Hello World!

Lima Puluh Kota, 3 November 2018

Hari ini tepat perayaan Ulang Tahun Forum Mahasiswa Sumatera Utara Payakumbuh atau disingkat FORMASU. FORMASU termasuk HIMADA atau Himpunan Mahasiswa Daerah dan ini khusus Mahasiswa Mahasiswi UNAND Campus 2 Payakumbuh yang berasal dari daerah Sumatera Utara dan sekitarnya yang sedang menempuh kuliah di Payakumbuh. Forum ini sudah ada sejak tahun 2013 yang hanya didirikan dengan iseng-iseng dan sekarang sudah memiliki jumlah anggota sekitar lebih dari 30 orang dari mulai stambuk 2018 yang terdiri dari 3 jurusan di Campus 2 UNAND Payakumbuh yaitu Manajemen, Ilmu Ekonomi dan Peternakan. Untuk ketua FORMASU saat ini yaitu Denny Hasibuan dengan Wakil Ketua Holifil Nst.

FORMASU

Formasu Payakumbuh termasuk HIMADA yang aktif serta memilki jiwa yang perduli akan lingkungan dan kejadian yang terjadi. Hal ini terlihat dari kegiatan mereka yang salah satunya berperan aktif dalam turut aktif mengumpulkan Dana saat Gempa dan Tsunami Palu dan Donggala beberapa waktu lalu. Mereka bahkan rela ngamen lalu uang hasl ngamen disumbangkan melalui Badan yang terpercaya untuk disalurkan kepada masyarakat yang sedang terkena musibah.

Sama halnya dengan setiap perayaan Ulang Tahun, FORMASU selalu melakukan kegiatan yang menunjukkan Bakti Pemuda. Aku yang baru kenal Forum ini saja sangat bangga dengan semangat dari adik-adik ini apalagi semangat perduli kepada sesama.

Untuk kegiatan perayaan Ulang Tahun Formasu yang ke 5, kegiatan yang dilakukan ialah acara Bakti Sosial dilaksanakan di UPTD SDN 04 Labuah Gunuang, Kabupaten Lima puluh Kota. Temanya ialah Bakti pemuda Berbagi Kebahagian. Sama seperti namanya, kegiatan berupa Bakti Sosial turut peran dalalam berbagi kebahagiaan dengan anak-anak SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota. Tidak hanya itu kegiatan juga melakukan penanaman pohon di SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota. Alasan pemilihan tempat merayakan Ulang Tahun di SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota karena lokasinya yang berada di kaki Gunung Sagu. Jumlah anak SD nya bahkan hanya kurang lebih 100 murid saja itupun dari kelas 1-6. Sedikit ya?

Yang lebih keren dari FORMASU ini adalah biaya pakai uang sendiri loh! Ya ampun hari gini MAHASISWA mengeluarkan uang demi kebahagian adik-adiknya!! Mereka patut dicontoh dan membuatku sangat bangga. Beberapa uang untuk mendukung acara Bakti Sosial didapat dari Alumni. Persiapan acarapun dirapatkan oleh FORMASU. Entah berapa kali mereka merapatkan kegiatan Baksos, tapi lumayan sering. Saking seringnya aku menganggap mereka ini super duper rajin sekalii!

FORMASU

Mereka yang membuat acara, mempersiapkan, mengumpulkan uangnya serta melaksanakannya. Mereka benar-benar menerapkan POAC (Planning, organizing, actuating, and controlling). Bahkan Icha dan Zizah berdua tuh membungkus makanan buat adik-adik SD dibuat seperti bingkisan dari Ulang tahun sejumlah murid SD. Untuk yang membuat tumpeng ialah Eliza. Pembagias tugas masing-masing dari anggota jelas. Sampai yang membawakan senam juga jelas.

SD N 04 Labuah Gunuang

Pas hari H, semua perlengkapan sudah disediakan. Titik kumpul jam 7 pagi di kampus. Aku berangkat bersama Ade, Donal, Maulida, dan keluarga Bang Taufik yang khusus datang dari Muara Sipongi sekitar jam 10. Bang Taufik ini khusus datang dari Muara Sipongi demi acara Baksos FORMASU dan mereka berangkat sejak jam 2 pagi. Keren banget kan niat baik keluarga Bang Taufik?

Lucunya pas kami menuju ke SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota rempongnya gak ketulungan. Karena banyak barang yang kami bawa, jadinya kami seperti mau melamar anak gadis orang. Belum lagi kami pake acaranya nyasar, iya nyasar wkwkkwkwk.

