20 Tempat Wisata Menarik di Jakarta


Hold quick to dreams for if dreams pass on 

Life is a broken-winged feathered creature 

That can’t fly

Hold quick to dreams  for when dreams go

Life is a fruitless field 

Solidified with snow (By Unknown)

Thamrin jakarta
Thamrin jakarta

Hello World!

Jakarta sebagai ibukota Negara Indonesia dipastikan memiliki berbagai tempat menarik yang bisa dikunjungi oleh pelancong. Buat yang baru pertama kali ke Jakarta atau ada rencana ingin liburan di Jakarta maka semoga tulisan referensi tempat wisata Jakarta bermanfaat. Oh ya tulisan ini merupakan update tempat wisata menarik Jakarta yang pernah aku buat dengan judul yang sama yaitu 8 tempat menarik di Jakarta.

  1. Kawasan Kota Tua
Aku dan Pejuang
Aku dan Pejuang

Kawasan Kota tua atau sering disebut sebagai Old Batavia memang menjadi salah satu tempat favorite di Jakarta karena selain murah juga banyak yang bisa dilakukan di Kota tua. Sama seperti namanya bangunan Kota Tua penuh dengan sisa peninggalan rumah zaman dahulu. Ciri khas dari Kota Tua itu ialah dengan Museum Fatahillahnya serta banyaknya patung manusia hidup serta yang paling seru ketika bersepedaan dengan onthel keliling tour Kota Tua. Kawasan Kota cukup luas terdiri dari Rumah Merah, Museum Fatahillah, Museum Keramik, Museum wayang hingga sampai ke Pelabuhan Batavia. Oh ya di Kota Tua terdapat café Batavia yang merupakan tempat untuk icip kulineran dengan nuansa bangunan ala zaman dulu. Cara akses ke Kota Tua bisa dengan busway jurusan Kota (Rp3500) atau dengan kereta api dengan tujuan kota. Dari halte busway ataupun stasiun kota cukup berjalan kaki sekitar 10 menit ke kawasan Kota Tua. Kawasan Kota Tua buka dari pagi sampai malam hari tapi untuk museum hanya sampai jam 5 sore saja. Untuk malam hari lumayan banyak orang yang mengunjungi Kota Tua.

Baca juga:

Jalan-jalan ke Kota Tua

Toko Merah di Kota Tua

Kota Tua di hari Libur

 

  1. Taman Mini Indonesia Indah

Jika ingin mengenal lebih jauh tentang  budaya Indonesia baik rumah adat tradisional, pakaian adat, senjata tradisional dari tiap daerah maka TMII menjadi pilihannya karena di area Taman Mini Indonesia Indah teradapat anjungan untuk mengenal Indonesia beserta etnis nya. Selain itu di TMII sering dilakukan pargelaran yang menarik serta terdapat Theater IMAX Keong Emas, untuk menonton 3D. Bahkan 4 tempat ibadah untuk 4 masing-masing agama dapat dilihat di TMII. Aku paling suka ke TMII dan jika ingin kesana sebaiknya naik kendaraan karena bisa gempor jalan kaki mengelilingi miniature Indonesia seharian. Tiket masuk ke TMII Rp15.000.  Oh ya selain budaya banyak juga pilihan wisata TMII yaitu SnowBay Water Park, Taman Bunga Keong Emas, Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga, Taman Burung dan Taman Bekisar, Museum Indonesia, Museum Keprajuritan Indonesia, Museum Prangko Indonesia, Museum Pusaka, Museum Transportasi, Museum Listrik dan Energi Baru, Museum Telekomunikasi, Museum Olahraga Nasional, Museum Asmat, Museum Fauna Indonesia Komodo dan Taman Reptilia, Museum Timor-Timor, Pusat Peragaan IPTEK, Museum Minyak dan Gas Bumi (GAWITRA), Museum Penerangan, Bayt AL-QUR’AN dan Museum Istiqlal.

