Ada Pulau Cantik Pasumpahan di Padang, Sumatera Barat


A high station in life is earned by the gallantry with which appalling experiences are survived with grace.

By Tennessee Williams

Pulau Pasumpahan Padang

 

Hello World

Padang, Agustus 2016

Sumatera Barat tidak sekedar terkenal dengan wisata kulinernya berupa nasi Padang yang hits sesentaro Nusantara, atau budaya dan sejarah namun Sumatera Barat juga memiliki pesona alam menarik dari Pegunungan, Danau, Sungai, Lembah, Pantai sampai Pulau Sumatera Barat pun “cakep-cakep”. Tidak hanya itu, Sumatera Barat memiliki Pulau cantik nan alami tersebar di pesisir lautnya. Salah satu yang wajib dikunjungi jika sedang jalan-jalan di Sumatera Barat tepatnya di Padang, ialah Pulau Pasumpahan.

Pantai Carolina
Pantai Carolina
Pulau Pasumpahan atau lebih dikenal dengan sebutan Raja Ampatnya Sumatera berdekatan dengan Pulau Sikuai dan berada di Perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung Padang Sumatera Barat.

Untuk akses ke Pulau Pasumpahan harus menggunakan perahu motor. Kami memulai perjalanan ke Pulau Pasumpahan, Padang Sumatera Barat dari Pantai dekat Pantai Carolina di area Bungus. 

Jam 9 pagi kami sudah berkumpul karena untuk ke Pulau Pasumpahan perlu one day trip Pulau yang ada disekitarnya. Harusnya kami menjelajah 3 Pulau namun karena waktu yang kurang sehingga kami hanya bisa menjelajah satu Pulau Pasumpahan saja.

Pulau Pasumpahan #PesonaMinang #PesonaSumbar
Pulau Pasumpahan #PesonaMinang #PesonaSumbar
Dari Bungus kami naik perahu motor dengan jumlah penumpang kurang lebih 14 orang. Untuk sekali tour ke Pulau Pasumpahan lengkap dengan makan serta tiket masuk Rp250.000 perorang dan lama perjalanan dari Bungus ke Pulau Pasumpahan kurang lebih 1 jam. Selama dalam perjalanan kami sangat menikmati nuansa dan sensasi naik perahu motor. Walau jantungku deg deg syer karena tidak bisa berenang tapi lumayan padam rasa khawatirnya karena kami diberikan pelampung jadi merasa safety lah. Dan kami juga diberi tas kresek ama Tourguide kami untuk mengamankan barang kami agar tidak basah.

 #PesonaMinang
#PesonaMinang
Sesampai di Pulau Pasumpahan, rupanya lumayan banyak wisatawan yang berlibur di Pulau Pasumpahan, Padang Sumatera Barat. Hal ini sangat wajar karena Pulau Pasumpahan memiliki pasir putih lengkap dengan pohon kelapa serta yang menarik dari Pulau Pasumpahan adalah warna airnya yang terdiri dari 3 warna, bening di pinggir, hijau di depan dan ke tengah membiru. Pas lihat warna hijaunya aku langsung ingat Danau Toba!

Pulau Pasumpahan Sumbar
Pulau Pasumpahan Sumbar
Dari kejauhan betapa mataku takjub akan keindahan Pulau Pasumpahan, warna airnya 3 lengkap dengan pasir putih, pohon kelapa dan siap membius mata kami.

Sesampai di Pulau lalu kami bergegas menuju ke salah satu tempat mirip gazebo dari kayu untuk meletakkan barang bawaan kami. Untuk ukuran fasilitas cukup lengkap di Pulau Pasumpahan mulai dari warung, café, tempat duduk, musala, toilet, bangku sampai area untuk berkemah.

Camping di Pulau Pasumpahan
Camping di Pulau Pasumpahan
Kami sendiri setelah menaruh barang kami langsung diajak trekking naik ke Puncak Pulau Pasumpahan. Awalnya kami tidak tahu ada acara kegiatan trekking mendaki bukit sekitar setinggi 100 meter dari sisi utara pulau. Literally mendaki!

Trekking Pulau Pasumpahan
Trekking Pulau Pasumpahan
Karena tidak ada persiapan akhirnya kami pun mendaki karena penasaran dengan pemandangan dari atas bukit. Rute pendakian tak tanggung-tanggung “pake tali”, beneran tali dah. Jadi naik ke atas Bukit secara vertical dengan bantuan tali terus ada jalan mendatar kemudian mendaki lagi untuk kedua kalinya dengan tali. Perjuangan banget untuk sampai ke atas Puncak tapi disitulah kepuasan sekaligus tantangannya. Sampai di Puncak tidak sia-sia karena pemandangannya sangat Indah dan puas melihat sekeliling Pulau dengan leluasa bahkan ada sebuah Bendera Merah Putih diatas Puncaknya. Ngos-ngosan pun terbayar di puncak!

Pulau Pasumpahan Sumatera Barat
Pulau Pasumpahan Sumatera Barat
Pemandangan Pulau Pasumpahan sangat cantik dari atas bukit, terlihat jelas untain terumbu karang dan pasir putih serta pohon kelapa rindang.

Saat diatas kak cumi juga beraksi lengkap dengan kancutnya hahahha 😀

Lucu!

