It’s not that I’m so smart, it’s just that I stay with problems longer

Albert Einstein

pandai-sikek-padang-panjang

Hello World!

Padang Panjang, Agustus 2016

Mobil kami menuju ke Nagari Pandai Sikek di Padang Panjang. Awalnya aku tidak tahu apa itu Pandai Sikek. Ternyata Pandai Sikek artinya yang pandai bertenun dan Nagari artinya Desa jadi Desa yang pandai bertenun. Yah aku dan rombongan Blogger dalam acara Pesona Minang mengunjungi Pandai Sikek. Rupanya hasil dari Pandai Sikek itu berupa Songket ala Minang. Aku baru tahu kalau Sumatera Barat ternyata memiliki Songket juga karena dalam persepsiku ingat Songket pasti ingat Palembang eh siapa sangka Songket ada juga Ranah Minang. Uniknya kain Songket dalam Bahasa Minang disebut “balapak”. Untuk motif kain tenun Pandai sikek selalu diambil dari kain tua dan harganya lumayan bervariasi bahkan ada yang sampai belasan bahkan puluhan juta.

Tenun Pandi Sikek

Tenun Pandi Sikek

Keunikan dari Nagari Pandai Sikek karena keahlian penduduk yang  rata-rata memiliki bakat dalam menenun, bahkan mengukir kayu sebagai hiasan bahkan kerjaan ini sudah menjadi pekerjaan utama dari dulu-dulu alias sejak akhir abad ke 18. Belum lagi pemandangan alam yang Indah sekali di Nagari Pandai Sikek mulai dari persawahan hingga pemandangan Gunung Singgalang dan Gunung Marapi sehingga tak heran Nagari Pandai Sikek menajdi salah satu wisata yang menarik di Sumatera Barat untuk dikunjungi dan menjadi tujuan wisata.

Memasuki sebuah rumah yang berisi tenunan kami melihat seorang Gadis muda sedang menenun. Tangannya memegang benang berwarna emas dan tangan yang satu lagi memintal dengan teliti sekali. Untuk pertama kali dalam hidupku aku melihat proses pembuatan Songket di Nagari Pandai Sikek, kalau menenun sih pernah pas di Toraja. Tapi kayaknya sama aja ya, intinya Indonesia paling keren hasil tenunannya!

 

Songket seharga Rp15juta

Songket seharga Rp15juta

Kami juga sempat melihat koleksi Songket yang dipajang dengan warna-warni. Variasi harga dari Balapak tergantung bahan yang dipakai dan berapa lama dalam mengerjakannya. Kalau menurutku sih wajar harganya mahal mengingat tingkat pengerjannya itu.

Tapi ada satu kejadian yang sungguh membuatku malu dan bikin deg-degan saat berada di Pantai Sikek yaitu ketika aku menjatuhkan Songket berwarna merah yang kisaran harganya Rp15.000.000. Untung Songketnya tidak rusak, kalau tidak aku bisa tergadai di Pandai Sikek. Gara-gara adegan menjatuhkan songket harga jeti-jeti alhasil aku mengambil langkah seribu keluar dari Pandai Sikek dan memandang Gunung Singgalang.

Lokasi Nagari Pandai Sikek

Kecamatan Sepuluh Koto

Kabupaten Tanah Datar

Padang Panjang, Sumatera Barat

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

52 Comments

  1. Kain sikek seharga 15 jt Win? Mihilnyaaa….

    Reply

    1. iya tapi ada yang 1 juta juga sih ratusan ribu juga ada

      Reply

      1. Ow gitu…beragam harga ya.

  2. 15 juta kalau cuma untuk beli kain… Kalau aku yang makai ga ada yang bakalan percaya kalau harganya segitu

    Reply

    1. songket emnag gitu banget ya

      Reply

  3. Kalau orang tau susahnya nenun songket pasti tau knp harganya mihil banget 🙂 Aku sempet liat pas di Lombok, Ibu2 nenun kain songket Lombok berbulan2… Rasanya sedih juga kalau dihargain murah… tapi kalau mahal ngga kebeli hahahah *galau

