I do not regret what I have been through. I have had ups and downs, super highs and some really low lows. I have been so blessed that i could never say, ‘I wish this did not happen’. Its part of who I am. There is nothing in my life that’s so ugh By Jennifer Lopez

Aku di Ngarai Sianok

Aku di Ngarai Sianok

Hello World!

Bukittinggi, 2012

Cuaca begitu terik kala itu ketika aku memulai menelusuri objek wisata andalan Bukittingi “Ngarai Sianok”. Bisa dikatakan perjalanan ke Ngarai Sianok merupakan perjalanan tak terduga. Datang begitu saja, karena momennya yang pas ketika berada di Lubang Jepang, spot terbaik untuk melihat keindahan Ngarai Sianok. Ada kesan lucu ketika aku menatap Ngarai Sianok dari atas Lubang Jepang. Waktu itu selama aku berada di Bukittinggi, si Nyakmatlah yang menjadi tour guide lokal yang menemani ide gilaku untuk menjelajah semua objek wisata yang ada di Sumatera Barat termasuk Bukittingi. Maka bisa dikatakan ke Ngarai Sianok bukan dalam list. Lucunya aku membuat diriku kelihatan bodoh ketika aku bertanya dimana Ngarai Sianok yang terkenal itu padahal temanku jelas-jelas menunjuk ke dinding nun jauh dari hadapan kami. Tapi aku tidak sadar itu ialah Ngarai Sianok yang terkenal itu. Kesan ku mengenai Ngarai Sianok langsung buyar mungkin karena aku sering melihat dinding batu seperti itu di kampungku di Padangsidempuan.

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok

Aku yang melihat dari kejauhan Ngarai Sianok lalu mengajak Nyakmat turun ke bawah untuk melihat apa yang ada di Ngarai Sianok Bukittinggi. Penasaran sekali karena aku melihat Ngarai Siahok biasa saja mungkin jika ke bawah dan melihat langsung maka akan mengetahui sisi keeksotisannya. Inilah salah satu penyakitku yang sudah akut ketika ke suatu tempat wisata selalu memiliki ekpektasi tinggi maka ketika ekpektasi itu tidak sesuai maka akan membuatku sedikit kecewa.

 Ngarai Sianok memiliki dua dinding yang hampir vertikal dan saling berhadapan. Tingginya sekitar 100 sampai 200 meter dan panjangnya sekitar 15 km. Dinding ini membentuk ngarai dimana bisa melihat ladang padi yang luas dan sungai. Ngarai ini dipisahkan oleh Bukittinggi dan Gunung Singgalang. Ngarai Sianok adalah tempat terindah di Sumatra Barat, apalagi pada saat matahari terbit dan tenggelam.

(Referensi: Wonderull Indonesia)

Ngarai Sianok Bukittinggi

Ngarai Sianok Bukittinggi

Sesampai di bawah maka palang berisi kata yang umum di dapat di objek wisata di Indonesia yang menjadi kesukaanku ialah kata “SELAMAT DATANG DI KENEGARIAN SIANOK VI SUKU”.

Hal yang bisa tepat di bawah Ngarai Sianok ialah aliran sungai yang bersih sayangnya waktu aku jalan-jalan ke Ngarai Sianok kala itu airnya tidak ada alias kering melompong tapi pemandangan disekitarnya aku sangat suka karena pedesaan banget. Itulah sejenak perjalan tidak terduga ke Ngarai Sianok yang singkat.

Salam

Weeeny Traveller

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

27 Comments

  1. Berari ngga melintasi janjang Koto Gadang yang ada di bawah Lobang Jepang dong ya?

    Reply

      1. Kirain… abisnya ngga ada fotonya…

      2. ntar kebanyakn photo heheh

  2. Aku jatuh cinta ama ngarai ini 🙂 trus jangan lupa makan itik lado ijo yg enak banget hua hua

    Reply

    1. yah kak cumi gk sempat coba makanannya hiks

      Reply

  3. Itu suku ya to? Suku kenegarian?. Suka liat bekas aliran airnya.

    Reply

  4. Nggak sengaja yang membawa berkah namanya nih.

    Reply

  5. Kadang2 terlalu banyak referensi bikin ekspektasi ketinggian ya

    Reply

    1. iya bener aqied terus kecewa kalau gk sama dengan ekpektasi

      Reply

  6. Belum pernah travelling ke daerah Sumatera hehehe…

    Reply

  7. Krn ekspektasi yg tinggi akhirnya nyampei jg ke bawah ngarainya… sy aja cuma sering lihat ngarainya dari kejauhan aja..

    Reply

      1. Iya, tapi ke arah pesisir ny..

  8. Wah… berani sekali Win ke sana.
    Btw… dari kemarin itu buka reader nungguin postingan kamu. eh ternyata eh ternyata…. blogmu ke-unfol. Maaf ya.

    Reply

  9. Keindahan alam Bukittinggi yang tak habis2nya dieksplor ya Jeng Winny.
    Ngarai Sianok yang sungguh elok, menyusuri aliran air batang Sianok yang segar….

    Reply

  10. Assalaamu’alaikum wr.wb, mbak Winny… Saya juga senang dan lebih menjadi teruja apabila mendatangi tempat yang bukan dalam list. Kebetulan sebegini memberi sensasi yang tinggi untuk rasa ingin tahu hingga sanggup menempuh risiko saat menghadapinya. Ternyata bikin panasaran ya Winny. Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Reply

    1. saya jadi penasaran ke serawak siti

      Reply

  11. Saya belum pernah bertandang ke Sumatera Barat jadi saya belum punya ekspektasi. Tapi jurangnya itu sepertinya lumayan. Apalagi kalau ada spot yang bisa melihat “belahan” jurang itu di antara dua ngarai 🙂

    Reply

    1. kalau aku jujur melihatnya biasa aja gk wow bgt

      Reply

  12. wah makin pengen segera ke bukik tinggi nih 😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s