The person you love is the one who comes when you don’t even ask
By Unknown

batu-angkek-angkek-sumbar

Hello World

Batusangkar, Agustus 2016

Bentuknya seperti cangkang kura-kura, berwarna kuning agak kecoklatan serta ada tulisan lafadz Allah dan Muhammad dengan beberapa bagian yang terkelupas namun beratnya tidak ada yang memastikan. Namanya adalah Batu Angkek-Angkek yang berarti Batu Angkat, angkek = angkat. Waktu mendengar pertama kali Batu Angkek-angkek yang terbayang bagiku Batu Angkat mikirnya langsung batu ngapain di angkat. Terus mikir juga ternyata aku mengerti loh arti Angkek itu karena Bahasa Batak di Padangsidempuan juga kalau mengatakan angkat itu bisa juga angkek. Uniknya Batu Angkek Angkek di Batusangkar Sumatera Barat menjadi salah wisata yang banyak dikunjungin wisatawan, alasannya karena penasaran dengan mitos yang beredar bahwa jika mampu mengangkat batu Angkek-angkek untuk meminta petunjuk.

Tata Tertib Batu Angkek-angkek

Tata Tertib Batu Angkek-angkek

Batu Angkek-angkek sendiri pertama kali ditemukan oleh Datuak Bandaro Kayo saat akan memasang tiang rumah yang merupakan kepala suku kaum Piliang. Batu Angkek-angkek sebenarnya dua tapi yang berhasil dikeluarkan dari tanah hanya satu saja. Kemudian untuk mengangkat batu ke pangkuan tidak mudah karena ada yang mudah mengangkatnya ada yang susah.

Kalau menurutku mencona mengangkat Batu Angkek-angkek merupakan tantangan tersendiri. Letak Batu Angkek-angkek di rumah Gadang dijaga langsung oleh keturunan Datuak Bandaro Kayo. Beliau menjelaskan jangan menjadi syirik karena Batu Angkek-angkek. Terus goyonan yang lucu saat si Bapak berkata “namanya Batu Angkek-angkek jadi harus diangkat jangan dilihat-lihat ntar namanya batu lihat-lihat”.

Batu Angkek-angkek

Batu Angkek-angkek

Akhirnya kami mencoba mengangkat batu dengan mengikuti aturan yang ada di rumah Gadang itu. Oh ya Rumah Gadangnya umurnya udah tua loh bahkan umur batunya juga udah tua. Nah aku dua kali coba tapi merasa tertantang saja dan benar untuk mengangkat batu rasanya susah sekali.

Batu Angkek-angkek

Batu Angkek-angkek

Lokasi batu Angkek-angkek

Rumah Gadang di Nagari Balat Tabuh, Sungayang,

Tanah Datar, Batusangkar,

Sumatera Barat.

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

61 Comments

  1. lebih sulit dari ngangkat jemuran pas ujan ya… hehe

    Reply

    1. eh tapi ada yang mudah juga tergantung orangnya d:

      Reply

  2. emang ada penunggunya ya

    Reply

  3. wah ini ghoib gitu ya….mungkin bisa tidaknya tergantung amal dan ibadahnya ya mbak win hehehe 😀

    Reply

    1. gk goib sih entahlah kak 😀

      Reply

      1. ini perasaan baca reader hari ini yang update banyak banget..dan komen-komen, apa gara gara istirahat makan siang ya win..:)

      2. iya kak padahal senin ya

  4. Pengen nyobain ngangkat batu nya deh

    Reply

  5. emang batunya berat beneran win? selintas aku kira juga kura-kura

    Reply

    1. waktu aku angkat berat kak gk sanggup

      Reply

  6. Tulisan Allahnya mana ya…

    Reply

    1. ada di batunya kak huruf arab tp tidak kelihatan ya?

      Reply

  7. Berhasil gak mba Win? 😀

    Reply

  8. Berarti kalau ngangkat batu ini kudu hati hati yaa, kesannyaa mistis gimana gitu hehe

    Reply

    1. dibangku tapi bisa ringan bisa berat

      Reply

  9. Masya Allah.. Nasihat nya oke, ‘yg penting jangan jd syirik.’ 👍👍👍

    Reply

    1. kalau musyrik bahaya mbak 🙂

      Reply

      1. Iya mb. Ga bs masup surga. Hehe

  10. Indonesia memang kaya! Kaya budaya dan adat-istiadatnya, keren! 🙂

    Reply

  11. Aku pikir tadinya batu ini ada di Istana Baso Batusangkar, Win. Ternyata bukan ya. Pantesan pas aku ke istana baso kok gak nemu 😀

    Reply

    1. beda tempat kak masuk ke gang rumahnya

      Reply

      1. Sip-sip, nanti kalo aku jalan-jalan ke Batusangkar lagi coba aku cari deh 😀

  12. Berhasil angkek Win? Wisata SumBar tiada pernah mati gaya ya.

    Reply

    1. berhasil kak walau diawal susah

      Reply

  13. Huaa.. kamu udh kesini, aku iri :-l
    Jadi, berhasil nggak angkat batunya?

    Reply

  14. Kalo berhasil angkat batunya trus permohonan bisa terkabul?

    Reply

    1. katany iya kak kalau lama jd keinginnya lama tercapai katanya loh 🙂

      Reply

  15. Itu sulit diangkat karena berat Kak?

    Reply

    1. berat kecilnya tergantung orang beda-beda ada yng ngangkatnya ringan

      Reply

  16. Pernah juga coba angkat batu ini, dan terangkat. Sekarang jadi kepikiran dulu minta petunjuk macam apa ya? Hihihi lupa.

    Reply

    1. minta keliling dunia kak hihih

      Reply

  17. Batu legend. Pengen nyoba deh 😅

    Reply

    1. dicoba kunjungin batu sangkar 😀

      Reply

  18. Winny,,, trus batunya bisa ke angkat ga ama winny?

    Reply

  19. Beratnya berapa kilo, Win? Kalau bisa ngangkat, petunjuknya dapat darimana ya? Mungkin kayak mimpi gitu kali ya?

    Reply

    1. katanya kalau bisa angkat berati jawabannya yes akan pertanyaan klo gk berati lama prosesnya. punya bisa kak angkatnya tp agak berat 😀

      Reply

  20. bisa dapet jodoh gak kalo berhasil angkat? hehe..

    Reply

    1. hahhaha itu pertanyaan iseng ku waktu ngangkat 😀

      Reply

  21. mungkin posisi ngangkatnya kak yag salah jadi ngga keangkat : p

    Reply

  22. ngangkat batunya susah? tapi keangkat ga kak?

    Reply

  23. Aku cuman numpang foto doang hehehe

    Reply

  24. Pasti lebih berat dari beban hidup yo mbak

    Reply

  25. Mungkin ini ‘Hajar Aswad’ nya Indonesia, kalau di Makkah sana batunya berwarna hitam, ini mah lebih ke warna kuning gelap, tapi tetap punya sejarah yang mendalam.

    Reply

    1. aku pengen Hajar Aswad aja deh 😀

      Reply

      1. Sekalian umroh kalau mau bertemu Hajar Aswad mah..hehe

  26. ada cerita ga? ttg org yang g bisa mengangkat batu ini. hehe. aku jg sudah cempet diceritain om cumi sihh.

    Reply

    1. aku sama perginya ama kak cumi haha.. ceritanya dapat di rumah si uda ada dua buah tapi satu dong yang bisa diambil satu lagi maish tertanam di bumi

      Reply

  27. jadi …. batunya berhasil di angkek ngga mba …. terus apa konklusinya 😀

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s