Bukit Lawang is one of tourism attractions in Sumatera Utara and popular with wild jungle and orangutan.

wisata sumatera utara

Bukit Lawang, Wisata Sumatera Utara

Hello World!

11 Juli 2010

Trip to Bukit Lawang  akan terdiri dari tiga part karena sewaktu tinggal di Medan aku melakukan kunjungan  ke salah satu wisata andalan Sumatera Utara “Bukit Lawang” sebanyak empat kali. Travelling ke Bukit Lawang pertama kalinya aku lakukan bersama teman sekos pada masa kuliah dulu,  “Rahma”, teman yang merangkap teman kuliah di Teknik Industri angkatan 2007 USU. Ide untuk melakukan perjalan demi wisata Taman Lauser Bukit Lawang berawal dari ide teman kos yang lain, yaitu Kak Siti, Tiwi dan Kiki, kebetulan mereka menyewa satu rumah.

Ada yang pengalaman unik sebelum aku berangkat ke Bukti Lawang yaitu ketika di hari sebelum ke Bukit Lawang aku bertemu dengan tiga bule yang nyasar di Jamin Ginting yang hendak ke Bukti Lawang padahal jam sudah jam 5 dan tidak bus lagi ke Bukit Lawang sehingga mereka harus datang pagi harinya. Bule itu terdiri dari 3 orang dan satu cewek di rombongan itu lengkap dengan tas gedenya yang membuat mataku terpukau. Karena kasihan aku menjelaskan kepada mereka bahwa ke Bukit Lawang tidak setiap jam ada bus kecuali mereka membayar mahal. Lalu aku menawarkan mereka untuk menginap di tempat kos temanku yang notabenenya kau juga waktu itu masih menumpang karena menunggu masuk ke Asrama Puteri. Sok-sokan jiwa sosial hehehe 😀

Tapi akhirnya mereka menolak sehingga akupun balik ke rumah.

Keesokan harinya waktu H dimana kami memulai perjalan Medan-Bukit Lawang kami pun menyewa mobil angkot demi ke Bukit Lawang. Akulah yang diunjuk untuk tawar-menawar sewa mobil seharian ke Bukit Lawang pulang pergi dengan 5 peserta saja. Hasil dari tawar menawar dapatlah biaya sewa angkot seharian plus pengemudi dan bensi Rp200.000. Sepakat kami pun santai di dalam angkot menuju ke Bukit Lawang, Sumatera Utara, tempat orang utan berada. Jarak tempuh Medan-Bukit Lawang waktu itu kira-kira 5 jam.

taman leuser

Taman Leuser

Sesampai di Bukit Lawang kami pun kami membayar tiket masuk dan langsung bernarsis ria. Pemandangan di Bukit Lawang benar-benar asri dan alami serta kami paling suka dengan Sungai Bahorok yang mengalir. Aku dan Tiwi serta aku dan Rahma sempat mengabadikan photo disepanjang jalan di dekat Sungai Bahorok. Warna airnya hijau tapi bersih. Kalau diingat-ingat sepanjang jalan kerjaan kami hanyalah bernarsis ria nonstop di setaip stop yang ada di Bukit Lawang (maklum masih labil)

Waktu itu masa dimana aku gendut banget loh!! 😀

sungai bahorok

Sungai Bahorok

Ciri khas Bukit Lawang ialah adanya jembatan tepat diatas Sungai Bahorok. Pemadangan seru lainnya di Bukit Lawang ialah jejeran warung tempat makan disepanjang Sungai Bahorok dan penjual pernak-pernik khas Bukit Lawang berupa kaos dan gantungan kunci. Saat makan siang ternyata ada satu bule ganteng yang menarik perhatian kami. Waktu itu masih ingat si Rahma bilang “win bule ganteng, minta photo yuk!”. Hahaha terakhir kami sok bicara dengan bahasa inggris yang ala kadarnya lalu ujung-ujungnya minta photo 😀

Tapi jangan tanya siapa namanya aku sudah lupa tapi aku ingatnya dia itu Dokter datang ke Bukit Lawang untuk belajar tentang tumbuh-tumbuhan!

