijamin tidak akan menyesal jika mengunjungi Danau Maninjau.

18. Puncak Lawang Nagari Matur

Puncak Lawang Nagari Matur

Puncak Lawang Nagari Matur

Puncak Lawang Nagari Matur merupakan tempat terbaik untuk melihat Danau Maninjau Letaknya di ketinggian, udaranya sejuk banyak warung lagi disekitarnya, kebayang kan betapa nikmatanya bersantai di Matur sambil melihat Danau Maninjau.

19. Danau Singkarak

Danau Singkarak Sumatera Barat

Danau Singkarak Sumatera Barat

Ada yang tahu Tour Singkarak, yaitu lomba internasional bersepeda? Nah Danau Singkarak dan Tour ISngkarak merupakan wisata pilihan yang boleh dimasukkan ke dalam tujuan wisatamu di Sumatera Barat.

20. Air Terjun Lembah Si Anai

Lembah si Anai

Lembah si Anai

Lembah Si Anai merupakan air terjun yang berada di tepi jalan, sangat terkenal dan airnya jernih. Yah Sumatera Barat juga punya wisata air terjun keren dong!

21. Pulau Pasumpahan

Pulau Pasumpahan Padang Sumatera Barat

Pulau Pasumpahan Padang Sumatera Barat

Pulau Pasumpahan itu indah, walau aku belum pernah ke Raja Ampat paling tidak sudah mengunjungi Raja Ampat Sumatera. Pantainya bersih, warna lautnya unik dan pemandangannya patut diacungin jempol!

22. Pantai Air Manis Malin Kundang

Pantai Aek Manih

Malin Kundang

Siapa yang tidak tahu kisah Malin Kundang yang dikutuk karena durhaka kepada ibunya. Nah di Padang ada loh Pantai Air Manis tempat batu MALIN KUNDANG berada, jadi jika penasaran dengan si Malin maka jangan lewatakan Pantai Air Manis dalam tujuan wisata di Sumatera Barat.

23. Pantai Pariaman

Pantai Pariaman

Pantai Pariaman

Pariaman tidak melulu sate loh, pantainya cakep dan indah. Aku paling suka makan Nasi Padang dengan pemandangan Pantai Pariaman, duh sedap dan santai! Jadi bisalah dijadikan tempat wisata pilihan di Sumatera Barat

24 Museum Sawah Lunto

Sawah Lunto

Sawah Lunto

Sawah Lunto itu ibaratnya Little Holland, kenapa bangunannya itu loh jadul khas Belanda bangat. Tidak hanya itu setidaknya ada 4 museum pilihan yang bisa dikunjungi di Sawah lunto, apalagi dulu Sawah Lunto terkenal penghasil Batu Bara. Bahkan di Sawah Lunto itu ada Lobang Mbak Soero yang katanya jika dibongkar maka rata-rata Sawah Lunto itu merupakan kota diatas Lobang. Keren gak tuh?

25. Padang Village

Pusat Dokumentasi dan informasi Kebudayaan Minangkabau Padang Panjang

Pusat Dokumentasi dan informasi Kebudayaan Minangkabau Padang Panjang

Padang Village juga boleh dimasukkan didalam daftar wisata tujuan menarik di Sumatera Barat karena bisa mempelajari adat istiadat Minang, tentang rumah Gadang dan tentu saja bisa mencoba Suntiang.

Nah 25 Pilihan Objek Wisata di Sumatera Barat yang aku buat hanyalah gambaran kecil dari ribuan tujuan wisata menarik di Sumatera Barat. Semoga tulisan ini bisa menjadi pilihan objek wisata di Sumetara Barat jika kamu hendak liburan ke Sumatera Barat. Oh ya kalau ada sponsor yang hendak nawarin ke Mentawai aku dengan senang hati loh (ngarep), maklum belum ke Mentawai, impian wisata di Sumatera Barat berikutnya.

Oh ya selain dari 25 Pilihan Objek Wisata di Sumatera Barat, teman-teman punya rekomendasi wisata menarik di Sumatera Barat?

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

59 Comments

  1. ih bete ngeliat blogger traveling ini..bawaannya ngelap iler mulu. Padahal liat makanan gak seberapa.
    .
    .
    Tapi ya doyan aja mampir gitu, xixixi

    Reply

    1. hehe bisa aja kak yuk kita jalan kak

      Reply

  2. Banyak banget tempat2 bagus di Sumatra Barat ya.

    Reply

    1. iya kak sebulan belum tentu khatam ;D

      Reply

  3. Saya paling pengen pergi ke jam gadang sama rumah puisi nya Taufiq Ismail… Ada banyak tempat seru buat didatangi ya disana 😀

