Backpacker ke Batam, Singapura dan Kuala Lumpur dalam 3 Hari


Never be afraid to try something new, because life gets boring when you stay within the limits of what you already know

By Unknown

Hello World!

Batam, Singapore, Kuala Lumpur September 2017

Temani abang ke Singapura ama Malaysia ya, kata Bang David
Iya kataku kepadaku

Tiba waktunya ternyata janji jalan-jalan ditagih Bang David. Untuk pertama kalinya aku melakukan trip dadakan tanpa mencari tiket murah seperti biasa atau booking dari jauh-jauh hari. Biasanya aku paling anti dengan membeli tiket pesawat mahal tapi memenuhi janji dan kapan lagi jalan dengan orang yang sangat aku kagumi serta timingnya pas banget maka perjalananpun kami lakukan. Pilihan terbaik dengan membeli tiket pesawat ke Batam dari Jakarta kemudian dengan naik kapal menyeberang ke Singapura lalu dengan jalur darat ke Kuala Lumpur kemudian dari Kuala Lumpur ke Jakarta. Awalnya aku ingin sekali ke Vietnam dan Laos karena kedua negara inilah yang belum aku kunjungi di ASEAN selain Filipina dan Brunei tentunya, namun karena budget Bang David hanya 3 juta dan aku juga ogah mahal-mahal alhasil yang masuk akal adalah ke Malaysia dan Singapura via Batam. Untuk ke Singapura dan Malaysia aku sudah pernah tapi untuk Batam baru pertama kalinya bagiku. Dalam benakku akan sangat membosankan mengunjungi tempat yang sama berulang-ulang terutama Singapura dan Malaysia namun ternyata aku keliru, meski sudah sering ke tempat yang sama namun jika teman perjalanannya asik maka perjalanan itu sendiri pun seru juga.

Batam

Untuk kategori perjalanan kami pun sebenarnya tidak backpacker-backpacker amat karena kami masih bisa nginap di tempat yang layak, makan di restauran dan mengunjungi tempat apa yang kami mau. Perjalanan kami lebih fleksibel dan santai. Meski Bang David baru pertama kali ke Luar negeri, nyatanya dia tahu betul jalannya, bahkan yang aku sering jalan saja masih kalah.

Hal menarik lainnya adalah ketika si Bang David mengalah untuk 1 hari di Batam karena dia sudah pernah ke Batam sebelumnya sementara aku belum pernah sama sekali. Bahkan yang lucu dia menemanin demi mencari icon Batam  “Welcome Batam” dengan latar belakang Gunung itu yang pernah aku lihat di Blog kak Indri dan betapa seringnya Danan nulis tentang Batam. (Danan dan Kak Indri adalah dua blogger kesukaanku :))

Secara umum perjalan kami yaitu 1 hari di Batam, 1 Hari di Singapura dan 1 Hari di Malaysia. Memang perjalanan cepat seperti ini tidak terlalu asik karena tidak puas dalam menjelajah tempat namun karena waktu terbatas dan ingin ke semua tempat maka jadilah perjalanan kilat. Lucunya perjalanan ke 3 Kota 3 Negara dalam 3 hari ini aku lakukan sehari setelah aku resign dari Semen Merah Putih, tempatku bekerja selama 5 tahun 6 bulan. Sensi meninggalkan kantor lama itu terasa banget namun demi masa depan yasudahlah ya pindah kerja aja. Untungnya jalan-jalan dengan kesayangan dapat menghilangkan rasa sedih.

