It is not the quantity but the quality of knowledge which determines the mind’s dignity

By William Ellery Channing

MT Gama Group di kebun teh

Hello World

Indonesia, Juli 2016

Wisata apa coba yang murah, segar terus tanpa mengeluarkan uang tiket masuk? Jawabannya salah satunya wisata kebun teh. Yah Indonesia memiliki banyak kebun teh yang berhamparan dan mengunjungi kebun teh itu rasanya seru karena udaranya yang bersih terus sepanjang mata memandang hijau jadi benar-benar refreshing.

Nah untuk mengunjungi kebun Teh, aku baru dua kali itupun masih di area Jawa Barat. Pengalaman Wisata yang pernah aku kunjungi ialah Kebun Teh Bogor dan Bandung.

1.Kebun Teh Bandung

Kebun teh bandung

Kebun teh bandung

Sekitar tahun 2010 an kalau tidak salah, aku bersama teman-teman satu angkatan terdiri dari Susanto, Fensi, Anni Intan, Surya, William dan Muja keliling wisata Bandung selama 2 hari. Niat banget dari Medan ke Bandung demi jalan-jalan ke objek terkenal Bandung seperti Tangkuban Perahu dan Kawah Putih Ciwidey. Nah yang lucu saat hendak ke arah Tangkuban Perahu kami melewati Kebun Teh. Mampirlah kami ke kebun Teh lalu singgah menikmati kebuh Teh Bandung. Walau dulu aku pernah juga ke kebun teh yang sama waktu pertama kali ke Bandung bersama si Muja. Tapi pengalamanku melihat kebun teh pertama yang luas itu emang di Bandung.

2.Kebun Teh Bogor

Kebun teh Bogor

Kebun teh Bogor

Jalan-jalan ke wisata kebun Teh kedua itu yaitu di Puncak Bogor. Tahun 2012 kami yang training kala itu sempat tinggal di Puncak, alhasil mainan sore kami jogging ke kebun Teh. Ramai-ramai lah bersama teman satu angkatan main di Kebun teh orang di Bogor. Sampai kami bela-belain mencari tempat shooting film yang kawin kontrak. Kami juga sempat main ke pabrik pembuatan teh sambil belajar proses. Jalan-jalan sambil menambah ilmu!

Nah teman-teman ada yang suka dengan kebuh teh? Kebun teh yang bagus jadi wisata dimana selain di Bogor dan Bandung?

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

68 Comments

  1. Kalau dulu suka di daerah Solok Sumbar. Kebun teh di Kerinci juga bagus *taunya yg di Sumatera 😀

    Reply

    1. aku sumatera belum pernah kak

      Reply

  2. Coba kebun teh Tembi, Wonosobo atau kebun teh Kemuning, Karanganyar juga bagus. 🙂

    Reply

    1. Karanganyar udah deh yang wonosobi bikin penasaran

      Reply

  3. romantis kalii yeee kalau maen lari2 film india ditengah guyuran hujan lebat yg bekgrondnya kebun teh giniii..

    Reply

  4. Coba kesini mba, Kebun teh di Lawang ~

    Reply

  5. Aku juga udah ke 2 kebun teh Win.
    Kebun teh Kaligua Brebes 2 x
    Sama kebun teh Ngargoyoso Karanganyar.
    Asyik banget memang tempatnyaaa