    Reply

    1. iya kak coba Pacu Jawi dan Silek Lanyah juga bagus

      Reply

  4. Wah udah berapa kali menjelajah ke Padang Win?

    Reply

    1. Sumatera Barat 2 x aja kak Wisnu

      Reply

      1. Cuma dua kali tapi seabreg kunjungannyaaaaa

      2. kunjungannya lama-lama loh kka yang pertama aja 10 hari 😀

      3. itupun masih dibilang kurang Cinta Indonesia (curcol) 😀

      4. Dih.. sapa yang bilaaaaaaaang…. suruh menghadap ke akuuu

      5. haha menghadap siap gerak ya kak 😀

      6. Bilang cabut kata-katanya, atau traktir kita keliling Jawa!

  5. Sumatra barat memang luar biasa, banyak banget tepat wisatanya.

    Reply

    1. iya Muksin ada Danau, Pantai, Budaya, Bangunan, Museum, Gua, Lubang lengkap dah

      Reply

  6. sumbar emang cantik pemandangannya apalagi jika naik mobil dari padang-bukittinggi-payakumbuh (lembah harau) duh bisa lihat gunung, sawah dan air terjun, pokoknya keren lah sumbar plus kulinernya enak2 semua

    Reply

    1. aku juga suka banget Harau, kayaknya 2x tidak cukup ya mengunjuginya harus 10x biar khatam kali ya

      Reply

      1. iya pengen balik ke harau trus nginep lg di Iqbal Homestay soalnya mereka baik banget masa aku nginep di sana bayarnya sesukanya/terserah hehehe

      2. yuk kita ke mentawai 😀

  7. Batuk angket angket itu batu apa ya mbak ?

    Reply

  8. saya yang asal sana belum terjelajah semua objek wisata Sumbar. Semoga nanti bisa bepertualang kayak Winny.

    Reply

    1. aku juga pengen kak kesana lagi penasaran dengan Mentawai

      Reply

      1. Ombaknya katanya keren. Saya juga belum ke Mentawai.

  9. anak2ku bilang dari semua tempat yg pernah kami datangi paling suka di Sumatera Barat,
    bagus2 semuanya

    Reply

    1. yang paling mereka suka apa kak?

      Reply

  10. Dari tatar jawa sekarang ke sumatera, baydewey itu gua jepangnya asli terang gitu, klw yg dibandung kan gelap..haha

    Reply

    1. iya penarangannya bagus jadi bisa jelas lihatnya 🙂
      moga di bandung nanti jadi bagus ya soalnya aku juga belum yang ke bandung

      Reply

  11. banyak sekali destinasinya kak, btw antara satu tempat ke tempat yang lain berdekatan enggak ya?

    Reply

    1. itu ada daerah Bukittingi, Pariaman, Padang, Batu Sangkar, Sawah Lunto, Padang Panjang, 6 daerah Liza. Kalau yang wisata yang mash satu derah berdekatan tapi kalau sudah beda daerah yang lumayan jauh

      Reply

  12. Aku penasaran dengan ngarai sihanuk itu

    Reply

    1. pasti senang kalau kesana kak

      Reply

  13. Mbaa Winn, kamu petualang banget.. hehehe bisa sharing tempat-tempat kece begini..

    Reply

  14. Aku baru sempat lihat sangat sedikit dari 25 ini. Soalnya kalau ke sana biasanya hanya urusan kerja. Mudah- mudahan suatu saat nanti bisa berkunjung untuk melihat-lihat..

    Reply

  15. Saya haru pulang kampung lagi Win untuk menyusuri ini.

    Reply

  16. masyaallah keren ya mbak,. kemarina da yg ngajak saya gratisan ajlan ke situ tapi saya tolak jadwal padat merayap.. yah moga ada yg ngajak gretongan lagi deh hehe… suka foto pertama kecehnya kerasa sampe jogja

    Reply

    1. sayang ya tp moga dilain kesempatan

      Reply

  17. Paling pecaaah menurutku Ngarai Sianok ;D itu keren Mbak. Kereen ngeets 😀

    Reply

  18. Ranah Minang bukan untuk ditaklukkan kak. Cukup dikagumi saja 😮 *kemudian disumpel rendang*

    Reply

    1. aku juga mau rendang lagi hehe

      Reply

  19. Sama sekali belum pernah ke SUmatra Barat Mbak, saya ini 😦

    Reply

  20. ondeh, lah kaliliang Sumatera Barat kironyo.
    keren mba, luar biasa.
    Saya yang orang Padang saja belum mengunjungi itu semua, hehe

    *) yang nomor 1 maksudnya ‘Harau’ kan mb, Lembah Harau? bukan ‘Halau’

    Reply

  21. This such a lovely place to visit. How I wish it was written in English so I can understand your journey, but I know you’ve had amazing travel experience.

    Reply

    1. i should make in english version then

      Reply

  22. mba winny sudah explore banyak banget di sumbar …hebat hebat
    saya hanya 1/2-nya aja yang di list ini …. sumbar memang banyak tempat menarik ….
    List ini jadi acuan kalau saya main2 lagi ke sumbar

    Reply

  23. aku kalo ke Sumatera Barat mau makan Nasi Padang di Padang *lho
    pengen naik kereta api Mak Itam kalo ke sana 😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.