Tiket Ferry ke Singapura dari Batam

Secara total biaya backpacker kami ke Batam, Singapura dan Malaysia adalah Rp 4,757,280.45/ 2 orang. Porsi terbesar perjalanan kami adalah di tiket pesawat, hal ini wajar karena belinya bukan pas promo naun harga standar. Sistemnya kami sharing cost sehingga semua biaya perjalanan beserta struknya kami simpan. Jujur baru kali ini aku mendapatkan partner traveller yang sejenis, alias suka rincian. Biasanya kalau jalan-jalan aku yang rinci namun sebelumnya aku sudah membuat itinerary Batam-Malaysia-Singapore secara umum kemudian dilengkapi dengan itin baru yang dibuat bang David. Dalam prakteknya kami memang masih jauh sih dari kata “perjalanan murah”, kami lebih cocok kepada “perjalanan hemat”.

Menurutku pribadi walau perjalanan 3 hari namun lumayan membuatku lelah juga tapi seru. Lelahnya karena memang kami banyak jalan sambil membawa tas. Disini aku ingin membuang bawaan baju yang banyak karena pada kenyataannya baju yang aku bawa tidak semua kepakai. Bahkan kami ada momen tidak mandi, sampai si Bang David yang tak pernah jalan-jalan ala kere harus menahan tidak mandi. Well, untung anaknya fleksibel, tapi itu kalau jalan samaku biasanya harus bisa jadi gembel dadakan misalnya Yosi yang harus menahan toilet bau di India, Ade Putra, Reza, Sarta dan Ilham (Kamseupay) harus jalan kaki banyak demi hemat di pennag dan Hatyai terus ada Melisa yang harus tidak mandi di Myanmar dan kali ini Bang David harus tidak mandi. Namun demikian justru disitu letak serunya perjalanannya.

Perjalanan Ferry ke Singapura dari Batam

Hari 1 Batam

Karena kedatangan bang David jam 10 maka tidak terlalu banyak yang dapat kami lihat di Batam. Namun menariknya aku ditemanin Bang David ke Nagoya, Mall terkenal di Batam. Di Nagoya Hill kami makan kemudian si Bang David menukarkan uang ke Dollar Singapura. Dari Bandara Batam ke Nagoya kami naik Damri, lumayan seru untuk mengetahui bagaimana Batam. Kemudian kami sempat nyasar sedikit mencari penginapan, maklum Google map memberikan rute yang aneh berantah. Kemudian sorenya kami ke Tulisan Batam yang ada Welcome Batam yang rupanya terletak di dekat Batam Center. Lalu malamnya dinner di tempat romantis di Jalan Duyung dengan pemandangan malam Singapura dari Batam. Makan di Cafe ini makannya lumayan enak dan wajar untuk harganya.

Hari 2 Batam-Singapore

Untuk sampai ke Singapura kami menggukan ferry fast dari Batam Harborbay. Menuju ke Singapura dari Batam cukup singkat hanya 45 menit saja. Naik kapal ferry ini entah kenapa menginagtkanku akan perjalanan Karimun Jawa karena kapal cepat Batam ini mirip-mirip dengan kapal yang pernah aku naiki di Karimun. Untuk bagaimana cara ke Singapura dari Batam sebenarnya ada beberapa pelabuhan namun kami memilih Harbour Bay Batam karena dekat dengan penginapan. Sayangnya harga sekali jalan Batam-Singapura itu harganya itu sungguh mahal bila dibandingkan dengan harga kapal BATAM-SINGAPURA pulang pergi. Bayangkan sekali jalan saja Rp250.000 sementara kalau bolak balik Batam-Singapura naik kapal dapat Rp360.000-390.000 artinya mahal Rp70.000.

Bagaiman cari membeli tiket kapal ke Singapura dari Batam?

Bisa langsung ke pelabuhan. Kami memilih ferry dengan Batam fast datang ke loket bawa passport kemudian bayar lalu dikasih tiket dan langsung berangkat. Jamnya berbeda-beda namun kami berangkat jam 9 pagi dan sampai di Singapura jam 11 an karena ada pemeriksaan oleh Polisi Singapura saat kapal kami mendekat ke Singapura serta antrian Imigrasi. Di Singapuranya itu ternyata berada di Harbour Front dekat dengan Sentosa, Singapura.

