You supposed to be able to do anything in this world

By  Martin Luther King

Hello World!

Rome, 20 April 2017

Jika membeli tiket masuk kedalam Coloseum, Roma, Italia maka tiket tersebut termasuk kedalam Forum Roman, bangunan yang berada di depan Colosseum. Tiket masuk ke dalam Coloseum 12 Euro berlaku untuk 2 hari termasuk ke Colosseum dan Forum Roman. Setelah aku puas mengelilingi Colosseum, maka akupun masuk kedalam Forum Roman. Aku berjalanan kaki dari Colosseum, tak begitu jauh hanya berkisar 15 menit dengan jalan kaki. Forum Roman cukuplah luas, berupa runtuhan yang eksotis. Forum Roman berada di antara Bukit Palatine dan Capitoline yang dulunya selama berabad-abad menjadi pusat kehidupan masyarakat Romawi.

Dari Forum Roman juga terlihat jelas Colosseum dan entah kenapa aku sangat suka dengan Roman Forum. Di Roman Forum itu aku melihat forum di masanya Romawi, memang Romawi sangat jago dalam membangun tempat. Kini yang didapat dari Forum Roman adalah reruntuhan bangunan dengan informasi mengenai bangunan tersebut. Usia reruntuhan pun bervariasi, benar-benar saksi bisu kejayaan Romawi di masa itu.  Karena begitu luas, aku menghabiskan waktu di Forum Roman sekitar 3 jam. Nah areanya terdiri dari sisa runtuhan, pepohonanan dan adanya Bukit yang juga berupa runtuhan.

Forum Roman

Saat mendaki ke Bukit di Forum Roman, aku mendapati pepohonan jeruk yang matang. Gilanya aku malah mencoba mengambil jeruk matang itu tapi tidak berhasil tentunya. Aku melompat terus alhasil malu sendiri dan mengurungkan niat hahaha. Habis dilihat orang jauh lebih memalukan 🙂

Terus yang paling gokil aku lakukan saat di Forum Roman, Italia ketika melihat uang koin segitu banyaknya di sebuah kolam. Uang koin tersebut terdiri dari recehan Euro hingga 1 Euro, asli kolam itu penuh uang. Kemudian iseng aku memunguti uang koin Euro itu, padahal air kolam begitu dinginnnya. Semangat memunguti uang di kolam berbetuk bulat, yang aku dapatkan hanyalah 80 sen Euro, padahal aku harus menahan rasa dingin. Saking dinginnya tangan mau mati rasa. Mungkin kalau ada yang lihat aku pasti dibilang, “Bukan teman kami, tidak kenal” hehhehe:D

Memang selama perjalanan di Eropa salama sebulan, beberapa tempat aku sering menemukan uang koin dilempar di tempat tersebut. Misalnya saat di Manneken Pis dipenuhi uang logam Euro hingga ke Forum Roman yang aku tak mengira kolam itu berisi uang. Sama seperti air mancur Trevi dipenuhi uang logam. Sampai dalam pikiranku ingin membawa magnet untuk mengambil logam itu. Jadi tinggal taruh magent terus logamnya terkumpul otomatis. Sungguh pemikiran gila 😀

Namun aku berpikir ulang, toh setengah mati menahan rasa dingin dikolam dapatnya cuma 80 sen Euro dan itupun tidak bisa dibeli apa-apa. Mungkin bisa jadi anggapan orang jika membuang uang kesana bakalan balik lagi kali ya. Yang ada aku bukannya membuang uang malah mengambilnya, kan nekat? Aku bahkan pernah bertanya apakah akan masuk penjara jika mengambil uang di tempat seperti Trevin? Kata temanku tidak tapi tidak ada orang yang pernah mengambil uang tersebut.  Apa sama kali ya mengambil uang infak di Masjid atau uang di Gereja?

Entahlah, namun aku mengambil 80 sen di Forum Roman.

Forum Roman

Setelah dari kolam yang berisi uang, akupun melanjutkan turun kebawah. Melihat lebih jelas reruntuhan dari Forum Roman lebih dekat. Jika ingin melihat reruntuhan Forum Roman dari atas, maka harus naik ke Bukit karena disitulah spot reruntuhan terlihat jelas dan pemandangannya kece.

Pas lihat di atas begitu indahnya!

