20 Pilihan Wisata Menarik di Jawa Tengah


Hustle isn’t just working on the things you like. It means doing the things you don’t enjoy so you can do the things you love.”

By Unknown

Karimun Jawa13

 

Hello World

Jawa Tengah, September 2016

Jawa Tengah memiliki bermacam wisata menarik untuk dikunjungi mulai dari Candi Borobudur yang sudah terkenal sesentaro dunia, hingga kepada pantai bersih di Karimun Jawa bahkan salah satu museum kece di Indonesia itu ada di Sangiran, Jawa Tengah. Aku sendiri hanya bisa mengunjungi objek wisata di Jawa Tengah baru sedikit dari ribuan objek wisata Jawa Tengah.

20 Pilihan Wisata Menarik di Jawa Tengah

1. Candi Borobudur

Borobudur
Borobudur

Candi Borobudur merupakan Candi tercantik yang pernah aku kunjungi karena latar belakang pegunungan. Bahkan mengunjungi Candi Borobudur ibarat mimpi jadi nyata secara waktu kecil baca tentang Borobudur terus begitu iri melihat photo tetangga dengan Candi Borobudur terus dalam hari waktu sekolah dalu “Suatu saat aku harus mengunjungi Borobudur”. Tahun 2013 aku berhasil menginjakkan kaki ke Borobudur bertepatan hari Waisak menemani temanku Yessi yang hendak beribadah di Borobudur, dan kebetulan sekali masuknya gratis pula. Pas menginjakkan kaki di Borobodur aku terharu, terharu karena orang biasa dari keluarga biasa dari kampung nan jauh di Padangsidempuan sana bisa meraih keinginan untuk mengunjungi tempat yang aku kagumi yang sering aku lihat di buku RPUL ku waktu sekolah. Dan memang benar kata Paulo Coelho, “and when you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it”.

2. Karimun Jawa

Karimun Jawa
Karimun Jawa

Karimun Jawa merupakan wisata pilihan yang wajib masuk kedalam daftar wisata jika berada di Jawa Tengah. Kenapa? Karena Karimun Jawa sangat cantik bisa melihat pasir putih, snorkeling, hingga menikmati sunset di Pantai Gelam. Bahkan ada mangroove di Karimun Jawa. Jika mengunjungi Karimun Jawa maka one day tour keliling Pulaunya patut dicoba, tak akan menyesal apalagi Pulau Gosong duh cakep banget!

3.Sangiran

museum purba sangiran
Museum Purba Sangiran

Aku itu pecinta museum loh, nah dari dari museum yang pernah aku kunjungi di Indonesia, Museum Purba Sangiran merupakan top list dan yang paling aku suka. Bahkan sewaktu aku bawa temanku dari Swiss, dia sangat takjub akan koleksi Purba di Museum Purba Sangiran.

3. Dieng Plateu

dieng plateu
Dieng Plateu

Pertama kali ke Dieng tahun 2013 beramai-ramai dengan teman sekantor. Dan wisata Dieng paling memuaskan karena paling lengkap mulai dari Kawah, Gunung, Candi hingga Telaga Warna. Telaga Warna Dieng yang paling menarik karena memiliki dua warna berbeda dan apik sehingga tidak heran banyak sekali wisatawan lokal berlibur di Dieng, Jawa Tengah.

4.Candi Cetho

Candi Cetho di senja hari
Candi Cetho

Mengunjungi Candi Cetho di tahun 2014 bersama teman kantor dan Candinya Vulgar hahha tapi pemandangan Gunungnya apik. Sayangnya kami sampai ke Candi Cetho sore hari sehingga kurang puas mengelilingi Candi Cetho namun kami beruntung karena sunset dengan latar belakang Candi itu indah sekali. Jadi masukkan Candi Cetho kedalam wisata jika ke Jawa Tengah

5. Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu
Lawang Sewu

Semarang yang merupakan ibukota Propinsi Jawa Tengah juga tak kalah dalam potensi wisatanya, salah satunya Lawang Sewu yang terkenal dengan horornya. Iya semacam uji nyali, jadi aku dan teman-teman mengunjungi Lawang Sewu jam 9 malam membawa teman yang bisa melihat dunia lain. Alhasil yang tadinya Lawang Sewu tidak seram malah semakin seram bukan karena Lawang Sewunya tapi ekpresi teman yang kami bawa apalagi yang hendak ke lantai 3 dekat Toilet. Pengalaman mengunjungi Lawang Sewu menjadi pengalaman unik dalam perjalanan khususnya yang berhubungan dengan makhluk asing. Bagi yang penasaran dengan Lawang Sewu maka kunjungilah Semarang.

