Progress is impossible without change, and those who cannot change their minds cannot change anything

By George Bernard Shaw

Tugu Thomass Parr

Tugu Thomass Parr

Hello World

Bengkulu, 13 Januari 2015

Tak jauh dari Benteng Marlborough terdapat sebuah Monumen yang dulu merupakan monumen persatuan rakyat Bengkulu melawan Inggris di Bengkulu. Nama Monumen itu ialah Tugu Thomas Parr yang terletak persis di jantung Kota Bengkulu. Bentuknya bulat sehingga orang Bengkulu menyebutnya kuburan Bulek padahal kuburan Thomas Parr sudah dipindahkan ke  Benteng Marlborough. Tugu Thomas Parr yang aku lihat sangat unik arsitekturnya karena bentuk monumen berdenak segi 8 serta memiliki tiang berbentuk bulat atau corinthian. Selain itu  pintu masuknya ada disebelah depan, sisi kanan dan kiri serta bentuk dari pintu masuknya lengkung sempurna dan tidak mempunyai daun pintu. Yang membuatku semakin takjub mengetahui kalau Tugu Thomas Parr dibangun tahun 1808 untuk memperingati Thomas Parr yang dibunuh oleh rakyat Bengkulu karena Thomas Parr memberlakuan tanam paksa kopi kepada rakyat Bengkulu. Artinya Tugu Thomas Parr umurnya sudah DUA ABAD! kebayang gak dua abad? Pantas saja  Tugu Thomas Parr menjadi wisata wajib di Bengkulu serta salah satu ikon kota Bengkulu.

Amazing kan ya?

 

Tugu Thomass Parr

Tugu Thomass Parr

Saat aku dan Dede datang ke Monumen Thomas Parr waktu sore dan kami melihat banyak sekali anak-anak Bengkulu bermain di depan Monumen Thomas Parr. Akses ke Tugu Thomas Parr cukup mudah dekat dengan Kampung Cina Bengkulu. Sayangnya Monumen Thomas Parr kurang terurus apalagi di sampingnya berupa pasar. Jadi mengurangi esensinya untuk sekelas Bengkulu Heritage. Walaupun demikan untuk Tugu yang ada sejak 1808 sampai sekarang sepatutnya kita jaga dan lestarikan. Secara hari begini dapat tugu umurnya sampai 2 abad itu sungguh memukau loh! Bayangin aja ya aku aja tidak tahu tahu silsilah kelurgaku istilahnya eyang nya eyang cicitnya cicit di tahun 1800 hingga tahun 2000an sekarang ini.  Entahlah  yang pasti aku menyukai tugu Thomas Parr ini, objek wisata di Bengkulu.

Tugu Thomass Parr

Tugu Thomass Parr

Salam

Winny

 

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

34 Comments

  1. Sayang ya kalau sebuah tempat yang berpotensi dijadikan tempat wisata begini tetapi kurang terawat dan juga lingkungan sekelilingnya kurang mendukung Win

    Reply

    1. elus dada zilko padahal potensinya bagus banget

      Reply

  2. Jadi dulunya ini makam ya, Win? Mirip mausoleum ya… atau folly yang ada di Kebun Raya Bogor. Sayang sekali kalau terbengkalai, padahal ini bisa jadi landmark kota yang bagus lho.

    Reply

    1. oh ya mirip yang di kebun raya bogor to ini dulunya makam si Thomas Parr lalu dipindahkan ke Marlborough

      Reply

      1. Oooh iya sepertinya ini dulu semacam mausoleum…

  3. Saya blm pernah ke bengkulu. Yg sering saya datangin kalau ke sumatera itu medan sama aceh

    Reply

    1. sama belum pernah ke Aceh bang

      Reply

  4. Sayang kurang dirawat, btw pasti setiap daerah punya kampung cina ya…

    Reply

  5. Lah, ternyata heritage. Namanya kurang dirawat, ya, susah juga ya.

    Reply

  6. udah pernah jalan-jalan ke kota tangerang? 😀

    Reply

      1. tangerang mananya kak?
        kota apa kabupaten?

      2. bendungan cisadane sekitar 2 km dari rumah saya
        itu tangerang kota ka 😀

      3. iya, saya liat artikelnya kok 😀

  7. Mungkin karena dkt pasar ya.. Jadinya kurang terawat mba win. Kalo posisinya depan kantor gubernur mungkin beda nasib :p

    Untuk pulau sumatera cuma prov bengkulu nih yg blm pernah sy kunjungi hehe..

    Reply

    1. iya abah. lumayan juga ya abah banyak sudah menginjakkan kaki di sumatera

      Reply

      1. iya, cuma mampirnya gak ngeksplor scr detail seperti mba win 😛

  8. Wisata sejarah sama memukaunya dengan keelokan alam ya Win, terima kasih berbagi tugu Thomass Parr anggun.

    Reply

  9. Sudah dua abad tapi masih berdiri tegak..semoga dirawat terus dan diperkenalkan ke generasi berikut untuk dijaga..

    Reply

  10. Ke bengkulu ya? Wah.. ga ngabar2in nih.

    Reply

    1. dirimu di Bengkulu jugakah?

      Reply

      1. Iyaaa.. emang domisili di bengkulu, kabupaten ny sih. Hehe. 2 jam perjalanan kalo ke bengkulu kota.

  11. Selain benteng, wisata bengkulu apa lagi yaaa ??? kayak nya bengkulu ini kurang di minati jadi destinasi wisata

    Reply

    1. banyak kak cum ada kuburan, air terjun, gunung ama danau

      Reply

  12. Kenapa gak dipagar aja ya tugu itu? Biar agak terawat.

    Reply

    1. kalau dipagar mungkin jadi aneh bang

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.