FORMASU

Kami nyasar SDN 04 juga tapi bukan SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota. Terus pas nyasar seorang Bapak Polisi menyuruh kami untuk lurus saja. Eh pas lurus “ada kondangan”. Akhirnya kami memutar arah.

Sungguh pengalaman nyasar berjamaah yang lucu!

Pas tiba di tempat, acara sudah dilaksanakan. Adik-adik FORMASU sudah membimbing siswa SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota baik dari segi lomba gambar hingga acara games. Dari acara permainan, SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota terlihat antusias. Anak-anak mengikuti perintah dari Siska, anak FORMASU yang membawa sesi acara. Melihat kepolosan anak-anak SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota membuat hati senang. Tiba-tiba jadi pengen punya anak juga wkwkkwkwkwkwk (ini akibat factor “U”). Habis muka anak SD itu loh polos dan menggemaskan 😛

Selain acara games, yang membuatku salut lagi ketika anak-anak FORMASU dengan kompak membungkus manakanan untuk anak-anak SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota. Semua dilakukan dengan hati ikhlas.

Acara inti dari kegiatan Bakti Sosial pada acara pemotongan tumpeng sebagai rasa syukur atas ulang tahun berdirinya FORMASU. Potongan tumpeng langsung diberikan Guru-guru SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota kepada Denny, Alan, Bang Taufik dan Wahyu. Ada juga acara pemakaian Ulos kepada Guru-guru SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota sebagai tanda bahwa masyarakat Labuah Gunuang merupakan bagian dari keluarga FORMASU.

Yang terakhir yaitu acara yang ditunggu-tunggu siswa SD ini yaitu pengumuman pemenang lomba menggambar dan Games. Pemenang di suruh kedepan satu-satu lalu dikasih hadiah. Setelah itu baru pemberian makanan serta pembagian buku dalam bingkasan yang membuat anak-anak SD Negeri 04 Labuah Gunuang, Lima Puluh Kota senangnya bukan main.

Setelah itu anak-anak SD Negeri 04 Labuah Gunuang boleh pulang dengan menenteng hadiah yang mereka peroleh. Hadiah kecil yang cukup membuat mereka tersenyum. Tapi acara tidak sampai disitu, ada acara penanaman pohon juga. Benar-benar acara yang bermanfaat ya?

Inilah contoh dari Mahasiswa Campus 2 UNAND Payakumbuh yang perduli terhadap sesama.

FORMASU

Oh ya bagi yang ingin tahu kegiatan anak FORMASU bisa follow IG nya di @Formasukotapayakumbuh dan bisa juga loh jika ingin menyumbangkan uang terutama bagi yang ingin berbagi kepada anak-anak FORMASU untuk mendukung kegiatan mereka lainnya ke Rekening atas nama Rizka Febrian No Rek. Mandiri 1050012884973. Atau bagi yang ingin menyumbangkan dalam bentuk benda juga bisa loh, seperti menyumbangkan buku atau lainnya. Karena donasi yang diberikan akan mereka gunakan untuk kegiatan yang bermanfaat.

Begitulah acara kegiatan yang super keren dari anak FORMASU, dan aku bahagia bisa mengenal HIMADA ini.

SND 04 Labuah Gunuang

Happy 5th Anniversary FORMASU!!

Bangkit

Maju Jaya

HORAS

FORMASU

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

10 Comments

  1. Dirgahayu FORMASU. Keren…ada tambahan pembina baru, yaitu Kak Winny. Horas

    Reply

    1. Makasih Kak Rynari, Aku bukan Pembina kak tapi ikut aja 😀

      Reply

  2. Perayaan anniversary FORMASU sama dengan ultahku. Toss. Hehe. Ciyee, Winny. Dulu pas ngantor taunya CSR ya. Sekarang bakti sosial. Bagus acaranya, semoga semakin solid 👍

    Reply

    1. betul kak kalau di perusahaan CSR kalau mereka bakti 🙂
      Terimakasih kak

      Reply

  3. Keren acaranya Win. Berorganisasi mulai dari muda akan membuat mereka gampang bersosialisasi ketika selesai kuliah.

    Reply

    1. Iya kak bekal organisasi mereka suatu saat di kehidupan

      Reply

  4. Inspiring, kangen dengan kegiatan bakti sosial seperti yg dilakukan formasu ini, meski capek rasanya entah kenapa selalu ada kesan menyenangkan..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.