Hello World!

Rome, April 2017

Saint Angelo Castle

Tak jauh dari Vatican terdapat sebuah kastil bernama Saint Angelo. Saint Angelo Castle dibangun pada masa Hadrian sekitar 123-139 AD. Kastil ini diperuntukkan sebagai makam Hadrian dan keluarganya.

Aku sebenarnya tidak tahu kalau kastil ini awalnya adalah makam. Yang pasti kastil ini terlihat jelas dari kejauhan dengan bentuk melengkung. Kastil ini terbuat dari bata, awalnya aku mengira sebagai pertahanan.

Saat di depan pintu masuk sudah ramai sekali pengunjung yang antri. Karena penasaran aku pun ikut ngantri padahal harga tiket masuk ke dalam Castle Angelo, Roma lumayan mahal 10 Euro. Namun karena Italia adalah negara terakhir yang aku kunjungi dalam trip sebulan Eropa maka tak ada salahnya aku masuk ke dalam wisata Roma yang membuatku penasaran. Sebenarnya aku penasaran karena namanya itu kastil jadi aku membayangkan seperti dalam cerita-cerita di film Hollywood dengan pangeran tampan berkuda atau at least pangeran tampan dengan singgasananya. Eh ternyata kastilnya itu adalah makam…

Saint Angelo Castle, Rome

Saat memasuki Kastil Saint Angelo hawa jadul kastil terasa banget. Bentuknya lonjong namun lumayan menarik untuk dikelilingi. Entah kenapa aku sangat suka dengan batuan penyusun kastil, “antik”!

Di lantai satu kastil terdapat ruang-ruang yang dijeruji berisi semacam bekas tongkahan. Aku baru tahu kalau Saint Angelo itu makam setelah masuk ke dalam kastil. Lucunya aku mencari-cari dimana letak makam itu tapi tidak kutemukan. Namun memang saat melalui jembatan gelap di dalam kastil itu hawanya spooky banget. Aku sampai bertanya-tanya dimana letak dari makam itu. Memang kalau jalan-jalan tanpa pemandu serta tahu sejarah wisata yang dikunjungi kurang menikmati.

Museum di Saint Angelo Castle

Hal menarik di Saint Angelo Castle itu di lantai paling atas dimana terdapat museum. Aku anggap saja museum karena berisi peninggalan zaman dulu dengan kaca sebagai wadahnya. Museum itu dipajang dalam satu ruangan. Di dalam museum juga terdapat baju perang dari baja.

Nah dari atas juga tempat terbaik melihat Vatican. Dari Castle Saint Angelo merupakan spot terbaik untuk menikmati pemandangan dari atas.

Di Puncak Saint Angelo Castle terdapat patung Michael Archangel yang dimodelkan oleh Peter Anton von Verschaffelt tahun 1753. Mungkin dari situ nama kastil ini diambil.

Pemandangan dari Saint Angelo Castle

Walau aku takut ketinggian, tapi pas di puncak Castle Angelo aku bisa menguasai rasa takutku karena entah kenapa aku suka aja dengan pemandangan dibawah serta suasana Vatican kala itu. Dari atas juga aku melihat tingkah orang-orang mulai dari sekedar jalan, ada yang pacaran, ada yang jualan sampai ada yang ngamen. Aku sendiri hanya menikmati sekitar, karena aku masih tak percaya bahwa aku si anak kampung bisa berada di Vatican. Padahal dulunya bisanya nonton di Tv saat Paus melambai tangannya di dalam Vatican. Sementara Vatican yang dulunya aku lihat di Tv bisa langsung aku lihat dari Saint Angelo Castle.

Pemandangan dari Saint Angelo Castle

Kalau dihitung-hitung tiket masuk memang mahal jadi saranku jika ingin masuk ke dalam Saint Angelo Castle mending dipelajari dulu sejarahnya karena pas masuk dan gak ngerti apa-apa aku merasa “mahal kali”. Kan lumayan 10 Euro untuk makan enak hehhehe😁

Kalau mau photo doang di depan Castle mah gk bayar sama sekali. Cuma memang pemandangan dari atas Castle itu sih lumayan kece.

Kalau mau hemat jika berada di Roma Itali mending beli turis pass untuk menjelajah wisata Roma dan Vatican, harga memang mahal tapi jika lama di Roma bisa menjelajah wisatanya yang tak jauh dari museum, bangunan tua dan Gereja. Namun demikian bagi pecinta sejarah serta penyuka bangunan maka cocok untuk berlama-lama.

Oh ya di atas Saint Angelo Castle juga terdapat cafe untuk nongkrong sambil menikmati pemandangan. Sayang aku terlalu kete untuk itu jadinya hanya bisa numpang lewat doang.

Di bagian-bagian tertentu Saint Angelo Castle ada tempat yang tidak boleh dimasuki dan beberapa tempat juga saat aku lewat tiba-tiba bulu kudukku merinding meski itu siang hari.

Pemandangan dari Saint Angelo Castle

Menelusuri Sainta Angelo Castle di Italia membuatku menyadari satu hal, yaitu menikmati masa sekarang dengan rasa syukur, rasa syukur atas segala nikmat yang Tuhan limpahkan.

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

6 Comments

  1. Kece, keren pemandangannya Win.
    Saya memelira asa untuk bisa sampai disana.

    Reply

    1. amin kak semoga kesampaian kesana ya kak

      Reply

  2. Apa di sana ada guide lokalnya?
    Kayaknya bisa juga dengan sewa guide lokal. Jadi informasinya makin mantap. Cuma ya nambah biaya haha

    Reply

    1. Ada guide lokal tapi aku gak pake s

      Reply

  3. penasaran sama ruang2 yang tidak boleh dimasuki itu,, pasti ada mistis2nya tuh hihi..

    kalau baca2 tentang vatikan suka keinget adegan kocak di film eurotrip, film yg bikin aku pgn keliling eropa tapi belum kesampean hihi..

    -Traveler Paruh Waktu

    Reply

    1. bisa jadi karena di kunci gitu

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.