Istana Raja Najunggal Padangsidempuan


Hello World, Hello Universe!

RAJA NAJUNGGAL PSP
Raja Najunggal Padangsidempuan

Ada  satu tempat unik di Sumatera Utara loh yaitu sebuah istan Raja yang namanya Istana Raja Najunggal dari marga Harahap yang berada Kampungku Padangsidempuan tepatnya di Tapanuli Selatan. Nama istananya ialah Yayasan Bagas Godang Harahap. Bagas Godang artinya rumah besar dan Harahap ialah salah satu marga di Batak Angkola.

Aku memang tumbuh dan besar di pedasaan yang bahasa seharu-hari menggunakan Bahasa Ibu berupa Bahasa Batak dengan keanekaragaman tempat budaya tapi jangan salah aku tidak pernah masuk ke dalam Bagas Godang, hanya sering melewatinya. Dua gajah putih sebagai penjaga pintu. Tidak tahu kenapa lambang Bagas Godang itu gajah putih, mirip kayak lambang Thailand saja! Dua gajah putih yang kokoh dan bermartabat seolah menyambut para Raja di Pedasaan dengan berkata “Its my dignity”!

RAJA NAJUNGGAL
RAJA NAJUNGGAL

Untuk menuju ke Bagas Godang Raja Najunggal aku melewati sawah dan hamparan pegunungan ala Padangsidempuan yang lumayan memanjakan mataku! Aku menyukai warna kuning dan biru menyatu dengan alam Indonesia dan menghirup udara segar pedesaan! Aku memang anak Kampung yang mencintai hawa desa tempat ku dibesarkan!

SAWAH PASID
SAWAH PASID

Cobalah sekali-kali menikmati kampungku di Padangsidempuan untuk melihat langsung istana Raja Najunggal yang berupa Bagas Godang Raja di Tapanuli Selatan untuk bernostalgia tentang sejarah didalamnya karena jujur saja, aku tidak mengetahui isi dari sejarah itu!

-Salam-

Winny-Alna-Marlina

 

 

 

 

 

Weeny Traveller

Published by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

27 thoughts on “Istana Raja Najunggal Padangsidempuan

  1. I loved Thailand when I visited there with my son July 2013 (you would have read those posts). Just loved it. Wish we kayaked! 🙂 Love your photos, Winny.

  2. Kalau ngak salah yang pertama anak raja sutan nagaga baru yang kedua anak lakilaki namanya raja sutan najunggal

  3. Makam rajanya ada di desa morang kec batang onang padang lawas kalau melalui jalan kaki naik keatas bukit kurang lebih 2 jam menurut kakek saya asal dari padang bolak julu merantau ke batang onang dan kakek saya dari batang onang migrasi ke desa bintuju muaratais kakek saya anak pertama dengan gelar raja ini sebagai masukan dan tambahan bila ada yang kurang mohon ditambahkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: