Tantangan Mengangkat Batu Angkek Angkek Batusangkar


The person you love is the one who comes when you don’t even ask
By Unknown

batu-angkek-angkek-sumbar

Hello World

Batusangkar, Agustus 2016

Bentuknya seperti cangkang kura-kura, berwarna kuning agak kecoklatan serta ada tulisan lafadz Allah dan Muhammad dengan beberapa bagian yang terkelupas namun beratnya tidak ada yang memastikan. Namanya adalah Batu Angkek-Angkek yang berarti Batu Angkat, angkek = angkat. Waktu mendengar pertama kali Batu Angkek-angkek yang terbayang bagiku Batu Angkat mikirnya langsung batu ngapain di angkat. Terus mikir juga ternyata aku mengerti loh arti Angkek itu karena Bahasa Batak di Padangsidempuan juga kalau mengatakan angkat itu bisa juga angkek. Uniknya Batu Angkek Angkek di Batusangkar Sumatera Barat menjadi salah wisata yang banyak dikunjungin wisatawan, alasannya karena penasaran dengan mitos yang beredar bahwa jika mampu mengangkat batu Angkek-angkek untuk meminta petunjuk.

Tata Tertib Batu Angkek-angkek
Tata Tertib Batu Angkek-angkek

Batu Angkek-angkek sendiri pertama kali ditemukan oleh Datuak Bandaro Kayo saat akan memasang tiang rumah yang merupakan kepala suku kaum Piliang. Batu Angkek-angkek sebenarnya dua tapi yang berhasil dikeluarkan dari tanah hanya satu saja. Kemudian untuk mengangkat batu ke pangkuan tidak mudah karena ada yang mudah mengangkatnya ada yang susah.

Kalau menurutku mencona mengangkat Batu Angkek-angkek merupakan tantangan tersendiri. Letak Batu Angkek-angkek di rumah Gadang dijaga langsung oleh keturunan Datuak Bandaro Kayo. Beliau menjelaskan jangan menjadi syirik karena Batu Angkek-angkek. Terus goyonan yang lucu saat si Bapak berkata “namanya Batu Angkek-angkek jadi harus diangkat jangan dilihat-lihat ntar namanya batu lihat-lihat”.

Batu Angkek-angkek
Batu Angkek-angkek

Akhirnya kami mencoba mengangkat batu dengan mengikuti aturan yang ada di rumah Gadang itu. Oh ya Rumah Gadangnya umurnya udah tua loh bahkan umur batunya juga udah tua. Nah aku dua kali coba tapi merasa tertantang saja dan benar untuk mengangkat batu rasanya susah sekali.

Batu Angkek-angkek
Batu Angkek-angkek

Lokasi batu Angkek-angkek

Rumah Gadang di Nagari Balat Tabuh, Sungayang,

Tanah Datar, Batusangkar,

Sumatera Barat.

Salam

Winny

Published by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

61 thoughts on “Tantangan Mengangkat Batu Angkek Angkek Batusangkar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: