Golestan Palace dan Keindahan Persia


“It isn’t what you have or who you are or where you are or what you are doing that makes you happy or unhappy. It is what you think about it.”
By Dale Carnegie

goleston-palace-tehran-iram

Hello World

Iran, September 2016

Aku ingin ke Iran!! Begitu kataku kepada teman-temanku dan langsung muka mereka heran tak percaya. Secara Iran itu identik dengan negara Embargo, berbahaya dan jarang orang melakukan perjalanan ke Iran terus aku perginya backpackeran lagi tanpa embel-embel tourguide. Bahkan saat minta izin kepada bosku dia seakan tak percaya “awas jadi ISIS” begitu katanya. Terus tanpa memperdulikan stigma negative tentang Iran, aku mah jalan saja maklum sudah penasaran dengan Persia. Dan ternyata perjalanan ke Iran itu sungguh menarik karena bertemu dengan orang Iran yang super ramah-ramah, suka dengan bangunannya yang cakep abis serta negaranya modern dan suka abis dengan Keramiknya yang mirip lukisan di dinding, cakep!!

Benar-benar indah!

Goleston Palace
Goleston Palace

Saat hendak backpacking ke Tehran sebelumnya aku sudah mencari must visit Tehran dan dari mesin pencari maka salah satunya adalah Goleston Palace. Alhasil Goleston Palace masuk kedalam tempat wisata yang harus dikunjungi di Tehran, Iran. Bahkan di hari pertama aku dan Mbak Ninik di Tehran, Iran kami langsung menuju ke Goleston Palace setelah puas melihat kegiatan warga lokal Iran di Grand Bazaar.

Goleston Palace sendiri berarti Tanah Bunga Mawar berasal dari kata Gol (mawar), dan Stan (tanah atau tempat). Goleston Palace merupakan World Heritage oleh UNESCO dan dibangun tahun 1524. Waktu itu dibawah pemerintahan Raja Raja Tahmasp I. Goleston Palace sendiri merupakan tembok atau benteng yang mengelilingi Pusat Kota (Citadel). Terus Goleston Palace ini dulunya sebagai Istana Raja Persia.

Hal yang paling aku suka dari Goleston Palace itu ornamen ala Persia, dindingnya itu membuatku berdecak kagum!

Goleston Palace
Goleston Palace

Waktu memasuki Goleston Palace, teman kami orang Iran menyarankan kami membayar tiket terusan Hall nya saja dengan tiket masuk 300,000 Rial. Masuk kedalam pintu masuk, kami pun menyerahkan uang kepada petugas kemudian kami diberikan tiket masuk.

Tempat pertama yang kami kunjungi itu Marble Throne yang dibangun tahun 1806. Terdiri dari kaca, dan marmer berwarna kuning.  Aku dan Mbak Ninik masuk kedalam bangunan dan mengamati keindahan marmernya bahkan terdapat kaca yang lumayan besar.

Goleston Palace
Goleston Palace

Hal menarik lainya dari Goleston Palace adalah tamannya yang tertata rapi, dengan pepohonan rimbun. Aku dan Mbak Ninik sangat betah lama-lama duduk di bangku sambil menikmati bangunan didepan kami. Bahkan disekitar Goleston Palace banyak sekali air minum yang bisa langsung diminum jadi tidak perlu membeli minuman, hemat cin 😀

Setelah dari Marble Throne kami ke  Howz Khaneh (Pond House) yang berguna sebagai kamar musim panas pada masa era Qajar. Masuk kedalam lagi-lagi aku kagum dengan marmernya. Cakep!

Di dalam bangunan juga ada bekas air yang rupanya dulu sebagai sumber air untuk kebun yang ada di Istana.

Howz Khaneh
Goleston Palace

Tempat terkenal lainya di dalam Goleston Palace adalah The Mirror Hall , sayangnya kalau mau masuk bayar lagi, akhirnya aku dan Mbak Ninik malah memilih melewatinya.

Bangunan yang paling aku suka di Goleston Palace itu Shams Ol Emareh karena atapnya dengan kaca warna putih disekelilingnya. Serta ada jam ditengah bangunan.

