I tried to hate you but the only thing I hated is how much I loved you

By Unknown

Hello World!

Prague, 8 April 2017

Kelupaan tanggal keberangkatan merupakan hal memalukan yang pernah aku alami. Kelupaan tersebut adalah tanggal keberangkatan ke Vienna dengan bus dari Praha. Sehingga pas seharian keliling Kota New Praha ibaratnya kejar-kejaran mengingat jam keberangkatanku 11 malam. Artinya dari segi waktu sebenarnya aku masih punya waktu luang. Menariknya hostku Jacub baiknya super kebangetan, pas di hari terakhir malah sempat-sempatnya masakain mashed potato. Waktu itu dia tanya aku mau makan apa, kemudian aku bilang aja pengen mashed potato eh malah di ajak ke Supermarket untuk beli kentang. Terus gak tanggung-tanggung malahan dia bayar kentangnya. Serius ini host terbaik sepanjang sejarah aku menggunakan CS (Couchsurfing), padahal aku tidak mengira mendapatkan host baik apalagi di Eropa.

Kereta Praha

Sambil menunggu jam 11 malam, dan telah keliling New Town Prague, kami makan kentang bersama sambil transfer film. Ada beberapa film dan lagu khas Praha yang Jacub berikan kepadaku, kemudian aku merekomendasikan beberapa film Indonesia dan India yang aku sukai.

Yang lucu saat ada satu video yang Jacub tunjukan kepadaku tentang “senyum”. Videonya bercerita tentang seorang yang tugasnya membuat orang agar tersenyum hingga suatu ketika dia bertemu dengan seorang wanitan yang tidak bisa tersenyum sampai-sampai dia frustasi dan yang awalnya selalu senyum malah menjadi muram durja. Singkat cerita dia menemukan cara untuk senyum kembali dan suatu ketika dia melihat wanita itu tersenyum dan akhirnya mereka menjadi pasangan yang bahagia.

Melihat video itu sarat makna bagiku artinya seberat apapun beban hidup jangan lupa untuk tersenyum dann yang namanya jodoh gak akan salah alamat. Disinilah sebenarnya kenapa aku sangat suka mengunjungi suatu tempat dan bertemu orang baru karena aku banyak menemukan hal baru dan mendapat pengalaman yang tak ternilai dengan uang. Misalnya kalau bukan bertemu dengan Jacub mana mungkin aku dapat melihat video yang penuh makna itu. Dan itupun pas menunggu jam keberangkatan ke Vienna.

Praha

Praha

Setelah jam 10 malam, akupun membawa tas merah 15 kg ku dan memastikan tidak ada barang yang ketinggalan. Jacub pun mengantarkanku ke terminal dengan mobilnya. Dia benar-benar memastikan kalau aku akan selamat sampai masuk di bis.

Sesampai di terminal, bus yang ditunggu pun tiba. Aku memastikan nomor bus dan tempat tunggu sama. Ternyata sama sehingga aku pamitan kepada Jacub.

"Thank so much Jacub for helping me", sambil menyalam Jacub
"It's pleasue to help and have a safe journey", jawabnya

Praha

Kemudian pas menaiki bis saat tiket busku di scan petugas ternyata error. Beberapa kali dicoba petugas tetap gagal. Hingga akhirnya petugas menyadari bahwa aku salah tanggal!

"Sorry, your departure is tomorrow", kata petugas
"Duh zonk banget!!"

Rasanya itu maluuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu sekali. Untungnya si Jacub belum balik dari terminal. Akhirnya tasku yang tadi dimasukin si Jacub di bus kemudian dia ambil kembali. Ya Allah kalau tidak ada si Jacub ini mungkin aku sudah menggembel di terminal Praha. Belum lagi udaranya yang dingin, ditambah tidak ada tempat tidur yang kondusif. Memang rezekilah kalau tidak udah salah tanggal, tidur di jalanan pula!

"Sorry Jacub, my mistakes wrong departure date", 
kataku sambil menahan malu

Praha

Akhirnya kami malah kembali ke apartemen Jacub. Gara-gara aku dia harus tidur jam 12 malam padahal esok harinya dia harus bekerja. Agak menyusahkan sih rasanya, tapi dia malahan merasa kasihan melihatku yang salah tanggal. Akhirnya aku kembali tidur lagi di tempat si Jacub untuk hari terakhir.

Praha, 9 April 2017

Pagi-pagi Jacub mengajakku makan kebab sebelum dia ke kantor. Memang selama di Eropa makanan yang sering aku makan itu adalah tak jauh-jauh dari kebab, masakan india, atau roti. Nah bersama Jacub kami ke penjual kebab yang rupanya orang Turkey. Dengan sok-sokan aku mengucapkan “teşekkürler” yang dalam bahasa Turkey “terimakasih”. Eh si penjaga bingung, ternyata dia memang orang Turkey tapi sudah lama di Praha sehingga aku jadi malu. Malu karena sok-sokan nguncapin basaha Turkey eh orangnya kagak ngerti eh malah dijawab “Děkuji!” dalam Bahasa Ceko.

Mak anakmu menahann malu!!

Setelah makan kebab, si Jacub bekerja dan aku kembali ke penginapannya. Gegara salah tanggal aku tidak minat lagi untuk menjelajah Kota Praha. Cukup puas dengan melihat Old Town dan New Town Praha, kelilingnya udah puas. Alhasil di apartemen Jacub aku malah memilih video Call dengan Bang David. Dan sambil menyusun rencana perjalanan selanjutnya. Bisa dibilang santai!

