8 Sungai Menarik di Indonesia


“But the you who you are tonight is the same you I was in love with yesterday, the you I’ll be in love with tomorrow.”
By Adam, If I Stay

Kanoing on Ujung kulon
Kanoing on Ujung kulon

Hello World!

Jakarta, 2016

Indonesia memiliki potensi wisata sungai menarik loh, dan yang membuatkan penasaran yang belum dikunjungi ialah Sungai Barito di Kalimantan. Tapi walau begitu aku sangat bersyukur paling tidak sudah pernah ke 8 Sungai menarik di Indonesia. Semoga kedepannya ada kesempatan untuk jalan-jalan ke Sungai-sungai Indonesia lainnya.

8 Sungai Menarik di Indonesia yang pernah aku kunjungi

1. Sungai Musi

Sungai Musi
Sungai Musi

Sungai Musi terletak di tanah Sriwijaya, Kota Palembang, ibukota Provinsi Sumatera Selatan. Bisa dibilang merupakan perjalanan pertama ke wisata sungai di Indonesia setelah besar, Waktu itu aku bersama Daboo ke Palembang dan aku sangat suka dengan suasana Sungai Musi pada malam hari lengkap dengan jembatan Amperanya yang menawan. Pada sore hari kami malah ke Pulau Kemaro yang terletak di tengah Sungai Musi dengan perahu sambil menelusri Sungai Musi. Bisa dibilang dari sungai yang pernah aku kunjungi, maka Sungai Musilah yang menjadi Sungai kesukaanku. Terus pas malam hari disekitar sungai Musi banyak sekali penjual makanan dan aku sempat makan jagung bakar sambil menikmati keindahan Sungai Musi dimalam hari. Oh ya di Sungai Musi sering juga lomba perahu Bidar (perahu naga, namun Bidar artinya di Palembang itu perahu) pas Tujuh Belas Agustus untuk merayakan Kemerdekaan Indonesia maupun Ulang Tahun Kota Palembang yang membuat antusias pengunjung untuk datang ke Sungai Musi.

2. Sungai Asahan

Sungai Asahan berada di Sumatera Utara dan sewaktu kecil mamaku paling sering membawaku ke Sungai Asahan. Aku masih ingat betul kalau di dekat jembatan Sungai Musi terdapat TPA yang berisi pasar tradisional tapi dengan produk impor. Terus di sekitar Sungai Asahan banyak sekali orang yang naik sepeda kemana-mana dengan suasana kotanya yang bersih tapi sekitar tahun 90 an dan tidak tahu kondisinya sekarang apakah sama seperti aku kunjungi waktu kecil.

3. Sungai Mahakam

kutai kalimantan timur
Kutai kalimantan timur

Sungai Mahakam terletak di Samarinda, Ibukota Provinsi Kalimantan Timur. Mengunjungi Sungai Mahakam merupakan perjalanan setelah dari Bontang dan itu berkat temanku Indra. Sayangnya pas menelusuri Sungai Mahakam yang aku lihat ialah tongkang yang mengangkut Batu bara padahal aku penasaran dengan pasar Terapung ala Kalimantan yang pernah ada di salah satu iklan stasiun TV Swasta Indonesia tahun 90 an. Eh rupanya pasar terapung Kalimantan yang aku cari itu bukan di Sungai Mahakam melainkan Sungai Barito. Walau demikian melihat Sungai Mahakam lumayan menarik dengan pengalaman tersendiri, paling tidak sepanjang perjalanan ke Tenggarong melalui darat maka Sungai Mahakam menjadi pemandangan utama.

4. Sungai Kapuas

Sungai Kapuas
Sungai Kapuas

Sungai Kapuas berada di Pontianak, Ibukota Provinsi Kalimantan Barat. Aku dapat melakukan perjalanan ke Pontianak ketika dinas dari Kantor.  Maka aku juga sempat melihat Tugu Khatulistiwa Pontianak yang terkenal itu serta disamping Tugu Khatulistiwa terdapat Sungai Kapuas. Alhasil aku juga melihat Sungai Kapuas dari Tugu Khatulistiwa.

5. Sungai Cisadane

Sungai cisadane
Sungai cisadane

Sungai Cisadane berlokasi di Tangerang, Provinsi Banten. Lucunya pas ke Sungai Cisadane bareng Dita dan Defi ketika kami hendak keliling wisata Tangerang dalam sehari. Kami juga sempat melihat Bendungan di Sungai Cisadane. Setiap tahun katanya ada perlombaan perah naga di Sungai Cisadane, Tangerang sehingga menarik juga untuk dikunjungi.

6. Sungai Kampar

Sungai kampar Riau
Sungai kampar Riau

Sungai Kampar berada di Riau dan terkenal dengan Sungai yang memiliki Ombak seperti Laut. Sehingga tidak heran Sungai Kampar terkenal dikalangan wisatawan asing dan sering berselancar di Sungai Kampar. Aku sendiri memilih jalur pulang dari Pekanbaru padahal biasanya via Medan dari Jakarta karena penasaran dengan wisata Riau yang salah satunya Sungai Kampar. Namun aku hanya bisa melihat tepi Sungai Kampar saja yang dekat dari Kota Pekanbaru yang berada di Desa Taratak Buluh. Walau hanya bisa melihat  tepi Sungai saja, aku lumayan senang karena melihat ibu yang mencuci pakaian di sungai serta melihat nelayan memancing ikan. Lumayan membuat hati tenang di tepi Sungai.

7. Sungai Bahorok

Istirahat di sungai bahorok
Istirahat di sungai bahorok

Sungai Bahorok berada di Taman Lauser, salah satu wisata yang sering dikunjungi bule di Sumatera Utara. Aku  suka dengan Sungai Bahorok karena selain dingin juga bersih. Bahkan aku 4 x mengunjungi Taman Lauser. Pernah juga ikut tubing dengan ban setelah trekking 3 hari di Hutan Taman Lauser bersama teman-teman baru walau kebanyakan orang asing. Pengalaman main tubing mengitari Sungai Bahorok itu sangat berkesan hingga sekarang.

8. Sungai Cigenter

Sungai Ciganter Ujung Kulon
Sungai Cigenter Ujung Kulon

Jalan-jalan ke Sungai Cigenter untuk bertujuan berkano (canoeing) bersama teman baru di Taman Nasional Ujung Kulon. Maksudnya sekalian mencari Badak Bercula satu walau tidak ketemu. Berkano di Sungai Ciganter merupakan pertama bagiku dan serunya itu minta ampun.

Dari 8 sungai yang aku kunjungi di Indonesia, rata-rata memiliki kesamaan yang sama, sama-sama cokelat, memiliki jembatan, terus banyak nelayan disekitarnya serta yang paling seru pemandangan kegiatan masyarakat disekitar Sungai.

Salam

Winny

Iklan

45 tanggapan untuk “8 Sungai Menarik di Indonesia

  1. Wah, kamu keren deh👍🏼😃 udah ke banyak sungai besar di Indonesia.. Saya cuma pernah ke Mahakam aja.., dan lihat sungai lainnya di Kalimantan dari kejauhan di awang-awang ketika terbang dari Balikpapan ke Singapura..

  2. Wah, asik-asik tuh sungainya. Mungkin mau nambahi mbak, kalau yang suka rafting bisa dateng ke sungai Elo di Magelang, atau bisa juga sungai Progo di Jogja.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s