Melihat Gajah Sumatera di Tangkahan


A visit Tangkahan is a must because you can find Sumatera Elepahant. Tangkahan is an interesting place to visit in Sumatera Utara, a small village on the border of Gunung Leuser National Park with  Buluh River and the Batang River. Tangkahan specialises in eco-tourism activities like jungle trekking and Elephant trekking and the clean rivers are obvious attractions. Tangkahan is sometimes mentioned as the HIDDEN PARADISE IN SUMATRA. There are 7 trained elephant at Tangkahan which available for jungle trekking. Activities that can do in Tangkahan such as forest trekking through interpretation trails, cruising over the river in traditional way, caving or just relax on the river shore, ride the Sumatran elephants in the jungle, Float down the clear river bluish green river water againts the panoramic view creates a mystical atmosphere, go jungle trekking, Soak yourself in hot springs Or take a course in how to handle and care for elephants. How to get Tangkahan is to fly to MEDAN, Medan the capital of North Sumatra Province and proceed with cars or public transport from Pinang Baris Bus Terminal in Medan to Tangkalan, located three hours from the capital of province. There are two ways you can get to Tangkahan from Medan are only two buses a day leaving from Pinang Baris Bus terminal leaving at 10 am and 1 pm. It would take around 4,5-5 hours with cost around Rp20.000.

Tangkahan
Tangkahan

Hello World!

Satu lagi refrensi tempat wisata alam di Sumatera Utara, Tangkahan. Travelling ke Tangkahan bersama temanku Imam dan bocah-bocah Rahmad, Rahim, Rahim terjadi sewaktu kuliah di USU tahun 2011. Kala itu kita dari Medan melakukan touring dengan sepeda motor rame-rame dengan modal nekat ke Tangkahan untuk melihat Gajah Sumatera. Bagi yang belum tahu Tangkahan, sebuah wisata alam di Sumatera Utara yang terkenal dengan Gajah  jinak Sumatera.

Waktu ke Tangkahan dengan jalur darat dengan sepeda motor sangat melelahkan apalagi jalanan yang berliku, rusak parah. Sayang sekali akses ke Tangkahan jelek sama waktu touring pertama kami ke Bukit Kapur Tinggi Raja, Salju Panas yang jalanannya juga jelek. Rata-rata jalan ke tempat wisata di Sumatera Utara apalagi berbau hutan agak jelek! Tidak tahu kenapa!

Aku baru tahu kalau lokasi Tangkahan itu berada di kawasan Sawit Seberang serta lama perjalanan hampir 4 jam dari Medan. Pengalaman touring dengan sepeda motor memang agak menyiksa di karena pantat tepos tapi sangat menyenangkan juga karena bisa melihat sekeliling dengan pemandangan pegunungan serta kelapa sawit. Sedap!! 🙂

Jalanan ke Tangkahan
Jalanan ke Tangkahan

Meski perjalanan ke Tangkahan memiliki akses jalan yang ampun banget, tapi sesampai di Tangkahan sanagat menyenangkan karena kami memasuki kawasan hutan dengan sejuta objek wisata menarik yang membuat kami fresh!

I LOVE SUMATERA JUNGLE! LOVE TANGKAHAN ELEPANT

Jadi gak usah ke Thailand yah kalau mau lihat Gajah, di Sumatera Utara ada juga loh, bisa dimandiin langsung lagi 😀

Dalam catatan perjalan ke Tangkahan, kegiatan yang paling aku suka dan tempat yang paling aku suka di Tangkahan ialah melihat pemandian Gajah Sumatera secara gratis dan bisa memberikan makan pisang yang dijual oleh penduduk setempat seharga Rp20.000. Selain itu di Tangkahan terdapat sungai untuk santai serta sebuah penyebarangan seperti mirip rumah yang cuku bayar seharga Rp1000 saja.

Air terjun kecil juga bisa ditemukan di Tangkahan dan kami mandi saja di Sungai Batang. Hilang sudah capek kami melewati jalanan yang mengerikan melalui jembatan karena melihat Sungai, Gajah serta air terjun! perjalanan yang luar biasa 🙂

Tangkahan
Tangkahan

Oh ya yang belum pernah ke Tangkahan Sumatera Utara, memasuki Visitor Centre biaya masuk ke Tangkahan waktu itu Rp5000. Melewati tangga langsung melihat Sungai dengan ibu-ibu penjual mie serta minuman dan masyarakat sekitar dengan penyewa ban untuk rafting.

Untuk melihat pemandian Gajah dia area berbeda waktu itu kami gratis melihat Gajah yang sedang dibuat untuk prewedding orang lain serta banyak turis asing alias Bule datang di Tangkahan. Waktu itu si Rahmad paling semangat ’45 minta photo ama bule-bule itu dan minta tolong aku mintakan photo! DASAR BOCAH!! 😀

Tapi sayangnya kami tidak mencoba untuk trecking ke hutan dengan gajah karena malal coy Rp300.000 hanya 30 menit tambah kita tidak ada uang, maklum mahasiswa kala itu!

Selain trekking ke hutan, wisata menarik di Tangkahan lainnya ialah Gua tapi kami tidak kesana, karena harus dengan guide. Intinya banyak wisata rahasia di Tangkahan sehinnga tidak heran disebut Hidden Paradise of Sumatera.

Kalau pendapatku perjalanan ke Tangkahan menenyengkan karena bisa memegang Gajah langsung serta bayi gajah yang lucu ditambah suasa alam yang menenangkan. Sayangnya aku agk iba kepada Gajah-gajah Sumatera ketika aku melihat telinganya yang sampai sobek tidak tahu kenapa tapi dalam hatiku itu termasuk penyiksaan hewan ! Yah semoga tidak, semoga hanya perasaan saja.

Gajah Sumatera
Gajah Sumatera

Lets travelling and take your shoes!!

Salam

Winny-Alna-Marlina

 

 

 

 

 

 

 

 

Weeny Traveller

Iklan

36 tanggapan untuk “Melihat Gajah Sumatera di Tangkahan

      1. Indonesia kurangnya itu di marketingnya… sehingga orang tidak tau kalau kita juga punya gajah. Coba lihat di thailand. Ketika nama “thailand” disebutkan, pasti orang akan terbayang gajah, film ongbak, thai boxing, etc. Marketingnnya bagus tuh mereka..

      1. Tahu dong, kebetulan dulu My Selangor Story itu memberikan kabar lewat komunitas kami di Aceh, jadi kami pun mengabari kepada semua blogger dan dari Aceh pun pasti ada wakilnya 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s