Perjalanan Tak Berujung


Your lost friends are not dead, but gone before; advanced a stage or two upon that road which you must travel in the steps they trod

By Aristophanes

 

Hello World!

Ciwandan, 4 Maret 2017

Pagi hari terbangun di kota Industri dengan sempoyongan melihat mention Twitter dari Kak Indri dan Kak Bijo.

Huhuuhu  inget gak kita ditelponin 
mz  buat beliin kain di Toraja Galuguh Dua.
 Sampe sekarang blum ketemu lg. 😭😭

Antara percaya dan tidak percaya, ada apa gerangan.

Kenapa tiba-tiba ada status seolah kehilangan atau apa.

Antara sadar dan tidak kemudian aku membalas dengan jawaban bodoh

Ayo kapan kita nongkrong lagi?

Kemudian dengan curiga aku lagi-lagi meriksa status teman-teman Blogger di Twitter dan Facebook, ternyata oh ternyata Blogger No.1 Indonesia telah berpulang.

إِنَّا للهِ وَإِنَّـا إِلَيْهِ رَاجِعونَ

We surely belong to Allah and to Him we shall return

 

Antara kaget, shock dan tidak percaya dengan informasi yang bertaburan di MEDIA SOCIAL. Bukan apa-apa 2 minggu lalu lebih tepatnya Kak Cumi alias disapa Mas Toro mengirimkan Whatsapp berisi ajakan untuk mengikuti acara untuk tanggal 9 Maret 2017.

Win berapa ratemu?, tanya almarhum via Whatsapp

Aku kalau kak Cumi terserah dah, yang penting ama kakak, jawabku

Siapa sangka ternyata sapaan whatsapp itu jadi pembicaraan terakhir kami.

Pertemuan Terakhir

Sejak pindah ke Ciwandan per Natal 2016 lalu maka kegiatan bolak-balik Jakarta-Ciwandan sudah menjadi rutinitas bagiku. Entah suatu ketika tepatnya bulan Januari, Yuki mengajak ketemuan denganku dengan beberapa teman Blogger lainnya. Ternyata banyak yang datang termasuk kak Cumi, Rinta, Suci, Choki dan Bobby, tepatnya di Sarinah. Di Sarinah kami menghabiskan malam minggu bersama dan masih segar diingatan pesan yang disebarkan oleh Kak Cumi “kejar akhiratmu”. Sebagai Blogger terkenal, dia orangnya baik hati, tidak pelit ilmu bahkan dibalik kekancutannya sholatnya tidak pernah tinggal dan rajin puasa Sunah.

Pertemuan Pertama

Pertemua pertama dengan kak Cumi sebenarnya dari Buka Puasa bareng sekitar tahun 2013, walau Blognya terkenal dengan warna warni namun dia sangat aku kagumi. Bahasanya sederhana, namun penuh informatif bahkan kalau mencari di penelusuran Google, acap kali tulisannya paling atas.

Aku tidak bisa merangkai kata, jadi ya aku membuat khas diriku biar dikenal orang,
begitu katanya

Entah sejak kapan tapi yang pasti sosok kak Cumi menjadi salah teman Blogger yang sering jumpa dan baik hati. Bahkan beliau lah satu-satunya Blogger yang suka “menghina” dalam kutip menghina dalam cara baik kepadaku. Khususnya ketika aku dan Kak Indri melakukan perjalanan ke Toraja akhir tahun 2015. Saat itu seperti biasa HP ku sering mati dan paket internetku habis. Dia ingin memesan selendang di Desa Galuguh karena ingin membayar Nasarnya kepada ibu yang pernah dia jumpain. Terus setelah kami belikan ternyata kainnya dikasih cuma-cuma kepadaku dan Kak Indri.

Bayangin, dibelain nelpon buat nitip selendang terus dikasih ke kami, kurang terharu apa coba?

Sejak itu aku sering dikecengin “Blogger tidak punya paket internet”.

