Icip-icip Kuliner Khas Semarang di Toko Oen


Toko Oen is one among of the oldest family-owned restaurants that is still being run and managed by the direct descendants of the founders. In the year 1922 this cookies store has undergone a transformation from just merely selling cookies to an ice cream parlour and later on the restaurant. The kitchen was based on the Dutch, Indonesian, and Chinese tastes and cuisine. Location of Toko Oen in Jl. Pemuda, No.52, Semarang, Central Java Indonesia (Reference: Toko Oen)

toko Oen

Hello World!

Akhir-akhir saya hanya bisa mengupdate pengalaman perjalanan  ke tempat wisata di Indonesia yang bisa menjadi referensi liburan hanya pada weekend saja karena laptop rusak sehingga cerita travelling di Semarang belum sepenuhnya kelar. Khususnya moment dimana aku dan rekan-rekan kerja mengunjungi Semarang untuk berburu wisata Semarang baik itu objek wisata maupun kuliner.

Setelah semalaman berjalan kaki ke Jl. Pemuda demi Toko Oen yang pada akhirnya kami tidak merasakan sensasi es krim dari Toko Oen Semarang, maka kami setelah puas dari Candi Gedong Songo langsung ke Toko Oen. Teman-temanku seperti Desti, Sarta, Irwan hingga Nirwan bergumam “harus coba toko oen pokoknya., gak mau tahu”! Titik! Akhirnya aku dan Daboo hanya melirik dan ngekor aja secara kami juga masih penasaran gimana sih rasanya masuk ek Toko Tua yang sudah ada sejak zama jadul.

Toko Oen Semarang
Toko Oen Semarang

Memasuki Toko Oen benar saja dekorasinya jadul banget dengan ornamen yang unik. Tapi aku agak kaget karena dibayanganku di dalam toko seperti apaaaa gitu ternyata seperti di Kampungku di Padangsidempuan.

Lalu kami akupun mencoba es krim andalan Toko Oen yang berupa rasa Tutti Frutti seharga Rp30.000 dan es krimnya sih kalau jujur aku lebih suka makan es krim di Medan seperti di City Es Cream Medan tempat favoritku 🙂 tapi overall menikmati es krim dengan nuansa zaman dulunya.

Karena di dalam menu terdapat menu pig jadinya aku tidak memesan makanan. Hanya memesan es krim saja. Untuk teman-temanku mencoba kuliner khas Semarang yaitu Lumpia dengan harga Rp8000. Untuk es krim semua temanku satu suara yaitu One Harmony Ice Cream dengan 4 cita rasa.

Toko Oen
Toko Oen

Untuk lokasi toko Oen Semarang sendiri tidak jauh dari Kota Tua Semarang alaias tak jauh dari Stasiun Tawang Semarang. Akhirnya rasa penasaran kami terjawab dengan icip-icip di Toko Oen Semarang 🙂

Salam

Weeny Traveller

Iklan

23 tanggapan untuk “Icip-icip Kuliner Khas Semarang di Toko Oen

  1. Pernah ke es krim Ragusa di Jakarta. Mahal banget ya, Win. Harga segitu, dapetnya dikit banget. Tapi, emang beda sih. Es krimnya gak buat tenggorokan sakit.

      1. Aku jg ketemunya itu kebetulan bngt. Sdg jalan sama temen, mau sholat di Istiqlal, nyari jalan masuknya gak ketemu2. Cape muter2 cari jalan masuk, malah liat antrian orang di sebuah toko di ruko kecil. Antriannya sampe mengular ke luar toko. Karena penasaran, kita malah jadi ikutan ngantri tanpa tahu itu antrian apaan. Hahaha…
        Pas udah di dalam, temen baru ngeh n bilang ‘eh, kayaknya toko es krim ini pernah masuk tivi’. Hahaha… aneh bngt pokoknya nemunya XD

      2. Enak, walau rasanya gak sekental es krim biasa. Lebih ringan. Aku coba yg segala macam rasa dalam satu cup waktu itu ama temenku. Yg nougat itu enak banget. Yg ijo juga.
        Yg beda menurutku adalah es krim-nya gak buat tenggorokan sakit. Aku biasanya kalau makan es krim biasa, suka ‘serik’ kalau orang Jawa bilang. Biasanya karena gula buatannya. Nah, kalau es krim ini gak. Kayaknya makai gula pasir asli. Itu mungkin juga sebabnya harganya mahal. Tapi, itu juga sebabnya lebih sehat, menurutku.
        Pingin beli yg spaghetti ice cream waktu itu. Tapi, karena baru pertama kali nyoba, aku nyoba yg segala macam rasa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s