Mimpi Jadi Nyata di Hagia Sophia, Istanbul


There is always a sadness about packing. I guess you wonder if where you’re going is as good as where you’ve been

By Richard Proenneke

hagia-sophia
Hagia Sophia

Hello World!
Turki, 2 Oktober 2016

Kembali ke 2 tahun silam ketika aku membaca satu artikel tentang Mosaik Agama Kristen kemudian ada Tulisan Kaligrafi Allah dan Muhammad berdampingan dalam satu tempat bernama Hagia Sophia. Sejak saat itu aku penasaran berat dengan Hagia Sophia dan ingin sekali mengunjunginya. Apalagi pernah baca kalau Babang Dude Harlino dan Allisa berbulan madu di Turki dan berada di Hagia Sophia sehingga makin pengen deh daku mengunjungi  kota Kostatinopel, nama lama Istanbul. Karena keinginan mendalam akhirnya ketika aku mendapatkan tiket promo ke Iran malah sekalian jalan ke Turki semua demi bela-belain melihat Hagia Sophia. Habis kalau menarik saja yang dulunya sebuah Gereja berubah menjadi Masjid kemudian menjadi Museum.

sultan-ahmed-turkey
Hagia Sophia

Hagia Sophia merupakan situs bersejarah paling banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai mancanegara. Bangunan ini awalnya Gereja kemudian jadi Masjid lalu menjadi Museum. Gedung Hagia Sophia sekarang merupakan bangunan yang dibangun ketiga kalinya. Pertama kali dibangun abad ke 4 masa Kaisar Konstantinus Agung kemudian hancur tahun 404 karena pada terjadi kerusuhan. Kemudian tahun 415 dibangun lagi Gereja ini atas perintah Kaisar Theodosius II namun dibakar tahun 532 dan menjadi rata karena pemberontakan Nika. Kemudian proses pembanguannya dilakukan terus menerus hingga selesai tahun 537 pada era Kaisar Justinian I yang menjadi Gereja Ortodoks. Hagia Sophia selama kurang lebih seribu tahun menjadi bangunan terbesar pertama di dunia dengan interior dan kubah yang megah serta adanya mosaik Yesus dan Maria. Kemudian pada masa Sultan Ottoman, Mehmet II menaklukkan Kota Istanbul tahun 1453 kemudian dia menetepkan Hagia Sophia menjadi masjid. Beberapa salib marmer dipindahkan dan lambang-lambang Kristiani dikaburkan selebihnya dibiarkan gereja apa adanya. Penambahan lain yang dia buat adalah menambah empat minaret di sudut masjid dan menambahkan Kaligrafi ALLAH dan MUHAMMAD didalamnya. Sehingga terjadilah Hagia Sophia memiliki Gambar Yesus dan kaligrapi ALLAH-MUHAMMAD di dalam satu tempat. Kemudian tahun 1953 masa presiden pertama Republik Turki Mustafa Kemal Ataturk merubah fungsi Hagia Sophia menjadi museum

(Sumber Travel Awan)

istanbul-turki
Hagia Sophia
"I want to see Hagia Sophia, kataku kepada Kosan

"For sure, Winny", kata Kosan.

Bersama Mbak Ninik dan Kosan kami menuju ke Hagia Sophia setelah puas mengunjungi Basilica Cistern di Istanbul. Memang lokasi wisata populer Istanbul seperti Blue Mosque, Basilica Cistern dan Hagia Sophia berada dalam satu kawasan, sama-sama berada di area Sultanahmad dan dekat satu sama lain. Bahkan area Sultanahmad merupakan area favorite turis sehingga tidak heran banyak turis di area ini termasuk kami. Bedanya kami memiliki teman lokal asli Turki yang baik dan menemani kami selama trip Turki.

hagia-sophia-istanbul-turkey
Hagia Sophia

Dengan Museum pass kami masuk ke Hagia Sophia. Untungnya kami memiliki Museum Pass Turki sehingga mudah dalam akses masuknya dan praktis. Pintu masuknya dari samping dan kami memasukkan museum pass kami lalu melewati pintu. Mirip seperti tapping e-money pas di halte busway. Dari samping kelihatan warna Hagia Sophia merah jambu.  Dari samping Hagia Sophia, terdapat taman yang berisi batuan dengan ukuran yang besar-besar yang menarik buatku. Saat melihat bebatuan di Hagia Sophia aku malah teringat akan Batutumonga di Toraja. Terus batu-batuan di Hagia Sophia ada tulisannya hingga kami mengikuti tanda informasi yang bertuliskan “Giris”.

Bertiga kami masuk dan ternayata banyak sekali wisatawan. Hal menarik dalam Hagia Sohphia adalah langit-langitnya yang menakjubkan. Kemudian ornamen umat Kristen berupa mozaik. Siapa sangka Museum Hagia Sophia pernah jadi Gereja dan kemudian jadi Masjid .

Aku begitu antusias ketika masuk karena memang aku sangat suka dengan peninggalan sejarah karena aku tak habis pikir kenapa masih ada sampai sekarang, bukti masa lampau!

turki
Hagia Sophia

Memasuki Hagia Sophia yang paling diminati adalah photo dengan Kaligrapi Allah dan Muhammad yang dibelakangnya ada Gambar Maria.