Sorenya setelah si Jacub balik bekerja, dia mengajak untuk lari. Tapi aku malah tidak ikut mengingat udara yang dingin sehingga lagi-lagi aku di tempatnya. Seharian full di tempat Jacub sambil fokus dengan laptop.

Akhirnya pas malam barulah Jacub mengantarkanku ke terminal bus. Kali ini aku tidak salah tanggal lagi dan aku meninggalkan Kota Praha dengan host terbaik yang pernah aku temui.

Well, he is best friend and best host ever!

Pelajaran yang aku petik dari perjalanan Eropa terutama di Eropa Timur bahwa anggapan orang Eropa apathis itu tidak semua benar. Karena dimanapun kita, manusia selalu terbagi dua “baik” dan “buruk”. Tapi percayalah jika kiya beberbuat baik maka kebaikan kita akan dibalas oleh orang lain. Sehingga rajin-rajinlah berbuat baik kepada siapapun, nanti jika kamu melakukan perjalanan maka kamu akan ditolong oleh orang lain. 😉

Praha

Prague, 9 April 2017

08:00-09:00 Makan Kebab ditraktir Jacub

09:00-18:00 seharian di penginapan, di antar ke terminal

22:00-23:00 persiapan ke terminal

23:00-04:00 Perjalanan Prague-Vienna dengan Regio Jet

Tempat wisata yang didatangi pada hari-17 di Eropa

Terminal Budapest

Total pengeluaran pada hari-17 di Eropa = –

Tips Perjalanan di Praha

1. Banyak loh wisata Praha yang gratis tapi beberapa memang bayar seperti Prague Castle dan Dancing House. Buat yang mau hemat jalan-jalan maka masuklah wisata yang gratis. Misalnya photo di depan Praha

2. Lihatlah tanggal keberangkatan dengan seksama agar tidak kejadian seperti aku

3. Banyak tempat penginapan murah di Praha, jadi yang tidak terbiasa dengan CS maka bisa mencari di Old Town

4. Cerita ini hanya berdasarkan pengalamanku, maka belum tentu menjadi sama persis dengan pengalaman orang lain khususnya mendapatkan CS baik karena itu tergantung rezeki, tidak selamanya dapat host itu baik karena kadang kalanya ada yang amit-amit sampai menjengkelkan

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

28 Comments

  1. duh, syukurlah yaa hostnya baik…

    Reply

  2. Iya orang baik mah dimana-mana ada ya Win 🙂 .

    Aku penasaran nih sebenarnya sama Prague, tapi belum menemukan kombinasi tanggal dan tiket pesawat yang oke, hahaha 😛

    Reply

    1. harus kesana zilko, seru di praha

      Reply

  3. Harusnya abis salah ngucap bahasa, kau tambahin bahasa batak dikit biar aman mbak 😀
    Perjalananmu benar-benar tak terbayangkan ahahahhaha

    Reply

    1. kalau pake logat batak heran dia nanti kak 😀

      Reply

  4. Wahaha. Aku ketawa ngakak pas bagian salah tanggal 😀

    Wah quote awalnya bagus. 😀

    Reply

    1. iya factor “U” kak 😀

      Reply

  5. Duuhh, syukurlah Winny. Selalu bertemu orang baik. Alhamdulillah.

    Reply

  6. Ajak-ajak si jacub ke Indonesia kenali budaya kita ke mereka win. Eh s jacub itu umuran brp sih?

    Reply

    1. dia pernah dulu ke Bali kak, iya seumuran kak

      Reply

  7. Selalu ada orang baik untuk orang baik, jadi jangan pernah ragu menjadi orang baik. 🙂

    Reply

    1. setuju kak jadilah orang baik 🙂

      Reply

  8. Waaah.. Jacub nggak ada penampakannya kak?

    Reply

  9. What sampe salah tanggal? Terlalu semangat piknik ya? Hhh
    Bisa buat pelajaran biar lebih teliti lagi kak, hhh

    Reply

    1. haha iya sampe lupa tanggal maklum kak factor “U” 😀

      Reply

  10. Hahha. Untung salah tanggalnya kecepatan ya, Kak. Kalo kelewatan, harus beli lagi dong ya. Btw video tentang “tersenyum” tadi judulnya apa Kak? penasaran nih. Hehe

    Reply

    1. judulnya kafka prague. beneran klo kelaamn beli lagi itu zonk deh ehhe

      Reply

  11. top banget Win..untung ya ada host super baik kayak gitu. Ditraktir pula lagi 😀

    Reply

    1. iya kak satu dari seribu itu

      Reply

  12. Coachsurfing yaaa.. 🙂 aku msh blm bisa sepertinya kalo stay dengan CS begini.. Tau diri aja, aku kalo mandi ritualnya banyak, jd lbh aman di hotel kalo traveling :p, daripada ga enak ama host :D.

    Duuh keliling eropa udh lama masuk ke bucket listku mba. Blm banyak negara eropa yg aku datangin.. Pgn ambil jatah cuti semua dr kantor, trs puasin kliling eropa gini ama suami. Tapi sebisa mungkin kita pgn cari atraksi di mana kita bisa nyobain kegiatan ekstreme sih :D. Itu hobi kita tiap traveling soalnya 🙂

    Reply

    1. iya mba cs ini sebenarnya gak terlalu recomended karena aku aja segan gitu kalau kebaikan pas ketemu host nya nyebelin

      Reply

  13. sha juga pernah kelupaan macem gini pas ke semarang feb tahun lalu! kita setipe yak! ahahaha berasa ada temennya 😛

    Reply

  14. Masih banyak orang baik diluar sana ya Win..

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.