Never fake yourself just to look perfect because perfection is never real and reality is never perfect
By Unknown

pantai-bungus

Hello World!

Padang, Agustus 2016

Pulang dari Pulau Pasumpahan setelah melewati permainan ombak laut maka kembali ke tempat semula di Pantai Bungus dekat Pantai Caroline Padang. Tempat ini awal kami menuju ke Pasumpahan dan tempat ini pulalah kami kembali. Turun dari perahu motor yang sempat membuat adrenalin naik saat di laut terdengar suara “satu, dua, satu, dua dari nelayan” di pesisir Pantai. Nelayan itu sedang menarik jalanya dari lautan bersama-sama. Terlihat jelas betapa kerjasama para Nelayan di pesisir Pantai Bungus, ah aku kagum.

Setelah mandi karena basah dari air laut dari Pulau Pasumpahan, aku penasaran apa yang terjadi karena penduduk sedang beramai-ramai hingga akhirnya aku mendekati para Nelayan itu. Ternyata para Nelayan sedang berkumpul untuk bekerjama bergotong royong memilah hasil dari tangkapan jala di Pantai Bungus sore itu. Nelayan yang membantu memilih ikan itu sekitar 10 orang disambut dengan beberapa anak kecil yang ikut-ikutan mengambil bagian serta disambut rasa antusias penduduk sekitar. Ikan tangkapan itu berupa ikan asin, dilempar ke sebuah wadah plastik lalu hasilnya dibagi ramai-ramai. Aku sampai terkagum melihat bagaimana upaya para Nelayan untuk mendapatkan sesuap nasi dari hasil laut. Bahkan lautan itu temannya!

Maklum, baru saja kami mengalami perjalann laut yang memabukkan terus perjalanan kami selama di laut disertai dengan permainan gelombang laut, cukup membuat perahu kami terombang ambing dan dalam hatiku menutup rasa takut, wajar aku tidak bisa berenang, pas dimainkan dan dihembaskan laut itu terasa dag-dig-dug syerrr. Terus pas di daratan ketemulah Nelayan yang hasil tangkapannya tak seberapa terus dibagi ramai pula eh hidupnya bahagia pula! Sungguh kehidupan berbagai yang dicerminkan Nelayan di Pantai Bungus bak cambuk bagiku untuk selalu mensyukuri hidup. Bahkan para Nelayan itu begitu menikmati hidupnya, tanpa keluhan.

Pantai Bungus

Pantai Bungus

Yah perjalanan itu penuh makna loh, tidak melulu menghabiskan uang. Benar kata pepatah “banyak berjalan banyak melihat”, kerjasama dan kegotongroyongan Nelayan di Pantai Bungus mencerminkan masih ada loh di Negeri kita tercinta ini rasa “Gotong Royong”. Bahkan aku belajar dari Nelayan untuk bersyukur dalam hidup dan kalau bisa sih berbagi dan bermanfaat bagi orang lain.

Sore itu di Pantai Bungus Padang, aku mendapat pelajaran berharga, pelajaran untuk tidak menawar kalau membeli hasil ikan laut dari nelayan karena perjuangan demi mendapatkan ikan itu loh, penuh perjuangan!

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

27 Comments

  1. duh jadi kangen sama pantai… pengen ke pantai lagi :’)

    Reply

  2. Lama gak mantai aku..
    Pelajaran tidak menawarnya boleh juga..

    Reply

    1. iya perjuangan mereka berat soalnya 😀

      Reply

  3. Pantainya bagus banget. Udah lama gak ke pantai

    Reply

  4. Salut ya Kak melihatnya, gotong royong dan saling berbagi gitu..

    Reply

    1. iya jarang kan lihta begituan di zaman sekarang

      Reply

  5. Kakak uda ke Lombok? 😃

    Reply

  6. Kerja keras bener itu ya…

    Reply

  7. Dari P. Pisang, ke Pasumpahan lebih menantang track-nya, jalanan super curam wkwkwk.

    Reply

    1. ah sayang belum pernah nyoba kak

      Reply

      1. Wakaka… boleh tuh dijajal

  8. memang kadang kita kurang mensyukuri apa yang sudah tuhan berikan. dan tidak melihat apa yang terjadi di sekeliling kita #sokbijak #penggantimariosepuh😂😂😂

    Reply

    1. betul bagusnya lihat ke bawah dan keatas ya biar mawas diri 😀

      Reply

  9. wahhh, kekeluargaan dan budaya gotong royong di daerah ini masih terjaga yah Mba 🙂

    Reply

  10. Sandurezu サンデゥレズ September 9, 2016 at 6:15 pm

    Melihat hal-hal sederhana ternyata bisa membuat kita belajar banyak makna ya mbak..

    Reply

    1. betul jd mawas dan syukur nikmat

      Reply

  11. Iya, Kakak Winny. Setuju. Kagum liat nelayan-nelayan gotong royong buat kerja di pantai. Waktu di Sawarna (Banten) aku juga liat nelayan-nelayan saling bantu buat dorong perahu mereka ke laut. Ganti-gantian gitu, saling bantu. Nice post 🙂

    Reply

    1. rata-rata nelayan emang msih menerapakan gotong royong ya iyos

      Reply

  12. perjalanan membuat kita lebih dewasa …. melihat kehidupan sederhana dan lebih bahagia .. daripada kita2 yang hidupnya super complicated 😀 dan banyak maunya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s