Terus sering kali ejekan itu jadi bahan ketika bertemu, namun entah kenapa justru ejekan itu jadi kedekatanku dengan Almarhum, serasa memiliki sahabat yang tahu keburukan kita.

Padang, Trip Pertama dan Terakhir

Tahun 2016 aku mendapat kesempatan trip bareng Kak Cumi dengan Blogger lainnya ke Sumatera Barat dari Kementrian Pariwisata. Siapa sangkat trip ke Sumatera Barat menjadi trip pertama terakhir dengan Kak Cumi. Selama trip di Sumatera Barat banyak pelajaran serta kenangan indah bersama kak Cumi. Hal yang paling aku ingat betapa kak cumi memberikan nasehat dan kalimat “manja” nya yang tak terlupakan. Bahkan dia sering memberikan masukan untuk sering Blog Walking. Yes dia memang Blogger yang suka BW dan rajin serta salah satu orang yang sekali mempost langsung antri untuk meninggalkan komen. Maklum dia itu “rajin” dan “ramah” serta sudah memiliki “fans sendiri”.

Selama trip di Sumatera Barat, dia mengajari untuk mengeluarkan uneg-uneg di Instagram serta yang paling penting adalah di sangat semangat ketika berbicara tentang sholat. Paling tidak dibalik gaya nya menunjukkan aurat namun ada sosok yang mengingat ALLAH.

Win, ini Doa yang sering aku baca ketika habis sholat

Jangan lupa puasa, kalau bisa puasa Daud, Insyaallah rezeki pasti datang

Ingat, kejar akhiratmu!

Yang paling sedih lagi ketika kami sudah berjanji akan melakukan pengajian di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta. Sayang saat diajak bertepatan waktu itu aku tidak bisa!

Banyak sekali kenangan dengan Kak Cumi, namun yang pasti tempatnya special di hatiku karena dia lah satu-satunya yang menasehati serta memberikan arahan yang baik.

Win, kamu mainnya ke LN mulu tapi masih fakir wifi, kata kak Cumi

Bukan hanya itu saja “kaesang lelah”, “gosip maja” serta hal yang diberikan nya akan selalu terkenang.

Selamat jalan Kak Cumi, you always on my heart!

*Tulisan ini khusus kepada Kak Cumi yang telah berpulang menuju ke Perjalanan Tak Berujung!

Salam

Winny

Iklan

96 tanggapan untuk “Perjalanan Tak Berujung

  1. Belum pernah ketemu almarhum, tapi jelas namanya sudah akrab di mata dan telinga. Semoga semangat berbagi dan hal-hal positif dari almarhum selalu bisa jadi inspirasi. Aamiin.

  2. iya bener mbak. aku baru ketemu cuma sekali tapi rasanya udah bisa akrab banget. seneng banget bisa ketemu sama beliau. ramah, baik hati, dan selalu ngasih nasihat. pas di mobil waktu menuju ke gunung kidul juga beliau ngasih nasihat banyak banget. plus sambil ngejekin sih. tapi gak tau kenapa diejekin om cumi tuh nggak bikin marah.
    😦 😦 😦

  3. oh tuhan, saya tak percaya kalau beliau telah tiada. ternyata pertemuan pertamamu dengan mas cumi juga pertemuan pertama saya dengan beliau. masih nggak percaya nih, cepat sekali beliau meninggalkan kita, saya masih ingin bertemu beliau dan banyak belajar soal bagaimana menjadi blogger yang baik. semoga beliau diterima di sisi-nya. dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan. saya terkenang banget soal obrolan-obrolan dan saran-sarannya, bahkan kendati kami baru pertama kali bertemu. tak banyak orang yang sebaik beliau.

  4. cuma kenal beliau dari cerita orang dan pernah kaget karena doi pernah BW ke blog saya. duh, ternyata memang dia orangnya ramah di dunia nyata dan maya ya. Ikut merasa kehilangan walau tak pernah jumpa.

