“If a cluttered desk is a sign of a cluttered mind, of what, then, is an empty desk a sign?”
-Albert Einstein-

museum satria mandala

Museum Satria Mandala

 

Hello World

Jakarta,  7 Oktober 2015

Jika ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah perjuangan Tentara Nasional Indonesia (TNI) maka bisa mengunjungi Museum Satria Mandala yang diresmikan tahun 1972. Kalau yang sudah sering lewat Jalan Gatot Subroto Jakarta dipastikan tahu museum Satria Mandala  karena memang lokasinya berada di depan jalan apalagi miniatur pesawat terbang, meriam sampai helikopternya berada di depan museum sehingga cukup menarik perhatian.

Anehnya walau aku sudah di Jakarta dari tahun 2013, aku baru mengunjungi Museum Satria Mandala  untuk pertama kalinya baru di tahun 2015 itupun penasaran apa sih isianya. Memang sih misiku untuk menamatkan semua Museum yang ada di Jakarta. Alias tour museum Jakarta sampai tuntas 😀

Memasuki gerbang Museum Satria Mandala aku membayar tiket masuk seharga Rp2500. Masuk kedalam museum aku disambut dengan Tulisan dinding proklamasi lengkap dengan Presiden dan Wakil Presiden dari dulu hingga sekarang. Nah untungnya pas aku jalan-jalan ke Museum Satria Mandala banyak pengunjungnya tapi kebanyakan anak SD dengan gurunya tapi masih mendingan ramai karena biasanya kalau aku ke museum biasanya sepi kadang pengunjungnya cuma aku doang pas kedatangku jadi kalau jalan-jalan sendiri kadang agak horor apalagi ada beberapa museum yang memang horor sih 😀

 

Memasuki museum aku melihat gambaran perjuangan Indonesia dalam karikatur mini yang mirip di Monas lalu di depannya ada informasi tentang replika kejadian tersebut misalnya kejadian Bandung Lautan Api. Lucunya ketika aku melihat seorang bocah yang begitu antusias menulis informasi yang ada di depan papan informasi.

Kemudian aku juga melihat peralatan perang Indonesia mulai dari ranjau, rudal, torpedo, di ruang peralatan sejak zaman dulu hingga sekarang.

Kurasa kalau cowok cocok kali mengunjungi Museum Satriamandala 😀

Anak sekolah di Museum Satriamandala

Anak sekolah di Museum Satriamandala

Oh ya di dalam Museum Satriamandala ada beberapa peninggalan sejarah yang menarik menurutku yaitu baju kebanggan alm. Jendral Sudirman, serta baju kebanggaan alm. Pak Soeharto. Cukup mudah mendapatkan informasi mengenai kedua tokoh karena sudah terpajang di papan informasi. Cuma aku terkagum-kagum karena kedua orang besar ini meninggalkan baju yang super keren beserta sejarah penting yang pernah baju ini lewati 😀

Terus yang menarik lagi dari Museum Satriamandala terletak dari koleksi  benda bersejarah yang berkaitan dengan TNI mulai dari senjatanya, atribut ketentaraan, lambang panji bahkan tandu jendarl Soedirman saat dia sakit tapi waktu itu masih bergerilya melawan Belanda. Di museum aku jadi lebig mengenal tentang sosok TNI serta atribut pangkatnya dari tahun 1950an. Menarik kan?

Karena aku anak Teknik, maka salah satu lambang yang paling menarik menurutku itu lambang Teknik karena jujur saja baru tahu kalau lambang teknik seperti ini. Aku emang anak teknik KW hehehe 😀

Bagi penyuka miniatur meriam, pesawat tempur maka mengunjungi Museum Satrimandala sangat tepat! Kadang lucunya justru yang dekat loh terlupakan sama kayak aku ke Museum tinggal ngesot tapi karena dekat jadi malasnya lebih banyak tapi karena punya misi mengeliligi semua museum dan mengenal lebih dalam Jakarta maka satu persatu musuem Jakarta akan ku kelilingi.

Ayee 😀 (jadi curcol)

Ps: habisnya sering malu udah kemana-mana tapi yang di Jakarta malah belum semua yang dijelajahin, dan mumpung jatah liburan cuma sehari dalam seminggu maka pilihan yang tepat ialah menjelajah Jakarta lebih dalam. Ada yang mau ikut? 🙂

tanda teknik

Tanda Teknik

Siapa yang sudah pernah ke Museum Satriamandala?

Alamat Museum Satriamandala

Jalan Gatot Subroto No. 14, Jakarta

Salam

Winny

 

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

18 Comments

  1. Banyak ya museum di Jakarta Win 😀

    Reply

    1. banyak banget zilko kayaknya yg belum aku jelajahin 35 lagi

      Reply

  2. Ahahahaha. Gw lebih malu-maluin Win. Cuma pernah ke museum nasional doang. 😀
    Gw juga baru tahu lambang tekniknya. Hahaha.

    Reply

    1. d tangerang ada kan ya mas museum

      Reply

  3. Murah banget Rp.2500?
    Masa lebih mahal martabak mini coklat daripada segenggam ilmu sejarah ya?
    😀
    Pernah lewat sini dlu pas masih di Jakarta, tanpa masuk ke dalam aku sudah tau isinya disini hehe

    Reply

    1. iya kak rata2 ke museum harganya murah

      Reply

  4. Winny, kayaknya kamu pencinta museum banget yah. Dibikinin daftarnya dong, Win. Jadi ntar kami yang di daerah-daerah kalau ke Jakarta tinggal baca daftar museum di Jakarta dari blogmu ini. Hehe… 😀

    Reply

    1. rencana begitu citra 😀 mw khatam museum Jakarta

      Reply

  5. Winny, kamu sudah belum jelajah museum di Bogor?
    kalau belum, yuk jelajah sama-sama.

    Reply

    1. ayuk Akbar aku belum pernah ke museum Bogor

      Reply

  6. kondisi museumnya terawat dengan baik ya…
    asik nih bisa jalan-jalan ke museum..
    jadi inget sudah beberapa bulan ga main ke museum 😦

    Reply

  7. Wah, ngga takut diculik win ke museum sendirian. 😀

    Gw belum pernah kre museum yang ada di Jakarta, pernahnya cuma musem nasional doang 😀 itu jg cuma duduk di tamannya

    Reply

    1. wah ferdy padahal banyak oh museum di jakarta

      Reply

  8. Udah lama ga pernah kesana lagi, terakhir waktu SD 🙂
    padahal kalau kerja sering kelewat tapi lewat doang 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s