Baca juga

TMII

3. Monumen Nasional (MONAS)

Pemandangan Monas Jakarta
Pemandangan Monas Jakarta

Tidak akan sah berkunjung ke Jakarta kalau tidak mengunjungi MONAS, paling tidak itulah salah satu ungkapan bagi pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta. Masuk ke dalam area Monas atau monument Nasional itu gratis tapi jika ingin masuk kedalam Monasnya maka pengunjung membayar Rp5000 dan jika ingin masuk kelama puncak Monas maka bayar lagi. Pengalaman pertama kali menginjakkan kaki ke Monas tahun 2008 terus bawa koper sampai ke puncak Monas itu sungguh pengalaman perjalanan tergokil yang pernah aku alami. Terus ujung-ujungnya berphoto di depan Monas biar kelihatan apdol di Jakartanya. Eh setelah tinggal di Jakarta malah jarang ke MONAS tapi tetap Monas sangat direkomendasikan apalagi di dalam Monas terdapat museum yang berisi tentang Indonesia misalnya arti lambang garuda atau replika patung perjuangan. Nah tak jauh dari Monas juga terdapat Museum Gajah yang sangat aku suka karena koleksi museum Gajah sangat bervariatif mulai dari candi Pulo relief hingga ke patung Raffless.

 

4. Setu Babakan

Betawi culture Village Jakarta
Betawi culture Village Jakarta

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan juga merupakan tempat wisata menarik yang ada di Jakarta karena selain melihat kebudayaan Betawi juga bisa mencoba kuliner khas Betawi. Minuman khas Betawi yang pernah aku coba di Setu Babakan itu bir pletok. Nah untuk lokasi Setu Babakan berada tak jauh dari  area Srengseng Sawah Jakarta Selatan.

Baca juga

Travelling ke Setu Babakan

 

5. Kebun bintang Ragunan

Ragunan
Ragunan

Salah satu wisata paling murah di Jakarta itu adalah Kebun binatang Ragunanan. Bayangkan saja tiket masuk Ragunan saja Cuma Rp4000, murah banget kan? Aku sendiri terakhir ke Ragunan tahun 2012 dan koleksi hewannya juga lumayan banyak jadi kebun binatang Ragunan bisa jadi referensi wisata di akhir pekan jika berada di Jakarta. Untuk akses ke Ragunan cukup banyak bisa dengan busway dengan jurusan Ragunana atau bisa juga Kopaja.

Baca juga

Travelling ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta

 

6. Mangrove Jakarta

Mangroove in Jakarta Indonesia
Mangroove in Jakarta Indonesia

Wisata hutan mangrove Pantai Indah kapuk bisa menjadi oase Jakarta. Karena di wisata Mangrove Jakarta sangat sejuk dan bisa tempat untuk berkemah terus bisa juga untuk menanam bakau. Untuk lokasi hutan Mangrove Jakarta berada di belakang Tzu Chi, ujung kompleks perumahan Pantai Indah Kapuk, .

Baca juga

Travelling ke Hutan Mangroove Wisata Alam angke Kapuk

 

7. Sea World, Atlantis dan Dunia Fantasi Ancol

Sea World Ancol Jakarta
Sea World Ancol Jakarta

Yang suka dengan area permainan dan rekreasi maka Dunia fantasi bisa jadi pilihan. Terus kalau hanya ingin ,elihta sunset di Pantai yang ada di Jakarta bisa dilakukan di Ancol dan jika ingin melihat koleksi hewan-hewan laut maka bisa berkunjung di Sea World. Jika ingin main air maka bisa dilakukan di Atlantis water adventure ancol. Terakhir kali aku bermain ke Dufan tahun 2008, ke Ancol dan Sea World tahun 2012. Jadi jika ingin seru-seruan di akhir pekan, maka liburan ke Ancol bisa jadi pilihan. Cara akses ke Ancol bisa dengan busway dengan jurusan Ancol.

Baca juga

Pengalaman ke Seaworld Ancol Jakarta

 

8. Museum-Museum Jakarta

Koleksi Patung di Museum Nasional
Koleksi Patung di Museum Nasional

Sebenarnya banyak sekali museum-musuem di Jakarta sehingga bagi pecinta Museum maka Jakarta itu surganya. Untuk museum yang unik menurutku seperti Museum Layang-layang Jakarta yang berisi layang-layang. Lokasi museum Layang berada di Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu dengan tiket masuk kedalam museum Layang seharga Rp15000. Selain museum Layang, museum menarik lainnya di Jakarta itu seperti museum MURI di Mall of Indonesia dengan harga tiket Rp5000. Untuk penyuka sejarah kebangsaan maka ada Museum Joang 45, Lubang Buaya, Museum Taman Prasasti di Jl. Tanah Abang I No.1, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir serta Museum teks Proklmasi dan masih banyak lagi.