    Kesan yang beliau tinggalkan pasti besar ya buat dirimu mbak Winny. Kemaren baca IG mbak Pungky ternyata kutipan “kejar akhirat” itu ada dikasih ke semua orang ya. Semoga amalan beliau melapangkan jalannya ke sisi terbaik Tuhan YME.

  5. Serius Win? Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Mas cumi ini pernah BW ke blog ku. Dan aku kaget secara blogger kece gitu. Aku kadang kalo nyari tentang travelling suka baca blognya. Semoga kebaikannya berbagi di blog menjadi amal ya Win. Aamiin.

  6. Aku juga kaget tadi tmn jurnalis ada yg bilang pas liputan. Terkenal banget ya kak cumi lebay. Belum sempat kenal maupun ketemu, tp dia pernah komen di blog aku.. hhuhuhu memang umur tidak ada yang tahu. Tante Evi Indrawanto pernah bilang org nya sih baik spti yg km sebut ga tinggal shalat dan puasa sunahnya rajin, cuma yah…

  7. Ya ampun mbak sedih ya. Btw aku sampe skrg juga masih ga percaya.
    Padahal seminggu yg lalu, mascum hubungin aku dan ngajakin jalan ke Tumpak Sewu.

    Tapi namanya umur memang rahasia.

    Dulu awal diajakin ketemu ama mascum antara percaya dan gak, soalnya pikiranku blogger papan atas gt kdg masi ada yg pandang bulu, dimintain followback aja gamau harus ngemis2, lah ini mascum mala ngajakin ketemuan.

    Kalaupun dia lagi pergi ke LN, dititipin apapun ya gak keberatan.

    Aku jadi rindu mascum 😭

    Semoga dia tenang dan senang disana bersama-Nya mbak win.

  8. Turut berduka ya mb Winny. Saya blm sempet ktm malahan. Innalillahi wa innailaihi raajiuun. Semoga kembali di tempat yang terbaik. Sekaligus mjd pengingat kita semua. Barakallahu..

  9. Inna lillahi wainnailahi roji’un . Semoga semua amal ibadah dan kebaikannya diterima Alloh SWT dan mendapat tempat yang terbaik. Ya, Alloh beneran ini win ya? Aduh kukira tweet mu itu mimpi. Aku nggak ngeh x, karena jaringan putus2. Soalnya aku gak baca lengkap2 cerita dari teman yang lain di tweeter. Cuma kamu,trus bartzap dan mas salmanbiroe. Cuma kemarin aku mikirnya aneh, ada apa ya? Tapi nggak bs korek lagi karena tau sendirilah Kalo model jaringan satu2 gini. Padahal blogger kondang, tapi dia baik banget mau ngajari aku yang newbie ini walaupun belum ketemu. Dan salutnya dia nggak pilih pilih orangnya, aku yang ibarat anak kecil baru mulai berjalan dalam ngeblog nih dia mau followback aku tanpa kuminta.#huhuhu #sedih padahal ada niatan mau ke Jakarta nak jumpa dia.

  10. Innalilahi wa innailaihi roji’uun. Kaget juga kemarin lihat di twitter. Almarhum beberapa kali mampir ke blog ku juga, Win. Semoga meninggal dalam keadaan baik ya, Aamiin 🙂

  11. Masih kebayang mas Cumi. Belum pernah ketemu tapi kayak kenal banget. Tulisanya cermin diri. Orangnya baik, ramah, dan setelah baca2 cerita dari blogger lain ternyata mas Cumi emang baik banget, ramah, rajin ibadah.
    Mas cumi pernah bilang ke aku “bikin cerita manja versi kamu, jangan baca punya orang terus.”
    😭
    Aku rasa Mas Cumi satu-satunya, the one and only blogger Tanah Air yang suka baca blog orang lain-siapapun dan rajin meninggalkan komentar.