Goleston Palace
Goleston Palace

Aku sangat terkesan dengan Di Goleston Palace karena sejarah dibalinya menarik dimulai di bangun era Tahmasp I dari Dinansti Safavid (1502-1736) kemudian direnovasi era Dinasti Zand (1750-1779) kemudian era Qajar memilih Tehran sebagai ibukota negara Iran dan Goleston Palace menjadi tempat istana Dinasti Qajar kemudian era Pahlavi (1925-1979) membuat upacara/jamuan penting di Museum Hall dan Marble Throne.

 

Goleston Palace
Goleston Palace

Tips travelling ke Goleston Palace

1.Jika tidak suka dengan wisata yang berbaur bangunan sebaiknya tidak mengunjungi Goleston Palace

2.Bagi penyuka marmer dan ingin tahu bentuk Istana Persia maka disarankan masuk kedalam Goleston Palace

3. Masuk ke dalam wisata Goleston Palace bervariasi, jadi masuk ke Hall saja 300, 000 Rial dan jika ingin masuk kedalam Museumnya bayar lagi

4. Ada air minum gratis di Goleston Palace jadi tinggal bawa tempat minum ambil di keran

5. Pakaian di Iran itu untuk wanita terutup dan jilbabnya boleh memakai jilbab ala Marsha and the bear

Goleston Palace
Goleston Palace
Jadwal Buka Goleston Palace
Harga Tiket Masuk Goleston Palace
300,000 Rial
Alamat Goleston Palace
District 12, Panzdah-e Khordad Square
Tehran Iran
Shams ol Emareh
Goleston Palace
Kamu termasuk penyuka Istana?

Salam

Winny

Iklan

79 tanggapan untuk “Golestan Palace dan Keindahan Persia

  1. Mozaiknya, demi Tuhan. Memang kebudayaan Asia Tengah itu betul-betul kaya dengan mozaik bangunan, Persia dan Iran memang kaya banget dengan peninggalan budaya zaman prasejarah, sepertinya termasuk salah satu tinggalan budaya manusia pertama di dunia. Kepengin deh ke sana buat jelajah Persia masa lalu. Maklum dekat dengan Babilonia jadi pasti peninggalan arkeologi di sana sangat kaya. Duh masih gelap nih soal sejarah Iran dan sekitarnya, haha. Tapi melihat mozaik dari keramik dan marmer kecil-kecil itu, mereka pasti punya teknologi bangunan yang maju, ya.

  2. Mbaa Winn,, maaf yaa aku lebay tpi I just wanna say…. astagaa mba Winn dirimu udah nyampe di Persia aja, salah satu negara yang aku sukaaa.. omaigatt, beteweh istananya cantik banget trus fotonya mba Winn yang pertama aku sukaa

  3. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny…. alhamdulillah, berkat menabung dan merealisasikan impian, pasti apa yang diingini akan tercapai. Senang membaca travelog Winny ke luar negara. Tidak menyangka lokasinya juga ke negara Iran. Banyak tinggalan khazanah yang cantik masih kekal di sana ya. Semoga sihat selalu Win…Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  4. Terus terang saya belum ada niat ke Iran tapi setelah melihat psotinganya mbak Gak nyangka ya Iran sangat indah apalagi kebudayaan Persia ini sangat menarik sekali ya, boleh dong ngulik ngulik postingan nya mbak winny sekedar menjadikan referensi saya mudah mudahan dapat inspirasi untuk segera mengunjungi negeri yang sangat indah ini Terima kasih mbak Winny

  5. Peradaban persia emang mahakarya banget. Nggak hanya ukiran dan mozaik2nya aja, mbak. Kalau di Islam ‘kan ada jenis-jenis lagam baca al-Qur’an, nah itu tuh baru ada pada saat Pemimpin Islam berada di bangsa Persia. Keren emang. Top.

  6. Jadi ingat India. Banyak bangunan di India, terutama yang merupakan peninggalan dinasti Mughal, terpengaruh oleh kebudayaan Persia. Keren yaaa, di tahun segitu mereka sudah bisa membuat bangunan megah yang rumit dan luar biasa indah. Plus mereka juga menyebarkan pengaruhnya ke negara-negara tetangga mereka.

      1. Arrrggghhhh makin bikin mupeng aja. Karena sebenarnya Iran ini sudah masuk daftarku sejak lamaaaaaa banget. Cuma karena keterbatasan info, jadinya aku tunda-tunda dulu. Aku malah lebih rela nunda ke Eropa deh daripada ke Iran 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s