Di bagian bawah reruntuhan Forum Roman, aku pun melihat satu persatu bangunan di Forum Roman. Satu bangunan ada yang mirip kuil Artemis di Yunani, sampai aku sempat berdiri lama di depan bangunan itu. Dalam hati, ya gak ke Yunani, minimal bisa lihat bangunan yang mirip sebelas dua belas. Sewaktu aku mengunjungi Forum Roman, begitu banyak wisatawan yang datang, ada yang hanya sekedar duduk,  ada yang keliling. Sedangkan aku melihat santai Forum Roman 🙂

Forum Roman

Forum Roman menurutku memiliki magnet tersendiri, aku langsung sangat suka karena eksotis padahal kerjaanku hanya sekedar duduk, jalan dan mengamati sekitar. Aku malahan berimajinasi bagaimana dulu kehidupan Bangsa Romawi di zaman itu dengan bangunan segede ini, puingnya aja masih cakep gimana aslinya. Aku membayangkan baju-baju mereka seperti apa pas memasuki bangunan megah, bagaimana mereka berinteraksi, bagaimana kehidupan bangsa Romawi zaman itu. Entahlah yang pasti imajinasi begitu liar, seliar puing yang ada di Forum Roman.

Rincian Pengeluaran di Roma, Italia

08:00-09:00 Menuju ke Coloseum

09:00-10:00 Antri Coloseum. Untuk tiket masuk ke dalam Coloseum seharga 12 Euro

10:00-15:00 Keliling Coloseum

15:00-18:00 Makan pizza 9 Euro/2 orang, fast food kebab 14 Euro, belanja di Carrefur 5,61 Euro.

18:00-22:00 Kembali ke penginapan naik metro bus 1,5 Euro.

Tempat wisata yang didatangi pada hari-28 di Eropa:

Colosseo dan Palatino, Arco di Tito, dan Arco Costantino

Total biaya pengeluaran pada hari-28 di Eropa di Rome, Italy = 12 Euro + 9 Euro + 5,61 Euro + 1,5 Euro = 28, 11 Euro

Roman Forum

 

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

12 Comments

  1. Hahaha itu uangnya terus diapain kak Win?
    Itu erat kaitannya sama mitos kalo nyemplungin uang ke sumur bakal sukses. Tapi idenya boleh juga itu kasih magnit di bawah. hahah

    Reply

    1. Uangnya aku simpan aja jadinya. Uangnya serinya aneh juga, buat kenang-kenangan iseng ngambil koin sampai tangan mau mati rasa

      Reply

  2. Memang menatik. Banyak koin bertebaran kalau di Italy. Cuma aku ga berani ambil..Kalau ada yg ambil aku maklum namanya duit ditebar2 ya pasti menarik hati..haha..Yang di Trevi Fountain banyak banget, tapi kalau nekad nyebur ambil jatuhnya ilegal, kalo ketahuan. Lagipula malam2 hari koin itu akn dikumpulkan oleh pekerja pemerintah lalu sisa uang yg terkumpul biasanya disumbangkan untuk amal…Mungkin itu sebabnya jarang ada yg terang2an berlomba mungut di kolam kali ya…

    Reply

    1. Menarik juga kak. Tapi katanya kalau di Trevi melempar koin dipercaya bakalan balik kesana lagi. Pantas aja pas d Trevi gk ada yg ngambil uangnya kak

      Reply

  3. Bedalah ya, masjid / gereja kan tempat ibadah. Itu lebih ke obyek wisata kan, ya sudah gpp. LOL

    Reply

  4. Wah nanti kamu kaya di film When In Rome lagi… Cewek yang ngambil coin di kolam di Roma, terus laki-laki yang dulunya ngelempar koin itu jadi suka sama si cewek. Hehe kebanyakan nonton film romantis malah ngayal..

    Reply

    1. Jadi pengen nonton filmya haha

      Reply

  5. Gilaaaak sih itu, Mbak. Peninggalan bebatuan zaman romawi itu kok masih terlihat kokoh dan bagus gituuu siiiih :’

    Duh, takjub saya. Sungguh.

    Reply

  6. Winny…
    Aduh, sungguh kokoh bangunannya. Kalau saya yang kesana pasti udah nari2 india sambil lari2an muterin tiangnya yang gede itu,hahaha.

    Reply

    1. Wah harusnya aku juga gitu ya kak, pasti seru

      Reply

  7. keren… bener ya Win.. seperti kuil di Yunani…
    ngebayangin dinginnya tangan waktu nyelup ngambil koin, jadi ngilu2 nggak Win?

    Reply

  8. Winny.. suka deh sama cerita kamu yang jujur dan apa adanya. 😀
    Btw, aku antri masuk Coloseum sampai 1.5 jam; hampir sama dengan durasi keliling Coloseum yang “cuma” 2 jam 😕

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s