1 Hari Keliling Wisata Toraja, Bisa!


It’s never too late to start over. If you weren’t happy with yesterday, try something different today

Don’t stay stuck

Do better

By Unknown

Desa Sadan Galugu Toraja

Toraja, Desember 2015

Win, satu hari cukup tidak untuk mengunjungi Toraja? Begitu tanya temanku Reza ketika aku melakukan trip ke Toraja bulan Desember lalu. Satu hari keliling objek wisata utama Toraja mungkin bisa hanya saja hanya melihat objek wisata utama Toraja saja. Aku sendiri waktu itu dengan Kak Indri dan Lukman berada di Toraja 2 hari saja dan bisa jalan-jalan ke beberapa objek wsiata Toraja seperti Londa, Desa Kete’ Ke’su, Lemo, Batutumonga, Lokomata, Bori, Desa Galugu, hingga ke Pallawa dan rasanya masih kurang karena begitu banyak wisata Toraja. Yang paling membuat penasaran ialah daerah Makale Toraja karena banyak potensi wisata menarik alias ingin melihat sisi lain dari Toraja karena di Toraja tidak melulu wisata makam loh!

Untuk objek wisata lengkap Toraja terdapat di dalam peta.

Peta wisata toraja
Peta Wisata Toraja

Nah buat temanku dan teman yang lain jika ingin berkunjung ke Toraja sehari saja bisa memilih wisata Toraja berdasarkan kesukaan.

Saran objek wisata di Toraja dalam sehari

Pilihan Pertama: Rantepao – Desa Adat Kete Kesu- Makam Londa- Makam Lemo

Untuk yang searah dari Toraja kearah Makale dari Rantepao ialah Desa Kete Kesu kemudian ke Londa terus ke Lemo atau sebaliknya dari Lemo ke Londa terus ke Kete Kesu.

1. Desa Kete Kesu

Kete Kesu Toraja
Kete Kesu Toraja

Jika ingin melihat rumah adat Toraja atau Tongkonan serta makam tua sekaligus maka wajib datang ke desa wisata Kete Kesu sekitar 4 kilometer sebelah tenggara Rantepao. Jika ingin berphoto dengan latar belakang  rumah adat Toraja banget maka pilihannya Desa Kete Kesu.

Alamat Kete Kesu Toraja

Jl. Ke’te’ Kesu’ Kampung Bunoran

Desa  Panta’rukan Lolo Kecamatan  Kesu

Toraja Utara

2.Londa

Londa
Londa

Dari Desa Adat Kete Kesu maka bisa mengunjungi makam di tebing dan gua yang bernama Londa. Tapi tidak disarankan bagi yang parno alias phobia dengan tengkorak karena di dalam Londa banyak sekali makam serta tengkorak yang bersebaran. Tapi bagi yang ingin tahu pemakaman di Toraja maka Londa adalah pilihan yang tepat.

Alamat Situs Londa Toraja

Jl. Londa, Kampung Tadongkon Desa Cembang

Kecamatan Kesu Toraja Utara

Sulawesi Selatan

3. Lemo

Makam Lemo Toraja
Makam Lemo Toraja

Wisata Tana Toraja menarik lainnya yang bisa dikunjungi ialah Lemo berupa makam. Bedanya makamnya berada di bukit. Sebelum ke makam Lemo, juga terdapat Tongkonan unik dan tua. Jadi sekaligus melihat makam dan rumat adat Toraja

Pilihan kedua: Batutumonga – Makam Loko Mata

1. Batutumonga

tongkonan batutumonga
Tongkonan Batutumonga

Kalau menurutku, ke Batutumonga itu wajib sekali jika sedang berada di Toraja karena Batutumonga memiliki panorama alam yang Indah mulai dari persawahan, rumah adat Toraja, hingga batu Menhir. Cuma untuk Batutumonga karena berada di kaki Gunung Sesean sehingga harus lebih awal untuk mengunjunginya.

2. Loko Mata

lembang tonga riu
Lembang tonga riu

Dari Batutumonga tinggal lurus saja maka akan melihat makam di dalam batu besar seperti mengingatkan rumah Hobit. Selain itu tidak perlu membayar biaya masuk alias gratis.

