Hello World, Hello Universe!!

Akhirnya menjejakan kaki ke Tanah Sriwijaya terwujud sudah. Tanah Sriwijaya, Palembang, ibukota Sumatera Selatan yang terkenal dengan wisata sungai Musi memang patut dikunjungi. Selain terkenal dengan objek wisata Musi, hal yang patut dicoba ketika berada di Tanah Kerajaan Sriwijaya ialah wisata kuliner Palembang, “empek-empek”.

“Empek-empek atau juga yang dikenal dengan Pempek adalah makanan khas kota Palembang yang terbuat dari olahan ikan dan dimakan dengan ditemani dengan cuko. Cuko sendiri merupakan saus pasangan empek-empek yang terbuat dari gula merah cair dengan cabe rawit”

Empek-empek Kelenjer dan Empek-empek Kulit

Empek-empek Lenjer dan Empek-empek Kulit

Jenis empek-empek memiliki variasi seperti empek-empek kapal selam, pempek telur, empek-empek adaaan, empek lenggang, pempek panggang,  empek-empek lenjer, empek-empek kulit, empek-empek pastel,   dan masih banyak lagi. Dan harga empek-empek bervaritif dan lucunya harga  sesuai dengan lokasi atau toko penjualnya (tidak ada standarnya).

Sewaktu saya ke Palembang, ternyata empek-empek bukan satu-satunya makanan khas Palembang. Makanan khas lain Palembang selain empek-empek yaitu Model, Tekwan, Burgo, laksa, laksan dan Kerupuk ikan, kue delapan jam, mie celor dan maksubah dan masih banyak lagi.

Pengalaman saya dalam makan makanan khas Palembang ialah langsung jatuh cinta pada cicipan pertama, rasanya pas di lidah, gurih :D. Jenis empek-empek kesukaanku ialah empek-empek Kapal selam, karena di dalam empek-empek kapal selam terdapat telur.

empek empek

Tekwan

Selain empek-empek kapal selam, masakan khas Palembang yang saya suka lainnya ialah Model dan Lakso.

Dan pengalaman yang tidak terlupankan selama di Palembang ialah saya menyaksikan sendiri cara pembuatan empek-empek. Ternyata pembuatan empek-empek sangat sederhana dan bahan utamanya berupa ikan laut yang ditumbuk halus atau digiling halus ditambah dengan bawang putih dan di adon dengan tepung kanji dan bumbu-bumbu lainnya.

Tapi jika ditanya sudah bisa membuat empek-empek sendiri maka saya akan menjawab dengan lantang, “Bisa”. Bisa makannya saja alias masih belum bisa hehehehhehe.

-Salam Backpacker Indonesia-

Winny Alna Marlina

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

36 Comments

  1. Maaf, mungkin bisa diralat >>> namanya “Pempek” bukan “Empek-empek”.. terima kasih

    Reply

    1. terimakasih ralatnya Adrian

      Reply

  2. lokasi makan empek2nya di mana mba…???

    Reply

    1. di rumah di kancil putih hehehe

      Reply

  3. Aku baru nyobain sekali, itupun cuma yang buatan kotaku, belum nyobain yang asli dari Palembang…

    Reply

    1. aku juga cobain yang di jakarta tapi pas di palembang leih jauh enk mbak ternyata!!

      Reply

      1. Semoga kapan-kapan bisa nyobain yang asli dari sana 😀 aaamiiin…

  4. Bikinnya ribet, mendin langsung beli aja 😀 .

    Reply

    1. belinya pake duit…
      mending langsung nyicip aja, klo ada yg nawarin heee 😀

      Reply

    2. betul kak, apalagi bahannya susah kak

      Reply

  5. ini makanan wajib kalo pulang ke Lampung… 😀

    Reply

    1. ntar kalao aku ke lampung tolong ditampung ya 😀

      Reply

  6. Ya, bener, Om adrian10fajri, maklumla, beliau wong Palembang. Ha. Kue delapan jam? Kalo udah 10 jam, berartigak bisa dimakan, ya? Sama dunk kesukaan kita: Pempek Kapal Selam. Ha. Jembatan ampera gak difoto?

    Reply

    1. Iyo itu orang palembang yang bilang empek-empek baru tahu klo mpek=mpek. btw photo jemabtan ampera ama perjalanan lain menyusul…

      Reply

      1. Ha. Mungkin pengucapan “empek2”, pas penulisan “pempek” (Mungkin…..). Oke! Ditunggu, ya..

  7. hari ini postingan semua tentang makanan… ngilerrrr…

    Reply

    1. Hehehhe ntar aku ajak makan deh

      Reply

  8. makannya pas lebaran aja biar gratis..karena disetiap rumah wong palembang selalu ada kalau silaturrahmi haha

    Reply

    1. iya asril kermaren maknnay gratis jg

      Reply

  9. wkwkwkwkw,, kalo ane ya tentu saja hanya bisa makan gan,, haha,,

    Reply

    1. Sama hahaha aku cuma bantu lihatin buatinnya

      Reply

  10. dari bbrp jenis makanan diatas, pempek dan tekwan yg lbh familiar dilidah sya 😀

    Reply

    1. sama aku cuma suka itu heheh

      Reply

  11. pempek candy bukan nih 🙂

    Reply

    1. bukan itu diabuat sebdiri tp itu emoek-emnpek yang tekrnal sih

      Reply

  12. Kue delapan jam ? mahluk dari planet mana tuh :mrgreen: kalo bikinnya selama delapan jam bisa keburu bosen nunggu tuh 🙂

    Reply

    1. iya emang 8 jam masaknya

      Reply

      1. Nah lho (makin kaget aja ), pasti membuat kue ini perlu efort yang luar biasa 🙂

  13. hari ini baca 3 postingan tentang pempek. *langsung cari ke depan komplek* :))

    Reply

    1. terimakasih telah berkunjung kak wira.,… giman mpeknya enak tak? ehhe

      Reply

  14. Reblogged this on mangga sumping di kota hujan and commented:
    Indonesia kaya akan kuilener

    Reply

  15. waaaa….. pempek. Makanan gurih, legit, disiram kuah manis asem pedes. mix banget di lidah..

    Reply

    1. iya aku suka banget ama mpek-mpek

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.