Tidak Sengaja jalan-jalan ke Ngarai Sianok di Bukittinggi


I do not regret what I have been through. I have had ups and downs, super highs and some really low lows. I have been so blessed that i could never say, ‘I wish this did not happen’. Its part of who I am. There is nothing in my life that’s so ugh By Jennifer Lopez

Aku di Ngarai Sianok
Aku di Ngarai Sianok

Hello World!

Bukittinggi, 2012

Cuaca begitu terik kala itu ketika aku memulai menelusuri objek wisata andalan Bukittingi “Ngarai Sianok”. Bisa dikatakan perjalanan ke Ngarai Sianok merupakan perjalanan tak terduga. Datang begitu saja, karena momennya yang pas ketika berada di Lubang Jepang, spot terbaik untuk melihat keindahan Ngarai Sianok. Ada kesan lucu ketika aku menatap Ngarai Sianok dari atas Lubang Jepang. Waktu itu selama aku berada di Bukittinggi, si Nyakmatlah yang menjadi tour guide lokal yang menemani ide gilaku untuk menjelajah semua objek wisata yang ada di Sumatera Barat termasuk Bukittingi. Maka bisa dikatakan ke Ngarai Sianok bukan dalam list. Lucunya aku membuat diriku kelihatan bodoh ketika aku bertanya dimana Ngarai Sianok yang terkenal itu padahal temanku jelas-jelas menunjuk ke dinding nun jauh dari hadapan kami. Tapi aku tidak sadar itu ialah Ngarai Sianok yang terkenal itu. Kesan ku mengenai Ngarai Sianok langsung buyar mungkin karena aku sering melihat dinding batu seperti itu di kampungku di Padangsidempuan.

Ngarai Sianok
Ngarai Sianok

Aku yang melihat dari kejauhan Ngarai Sianok lalu mengajak Nyakmat turun ke bawah untuk melihat apa yang ada di Ngarai Sianok Bukittinggi. Penasaran sekali karena aku melihat Ngarai Siahok biasa saja mungkin jika ke bawah dan melihat langsung maka akan mengetahui sisi keeksotisannya. Inilah salah satu penyakitku yang sudah akut ketika ke suatu tempat wisata selalu memiliki ekpektasi tinggi maka ketika ekpektasi itu tidak sesuai maka akan membuatku sedikit kecewa.

 Ngarai Sianok memiliki dua dinding yang hampir vertikal dan saling berhadapan. Tingginya sekitar 100 sampai 200 meter dan panjangnya sekitar 15 km. Dinding ini membentuk ngarai dimana bisa melihat ladang padi yang luas dan sungai. Ngarai ini dipisahkan oleh Bukittinggi dan Gunung Singgalang. Ngarai Sianok adalah tempat terindah di Sumatra Barat, apalagi pada saat matahari terbit dan tenggelam.

(Referensi: Wonderull Indonesia)

Ngarai Sianok Bukittinggi
Ngarai Sianok Bukittinggi

Sesampai di bawah maka palang berisi kata yang umum di dapat di objek wisata di Indonesia yang menjadi kesukaanku ialah kata “SELAMAT DATANG DI KENEGARIAN SIANOK VI SUKU”.

Hal yang bisa tepat di bawah Ngarai Sianok ialah aliran sungai yang bersih sayangnya waktu aku jalan-jalan ke Ngarai Sianok kala itu airnya tidak ada alias kering melompong tapi pemandangan disekitarnya aku sangat suka karena pedesaan banget. Itulah sejenak perjalan tidak terduga ke Ngarai Sianok yang singkat.

Salam

Weeeny Traveller

Published by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

27 thoughts on “Tidak Sengaja jalan-jalan ke Ngarai Sianok di Bukittinggi

  1. Wah… berani sekali Win ke sana.
    Btw… dari kemarin itu buka reader nungguin postingan kamu. eh ternyata eh ternyata…. blogmu ke-unfol. Maaf ya.

  2. Keindahan alam Bukittinggi yang tak habis2nya dieksplor ya Jeng Winny.
    Ngarai Sianok yang sungguh elok, menyusuri aliran air batang Sianok yang segar….

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Winny… Saya juga senang dan lebih menjadi teruja apabila mendatangi tempat yang bukan dalam list. Kebetulan sebegini memberi sensasi yang tinggi untuk rasa ingin tahu hingga sanggup menempuh risiko saat menghadapinya. Ternyata bikin panasaran ya Winny. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  4. Saya belum pernah bertandang ke Sumatera Barat jadi saya belum punya ekspektasi. Tapi jurangnya itu sepertinya lumayan. Apalagi kalau ada spot yang bisa melihat “belahan” jurang itu di antara dua ngarai 🙂

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.