Pulau Pasumpahan Padang Sumbar
Pulau Pasumpahan Padang Sumbar
Puas berpanas ria di atas bukit kamipun turun dan pas turun perjuangan banget. Bahkan waktu naik dalam hati “kayaknya kau kayak atcacibang bisa naik gak bisa turun”. (Atcacibang semacam hewan dalam Bahasa Batak yang aku tidak tahu Bahasa Indonesia yang intinya bisa naik tapi tidak bisa turun).

Pulau Pasumpahan #PesonaMinang
Pulau Pasumpahan #PesonaMinang
Untungnya aku masih bisa turun terus aku dan Pak Ain dalam menurun memunguti sampah dari wisatawan. Agak jengkel melihat ulah wisatawan dalam berwisata kalau urusan sampah.

Sesampai di bawah, pemandu kami telah menyiapkan semangka dan makan siang. Sungguh nikmat makan siang sambil memandang Pantai dengan pasir putihnya. Selesai makan teman yang lain malah asik snorkeling. Yah Pulau Pasumpahan memang cocok untuk wisata snorkeling namun sayangnya aku tidak mencoba snorkeling di Pulau Pasumpahan karena aku lebih memilih untuk tidur diatas ayunan yang diikatkan dikedua kelapa. Kak cumi sempat gondok pas aku main ayunan karena dia hendak minta photo tapi aku asyik sendiri dengan ayunan berlatar belakang pantai.

Berlibur ke Pulau Pasumpahan itu nikmat!

Pulau Pasumpahan
Pulau Pasumpahan

Bersantai menikmati liburan di Pulau Pasumpahan!

Sedap!

Jam 3 barulah kami pulang. Pas pulangnya keceriaan kami terulang kala perahu dimainkan dengan ombak sehingga ada masa dimana kami teriak bersamaan terus histeris tapi lucu. Hahaha 😀

Akhirnya perjalanan kami berakhir di Pantai Caroline untuk mandi.

Ah perjalanan Pulau Pasumpahan Padang Sumatera Barat sungguh luar biasa! Pokoknya jangan lewatkan berlibur ke Pulau Pasumpahan Padang.

Pulau Pasumpahan warna air lautnya bahkan mirip warna Danau Toba loh!

Pulau Pasumpahan
Pulau Pasumpahan
Oh ya ada juga loh Legenda dari Pulau Pasumpahan sumber dari Info Sumbar dengan Admin Emen!

Kisah si Boko
Si Boko awalnya adalah seoran anak dan hidup dari keluarga yang serba kekurangan. Karena itu si Boko ingin merantau untuk merubah nasib keluarganya. Ia pun akhirnya meminta izin kepada ibunya dan ibunya pun melepas si Boko dengan berat hati. Si Boko pun akhirnya pergi merantau, meskipun berangkat dengan kekurangan bekal tapi dengan semangat merubah kondisi ekonomi keluarganya dia pun berhasil dan menjadi orang yang kaya.
Suatu saat si Boko pergi belayar, ia pun singgah di sebuah daratan. Ia tidak sadar bahwa dia berlabuh di tanah kelahirannya. Ibu Boko pun melihat anaknya, lalu ia menegur Boko dan mengatakan bahwa ia ibunya.
Namun malang, Boko justru tak mengakui ibunya. Ia pun pergi dari tempat tersebut untuk melanjutkan perjalanan. Si Ibu pun kekeuh kepada si Boko mengatakan bahwa ia ibunya, sampai ia pun ikut naik ke atas kapal dan memeluk Boko. Boko yang sudah keras kepala tetap tidak mengakui ibunya. Kemudian dalam perjalanan tersebut muncullah badai yang kemudian membuat kapal Boko pecah. Padahal waktu itu kapal Boko sangat besar dia membawa satu lemari emas dan kapalnya juga dilengkapi tungku atau disebut “jarangan”.
Karena kapal pecah ibu Boko terombang ambing di lautan dan ia sangat marah kepada anaknya. Akhirnya ia pun bersumpah dan berdoa agar anaknya dihukum. Sumpah ibu Boko di dengar oleh penumpang kapal lainnya, sehingga mereka berteriak histeris atau “berkuai kuai” agar sumpah itu dibatalkan, namun sumpah sudah terlanjur diucapkan. Setelah badai reda terbentuklah daratan baru berbentuk Pulau. Pulau Pasumpahan adalah pulau tempat ibu Boko bersumpah. Sedangkan daratan besar di depan Pulau Pasumpahan konon adalah boko yang menjadi batu.
Sementara itu ada juga pulau kecil berupa batu karang berbentuk lemari yang merupakan lemari emasnya Boko. Ada juga Pulau Batu Jarang yang merupakan tungku dari Kapal Si Boko. Dan tak lupa Pulau Sikuai tempat penumpang kapal lainnya berkuai-kuai.

Lokasi Pulau Pasumpahan

Perairan Kecamatan Bungus Teluk Kabung

Padang

Sumatera Barat

 

Salam

Winny

Iklan

50 tanggapan untuk “Ada Pulau Cantik Pasumpahan di Padang, Sumatera Barat

    1. Itu artinya dibalik photo cakep ada photographer handal dibaliknya 😁
      Tapi u cocok yuki jadi model suka photo2nya cakep!
      Wlau gk jadi kemping lumayanlahya kita photo ama campingnya hahahah

  1. Bener juga, pas baca judulnya pasumpahan, langsung nebak, kayaknya berhubungan dengan sumpah-sumpah gitu, atau monolog yang sempat kepikir, ‘gue sumpahin lu!’ hehe, akhirnya kejawab juga. Nice, sayangnya kok ga ada yang renang? 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s