    Reply

    1. jadi wajar harganya mahal ya kak susahnya itu

      Reply

  4. Baru mau tanya. Itu berapa juta? Ternyata oh ternyata… amboii rancak bana..

    Reply

    1. pembuatannya sih kak wajar

      Reply

      1. Ya win.. beda banget sama yg printed songket. 100ribu udah dapat.. hehe

      2. tapi beda kualitasnya ya kan

      3. Iyaaaa… sudah pasti itu

  5. Aduuuuh itu songketnya cantik banget
    Lalu takjub sama harganya
    Eh tapi sebanding sih ya, ketekunan menenunnya itu lho yang tak tergantikan

    Reply

    1. bener kak tapi ada juga yang murah kak

      Reply

      1. Ada harga ada kualitas lah ya

  6. Wow keren. Ada yg sampai 15 jutaan. Untung aja nggak ada yang rusak. Bisa nyesel deh klo sampai bayar ganti rugi mwa ha ha……

    Reply

    1. iya gk bisa beli tapi bisa bayar ganti ya haha

      Reply

  7. Kain songket tuh bagus banget…tapi harga nya itu lho mahal banget hahaha

    Reply

    1. iya kak karena pembuatannya juga kali ya

      Reply

  8. 15juta per meter, Winny? Duhh, nambah dikit bisa buat pergi umroh. Haha. Itu mah maunya aku ya.

    Reply

    1. iya kak habis pakenya juga pas ada acara gitu

      Reply

  9. LIMA BELAS JUTAAAA???? Alamaaak… Sama dengan harga satu motor yaaa… Untung ga rusak, Win. Bisa-bisa kamu dinikahkan sama anak yang punya songket sebagai penggantinya. Haha…

    Reply

    1. suruh dinikahin ya hahahah

      Reply

  10. Aku selalu kagum sama songket. Pengantin minang sama Palembang terlihat anggun plus mewah bgt pakai songket 😍😍😍

    Reply

    1. wah kalau pengantin kelihatan cakep ya pake songket

      Reply

  11. Waaah cantik-cantik sekali yaaa. Jadi pengennn, tapi melangit sekali harganya

    Reply

  12. Baru tahu artinya pandai sikek, eh bikin satu kain biasanya selesai dalam berapa hari ya itu?

    Reply

  13. Keren.. tapi mihil bingit.
    Tapi emang sebanding sama prosesnya sih.

    Reply

  14. songketnya bagus sekali pada corak dan warnya. Pasti sangat mahal harganya kerana kehalusan buatannya.

    Reply

  15. Assalaamu’alaikum wr.wb Winny…

    Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar
    Laailaahaillahu waAllahu Akbar
    Allahu Akbar walillahilhamd.

    Selamat Menyambut Aidil Adha 1437 Hijriyyah. Semoga takbir yang bergema membawa seribu keberkatan bersama-sama erti pengorbanan sebenar.

    Salam Aidil Adha, maaf zahir dan bathin dari Sarikei, Sarawak.

    Reply

    1. terimakasih banyak siti,
      Selamat Menyambut Aidil Adha 1437 Hijriyyah juga ya

      Reply

  16. Wah, tu songket mahalll bener yak.. gak kebayang kalau rusak… hahaha

    Reply

  17. Waw, 15 juta! Hahaha. Kalo sampe ga sengaja ngerusak berabe! 😂 Baca Pandai Sikek, jadi inget nampak permah denger istilah ini di salah satu lagu tradisional Minang 🙂

    Reply

    1. klo rusak aku bisa tergadai hahaha. eh ada lagunya ya

      Reply

      1. Iya.. Kalo ga salah judulnya semacam Ayam Deh Lapeh atau sejenisnya. Hehe.

  18. Waktu mengajak teman kebun singgah ke Pandai Sikek mereka juga heran Win apa itu sikek. Dan terbirit saat tahu harganya. Salam

    Reply

    1. wajar kak hahaha harganya itu

      Reply

  19. cantik ya. Aku orang minang nih, kayaknya cuma bisa nunggu warisan kain aja dari leluhur. Itupun kalo masih diaku. 😛

    Reply

  20. songketnya rancak rancak ….buatnya memang butuh ketelatenan dan lama …. wajar saja kalau dihargi mahal … suka sama keindahannya ,, tapi sama harganya ga suka 🙂

    Reply

    1. sebanding ya kak perjuangan dengan harga

      Reply

  21. min boleh tau gak itu lokasi spesifik nya yang sebelah mana??
    pengen ngunjungi juga nih

    Reply

    1. Pandai Sikek Sepuluh Koto
      Tanah Datar Sumbar

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.