Rahma, bule dan Kiki

Rahma, bule dan Kiki

Setelah membuat seorang bak selebritis akhirnya kami melanjutkan perjalanan kami. Disepanjang jalan juga kami banyak melihat homesaty dan restauran. Jadi buat yang suka alam dan nuansa hutan, Bukit Lawang bisa menjadi tempat referensi saat di Sumetara Utara khususnya Medan karena tidak jauh dari Medan.

trip to bukit lawang

Aku, Kiki, Tiwi dan Rahma di Bukit Lawang

Sebenarnya kami melakukan perjalanan sampai ke ujung dari titik pangkal jembatan karena kata Pak Supir yang mengantar kami sekaligus tourguide dadakan kami ada sebuah air terjun di ujung jalan Bukit Lawang sehingga kami ingin melihatnya. Dan benar saja melewati gerbang pintu “Taman Lauser” jalan ketas terdapat sebuah air terjun kecil yang indah!

Tanpa pikir panjang langsung dah kami masuk dan mandi di air terjun yang ada di Bukit Lawang! Airnya jernih, dingin dan bersih, ciri pegunungan banget! Air terjun di bukit lawang bisa menjadi objek wisata alternatif di Bukit Lawang selain trecking ke hutan, tube river, ngasih makan orang hutan, atau sekedar mandi di Sungai Bahorok.

Air terjun di bukit lawang

Air terjun di bukit lawang

Karena dingin banget maka kami mandi hanya sebentar saja di Air terjun mini Bukit Lawang sehingga kami menuju ke titik semula di jembatan. Ternyata tidak disangka aku bertemu dengan tiga bule yang aku jumpai sehari sebelum ke BUKIT LAWANG.  Alasan mereka menolak jalan sama karena aneh ornag tidak dikenal ngajak ke rumah ahahah 😀

Lucunya aku langsung mengajak mereka mandi di Sungai Bahorok yang airnya dingin banget, Nama ketika bule itu ialah Maura, Manuel dan Ben. Mereka ramah dan seru banget. Maura dan Manu ialah sepasanag kekasih sedangkan Ben ialah mahasiwa kedoteran. Mungkin itu pertama kalinya bule nyebur di Sungai Bahorok dengan orang asing yang baru dikenalnya hahha 😀

bule mandi di Sungai Bahorok

Bule mandi di Sungai Bahorok

Kami mandi hanya tahan kira-kira 10 menit saja karena airnya yang super dingin. Selebihnya kami berjalan sambil bercerita. Nah dari semua itu yang paling seru kami kebanyakan malah narsis bersama Maura, Manu dan Ben. Hasil photonya juga lucu-lucu! 😀

I think the most favourite moment in Bukit Lawang when i was capturing photoes with them!

bukit lawang taman lauser

 Kak Siti, Maura, Aku, Kiki, Manu, Tiwi dan Rahma di Bukit Lawang Taman Lauser

 

Oh ya yang paling berkesan saat di Bukit Lawang untuk pertama kali bertamasya di daerah Taman Lauser Sumatera Utara ketika Maura memelukku! Maura is so friendly! Jadi aku merasa dia seperti kakak, apalagi waktu aku super chubby, kayak bola dah dipeluk ! 😀

My lovely friend in Bukit Lawang, Maura!

Aku dan Maura

Aku dan Maura

Oh ya walau baru berjumpa kami tidak merasa canggung malah kelihatan akrab dengan mereka begitu juga dengan Rahma, Kak Siti dan Tiwi dan kiki. Cuma Tiwi dan Kiki agak mlau-malu sehingga yang mendominasi ialah aku, Rahma dan Kak Siti saat mengobrol dengan mereka. Seru sekali bertemu dengan orang baru. Dan inilah yang aku suka dari perjalanan yaitu menumukan moment yang berkesan baik itu teman baru maupun kenangan yang tertinggal. Melihat te tempat abru bisa membuat refresh loh dan jalan-jalan itu tidak harus mahal yang penting kebersamaan ;)!

objek wisata bukit lawang

Kami di objek wisata bukit lawang

Karena hari sudah sore sehingga kami pun berpisah dengan rombongan Maura yang seru lalu kamipun berganti pakaian yang ada di pondok disekitar Bukit Lawang. Kami juga sempat berphoto sunset di bawah jembatan dan kesemua itu berkat Hp nya si Rahma 😀