"Dream comes true", saat memandangi langit Hagia Sophia

Cukup susah untuk mendapatkan photo disana karena harus antri sebab banyak peminat yang ingin mengabadikan icon Hagia Sophia. Karena hanya ada di Istanbul dan cukup unik terutama dari sejarahnya.

"Hey give me your camera", kata Kosan kepadaku

Entah sejak kapan si kawan ini jadi suka mengambil photoku dan tentu saja aku senang maklum sebagai narsis tingkat akut, jika ada yang motoin rasanya senang sekali 🙂

Terus hasil photonya bagus pula apa gak makin senang 🙂

hagia-sophia-turkey
Hagia Sophia

Puas mengamati lantai 1, Kosan mengajakku dan Mbak Ninik ke lantai 2 Hagia Sophia untuk melihat the upper floor Gallery. Kami bertiga melewati lorong dengan jalanan yang menanjak dan remang-remang, penghubung lantai 1 dan 2. Disamping jalan terdapat papan informasi berisi “the stairs to 2nd floor is not wheel chair friendly”. Untungnya perjalanan dengan efek cahaya redup tidak mengganggu kami karena kami bertiga santai dalam berjalan menuju ke lantai 2 karena meski jalanan tidak rata namun terbuat dari semen.

Berjalan bertiga itu seru sekali!!

Sesampai di lantai 2 Hagia Sophia, aku terkesima dengan mosaik yang masih tersisa.

"Take a look this, wow i can not believe it", kataku kepada Kosan dengan menunjukan Mosaik di lantai 2. 

"Yes that was taken from the past", kata Kosan
aya-sophia-istanbul-turkey
Hagia Sophia
"Keren sekali ya Hagia Sophia ini", kata Mbak Ninik kepadaku.
"Mengunjungi Hagia Sophia ini impian ku banget mbak Nik", kataku kepada Mbak Ninik

Tidak hanya mosaik yang keren di dalam Hagia Sophia, selain kaligrafi Allah dan Nabi Muhammad SAW, terdapat kaligrafi Islam lainnya berupa 4 kalifah: Abu Bakar, Umar, Uthman dan Ali, kemudian dua cucu Nabi Muhammad SAW Hasan dan Husein.

Hagia Sophia emang unik!!

aya-sophia-turkey
Hagia Sophia
"This is ridiculous, its suppose to be Mosque not museum, Kata Kosan kepada kami

"Sultan wants Hagia Sophia still becomes Mosque"

"But do you know why they change it to be Museum?" katanya dengan berapi-api

"For tourist", katanya

Entah angin apa yang membuat kami bertiga di Hagia Sophia malah asik bercerita tepatnya di lantai 2 dan saling curhat mulai dari curhat masalah percintaan sampai curhat politik. Hello, ini lagi di Hagia Sophia kok malah curcol.

hagia-sophia-istanbul
Hagia Sophia

Aku juga sangat suka dengan pemandangan Sultan Ahmed dari lantai 2 Hagia Sophia karena melihat Blue Mosque diseberang nan rupawan. Perjalanan ke Turki ini benar-benar sangat aku nikmati karena selain perjuangan ke Turki, aku sangat senang karena akhirnya dapat mewujudkan mengunjungi tempat-tempat yang ada di dalam bucket list.

"Senang", begini rasanya jika mimpi jadi nyata :)
aya-sophia-istanbul
Hagia Sophia

Puas dengan Hagia Sophia kami bertiga meneruni lorong yang sama kemudian duduk sambil menonton sejarah Hagia Sophia dengan pengunjung lainnya. Karena persis di samping lorong ke atas terdapat ruangan berisi TV dan tempat duduk jadi menambah wawasan sejarah Hagia Sophia.

"Lets go, we need to eat", kata Kosan kepadaku dan Mbak Ninik
yang mengakhiri tur Hagia Sophia kami.
aya-sophia
Hagia Sophia

 

Harga tiket masuk Hagia Sophia

30 TL (termasuk paket jika membeli kartu museum pass)

Jam buka Hagia Sophia

09:00-19:00, senin tutup

Cara ke Hagia Sophia

Naik trem jalur T1 turun di Sulatanahmed

Alamat Hagia Sophia (Ayasofya Muzesi)

Ayasofyan Meydani, Sultanahmet

Fatih/Istanbul

Turkey

Salam
Winny

Iklan

49 tanggapan untuk “Mimpi Jadi Nyata di Hagia Sophia, Istanbul

  1. ahh rasanya pengen bisa kesana 😂😂, semoga kapan-kapan jadi nyata gak cuma baca di blognya mbak winny Huahahah

    rasa-rasanya masuk ke bangunan-bangunan di Turkey ini seolah-olah diajak melihat masa lalu secara langsung ya mbak.

    Bangunannya yang cantik dan indah-indah 😁

  2. Salah satu tempat yg paling ingin dikunjungi ni mbak.. Paling mengharukan kalau tahu sejarahnya sambil langsung ngeliatnya dari dekat.. Nice photos mbak!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s