Pilihan alternative wisata Toraja ketiga : Bori – Pallawa – Desa Galugu

1. Bori

Bori
Bori

Bori merupakan kawasan kuburan batu dan rante (lapangan rumput yang khusus digunakan untuk upacara penguburan) yang berisi batu menhir. Di Bori bisa melihat makam bayi yang berada di pohon.

2. Desa Galugu

Pusat pertenunan Toraja
Pusat pertenunan Toraja

Jika ingin melihat tenun Toraja maka wajib datang ke Desa Galugu, selain melihat tenunan bisa juga melihat Tongkonan tua.

3. Pallawa

Kalau mau melihat rumah adat Toraja alias Tongkonan dengan atap dipenuhi tumbuhan hijau maka datanglah ke Pallawa.

Tongkonan Pallawa
Tongkonan Pallawa

Rincian perjalanan dan biaya pengeluaran Hari Pertama Tana Toraja, 26 Desember 2015

07:00 – 07:30 sampai di Toraja di pemberhentian terakhir bus Kharisma Rantepao (harga bus Makassar Toraja (Rp190.000)

07.30 – 09.00 mandi dan sarapan pagi

09.30 – 10.30  Perjalanan Rantepao ke Londa, dari persimpangan gang wisata Toraja Londa harus jalan kaki sekitar 25 menit (ongkos angkot dari Rantepao ke Londa Rp5000/orang)

10:30 – 13:00 Jelajah Londa, masuk ke dalam Goa melihat kuburan dan tengkorak dengan turguide. Tiket masuk ke dalam Londa untuk umum Rp10.000, mahasiswa Rp3000. Jasa penerangan Rp30.000/ rombongan karena ke dalam gua harus ada penerangan

13:00 – 13:30  Dari Londa ke Desa Adat Toraja Ke’te Kesu. Harga Angkot Rp6000 dengan dua kali pindah angkot.

13:30 – 16.00 Menjelajah Desa Adat Toraja Ke’te Kesu, melihat rumah adat Toraja Tongkonan dan kuburan di tebing. Harga tiket masuk ke dalam desa Kete Kesu untuk umum Rp10.000, mahasiswa Rp3000.

16:00 – 17:30 Menjelajah Lemo, jalan kaki dari Gang Lemo kemudian melihat Tongkonan tua. Ongkos angkot ke Lemo dari Kete Kesu Rp6000 dengan dua kali angkot. Tiket masuk ke dalam Lemo untuk umum Rp10.000, mahasiswa Rp3000

17:30 – 18:00 perjalanan pulang ke Rantepao, (angkot Rp10.000)

18:00- 19:00 makan malam gado-gado di Rantepao Rp 13.000

20:00 – 23:00 ke Café AROS minum kopi khas Toraja bareng kak Olive dan Kak Indri dan Lukman berkenalan dengan Dana yang mencintai adat Toraja

23:00 – 08:00 istirahat

Tempat wisata yang bisa dikunjungi di hari pertama di Toraja beruapa Makam tua Londa, Desa Adat Kete Kesu dan makam tua Lemo

Rincian perjalanan dan biaya pengeluaran Hari Kedua Tana Toraja, 27 Desember 2015

07:00 – 08:00 makan sop sodara

08:15 – 08.30 Lapangan Bhakti ke Terminal Bolu (ongkos angkot Rp3000)

08.30 -09.00 menunggu mobil berangkat ke Batutumonga (ongkos angkot Rp20.00)

09:00 – 10:00 Batutumonga, melihat tongkonan lagi dan pemandangan menakjubkan sepanjang perjalanan, melihat Desa Baik yang keren

10:00 – 12:00 menikmati Tongkonan Batutumonga

12:00 – 12:30 Jalan ke Loko mata, kuburan yang mirip rumah Hobit dengan sewa mobil (ongkos angkot Rp40.00 sampai ke Lori)

12:30 – 13:30 Wisata Toraja Bori dan batu megalitikum. Tiket masuk ke Lori untuk umum Rp10.000, mahasiswa Rp3000

