Change is the law of life. And those who look only to the past or present are certain to miss the future

By John F. Kennedy

Pesona Sumbar

Hello World

Padang Panjang, Agustus 2016

Perjalanan dari Bukittinggi ke Padang Panjang kurang lebih 1 jam perjalanan, kami dimanjakan dengan pemandangan indah dari sebelah kiri dan kanan mobil mulai dari persawahan hingga Pegunungan. Betapa mulusnya jalanan di Sumatera Barat yang sempat membuatku kagum. Sesekali kami tidur dalam perjalanan begitu pula Pak Budi, tourguide kami selama perjalanan. Tak terasa jam 3 sore kami sudah sampai di Desa Wisata Kubu Gadang, Padangpanjang.

Sesaat di Gang masuk sebelum menuju ke wisata atraksi yang hendak kami kunjungi, maka kami berhenti sebentar karena salah satu penduduk memberikan kain untuk menutupi aurat kami karena aku, Yuki, dan Kak Cumi sedang memakai celana pendek. Untungnya Mbak Nina, Mas Him, Emen, Pak Ain dan Pak Budi memakai celana panjang sehingga mereka tidak perlu memakai kain. Kain yang diberikan awalnya aku kira sebagai alas tempat duduk yang ternyata bukan untuk itu, kain itu untuk dipakai sebagai tanda kesopanan. Akupun salut dengan penduduk lokal Desa Wisata Kubu Gadang masih berpegang teguh dan menjunjung tinggi kearifan lokal.

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang

Sesampai di di depan persawahan maka dari kejauhan terlihat penduduk lokal sudah berbaris di depan sebuah persawahan sementara di dalam persawahan berbentuk sepetak sudah siap sedia para pesilat lengkap dengan iringan alat musik. Mbak Nita yang dari awal sudah berada di Desa Wisata Kubu Gadang sudah siap sedia dengan kainnya juga. Kamipun mengambil posisi duduk di depan setelah disambut oleh Bapak yang telah mempersiapkan acara yang hendak kami tonton berupa atraksi “Silek Lanyah” Atau Silat Lum­pur.

Silek Lanyah Padang Panjang Sumbar

Silek Lanyah Padang Panjang Sumbar

Silek Lanyah merupakan salah satu wisata atraksi wisata menarik yang ada di Padang Panjang. Sama dengan namanya Silat lumpur, maka pemain silat bermain silat di dalam sawah yang lanyah (berlum­pur). Silek Lanyah atau atraksi bersilat di dalam lumpur sawah sangat cocok khususnya bagi pemburu wisata fotografi. Tak hanya itu Silek Lanyah merupakan silat beladiri dari turun temurun merupakan silek asli Kubu Gadang Padang Panjang.

Sebenarnya Silek Lanyah sudah ada dari dulu namun baru dihidupkan kembali sebagai wisata menarik di Padang Panjang. Bahkan anak kecil sudah diajari untuk bela diri sedini mungkin untuk bisa menjaga diri.

Gendang pun berbunyi, dua pesilat muda memasuki area untuk menunjukkan kebolehannya dalam bermain silat di dalam sawah. Iringan musik sambil gaya pesilat muda bersilat menunjukkan betapa jagonya mereka bersilat.

Prak pruk prek, ada kalanya salah satu pesilat terjatuh, sesekali air dari sawah juga bertebaran disambut dengan sorak penonton. Dalam hati “ini silat beneran atau bukan ya”, karena kelihatan betul kedua anak yang berumur kurang lebih 13 tahun saling beradu lengkap dengan kedua belah tangannya. Tak hanya itu, Silek Lanyah juga bisa dimainkan dengan tangan kosong atau dengan senjata seperti pisau. Aku sempat menyangsikan atraksi di depan kami beneran atau hanya akting saja dan ternyata saudara-saudara, pertunjukan Silek Lanyah bener adanya!

Salut dengan anak-anak masih bocah udah jago banget silatnya!

Attraksi Silek Lanyah

Attraksi Silek Lanyah

Keunikan dari atraksi Silek Lanyah yang kami tonton ketika yang menjadi pemain silek alias silat berupa anak-anak, serta mereka totalitas dalam bermain silek tanpa perduli akan lumpur mengotori baju mereka. Bahkan permainnya sileknya bisa menjatuhkan lawannya ke air.

Tidak takut lumpur!!

“Ciat, ciat, ciat”,…. lalu aku membayangkan Iko Uwais dalam film Merantau. Memang Sumatera Barat tidak diragukan lagi akan seni bela dirinya terutama dalam hal Silek alias Silat. Serta Silek yang ada juga bervariasi namun Silek Lanyah unik dengan Silek dalam Sawah yang ada di Padang Panjang, Kota dengan julukan Egypte van Andalas oleh Belanda.

Sumatera Barat

Sumatera Barat

Setelah pesilat muda bersilek Lanyah kemudian giliran yang wanita. Walau berjilbab namun kegesitan mereka cukup dipertimbangkan. Totalitas dalam bersilek.

Ada 3 grup silek yang menunjukkan kebolehannya kepada kami dan penduduk Desa yang masing-masing terdiri dari 2 orang. Peserta pertama berupa anak sekitar berumur SD, kemudian yang pemain silek wanita berumur SMP dan yang lumayan besar sekitar 15an tahun.