Baca juga

Wisata lubang buaya

Belajar membuat layangan di Museum Layang 

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

 

9. Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral

Indonesia itu negara yang memiliki tenggang rasa tinggi dan Jakarta sebagai ibukota Negara menunjukkan hal tersebut. Salah satunya ialah Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang berdampingan. Terus tentu saja keindahan Istiqlal dan Katedral menjadi daya tarik tersendiri. Walau bukan tempat wisata karena memang tempat ibadah tapi baik juga untuk dikunjugungi karena setiap tahun pasti diadakan perayaan hari besar agama. Untuk menikmati Istiqlal dan Katedaral bisa dengan bus City Tour keliling Jakarta dan itu gratis.

 

10. Jalan Surabaya Jakarta

Apa yang menarik dari Jalan Surabaya Jakarta? Tentu saja barang antik yang ada disepanjang Jl Surabaya Jakarta, atau kata lainnya Jakarta Flea Market yang menjadi salah satu tempat must-go-to place when visiting Jakarta.

 

11. Pasar Baru Jakarta

Pasar Baru itu sebenarnya hanya pasar biasa tapi memiliki keunikan karena berdiri dari tahun 1820 serta belanja murah bisa dilakukan di Pasar Baru. Keunikan lainnya banyak orang India loh di Pasar Baru dan pedang Chines jadi bisa dikatakan perpaduan Little India dan China Townya Indonesia. Terus di Passar Baroe bisa juga mencari makanan tradisional seperti ketoprak, kerak telor dan lain-lain.

 

12. Pasar Subuh Blok M dan pasar Subuh Senen

Yang suka jajan dan ingin mencicipi citra Indonesia dengan kue maka  pasar subuh Blok M ataupun pasar Subuh Senen. Untuk pasar Senen malam hari kue-kuean sudah banyak sekali sehingga tinggal pilih mau kue apa dan jajan apa. Terus kuenya beragam serta jajannya murah sekali.

 

13. Pasar Santa dan Bendungan Hilir (Benhill)

Kulineran di Jakarta yang menarik sebarnya banyak tapi yang aku suka itu di Pasar Santa Jakarta dan Bendungan Hilir (Bnehil). Dua tempat ini berbeda lokasi tapi masing-masing memiliki kulineran yang banyak dan harganya juga variatif. Jadi buatku Pasar Santa dan Benhil merupakan tempat menarik di Jakarta

 

14. Kemang dan Jalan Jaksa Jakarta

Bagi yang  pecinta bule dan ingin melihta anak gaul Jakarta maka Jl. Kemang dan Jl. Jaksa bisa jadi pilihan. Dua daerah berbeda ini memiliki hiburan malam seperti club. Tapi tidak melulu clubbing, Kemang dan Jalan Jaksa Jakarta bisa juga kok untuk kulineran. Kalau candaan yang sering aku dengar katanya kalau  di Jaksa itu bule kere maka di Kemang Bule tajir hahahah tapi itu semua hanya lelucon. Manatau ada pecinta bule dan ngebet punya cowok bule 😀 (peace)

 

15. Mall-mall Jakarta

Jakarta emang pusatnya mall jadi jika ingin mencari mall di Jakarta mah gampang. Tapi untuk mall yang lumayan memiliki merk-merk luar negeri atau penggila brand maka beberapa Mall Jakarta yang bisa dikunjungi seperti Grand Indonesia shoppin Mall (mall favorite aku), Plaza Indonesia, Central Park dan Senayan City dan Kelapa Gading.

 

16. Taman Suropati

Taman Suropati Sangat seru untuk dikunjungi untuk bersantai karena selain wisata gratis juga asri dan sejuk. Kalau malam hari Taman Suropati banyak sekali pengunjungnya dan banyak gerobak abang-abang jadi bisa makan sepuasanya. Aku pernah ke Taman Suropati dengan temanku Sarta jam 12 malam sampai jam 1 terus banyak sekali orangnya dan kami seru-seruan aja di Taman Suropati.