13:30 – 16:00 naik ojek ke Tobarana lalu ke Desa Galuguh, sempat nunggu hujan di Tobarana (sewa ojek Rp20.000)

16:00 – 17:00 Desa Galuguh melihat tenun dan ke Pallawa, di Pallawa bisa masuk ke rumah Tongkonan. Tiket masuk ke dalam Pallawa untuk umum Rp10.000, mahasiswa Rp3000

17:00 – 18:00 Pallawa ke Rantepao. Ongkos angkot Rp15000

18:00 – 19:00 makam malam

20:00 – 20:30 Lapangan Bakti ke bus Kharisma

21:00 – 06:00 perjalanan bus Toraja ke Makassar

Tempat wisata yang bisa dikunjungi di hari kedua Tana Toraja ialah Batutumonga, Loko Mata, Bori, Tobarana, Pallawa

Transportasi dari Makassar ke Toraja via darat

Di Makassar banyak bus yang hendak mau ke Toraja dengan bus malam setiap hari dengan fasilitas yang nyaman mulai dari full AC bisa bangku disesuaikan seperti tidur da nada bantal serta selimutnya serta wifi. Harga tiket ke Toraja dari Makassar Rp190.000 selama 8-10 jam perjalanan. Waktu itu aku naik bus Kharisma beralamat di Jl. Perintis Kemerdekaan km 9, kompleks RUKO Timur Permai simpang sebelum UNHAS. Atau bisa juga dari dari terminal bus DAYA. Jam berangkat bus dari Makassar untuk jam malam yaitu jam 9 malam. Untuk di Toraja ke Makassar bus malamnya berangkat jam 9 malam dari Rantepao.  Selain itu bisa menggunakan aplikasi celebus untuk pembelian bus dari Makassar ke Toraja. Celebus merupakan aplikasi pembelian bus dari Makassar ke Toraja dan bisa memilih bangkunya.

Transportasi selama di Toraja

Selama menjelah wisata Toraja untuk Desa Kete Kesu, Londa, lemo bisa dengan angkutan umum atau angkot dengan ongkos Rp5000/orang dari Rantepao kearah Makale. Bagi yang tidak mau susah bisa menyewa sepeda motor jika sendirian atau berdua namun jika jalan-jalan di Toraja rombongan maka sebaiknya menyewa mobil.

Makanan halal di Toraja

Untuk wisatawan Muslim yang hendak datang ke Toraja jangan khawatir mengenai makanan karena lumayan banyak restaurant Muslim di Rantepao sehingga tidak perlu khawatir untuk mencari makanan halal di Toraja.

Salam

Winny

Iklan

50 tanggapan untuk “1 Hari Keliling Wisata Toraja, Bisa!

  1. Saya juga masih banyak yang belum saya datangi,
    Eh, di Kete; Kesu juga ada loh Tongkonan yang umurnya sudah ratusan tahun ditumbuhi tumbuhan hijau.

    Betul Banget Win, Toraja itu tidak melulu tentang kuburan dan tengkorak.
    Masih banyak potensi wisata yang ditawarkan seperti desa adat, landscape alam, budaya, kuliner dan permandian alami,

  2. Rata-rata kalo pada travelling kesana pada nginep di rumah-rumah penduduk sekitar ya mba? atau adakah hotel/homestay di daerah sana? kok aku jarang liat traveller posting tentang referensi homestay di daerah toraja. #maafkudet 😀

    Btw, eh itu kain tenunnya berapaan mba per bijinya? hahaha lumayankan beli langsung di tempat produksinya jadi terjamin ke asliannya. 😀

  3. Mbak Winny,,Nanya Dong..
    Kalo Sehari Tanpa Nyewa Penginapan Mandinya Di Mana.?
    Apa Di Rantepao Ada Toilet/Kamar Mandi Umum.?

    Terimakasih

  4. Bagus kak, trimakasih bisa buat refr. Btw saya Nelson rencana mau wisata sehari ke toraja (single trip) berangkat dr Makassar Senin malam tgl 23 Oktober 2017, barangkali ada yang mau bareng saya biar tambah seru hahaa, wa : 085877775775

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s