Singapore

Masih di Hai ke 2, kami menuju ke Air Force Museum Singapura yang aku baru tahu dari Bang David. Museumnya cukup menarik berisi sejarah serta kapal Singapura. Bukan cuma itu kerennya masuk ke dalam Museum juga gratis. Aku kalau tidak dikasih tahu bakalan tidak tahu kalau di Singapura ada tempat menarik gratis.

Dari Museum kami ke Orchad street karena memang aku belum pernah ke Orchard. Di Orchad kami minum es krim potong Singapura yang lumayan enak. Selain itu kami juga menemukan makan murah di Singapura seharga 3 dollar Singapura saja dekat dengan Eunos Singapura. Yang jualan bahkan lancar berbahasa Indonesia. Menemukan makanan muriah ceria di Singapura rasanya bahagia. Kemudian perjalanan kami lanjutkan ke Marina Sand terus jalan ke Merlion Park.

Makanan Murah di Singapura
Singapura
Singapura

Dari Merlion Park kami jalan ke jembatan dengan lekuk indahnya terus jalan ke Garden Bay tepat di belakang Marina. Walau sudah pernah ke Singapura sebelumnya namun aku baru pertama jalan ke Garden Bay nya Singapura serta jalan ke jembatan unik ini. Entah kenapa sesuatu yang belum aku kunjungi itu membuat excited.

Khusus Garden Bay sebenarnya dibutuhkan waktu yang agak lama, karena belum puas nyantai disini. Tamannya indah serta warna lampu-lampu di Singapura pas malam hari memang juara. Setelah dari Garden Bay kami menuju ke Bugis karena kami hendak ke Malaysia melalui Larkin, Johor. Jadi kami naik bus 3,3 Dollar sampai ke Larkin via Woodland yang lumayan lama di imigrasi. Jam 8 kami jalan eh sampai di Larkin malah jam 11 malam dan kami malah sempat makan malam di stasiun Larkin karena jadwal bus kmai jam 1 malam ke Kuala Lumpur meski datangnya jam 2 pagi.

Hari ke 3 Malaysia

Kami sampai di Malaysia jam 6 an dan kami langsung menuju KL Sentral. Sebelumnya kami sudah jalan-jalan sejenak keliling dari terminal terpadu kemudian sarapan pagi di NU Plaza, Kuala Lumpur. Kemudian kami menuju ke Bukit Bintang masuk ke jalan Alor kemudian menuju ke KLCC. Kami bahkan sempat jalan ke Petailing street kemudian balik lagi ke KL Sentral dan memutuskan menginap di KL Sentral. Serunya di KL Sentral dekat dengan Little INDIA sehingga serasa berada di India. Di Kuala Lumpur kami kebanyakan kulineran dan aku puas makan Nasi Kandar dengan harga 15 RM (harga nasi kandar termahal yang pernah aku makan).

Overall perjalanan Backpacker ke Batam, Singapura dan Kuala Lumpur seru, banyak yang dilihat, kaya pengalaman dan hati senang serta i found my partner travel 🙂