 

17. Taman Ismail Marzuki

Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki boleh masuk menjadi salah satu tempat menarik di Jakarta karena sering diadakan pameran dan pentas di TIM. Selain itu, ada loh tempat peneropongan bintang disamping TIM yang bernama Planetarium yang terletak di Cikini Raya, Jakarta Pusat. Jadi dua tempat wisata dalam satu kan?

 

18. Rumah Sipitung di Marunda

Siapa yang tidak kenal dengan Sipitung? Itu loh tokoh pendekar yang jago silat! Alasan si Pitung yang melegenda membuat perkampungan si pitung menjadi salah satu wisata menarik di Jakarta. Oh ya jika ingin mengetahui tentang si Pitung bisa datang ke rumah si pitung di Marunda.

 

19. Kepulauan Seribu

Tempat favorite yang tak jauh dari Jakarta itu tentu saja kepulauan Seribu karena selain dekat dengan Jakarta juga banyak sekali pilihan untuk dikunjungi di Pulau Seribu misalnya Pulau Onrust, Kelor, Cipir, Harapan hingga ke Pulau Pari dan masih banyak lagi.

Puing-puing peninggalan sejarah
Pulau Seribu

 

20. Food Plaza dan Pasar Ikan Pantai Indah Kapuk

Bagi pecinta seafood maka Food Plaza dan Pasar Ikan Pantai Indah Kapuk bisa menjadi pilihan karena banyak sekali seafood segar, selain itu makanan lain juga banyak pilihan.

 

Ada daftar tempat menarik lainnya di Jakarta? Monggo di share

Salam

Winny

Iklan

46 tanggapan untuk “20 Tempat Wisata Menarik di Jakarta

  1. Wow! Informasinya berharga banget Win. Thanks for sharing. No. 16 dan 17 itu favoritku Win. Dulu suka nongkrong di Taman Suropati ngeliatin cowok2 kece latihan musik haha sambil aku pura2nya lari ngiterin taman. Trus kalo yang di TIM soalnya sering lihat Kiai Kanjeng gratisan disana, sama Sujiwotejo dan pertunjukannya Butet. Trus nongkrong ditoko bukunya Jose Rizal. Kalo Museum, aku suka ke Museum gajah.
    Daaan, buatku perpustakaan itu salah satu tempat wisata. Soalnya kalo aku ke perpustakaan, serasa ke tempat wisata, jadi rileks. Seringnya ke Reading Room Kemang sama Perpustakaan Freedom menteng, Perpustakaan nasional juga.

  2. Baru dua kali ke jakarta, ternyata masih banyak spot yg belum dikunjungi… mks banyak infonya mba Win, smg nanti ada ksempatan ngebolang lg ksana 🙂

  3. – Kawasan Kota Tua – pernah, pertama tahun 2010
    – TMII – pernah, pertama tahun 1996
    – Monas – pernah, pertama tahun 1995
    – Setu Babakan – belum
    – Ragunan – pernah, pertama tahun 2010
    – Mangrove – belum
    – Sea World – pernah, pertama 1995 (pas TK kyknya)
    – Museum Jakarta – pernah, pertama tahun 2010 (Ada museum BI, museum wayang)
    – Istiqlal – pernah (pernah solat ied jg dsna), pertama tahun 1996/1996/1997
    – Jalan Surabaya – belum
    – Pasar Baru – pernah, pertama tahun 2010
    – Pasar Subuh Blok M dan Senen – kalo blok M belum, senen pernah
    – Pasar Santa dan Benhill – jaman belum jadi tempat hipster dulu, cuma sering lewat aja, skrg blm pernah lg
    – Kemang & Jl Jaksa – pernah kalo ke Kemang
    – Mall2 Jakarta – udah banyak diputerin, dari semua kawasan Jkt, haha
    – Taman Suropati – pernah
    – Taman Ismail Marzuki – pernah, masuk ke planetarium nya jg
    – Rumah SI Pitung – belum
    – Kepulauan Seribu – belum
    – PIK – belum

    Panjang bgt komentarnya

  4. Banyak yang belom pernah saya datangi tapi kalau museum dan mal sudah lumayan banyak, meski ada yang belum saya kunjungi juga :hehe. Ah, penasaran dengan Pulau Onrust!

  5. Hi, I love this post. I’m also Indonesian (from Jakarta) and didn’t even know that a lot of places to explore.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s