Puncak canda tawa dari kami ketika melihat adegan terakhir dimana kami disuguhkan dengan Silek tapi kali ini bocah sekitar umur 5 tahun yang menggemaskan dan membuat kami para pononton tertawa melihat kepolosan dan kelucuan si bocah. Bocah itu melawan anak SD sekitar 7 tahun lebih tua darinya sehingga lawannya sering mengalah. “Hahahahahah”, dengan serentak tawa dari penonton menyaksikan aksi Silek Lanyah si bocah kecil lucu.

Silek Lanyah di Padang Panjang Sumbar

Silek Lanyah di Padang Panjang Sumbar

Sayangnya atraksi Silek Lanyah hanya sebentar saja, namun kegembiraan dan keseruannya masih terngiang di hati. Terakir kami malah minum kelapa ijo di depan persawahan serta kami sempat melihat adegan itik pulang petang. Selain itu kami juga sempat melihat adegan si Uda memainkan alat musik tradisional dengan melodi merdu. Betapa piawainya si Uda bermain musik dengan alat musik tradisional bisa melodi sedih namun bisa bahagia juga.

Pesona Minang memang tidak ada matinya! Walau sudah pernah menjelajah Sumatera Barat seorang diri dan pernah ke Padang Panjang namun aku baru bisa melihat Silek Lanyah pertama kali dan langsung membuatku terpana!

Terakhir setelah acara atraksi Silek Lanyah diiringi dengan kepulangan penonton, maka kamipun menuju ke pendopo untuk makan malam yang termasuk dari paket tour wisata Silek Lanyah Padanga Panjang. Makanan yang disediakan enak serta nikmat dengan latar belakang persawahan!

Jadi tunggu apalagi, jika hendak ke Serambi Mekkahnya Sumatera Barat “Padang Panjang” singgahlah ke Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan Padang Panjang Timur untuk melihat Silek Lanyah!

Silek Lanyah Padang Panjang Sumatera Barat

Silek Lanyah Padang Panjang Sumatera Barat

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang Sumbar

Silek Lanyah Padang Panjang Sumbar

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang

 

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang Sumbar

Silek Lanyah Padang Panjang Sumbar

Silek Lanyah Padang Panjang

Silek Lanyah Padang Panjang

Siapa yang sudah melihat Silek Lanyah alias Silat di Sawah?

Alamat atraksi Silek Lanyah

Kubu Gadang, Kelurahan Ekor Lubuk, Kecamatan

Padang Panjang Timur

Sumatera Barat

Jadwal Silek Lanyah sementara hanya berdasarkan pesanan dan bisa menghubungi

Faceboook: Yuliza Zen

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

39 Comments

  1. Salut dengan pemberian/peminjaman kain untuk penutup aurat Win.

    Reply

      1. Betul, And atraksi siletnya juga keren bingit….

      2. iya pesona Indonesia emang kaya ya kus

  2. Wah seru ya ngeliat langsung pertunjukan silat gitu, kak. Memang pesona budaya daerah sering jadi daya tarik untuk wisatawan ya.

    Reply

    1. betul Icha untuk meningkatkan jati diri kita ya

      Reply

  3. Perempuan juga, keren abis e mbak

    Reply

  4. seru banget ya nonton Silek Lanyah ini. Kameraku sampai kena ciprat lumpurnya juga, di Pacu Jawi kena di Silek Lanyah kena. Yanasib, hahaha…

    Reply

    1. iya Yuki demi hasil yang baik ya

      Reply

  5. Keren sangad…salut sama anak2 Padang ^__^b

    Reply

    1. kecil-kecil cabe rawit ya Cintaa

      Reply

  6. Hahaha, sekilas benderanya mirip seperti bendera Jerman Win 😛 *lost focus

    Reply

    1. iya bener juga ya Zilko baru ngeh

      Reply

      1. Hehehe ya udah nanti kita janjian yaaa

  7. Wuih, keren banget! Suka hal-hal berbaur tradisi gini

    Reply

  8. lahannya emang sengaja dikosongin gitu ya?

    Reply

  9. Meski memang terlihat seru, namun serem juga melihat orang berantem sambil nendang lompat-lompat seperti itu. Semoga aman2 saja 😀

    Reply

  10. Ohh silek namanya ya? Si mas cumi lebay gak ikutan yakk?

    Reply

      1. Ngak pake kancut kan dia? Wkwkwkw

      2. Najong bgt dahh tuhh si cumi. Wkwkwkw

  11. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny….

    Ia satu acara silat yang unik dan sangat menarik. Jika dilihat, silat dalam lumpur ini lebih asyik ya daripada bersilat di atas tanah. Anak-anak pasti menyukainya.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. 🙂

    Reply

  12. saya belum pernah lihat, mbak.

    Reply

    1. baru diadakan lagi sih kak ama atraksi sesuai permintaan

      Reply

  13. Penggemar beladiri! Asik sekali, baru pertama kali tahu ada Silek ‘Lanyah’ 🙂 Salam kenal, Kak Winny 🙂

    Reply

    1. boleh dicoba langsung ketempat asalnya

      Reply

  14. seharusnya mba winny .. ikutan silek lanyah
    langsung rasakan experience-nya … ciattt … jeburrr

    Reply

    1. saya gak bisa silet kak hahah

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.