Menara Kembar Petronas

Rincian Biaya Perjalanan Batam, Singapura dan Kuala Lumpur dalam 3 Hari

Tanggal Jam Kegiatan Keterangan HARGA
21/09/2017 9:25 BIM-Batam BTH Dengan Lion air perjalanan 1jam 5 menit 1131844
21/09/2017 11:00 Perjalanan Bandara Hang Nadim-Jodoh Damri  Bandara Hang Nadim-Jodoh Rp22.000 Jadwal : 08:30-09:30–10:30–11:30. Cb turun di Nagoya 44000
21/09/2017 14:00 Keliling Nagoya Makan Siang @Nagoya Tukar Uang SGD130+RM200 140012
21/09/2017 15:00 Ke HarbourBay naik Trans Batam Koridor 03 (Sekupang-Jodoh) turun di BRI Jodoh, trus jalan kaki. 0
21/09/2017 19:00 Ke Land Mark, Barelang, dll ONGKOS TRANS BATAM+ANGKOT 19000
21/09/2017 21:00 Makan Malam Patroz+BELI RANSUM 281829
22/09/2017 7:30 Istirahat-Sarapan-Beres2 0
22/09/2017 8:15 Ferry HarbourBay – HarbourFront (45 menit) Horizon S$32 (06:00-07:30-08:45-10:15-11:30-12:45-14:00-15:20-16:40-17:50-19:15-20:45) Batam Fast S$25 (9:30-14:15-19:00-21:20) BATAM FAST 500000
22/09/2017 10:00 HarbourFront (Basement Mall Vivo City) Imigrasi – Cari Maps – beli EZlink Card S$12-S$5 card atauTourist Pass  S$20-S$10 deposit 147537.6
22/09/2017 11:00 Henderson Waves (Telok Blangah Hill Park – Mount Faber Park) Dari HarbourFront Stn Exit B/Vivo Mall naik Bus SBS Transit 145/131  Sekali belok dan dua halte saja (After Telok Blangah Heights).  Menyeberanglah dengan hati-hati. 0
22/09/2017 12:00 Bugis Street Dari Before Telok Blangah Heights, naik Bus SBS Transit 145/131, turun di HarbourFront Stn Exit A. 145 bisa lsg ke Bugis Stn. Naik MRT NE1+CC29-HarbourFront Stn, North East Line (HarbourFront-Punggol, Purple) transit di NE7+DT12-Little India Stn. Pindah ke MRT Downtown Line (Bukit Panjang-Chinatown, Biru) turun di EW12+DT14-Bugis Stn. 0
22/09/2017 14:00 Sultan Mosque Shalat Jumat, Kampong Glam & Arab Street, Haji Lane +MAKAN SIANG 59015.04
22/09/2017 15:00 Orchard EW12+DT14-Bugis Stn, naik MRT Downtown Line (Bukit Panjang-Chinatown, Biru) transit di NS21 DT11-Newton Stn. Pindah ke MRT North South Line (Jurong East-Marina South Pier, Red) turun di NS22-Orchard Stn. 0
22/09/2017 16:00 Keliling Orchard, Snacking @Orchard, ke Singapore River dan Raffles Landing Site Naik MRT North South Line (Jurong East-Marina South Pier, Red) bisa di NS22-Orchard atau NS23-Somerset  turun di EW14+NS26-Raffles Place Stn, BELI ES POTONG. 11803.008
22/09/2017 17:00 Merlion Park Jalan Kaki Esplanade Bridge. MAKAN+MINUM FOOD COURT 91473.312
22/09/2017 18:00 Esplanade The Esplanade punya Roof Terrace yang bisa kamu kunjungi secara gratis 0
22/09/2017 20:00 Gardens by the Bay Jalan Kaki Helix Bridge 0
22/09/2017 21:00 Marina Bay Sands “Wonder Full—Light & Water Spectacular”, pertunjukan efek visual, laser dan atraksi cahaya selama 13 menit, setiap jam 8 dan 9.30 malam. 0
22/09/2017 23:00 Ke Golden Mile Complex : Makan Malam-Shalat-Bersih2 Naik MRT Circle Line (Kuning) DT16+CE1-Bayfront turun di CC5-Nicoll Highway Sambung Jalan Kaki. Atau Naik Bus 100 di Fullerton Sq atau nyebrang singapore river (Fullerton Rd) naik Bis 100 di Victoria Concert Hall turun di Opp Golden Mile Cplx-Makan S$15 0
22/09/2017 5:00 Bus Singapore-KL (5-7jam) ke KL TBS atau Berjaya Times Square(kalo sdh terang) Golden Mile Complex : Star Qistna (S$20), Sri Maju (S$20), Seasons (S$25). Golden Mile Tower : StarMart (S$30). easybook.com-redbus.sg 0
22/09/2017 23:00 Bugis Stn-Queen Street Terminal Bus SBS Transit 133 from MBS Theatre bus stop to Bugis Station for 5 stops, then walk to Queen Street Terminal(Singapore Johor Express Terminal).  Causeway Link Bus CW2 (6:00-23:45 S$ 3.30 cash) Singapore-Johor Express/SJE (S$ 3.30 cash), SBS Bus 170 red plate (S$ 1.97 EZ-Link, 2.50 cash) 0
