“And in life, it is all about choices we make. And how the direction of our lives comes down to the choices we choose.”

By Catherine Pulsifer

pemandian air panas

Hello World

Jakarta, 4 Agustus 2016

Bicata tentang wisata air panas di Indonesia itu banyak sekali. Tapi dari sekian daftar wisata pemandian air panas di Indonesia yang pernah aku coba baru dua saja, namun pengalamannya seru apalagi perginya bareng teman.

Nah dua pengalaman mencoba pemandian air panas yang pernah aku lakukan antaranya

1. Libur ke Medan, Jangan Lewatkan Pemandian Air Panas Sidebu-debu

Pemandian Air Panas Sidebu Debu

Pemandian Air Panas Sidebu Debu

Kalau anak Medan biasanya pas libur mainnya pasti suka liburan ke Brastagi karena jaraknya yang tak begitu jauh serta pemandangannya yang pegunungannya. Yang paling sering dilakukan pastinya ke pemandian air panas sidebu-debu dekat Gunung Sibayak. Terdapat pemandian air panas berbentuk kolam berenang yang berasal dari air sulfur. Nah aku dua kali ke Pemandian Air panas Sidebu-debu pertama bersama Mbakku yang baik hati yang kedua bersama teman-teman sewaktu jadi Asisten dan praktikan. Lucunya adegan itu adegan penculikan hahahah dimana teman-teman mengajak jalan malam eh mereka jam 2 pagi mandi di sidebu-debu sementara aku yang tak bisa menahan rasa ngantuk lalu malah memilih tidur, kacau ya? Waktu yang tepat untuk datang ke pemandian sidebu-debu adalah pagi hari tapi jika ingin sensasi lain bisa mandi tengah malam.

2. Libur ke Bandung, Jangan Lewatkan Pemandian Air Panas

air panas ciater

air panas ciater

Berbeda dengan anak Medan, anak Jakarta paling suka mengunjungi Bandung dan suka dengan pemandian air panas yang ada di Bandung. Salah satu pemandian air panas kedua yang pernah aku coba berada di Bandung adalah Ciater. Khusus ke Ciater aku pernah 3x, satu kali bersama temanku Muja, kedua kali bersama temanku (photo diatas) yang ketiga dengan rombongan teman yang lain. Yang lucu saat pengalaman kedua ke Air panas Ciater karena pagi sekali kami sudah sampai dan ingin menikmati rasanya mandi air kolam panas. Waktu itu ampun panasnya tapi temanku jago dan tahan aja mandi di kolam air panas.

Nah teman-teman ada yang pernah mencoba pemandian air panas? Dimana? Dan bagaimana rasanya?

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

37 Comments

  1. Saya juga pernahnya ke Sari Ater di Ciater, Win.
    Katanya di daerah Garut juga ada yang seru sih.

    Reply

    1. garut ya kak boleh dicoba

      Reply

  2. Pernah ke Ciater duluuuu pas masih kuliah malem2 seru jugaaak. Kalau mandi air panas gini seru yak

    Reply

  3. Di ciater enak bgt ya Win… bikin capek badan jadi ilang. padahal tadinya badan udah rontok seabis jalan di tangkuban perahu…

    Reply

  4. Mandi malam berani deh di situ , oiya di Bantul juga ada Win, namanya Paranggwedang, satu lokasi dengan pantai Parangtritis.

    Reply

  5. Aku belum pernah ke Medan, tapi ke Ciater udah. Gak mandi sih, cuma rendam-rendam kaki doang. Enak airnya bikin aliran darah di kaki terasa lancar

    Reply

  6. Duluuu bgt pernah ke Ciater.

    Reply

  7. wah pengen banget ke pemandian air panas gini, rasanya pas berendam berasa rileks gitu ya Win.

    Reply

  8. Darajat passss garut mbaaaaa. Aku udah dua kali kesana. Kepoin dh d blogku. Mungkin mba winny minaat. D garut ada juga pemandian cipanas. Tapi aku belum. D bogor juga adaaa. Namanya pemandian air panas ciseeng. Bagus si mba, tp gak sebagus di garut. D garut aaajiibbbb mbaa. Haha maaf aku hiperbola but im so excited when it comes to hot spring water xixi.

    Reply

  9. Sudah pernah ke air panas Ciwidey, Sari Ater Lembang, Puncak Darajat Garut, tapi 100 persen yakin semuanya kalah dengan pemandian air panas Guci!

    Ada beberapa lokasi pemandian air panas du Guci Tegal, dari yang gratis, sedang, sampi waterboomnya.

    Tegal Guci is the best among those I mention above!
    https://wisnuwidiarta.com/2014/08/05/hot-waterboom-guciku-di-tegal/

    Reply

  10. Haha, dulu sewaktu S1 pernah RaKer di pemandian air panas di deketnya Bandung Win 😛

    Reply

  11. Ayoo ke Batu mba, ada Cangar

    Reply

  12. Onsengnya Indonesia yaa

    Reply

  13. Tempat pemandian air panas ciater udah pernah nyobain… enak juga berendam disana jadi lebih segar hahahaha….

    Reply

  14. di ciater ada yg kayak gapura jepang yah

    Reply

  15. mandi aer panas emang enak banget, bikin rileks dan badan seger……tapi kalo rame2 gini kayaknya aku kurang nyaman ya win

    Reply

  16. Winn,,, ke Kendari dooong. Banyak ir terjun niih dsini 😀

    Reply

  17. di kebumen juga ada, pemandian air panas krakal namanya 😀
    tapi emg udh dibikin banyak kamar mandi siy, di bathub2 gitu.

    Reply

    1. Harus balik kebumen lagi ini

      Reply

  18. kalau ke ciater pernah nyoba, tapi dulu banget

    Reply

  19. coba ciater yang spa mba di gracia lebih zen suasananya disana

    Reply

    1. Wah makasih kak pengen nyoba

      Reply

  20. Kesipaholon udah belum to?

    Reply

      1. Iya posisinya di tarutung to.

  21. kalau aku udah ke sini aja
    -Guci, Tegal (jawa tengah)
    -Kali anget, Wonosobo (Jawa Tengah)
    -Bandar Lampahan (Bener Meriah)
    -Gedong Songo, Semarang (Jawa Tengah)
    -Gonoharjo, Kendal (Jawa Tengah)
    -Aku lupa nama tempatnya, di bawah kaki gunung SIbayak pokoknya,,
    -Kamar mandi rumah, dimakasin air hanget sama ibu dulu sehabis hujan-hujanan 😀

    semuanya seruuu… 😀

    Reply

  22. Sehabis mandi di air panas pegel2 rasanya hilang ya.

    Reply

  23. Yg dipacitan itu lho apa namanya lupa

    Reply

    1. Apa kak? Belum pernah ke pacitan

      Reply

      1. Udah pernah dong,sering

  24. Udah lama gak ke Ciater. Terakhir kesana taun 2003-an.

    Reply

  25. Ciater pernah tapi duluuuu bangat. Yang medan malah nga pernah sama sekali. Malu kalau ngaku anak Medan wkwkwk..

    Reply

  26. Pemandian air panas, baru ciater aja, kalo ada yang lain boleh lah coba 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.