Life is about choices. Some we regret, some were porud of. Some will haunt us forever. ‘Black Rain’ was very much about choices. The message-we are what we choose to be. By Graham Brown

Aku di Museum Ekasatriya Mandala Bukittingi

Aku di Museum Ekasatriya Mandala Bukittingi

Hello World!

Bukittingi, Januari 2012

Puas keliling dan menjelajah Lubang Jepang Bukittingi maka pandanganku tertuju pada sebuah miniature helicopter yang berada di depan area Lubang Jepang. Helikopter itu terletak miring dengan Nomor plat B 419. Usut punya usut pesawat tempur merupakan pesawat tempur yang pernah dimiliki oleh RI loh!

Aku lalu mengajak si Nyakmat ke tempat tersebut mumpung plesiran ke Bukititnggi maka tidak ada salahnya berburu semua yang berhubunganan dengan objek wisata Bukittingi. Bener-bener edisi mengisi liburan!

Museum Ekasatriya Mandala Bukittingi

Museum Ekasatriya Mandala Bukittingi

Ternyata di depan area Lubang Jepang merupakan sebuah museum. Bak durian runtuh akupun berjalan disekitar rumput masuk ke dalam teras museum. Museum tersebut bernama Museum Ekasatriya Mandala yang berisi dengan koleksi senjata serta peniggalan hasil temuan dari Lubang Jepang. Karena saat kedatanganku Museum Ekasatriya Mandala Bukittingi tutup maka aku melirik ke dalam isi museum. Dari balik jeruji besi aku melihat artikel serta gambar Ir. Soekarno.

Di samping teras Museum Ekasatriya Mandala terdapat sebuah dinding dengan relief cerita perjuangan rakyat. Rata-rata cerita perjuangan di dinding dapat ditemukan di beberapa tempat wisata Indonesia ya.

Museum Ekasatriya Mandala Bukittingi

Museum Ekasatriya Mandala Bukittingi

Tak banyak yang aku dapat ceritakan mengenai gambaran dan apa yang bisa dilihat di Museum Ekasatriya Mandala Bukitting yang pasti tedapat gambar para pembesar bangsa serta lambang Garuda. Kunjungan singkat Museum Ekasatriya Mandala merupakan perjalanan sesaat tapi memulai perjalanan berikutnya yaitu ke Benteng Fort de Kock.

Museum Ekasatriya Mandala

Museum Ekasatriya Mandala

Cuaca cerah hari itu maka kami buru-buru kami meninggalkan Museum.

Salam

Weeny Traveller

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

24 Comments

  1. itu dua lelaki di foto pertama ngapain, mbak? 😀

    Reply

  2. Wuih, udah ngider Bukittinggi dan sekitarnya nih.

    Reply

    1. udah lama ini kak diazzz tahun 2012

      Reply

  3. Dan aku gak mampir ke museum ini win. Cuma lewat depannya doang 😦

    Reply

    1. kenapa kak? karena kurang menarik kah?

      Reply

      1. Pas itu ke lubang jepang dulu, eh trus pas keluar hujan deres bgt. Gak jadi ke museum ini deh

      2. museumnya mini sih kak

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny… Museum memberi maklumat tentang sejarah masa lalu sebagai tinggalan yang patut diambil iktibar buat generasi masa kini. Salam sejahtera dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Reply

  5. Saya dulu sering ke Bukittinggi, tapi belum pernah mampir kesini 😥

    Reply

    1. museum nya kecil sebenarnya kak

      Reply

  6. Gw belom pernah ke Bukittinggi.. Semoga bisa ke sana deh kapan-kapan. Selalu seru baca jalan-jalannya WIn. 😀

    Reply

    1. amin dani semoga kesampain kesana ya

      Reply

  7. Museum yang terlewatkan karena kurang menarik #eh…

    Reply

    1. mawi kurang suka musuem ya?

      Reply

  8. Ini mirip museum dirgantara yang di Jogjakarta sepertinya. Koleksinya sedikit sekali tampaknya.

    Reply

    1. aku jadi penasaran yang di Yogya

      Reply

  9. Mestinya banyak cerita, karena setahu saya Bukittinggi pernah menjadi “ibukota” RI saat PDRI dulu (saat zaman agresi militer). Mungkin karena hari itu tutup jadi belum sempat eksplor lebih lanjut. Hihi. Mudah-mudahan waktu Mbak ke sana lagi, museumnya sudah buka jadi bisa dijelajahi 🙂

    Reply

    1. itu karena museumnya mini gara

      Reply

  10. Waah.. saya pernahnya ke museum Satya Mandala, Jalan Gatot Subroto… hahha

    Reply

    1. aku malah belum yg di jakarta

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.