If you take responsibility for yourself you will develop a hunger to accomplish your dreams

By Les Brown

Blondongan Temple

Hello World

Batujaya, 17 Juli 2016

Libur weekend, saatnya keliling mencari tempat wisata yang tak jauh dari Jakarta dan pilihannya adalah Candi Jiwa yang berada di Baturaja. Sebenarnya keinginan untuk mengunjungi Candi Jiwa sudah lama sekali hanya saja baru dapat direalisasikan sekarang. Untungnya teman yang diajak itu mudah untuk dibawa membolang meski untuk akses ke Candi Jiwa hanya mengandalkan GPS tok. Yang ikutan trip lari dari Jakarta bersama Yosi, Susanto dan Melisa. Terus beruntungnya kami dalam perjalanan karena Yosi memiliki mobil sehingga akses kami ke Candi Jiwa jauh lebuh mudah. Tidak terbayang kalau misalnya ke Candi Jiwa dengan transportasi umum, bisa sih tapi penuh perjuangan.

Trip Weekend

Trip Weekend

Kami janjian jam 10 awalnya kemudian jam 11 baru kumpul di Pasfes alias Plaza Festival Kuningan. Santo dan Yosi sempat makan siang dulu barulah jam 12 tepat kami ke Batujaya dari Kuningan. Prediksi perjalanan 2 jam dari Jakarta dengan tol. Yang lucu dalam perjalanan kami yaitu mengandalkan GPS tok untuk akses, sama-sama nyasar dan lucu-lucu. Kalau dari baca pengalaman orang yang pernah kebanyakan menyarankan akses ke Candi Jiwa dengan mengambil Jalan Tol Cikampek kemudian keluar dari gerbong Tol Karawang Barat lalu ke Rengasdengklok kemudian kearah Baturaja. Karena kami orangnya patuh jadi kami mengikuti petunjuk di GPS aja dan memilih jalur Bekasi-Karawang terus Batujaya. Sempat juga kami melewati pedesaan dan jalan tikus yang entah kemana tapi kami menikmati. Seru bawa teman jalan yang mentalnya siap dibawa entah kemana dan siap nyasar. Barulah kami sampai di Candi Jiwa jam 14:30 artinya 2,5 jam perjalanan dari Jakarta.

Candi Jiwa Batujaya

Candi Jiwa Batujaya

Di sebuah gang ada petunjuk tulisan Candi Jiwa 250 meter maka kami sempat tanyakan apakah benar Candi Jiwa kearah itu karena di GPS masih disuruh lurus kearah mengikuti jalan raya bukan masuk Gang ternyata arah ke yang ditunjuk GPS ke Museum. Lalu kami masuk ke jalan ke Candi Jiwa kemudian ada sebuah pos dan tempat untuk Parkir Mobil. Harga tiket ke dalam Candi Jiwa dan Blandongan sebenarnya tidak ada tiket resmi tapi oleh penduduk sekitar disuruh bayar. Awalnya aku bilang ke teman untuk membayar Rp5000 untuk kami berempat maklum aku pelit, toh tidak resmi, tapi karena temanku gak enakan akhirnya masing-masing Rp5000.

Situs Damar

Situs Damar

Setelah membayar tiket masuk Candi Jiwa tak resmi maka kami berjalan sekitra 25o meter dari pos jaga melewati persawahan. Yah Candi Jiwa dan Candi Blendongan merupakan Candi di tengah Sawah! Terus di Area Candi Jiwa banyak juga penjual makanan dan minuman jadi tidak perlu serempong kami membawa makanan jauh-jauh dari Jakarta. Sebelum Candi Jiwa, maka yang pertama dilihat adalah Situs Damar hanya saja sudah rusak. Kemudian barulah kami ke Candi Jiwa yang bentuknya petak dengan warna batu bata di sekelilingnya dipagar dengan pepohonan disudutnya. Sayangnya meski sudah ada sampah, masih ada beberapa sampah yang ada di Candi Jiwa. Kami sempat bersantai beberapa saat di Candi Jiwa karena kebetulan saat kami datang sekitar jam 3 an, pengunjung Candi Jiwa tidak terlalu banyak.

Candi Jiwa

Candi Jiwa

Dari Candi Jiwa kami jalan lagi ke Candi Blendongan yang tak jauh dari Candi Jiwa. Memang Candi Jiwa sepaket dengan Candi Blendongan, sama-sama dalam satu kompleks. Melewati persawahan sungguh tenang dan udaranya juga bersih.

Candi Jiwa dan Candi Blandongan cocok untuk mencari ketenangan dan ketentraman!

Yang lucu pas saat di Candi Blendongan ketika aku dan Yosi asik berphoto ria eh Santo dan Melisa malah asik mencari Pokemon. Iya mencari Pokemon di Candi Blendongan, kurang aneh apa coba temanku yang dua ini hahahhaa ๐Ÿ˜€

Mencari Pokemon di Candi Blendongan

Mencari Pokemon di Candi Blendongan

Kalau menurut kami Candi Blendongan lebih menarik daripada Candi Jiwa karena bentuknya yang unik.