22/09/2017 1:00 Woodland CIQ-Causeway-JB CIQ-JB Larkin Terminal Woodland CIQ bisa naik CW1/CW2/CW5 ke JB CIQ. Naik CW1/CW2 ke JB Larkin Terminal (Cari tiket-Makan Malam-Shalat-Bersih2) NAIK CW2 64916.544
23/09/2017 5:00 JB Larkin Terminal- KL TBS (Terminal Bersepadu Selatan) (4-5jam) 1.Pelangi Express/Transtar-TC37 (RM40, 01:00) 2.Yellowstar Coach Travel/Billion Star Exp-TC49 (RM35, 22:30-00:30-01:00) 3.Transnasional-BT 21-24 (RM34.30, 22:00-23:59-01:00) 4.Starmart Express (RM35, 21.50-22.00-23:59) 5.City Express-Counter 5(RM34.30, 06:30-07:30-23:00-00:30-00:00) 6.Konsortium Bas Ekspres-Counter 31 (RM35, 06:30-07:30-22:15) 7.Meridian Holidays-TC23 (RM34.30, 23:30-00:30)  8.Super Coach Express(RM35, 22:30-00:01) 9.Pacific Express/JB (RM50, 23:59) 10.JB Transliner-TC07 & TC22 (RM35, 21:45-23:55) +ONGKOS BUS+MAKAN+BELI AIR 295003.9
23/09/2017 6:00 KL TBS (Terminal Bersepadu Selatan) Shalat-Bersih2-Sarapan-naik KTM Komuter Seremban/Blue Line ke KL Sentral (Surau  Level 1, 3, 4) (Rest & Go Motel RM20 p/h, RM80 p/n Lot 20 Level 4 TBS) 15160.8
23/09/2017 7:00 KL SENTRAL KL Sentral Shower Room, located along a long corridor which you can enter from Guardian pharmacy at Level 1. RM5+2towel. 6am-9pm. Fasilitas shower juga letaknya dibelakang Concierge juga kok, tidak jauh dari loker, tempat penitipan barang. Kalau kamu mau ke toilet, beloknya ke kanan, ini beloknya ke kiri. SARAPAN DI NU SENTRAL 46114.1
23/09/2017 9:00 Taman Tasik/Perdana Botanical Garden Jalan kaki ke Masjid Negara, RM Police Museum, National Planetarium, Deer Park, KL Orchird Garden, Herbarium 0
23/09/2017 10:00 Dataran Merdeka Jalan kaki ke Sultan Abdul Samad Building, KL Main Library, Music Museum, Textile Museum, Masjid Jamek 0
23/09/2017 12:00 Chinatown/Petaling Street Illusion 3D Art Museum, Keliling China Town 0
23/09/2017 14:00 KL Tower Naik GoKL Bus Purple Line di KotaRaya/Pasar Seni/Bangkok Bank, turun di KL Tower. KL Forest Eco Park, KL Upside Down House RM15 for 15mins (Moghul Mahal’s RM 15 Set Lunch 11.30-14 Naan Set-Two Naan served with Chicken Karahi Aloo Gobi Dal Tadka & salad/ Promotion RM35-2 Pax). Observation Deck RM53, Sky Deck RM105  MONOREL KL SENTRAL-BUKIT BINTANG+BELI KELAPA 31585
23/09/2017 16:00 KLCC Petronas Twin Tower Sky Bridge=RM85, PETRONAS Art Gallery, Petrosains Discovery Centre=RM30 BELI AIR+MAKAN 30005.75
23/09/2017 18:00 KLCC Park KLCC Lake Symphony Light and Sound Water Fountain showtimes are 8pm, 9pm and 9.45pm daily.  MONOREL RAJA CHULAN-KL SENTRAL+PERSEDIAAN 35059.35
23/09/2017 20:00 Bukit Bintang Naik GoKL Bus Purple Line di KLCC, turun di Bukit Bintang. Makan Jalan Alor-Bukit Bintang, (Indian Food @Changkat at the side of Havana) HOTEL 379020
23/09/2017 23:00 Little India (Brickfield, KL Sentral) Naik Monorail di Raja Chulan/AirAsia Bukit Bintang/Imbi ke KL Sentral +MAKAN+MANISAN 124129.05
23/09/2017 23:59 KL  Sentral ke Bandara KLIA2 KLIA Ekspres @KL Sentral RM55(05:00-00:40, every 20m/15 m peak TT 30m). AeroBus RM9 @KL Sentral (03.00-00.30 63 trip daily only to KLIA2, TT 1 hour). Express Airport Coach RM10 @KL Sentral bus station area in Level G (05.00-23.00, every 30m, TT 1 hour). Skybus @KL Sentral/1-Utama only to KLIA2 (05.00-24.00, every 30m, TT 1 hour). Star Shuttle RM10 @Jalan Ipoh Batu 3/Counter 21 (PuduSentral)/in front of MyDin opposite Puduraya (03.00-23.55, 36 trip daily, TT 1 hour) 75804
24/09/2017 5:00 Istirahat KLIA 2, Sebelum gate keberangkatan domestik, ada 1 toilet+shower, tepatnya berada disamping KK – Mart.   Free cold water showers are available on the 4th floor, past the eateries 0
24/09/2017 7:50 Bersih2-Shalat-Sarapan Setelah imigrasi, turun ke ruang tunggu P&Q, sebelah kanan dari eskalator ada toilet+shower. Sama-Sama Express RM42 0
24/09/2017 9:00 Kuala Lumpur-BIM Air Asia 1233968