6. Keraton Surakarta

keraton surakarta
Keraton Surakarta

Keraton Surakarta merupakan wisata manarik di Solo, Jawa Tengah dan bisa dijadikan tempat wisata pilihan. Mengunjungi Keraton Surakarta serasa kembali di era Kerajaan silam bahkan peninggalannya masih tersimpan rapi di Keraton Surakarta.

7.Candi Arjuna

Cabdi Arjuna DIeng
Candi Arjuna Dieng

Masih di kawasan Dieng, Candi Arjuna merupakan candi cantik dengan latar belakang Pegunungan dan berada di ketinggian. Duduk santai di rumput Candi Arjuna itu keren sekali. Memasukkan Candi Arjuna di wisata Jawa Tengah merupakan pilihan yang patut dimasukkan dalam daftar list kunjungan.

8. Punthuk Setembu

Sunrise Borobudur dari Punthuk Setumbu
Sunrise Borobudur dari Punthuk Setumbu

Mengejar Sunrise Borobudur dari Punthuk Setumbu merupakan keharusan jika mengunjungi Jawa Tengah. Borobudur dengan kabut di pagi hari apik sekali.

9. Sikunir

View Sunrise Sikunir
View Sunrise Sikunir

Meski harus mendaki, namun melihat matahari terbit di Sikunir Dieng juga liburan yang mengasikkan. Walau waktu itu kami gagal melihat matahari terbit karena mendung tapi naik keatas Sikunir itu penuh perjuangan loh!

10. Umbul Ponggol Klaten

Umbul Ponggok, Bunake Klaten
Umbul Ponggok, Klaten

Bagi penyuka Instagram dan ingin update dan nghits berphoto di Umbul Ponggok, Klaten. Mata air yang jernih serta cocok bagi penyuka photo underwater tanpa harus ke laut karena underwaternya mirip laut kok.

11 Rafting Sungai Progo

Rafting di Sungai Progo, Magelang
Rafting di Sungai Progo, Magelang

Bagi yang hendak menguji adrenalin maka cobalah Rafting di Sungai Progo, Magelang. Meski arung jeram yang kami lakukan masuk dalam kategori pemula namun cukup membuat jantung deg-degan, takut jatuh tapi seru. Kontradiktif ya!

12. Candi Mendut

Candi Mendut Magelang
Candi Mendut Magelang

Tak jauh dari Borobudur ada Candi Mendut yang tak boleh dilewatkan jika ingin menjelajah wisata Jawa Tengah karena reliefnya itu keren sekali. Aku sendiri mengunjugi Candi Mendut tahun 2013 masih dalam satu trip ke Borobudur dan asli aku suka sekali dengan Candi Mendut.

13. Candi Plaosan

Candi Plaosan
Candi Plaosan

Yah Jawa Tengah tidak diragukan lagi wisata Candinya dan banyak, banyak sekalii! Nah Candi Plaosan juga merupakan Candi cakep serta yang tahu kisah dibaliknya berupa cinta beda agama maka melihat relief di Candi berkisah Cinta itu membuat iri, kenapa iri, iri kapan yah dapat pasangan yang melebihi cinta di balik kisah cinta Candi Plaosan (menghayal dulu) 😀

14. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo juga tak boleh dilewatkan yang berada tak jauh dari Kota Semarang karena mendaki terus pemandangan pegunungan yang asli membuat betah lama-lama. Lupa dah betapa jauhnya mengelilingi Candi Gedong Songo. Meski jumlah 9 Candi, dua kali kesana aku hanya menemukan 7 Candi saja, mungkin harus balik ketiga kalinya kali ya.