    Reply

    1. Eh 3 dink Win. Satunya lagi kebun teh Lawang Malang. Hohoho

      Reply

      1. Iya ada. Di Ngawi juga ada kalo di jatim

    2. karang anyar aku juga udah kayaknya yang brebes belum

      Reply

      1. Lho kok nggak ikut direview?

      2. lupa udah pernah kesana baru ingat setelah disebutin hahha

  6. Selain Bandung dan Bogor?
    Banyak. Coba ke Jawa Tengah. Ke Tawangmangu.

    Reply

    1. belum pernah tawangmangu kak

      Reply

  7. Wah aku pingin ke kebun teh! Kayaknya seger gt yaa

    Reply

  8. Suka daun-daunnya dan warna hijaunya Win!

    Reply

    1. sama aku juga zilkooo segar 😀

      Reply

  9. Aku kemaren ke agrowisata Gunung Mas, cuma masuk foto bentar langsung pulang kak karena hujan deras 😥

    Reply

    1. aKu juga pernah kesana tempatnya asik ya

      Reply

      1. Iya kak next time kalo ke sana lg mau tea walk 😊

  10. Dimas Candra Sugiarto August 2, 2016 at 4:09 pm

    Ah… di jogja ada gk ya? Ingin sekali mengekspor kota ini hehe

    Reply

      1. Dimas Candra Sugiarto August 2, 2016 at 6:20 pm

        pengen banget. saya delapan belas tahun tinggal di pinggir pantai jadi pengen pelesiran ke gunung atau tempat2 begini. Hehehe

  11. di pulau Jawa, saya juga baru nyoba 2 kebun teh yang itu Win.

    Reply

  12. Aku kalau wisata sekolah pasti berhentinya ke kebun teh bandung, hahahaha makan jagung

    Reply

    1. wah boleh juga dicoba makan jagung ya

      Reply

  13. kebun teh wonosari di Lawang, Kabupaten Malang menanti untuk dikunjungi Winny 😀

    Reply

    1. harus balik malang ini kayaknya ya

      Reply

  14. Kak winny mampir ga’ ke warung yang ada didepan kebun teh bandung, enak sih kak dingin-dingin nyobain ketan bakar sama sate kelincinya hiiii 😁😁😁

    Reply

    1. sayangnya gak padahal seru tp aku gak tega makan sate kelinci

      Reply

      1. Iya kasihan kelincinya kak tapi enak sih kak haaa

  15. Bandung emang juara-nya kebun teh!

    Adis takdos
    travel comedy blogger
    http://www.whateverbackpacker.com

    Reply

  16. Ademmmm 🙂 aku palingan cuma pernah yang ke puncak doang hehehe

    Reply

    1. tapi yang puncak juga seru christa

      Reply

  17. kebun teh sih keren2 … tapi kebun teh walini yang di pinggir tol Cipularang keren ga …. di daerah sana kayaknya sudah tidak dingin lagi …

    Reply

    1. wah belum pernah, bersepedehan kesana seru kayaknya kak

      Reply

  18. Kebun teh. Saya cuma.lihat2 aja. Nggak pernah masuk atau jalan di antara daun-daun teh

    Reply

  19. yg kebun teh deket takuban perahu itu bukannya sudah masuk wilyah subang ya?

    Reply

  20. Yang paling menyenangkan kalau pas kebun teh nya deketan ama air terjun. Duh, double kenikmatannya.

    Reply

  21. Wah di aceh ga ada kebun teh. Adanya kebun ganja, eh

    Reply

  22. Aku tuh suka banget teh, tapi malah belum ajak anak-anak main ke kebun teh (:
    Rasanya seger aja sejauh mata memandang ijo ya hehe..

    Reply

    1. boleh dicoba kak kapan-kapan

      Reply

  23. Anjrittr… Gue gak di ajak??

    Reply

    1. yuk tok jangan banyak wacana

      Reply

      1. Km boru batak ya? Kalo ngomong saklak bgt. #menurut ngana?#. Lol

  24. kebun teh Kayu Aro di SumBar dan di Tes Bengkulu juga pernah
    kalau yg Kayu Aro hasilnya teh premium khusus eksport,.., katanya masuk istana Belanda dan Inggris

    Reply

  25. sebagai pecinta teh, harusnya saya sekali kali ke kebun teh. coba kalau wedangan di sana rasanya bagaimana, ehehe

    Reply

  26. Cinta suka kebun teh *sambil tunjuk jari ^__^
    emang paling bagus di Bandung, perkebunan Rancabali, sangat terlihat asri dan rapi, kalau di Bogor belum pernah sih, kalau di Subang udah tapi ga gitu rapi…
    Coba yang di Pekalongan, namanya kebun teh Pagilaran, cakep! *promosi kampung halaman sendiri 🙂

    Reply

      1. Ayo Winny, ke Pekalongan 😊

  27. Memang asik klo jalan jalan terus ya

    Reply

  28. kebun teh di Sukabumi, kak. Ke sini kak. 😀

    Reply

    1. belum pernah harus dicoba ini

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.