Empek-empek Makanan Khas Palembang


Hello World, Hello Universe!!

Akhirnya menjejakan kaki ke Tanah Sriwijaya terwujud sudah. Tanah Sriwijaya, Palembang, ibukota Sumatera Selatan yang terkenal dengan wisata sungai Musi memang patut dikunjungi. Selain terkenal dengan objek wisata Musi, hal yang patut dicoba ketika berada di Tanah Kerajaan Sriwijaya ialah wisata kuliner Palembang, “empek-empek”.

“Empek-empek atau juga yang dikenal dengan Pempek adalah makanan khas kota Palembang yang terbuat dari olahan ikan dan dimakan dengan ditemani dengan cuko. Cuko sendiri merupakan saus pasangan empek-empek yang terbuat dari gula merah cair dengan cabe rawit”

Empek-empek Kelenjer dan Empek-empek Kulit
Empek-empek Lenjer dan Empek-empek Kulit

Jenis empek-empek memiliki variasi seperti empek-empek kapal selam, pempek telur, empek-empek adaaan, empek lenggang, pempek panggang,  empek-empek lenjer, empek-empek kulit, empek-empek pastel,   dan masih banyak lagi. Dan harga empek-empek bervaritif dan lucunya harga  sesuai dengan lokasi atau toko penjualnya (tidak ada standarnya).

Sewaktu saya ke Palembang, ternyata empek-empek bukan satu-satunya makanan khas Palembang. Makanan khas lain Palembang selain empek-empek yaitu Model, Tekwan, Burgo, laksa, laksan dan Kerupuk ikan, kue delapan jam, mie celor dan maksubah dan masih banyak lagi.

Pengalaman saya dalam makan makanan khas Palembang ialah langsung jatuh cinta pada cicipan pertama, rasanya pas di lidah, gurih :D. Jenis empek-empek kesukaanku ialah empek-empek Kapal selam, karena di dalam empek-empek kapal selam terdapat telur.

empek empek
Tekwan

Selain empek-empek kapal selam, masakan khas Palembang yang saya suka lainnya ialah Model dan Lakso.

Dan pengalaman yang tidak terlupankan selama di Palembang ialah saya menyaksikan sendiri cara pembuatan empek-empek. Ternyata pembuatan empek-empek sangat sederhana dan bahan utamanya berupa ikan laut yang ditumbuk halus atau digiling halus ditambah dengan bawang putih dan di adon dengan tepung kanji dan bumbu-bumbu lainnya.

Tapi jika ditanya sudah bisa membuat empek-empek sendiri maka saya akan menjawab dengan lantang, “Bisa”. Bisa makannya saja alias masih belum bisa hehehehhehe.

-Salam Backpacker Indonesia-

Winny Alna Marlina

Published by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

36 thoughts on “Empek-empek Makanan Khas Palembang

  1. Ya, bener, Om adrian10fajri, maklumla, beliau wong Palembang. Ha. Kue delapan jam? Kalo udah 10 jam, berartigak bisa dimakan, ya? Sama dunk kesukaan kita: Pempek Kapal Selam. Ha. Jembatan ampera gak difoto?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: