Whoever loves and understands a garden will find contentment within – Chinese proverb 

Sinabung

Hello World, Hello Universe!

Travelling ke Sidebu debu, Sumatera Utara merupakan catatan perjalanan di tahun 2008 bersama orang-orang yang sudah kuanggap keluarga “Mbak Eli, Kak Fina, Kak Tuti, Kak Dina, Kak Ira, Kak Poppy dan Kak Oneng”. Merekalah orang-orang yang membolehkanku bekerja sambil kuliah dan menyelamatkan kesuksesan mahasiswa sepertiku kala itu 🙂

Dari merekalah aku mengetahui Sidebu-debu, sebuah pemandian air panas yang ada dibawah kaki Gunung Sibayak, salah satu referensi tempat wisata di Sumatera Utara untuk mengahabiskan hari libur atau sekedar jalan-jalan. Pemandian air panas yang berasal dari air belerang dari hasil Gunung Sibayak di kawasan Sibolangit, Berastagi.

Sayangnya akhir-akhir ini terjadi bencana alam yaitu meletusnya Gunung Sidebu-debu Sumatera Utara yang tak jauh dari Sibayak. Berita bencana yang membuat hati miris ditambah Gunung Kelud, tapi cobaan pasti berlalu! Semoga Gunung Sidebu-debu kembali aman untuk dikunjungi!

Jika keadaan Karo sudah kondusif, kawasan wisata Sibayak dan Sinabung sangat menarik loh untuk dikunjungi. Sayang jika dilewatkan!

Sidebu-debu

Sidebu-debu

Kawasan si Debu-debu merupakan tempat wisata murah di Sumatera Utara yang cocok untuk acara manggang-manggang serta tempat persinggahan untuk mencoba mandi air panas jika ingin menjelajah wisata Karo hingga ke Danau Toba di sebelah Tongging.

Waktu aku pertama kali ke Sidebu-debu, yang mentraktir ialah Mbak Eli. Kami berangkat dari Medan dengan mobil pribadi jam 5 pagi dengan membawa alat panggang karena kita berencana mandi air belerang sambil panggang ikan. Kata Mbak Eli menghilangkan jerawat di air belerang 😀

Lama perjalanan dari Medan ke Sidebu-debu kurang lebih 3 jam dengan mobil kenderaan pribadi, Kawasan wisata Brastagi memiliki pemandangan alam yang indah dengan nuanasa pegunungan, areal perkebunan yang memanjakan mata.

Sesampai di pemandian air panas yang menentramkan di Sidebu-debu, aku dengan mbak Fina, Dina, Tuti dan Mbak Eli langsung cebur ke kolam belerang yang panas. Mbak Tuti sangat semangat yang merupakan orang pertama nyebur ke kolam air panas diikuti oleh Mbak Dina dan Mbak Fina, aku sendiri malah sok-sokan nyoba belerang ke wajahku. Bodoh atau apa, tapi dalam ilmu sains belerang tidak bisa menghilangkan jerawat! Tapi tak apalah mencoba sensasi lulur belerang di wajah! Kapan lagi coba melakukan tindakan out of box 😉

Tiket masuk pemandian air panas Sidebu-debu kala itu Rp5000/orang. Kolam air panas Sidebu-debu terdiri dari beberapa kolam yang tingkat panasnya berbeda serta luasnya berbeda. Di area kawasan sidebu-debu ada juga kolam air panas khusus anak kecil serta area luas untuk acara barbaque atau masak-masak dengan pemandangan Gunung Sibayak.

Pemandian air panas sidebu-debu

Pemandian air panas sidebu-debu

Untuk acara manggang di area Sidebu-debu gratis bagi pengunjung kolam. Waktu itu kami memanggang dengan membawa alat sendiri serta ikan untuk dipanggang dan dimakan setelah selesai mandi di kolam panas Sidebu-debu. Nyam-nyam 😀

Pengalaman ke Sidebu-debu merupakan perjalanan yang menyenangkan untuk menikmati libur bersama keluarga maupun teman. Tidak hanya tempat air kolam yang menenangkan juga menentramkan!

So guys Sumatera Utara is a must visit place to go in Indoensia! Do not miss bathing in Sidebu-debu sulfhure pool

Di bawan kaki Sibayak

Di bawan kaki Sibayak

“…there ain’t no journey what don’t change you some.” David Mitchell

Salam 

Weeny Traveller

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

6 Comments

  1. Ku kira belerang bisa mberaihin muka nngehilangin jerawat mbak. Salah kira berati aku ya

    Reply

    1. itu dia banyak berpikir begitu cuma aku mau cari referensi lagi ah tentang kandungan mineral dari Sulfhure terhadap jaringan kulit wajah -> jadi PR awak

      Reply

      1. Kalo ude ketemu kabar2 in ya, awak juga penasaran

  2. Wah, jadi pengin ke Sumatera Utara lagi nih! Udah lama nggak kesana. Selain Sidebu-debu, Danau Toba dan Samosir, bisa kemana lagi?

    Reply

    1. bisa ke tongging mbak, ke pengakaran buaya di sunggul juga

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.