Hello World, Hello Universe!

RAJA NAJUNGGAL PSP

Raja Najunggal Padangsidempuan

Ada  satu tempat unik di Sumatera Utara loh yaitu sebuah istan Raja yang namanya Istana Raja Najunggal dari marga Harahap yang berada Kampungku Padangsidempuan tepatnya di Tapanuli Selatan. Nama istananya ialah Yayasan Bagas Godang Harahap. Bagas Godang artinya rumah besar dan Harahap ialah salah satu marga di Batak Angkola.

Aku memang tumbuh dan besar di pedasaan yang bahasa seharu-hari menggunakan Bahasa Ibu berupa Bahasa Batak dengan keanekaragaman tempat budaya tapi jangan salah aku tidak pernah masuk ke dalam Bagas Godang, hanya sering melewatinya. Dua gajah putih sebagai penjaga pintu. Tidak tahu kenapa lambang Bagas Godang itu gajah putih, mirip kayak lambang Thailand saja! Dua gajah putih yang kokoh dan bermartabat seolah menyambut para Raja di Pedasaan dengan berkata “Its my dignity”!

RAJA NAJUNGGAL

RAJA NAJUNGGAL

Untuk menuju ke Bagas Godang Raja Najunggal aku melewati sawah dan hamparan pegunungan ala Padangsidempuan yang lumayan memanjakan mataku! Aku menyukai warna kuning dan biru menyatu dengan alam Indonesia dan menghirup udara segar pedesaan! Aku memang anak Kampung yang mencintai hawa desa tempat ku dibesarkan!

SAWAH PASID

SAWAH PASID

Cobalah sekali-kali menikmati kampungku di Padangsidempuan untuk melihat langsung istana Raja Najunggal yang berupa Bagas Godang Raja di Tapanuli Selatan untuk bernostalgia tentang sejarah didalamnya karena jujur saja, aku tidak mengetahui isi dari sejarah itu!

-Salam-

Winny-Alna-Marlina

 

 

 

 

 

Weeny Traveller

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

27 Comments

  1. ada kerajaan ya disana, hebat, baru tau WIn

    Reply

    1. iya kak Kerajaan Batak hehhee

      Reply

    1. katanya harus ada izin ito

      Reply

      1. wah…agak ribet yah.. padahal mau foto2 ajah 😦

      2. iya ito tp klo marga Harahap katanay mudah loh

      3. hihihi… ku saragih-nasution.. cari boru harahap dulu kali yah wkwkwk *gubrak *eh 😀

      4. brak ahhahahah bisa jadi, awas ada yg marah

  2. Kampung sendiri emang is the best lah ya Win 🙂

    Reply

  3. lingkungannya kayak di Thailand. hahah kayak udah pernah ke Thailand aja gw ehehe

    Reply

    1. iya tanda gajah putihnya aja

      Reply

  4. WordsFallFromMyEyes January 22, 2014 at 4:09 pm

    I loved Thailand when I visited there with my son July 2013 (you would have read those posts). Just loved it. Wish we kayaked! 🙂 Love your photos, Winny.

    Reply

    1. its indonesian lol my village, u should come to Indonesia and u love it hehee, i ll like to go to ur blog n see all stories

      Reply

  5. tolong infokan tempat Buk Win
    Maule hate

    Reply

  6. mau tanya ito win bagas godang Raja najungal nama desanya apa yaa To

    Reply

    1. maaf ito, aku lupa nama Desanya

      Reply

    2. muaratais 🙂 , janji mauli

      Reply

  7. mardiana sagala July 29, 2018 at 10:53 pm

    kak biaya msknya ada gak kk?

    Reply

  8. rahmat hidayat harahap August 5, 2018 at 12:48 am

    Kalau ngak salah yang pertama anak raja sutan nagaga baru yang kedua anak lakilaki namanya raja sutan najunggal

    Reply

  9. rahmat hidayat harahap August 5, 2018 at 12:59 am

    Makam rajanya ada di desa morang kec batang onang padang lawas kalau melalui jalan kaki naik keatas bukit kurang lebih 2 jam menurut kakek saya asal dari padang bolak julu merantau ke batang onang dan kakek saya dari batang onang migrasi ke desa bintuju muaratais kakek saya anak pertama dengan gelar raja ini sebagai masukan dan tambahan bila ada yang kurang mohon ditambahkan

    Reply

    1. Terimo kasih da dongan informasina

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.