Trip to Bukit Lawang Part I akhirnya selesai dengan keseruan selama perjalanan, bertemu dengan teman baru serta kami juga sangat menikmati suasana kebersamaan bersama Kak Siti, Rahma, Tiwi dan Kiki. How lucky iam! 😀

bukit lawang sumatera utara

Jembatan bukit lawang sumatera utara

Salam

 

 

Weeny Traveller

 

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

32 Comments

  1. Sepertinya ini termasuk perjalanan yang tak terlupakan nih,
    Air terjunnya bening banget.

    Reply

  2. Melihat gambar gambarnya jadi pengen ke Bukit Lawang juga, beberapa waktu lalu teman Blogger lain juga posting serupa

    Reply

  3. asyik banget blognyaa.. isinya traveling terus 😀

    salam kenal Winny 🙂

    Reply

    1. Salam kenal juga mbak Ne

      Reply

  4. Perjalanan km asik bngt yah krna brg temen2 yg seru.. Apalagi dapet temen baru lg selama trip 😀

    Reply

    1. kamu juga keren mey jalan bernag temanmu

      Reply

  5. Bukit Lawang indahhhhhhhh sekaliii deh – ingin jalan2 kesana – tapi kapan ya?
    😛
    Oo gitcuuu asalnya kalian temanan sama sibule – kasian ya, sibule nyasar di kampung

    Reply

    1. semoga secepatnya ya….

      Reply

  6. Tapi foto basah2 di air terjun cantik dan sexy ya … hmmmm 😛

    Reply

  7. Selalu ngiri setiap kali baca postingan tentang traveling.. jadi pengen cepet2 libur…

    Reply

  8. Kapan ya bisa ke sini? andai saja waktunya tepat pingin ke sini..so awesome place..

    Reply

  9. Duh pengalamannya asik bener Win..Iya, menarik itu untuk dibahas soal kejadian dengan bule-bule 😀 Mereka yg belum pernah ke Asia Tenggara atau belum pengalaman jalan-jalan memang tingkat kecurigaanya tinggi. Mereka itu agak menyedihkan sebenarnya, menurutku.. Ketulusan seseorang malah dianggap negatif… untung ketemu lagi akhinya jadi mereka tahu bahwa Winny bener-bener tulus.. 🙂

    Reply

  10. Perjalanannya sepertinya asyik dan seru banget ya, hehehe 🙂 .

    Reply

  11. cieee….ketemu bule…jadi teringat waktu nanjak ke danau kelimutu ketemu ama bule yang keliling dunia dengan bersepeda…

    Reply

  12. Aha! Sungai bahorok mengingatkan aku masa kecil… Dulu bbrp kali ke bahorok, mandi di sungainya yg bening, seru bgt… Dan malu klo liat foto2nya skrg.. Soalny mandi di sungai itu rame2 ama tmn2 tanpa busana sama sekali hahahaha.. Maklum, masih pada kecil2 urat malu nya juga belum ada hahahahaha…

    Reply

  13. Aku belom pernah ke Bukit Lawang >.< eh bulenya ganteng. Hahaha

    Reply

  14. Itu di pinggir sungai kayak udah banyak rumah-rumah gitu ya? masih tetap terjaga kah kebersihan sungainya?

    Reply

    1. 2010 kesana airnya masih bersih rumah sekitar sungai lebih kayak homestay

      Reply

  15. such a fun trip…
    jadi pengen juga kesana!

    Reply

  16. wih.. serunyaa..
    itu bule nya nemu dmn? hehe

    Reply

    1. di bukit lawang hehehehe

      Reply

  17. Hahaha..keren, seru, dan lucu perjalananmu… Jadi pengen ke Bukit Lawang… Itu dulu yang sempet longsor itu bukan ya… Yang ada pusat rehabilitasi orangutan itu..?

    Reply

      1. Aku tuh heran deh…, punya banyak teman orang Medan atau Sumatra secara umum, tapi tiap kali mau jalan ke sana gak pernah kesampaian… Kapan-kapan harus ah..

  18. ultimatetheories3 October 12, 2014 at 2:43 pm

    pekerjaan kamu apa sih kok bisa jalan ke mana-mana? jadi penasaran.

    Reply

  19. di tunggu kedatangan nya di sumatra selatan yaaaa

    Reply

    1. saya sudah ke sumatera selatan wawan 🙂

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.