    Perjalanan tak berujung. Mas Cumi benar-benar paham makna perjalanan sebenarnya. Selamat jalan Mas Cumi (Mas Toro), selamat memulai perjalanan tak berujung yang sesungguhnya sampai tiba harinya.
    :’)

  12. Masih kebayang mas Cumi. Belum pernah ketemu tapi kayak kenal banget. Tulisanya cermin diri. Orangnya baik, ramah, dan setelah baca2 cerita dari blogger lain ternyata mas Cumi emang baik banget, ramah, rajin ibadah.
    Mas cumi pernah bilang ke aku “bikin cerita manja versi kamu, jangan baca punya orang terus.”
    😭
    Aku rasa Mas Cumi satu-satunya, the one and only blogger Tanah Air yang suka baca blog orang lain-siapapun dan rajin meninggalkan komentar.

    Perjalanan tak berujung. Mas Cumi benar-benar paham makna perjalanan sebenarnya. Selamat jalan Mas Cumi (Mas Toro), selamat memulai perjalanan tak berujung yang sesungguhnya sampai tiba harinya.
    :’)

  13. Inalilahi..aku ga kenal in person tapi dia sering BW juga di blogku Win. Yah ga ada lg deh blogger unik kayak dia, yg foto wisata kulinernya jd referensiku selama ini

  14. “Semoga kita terus selalu ingat mengejar akhirat dimana pun kita berada.” Kira-kira seperti itu lah komen om cumi di facebookku.

    Winny orang beruntung pernah jalan dengan om cumi… heheh aku sempat menyelip harapan bisa jalan bareng sama si Kaesang satu ini.

    Sempat kemaren seharian mager banget pas menemui berita tentang om cumi. Sedih banget… jelas ; rasanya masih nggk percaya — sebab terbayang senyum riang manja dia yg di IG maupun di blog.

    Semoga om cumi menempatkan tempat terbaik dan terindah di sisi Allah. 🙂

  15. Innalillahi wa inna ilaihi rajiuun.. belum pernah ketemu sih, tapi tidak asing lah bagi blogger indonesia. Nama yg masyhur dlm public wordpress.. semoga khusnul khatimah. Aamiin..

  16. baca kabar ini kemarin kayak nggak percaya juga, belum pernah ketemu padahal

    tadinya kk cuma silent readernya aja, malas komen karena kancut melulu he… he.. dan dia seleblog yg komennya udah ratusan, emang diperhatiin gitu sama dia?

    tapi dia akhirnya yg komen di blogku duluan, sekali komen bisa sampai 4 posting, akhirnya deh aku kasih komen ke blognya,
    baru aja sebulan lalu tau jadwal updatenya tiap Kamis, dan mau panengin supaya cepat kasih komen …
    semoga husnul khotimah mas Cum

  17. Gak kenal juga dengan Cumilebay tapi beliau pernah BW ke blog aku juga dan ninggalin comment.. Masih gak percaya juga kalau beliau sudah gak ada.. Gone too soon.. May he rest in peace, Win..

  18. Masih teringat dengan jelas saat dia mampir ke Blogku, tiap nggak ada tulisan baru, dia selalu protes. Dan itu yang membuatku termotivasi untuk nulis terus dan terus. Tanpa aku sadari, Om Cumi memberi semangat untukku agar terus menulis. Kaget dan nggak nyangka waktu di beritahu Bang Halim kalau Om Cumi Meninggal. Semoga ditempatkan ditempat yang paling baik di sana. Amiiin.

  19. kematian memang rahasia Allah swt …. waktu pertama kali dapat kabar … saya ngga percaya, yah … ternyata memang benar adanya.
    tak disangka dibalik kekancutannya ternyata menyimpan amalan2 yang baik .. semoga iman Islam dan amalannya di terima di sisi yang Maha Kuasa Allah swt … aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s