Salam

Winny

Iklan

42 tanggapan untuk “Backpacker ke Batam, Singapura dan Kuala Lumpur dalam 3 Hari

  1. kangeen jalan-jalaan hiksss…
    btw aq wkt ke sg taun lalu makan di dkt stasiun mrt (lupa dimana, hahaha) makan nasi+ayam dan telur mata sapi skitar 2,8 sgd. dan setiaaap hari sama adek diajak makan disana karena murah. sampe bosan hahahaha

  2. Hmm ternyata trik via Batam masih cukup ampuh juga ya Win. Kukira dengan menjamurnya maskapai LCC dengan rute ke Singapore, beda dengan perjalanan via Batam ini nggak akan beda banyak! Ternyata masih bisa jadi lumayan yah, hmmm

  3. Wow, ini travelling terbaru ya kah?

    Ternyata, diantara ngara2 ASEAN, udah 5 ngra ya yang Mbak Winny kunjungi. Hbat yg suka travelling, aku jd kepengen *dg muka mupeng

    3 tmpat dlm 3 hari, luar biasa.

  4. Wow, ini travelling terbaru ya kan?

    Ternyata, diantara ngara2 ASEAN, udah 5 ngra ya yang Mbak Winny kunjungi. Hbat yg suka travelling, aku jd kepengen *dg muka mupeng

    3 tmpat dlm 3 hari, luar biasa.

  5. Naik Batam fast wah aku jadi teringat kalau udah tugas dinas ke Batam pasti mampir Ke SG ada yg pergi pagi pulang malam. Belum lagi nemenin tamu tamu Dari Jakarta yg pastinya manfaatkan momen ke Batam dengan mampir di negeri seberang ini thanks sharingnya kak Winny.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s