15 Candi Sukuh

the exotic sukuh temple
Candi Sukuh 

Sewaktu aku berkunjung ke Candi Sukuh di Tahun 2014 bersama teman ramai-ramai, salah satu teman bule dari Swiss kagum dengan Candi Sukuh karena menurutnya seperti Mini Aztec, walau aku belum pernah ke Aztec. Walau ukuran Candi Sukuh kecil tapi relief di Candi Sukuh lain dari yang lain, vulgar, sebelas dua belas dengan Candi Cetho. Jadi mengunjungi Jawa Tengah harus ke Candi Sukuh juga!

16. Candi Setyakin Dieng

Candi Setyaki
Candi Setyaki

Candi Setyakin Dieng merupakan Candi yang tak jauh dari Candi Arjuna cuma jaraknya terpisah sendiri. Aku tidak sengaja ke Candi Setyakin Dieng karena iseng pergi dari rombongan eh malah menemukan Candi Setyaki.

17. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang
Kawah Sikidang

Yah Dieng juga memiliki Kawah bernama Kawah Sikidang. Mengunjungi Kawah Sikidang memang satu paket perjalanan selama di Dieng karena Dieng itu memiliki banyak wisata sehingga ingin balik lagi ke Dieng.

19. Gereja Merpati

Gereja Merpati
Gereja Merpati

Selain di Punthuk Setembu, Gereja Merpati juga tempat kece untuk melihat sunrise Borobudur apalagi hits setelah film AADC 2, kami ngantri 1 jam naiknya cuma 5 menit. Untung jalan dengan Blogger yang sifatnya dipastikan seru, gak jaim sehingga seru bersenang diatasa kepada Gereja Merpati dengan berphoto.

19. Air Terjun Jumog

Air terjun Jumog
Air terjun Jumog

Air terjun Jumog juga merupakan air terjun yang indah dan segar serta alami. Waktu ke Air Terjun Jumog tahun 2014 sepaket dengan ke Solo, dan Sangiran serta Candi Cetho dan Sukuh. Jadi kami dapat air terjun yang indah dan cukup puas jalan-jalan di Solo dan sekitarnya.

2o. Sam Pho Kong

sam poo kong
Sam Poo Kong

Sam Poo Kong merupakan klenteng cantik di Semarang yang serasa berada di China. Bangunannya, serta kawasanya itu bikin betah lama-lama di Sam Poo Kong. Waktu kesini gara-gara mendatangi nikahan teman di Semarang tahun 2013 sehingga kami sekalian menjelajah wisata Semarang.

Nah 20 wisata pilihan Jawa Tengah tentu masih tergolong sedikit karena wisata Jawa Tengah itu ribuan, namun semoga bisa menjadi pilihan wisata ketika sedang di Jawa Tengah. Selain 20 wisata Jawa Tengah yang pernah aku kunjungi, tempat yang aku penasaran ialah LASEM. Semoga ada kesempatan menjelajah Lasem di lain kesempatan!

Teman-teman, wisata favorite di Jawa Tenagah apa? Selain daftar 20 wisata di Jawa Tengah yang sudah dijabarkan, ada rekomendasi wisata menarik dan kece di Jawa Tengah?

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah @VisitJawaTengah (www.twitter.com/visitjawatengah)

Salam

Winny

Iklan

47 tanggapan untuk “20 Pilihan Wisata Menarik di Jawa Tengah

  1. Banyak bener destinasi wisata di Jawa ya, Winny. Dari yang Winnie telusuri saja sudah 20. Minimal butuh waktu dua minggu itu. Dan Alhamdulillah semuanya cantik-cantik, gak akan nyesel kalau kita datang ke tempat ini

  2. Alhamdulillah beberapa udah saya kunjungi, tinggal melengkapi kurangnya. Ini semacam kalo belum ke situ berarti bukan orang jawa tengah kan, hehe. Karimunjawa lagi lah, masa tinggal nyebrang dari sini kok malas 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s