Jadi yang mencari ketenangan dan jenuh dengan hiruk pikuk Jakarta, maka jalan-jalan ke Batujaya sekalian ke Rengasdengklok lumayan menyenangkan!

Candi Jiwa

Candi Jiwa

Catatan perjalanan Candi Jiwan dan Candi Blendongan

1.Akses ke Candi Jiwan dan Candi Blendongan agak susah dengan kendaraan umum lebih mudah dengan kendaraan Pribadi

2.Tiket masuk ke dalam Candi Jiwa belum ada harga standar jadi kasih seikhlasnya aja

3 Buanglah sampah pada tempatnya karena di Candi Jiwa ada tempat sampah

4 Jangan tiru tingkah kami tiduran di rumput karena pada akhirnya kami harus menahan rasa gatal dari rumput hahha ๐Ÿ˜€

Travelling ke Candi Jiwa

Travelling ke Candi Jiwa

Pengeluaran Perjalanan ke Candi Jiwa dan Rengasdengklok

Biaya Transportasi

Tol Rp9000+4000 = Rp13.000 pp Rp26.000

Bensin Rp75.000

Total Rp101.000/4 orang = Rp 25250/orang

Biaya masuk Candi Jiwa Rp5000 (Seikhlasnya)

Makan Siomay di Candi Jiwa Rp5000

Candi Jiwa

Candi Jiwa

Alamat Candi Jiwa dan Blendongan

Segaran, Batujaya, Karawang,

Jawa Barat

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

45 Comments

  1. wahh dulu aku ke sini sama Gara, Nita dan Adel….nyasar2 jugaaa, bahkan sempet brenti dulu dan minta bantuan orang gara2 serem ngelewatin sawah takut keperosok ๐Ÿ˜€

    Reply

      1. kayaknya tahun lalu deh Win…tapi belum ditulis hahaha

      2. kak Adel ada nulis deh

      3. iyaaa Adel udahh….aku ama Gara belum hahaha

  2. candinya mirip Candi Muaro Jambi yaa

    Reply

    1. belum pernah ke muaro jambi defi

      Reply

  3. btw, ada berapa say candinya?

    Reply

    1. katanay 24 tp kesana nemu 3 aja

      Reply

      1. Menarik nih. Mesti didatengin ๐Ÿ˜€

  4. Deket sawah ya lokasinya. Biasanya candi cenderung di bukit-bukit. ๐Ÿ˜€

    Reply

    1. unik kan ya candi ditengah sawah

      Reply

  5. Asiknya…. saya sampai dua kali kesitu… tapi masih penasaran… pengen foto pake drone utk tampilan bunga di bagian atas candi…

    Reply

  6. Wah, baru tahu di dekat Jakarta ada candi juga Win ๐Ÿ˜›

    Reply

    1. ada zilko tapi 2-3 jam sih dari Jakarta ๐Ÿ˜€

      Reply

  7. Seru yach kesini. Penuh perjuangan dan dengan adanya adegan nyasar membuat perjalanan jadi tambah seru.

    Reply

    1. yang ama Gara dan Rinta kan ya? senasib nih sama-sama nyasar

      Reply

  8. Di karawang apa lagi yg seru, win? Makanannya enak2 ga?

    Reply

    1. itu kak makannya malah gak nemu yang enak mungkin kami kurang tahu juga

      Reply

  9. wakakaka… edisi mencari pokemonnya paling yahud…

    Reply

    1. itu niat banget ya kak dua teman aku ๐Ÿ˜€

      Reply

  10. Di lokasinya ada semacam plang penjelasan situsnya dan sebagainya gak Win? Soalnya kayaknya candi satu ini mulai dikenal tapi masih minim info sejarahnya hehehe

    Reply

    1. penjelasannya gak ada, minim informasi bar

      Reply

      1. Ah sayang banget yaaa, padahal ini potensial jadi tempat wisata sejarah.

  11. candinya dari batu bata merah ya?

    Reply

  12. Lah saya yang org karawang aja blm kesini muahahahhaah

    Reply

    1. aku penasaran penangkaran buaya di karawang

      Reply

  13. ternyata ada candi di Karawang, baru tau ๐Ÿ˜€
    cerita sejarahnya ada gak kak Win? dari kerajaan apa ya

    Reply

    1. baca review orang candi jiwa dari Kerajaan Tarumanegara

      Reply

  14. Selalu seneng kalo liat candi, besar maupun kecil, terkenal ato enggak, ga masalah pokoknya seneng aja.
    Sayangnya sebagian masyarakat kita masih susah diarahin buat hidup bersih ya, padahal kalo ada niat sebenarnya ga sulit lho

    Reply

    1. sama kak aku juga suka candi:)

      Reply

  15. nggak terlalu besar ya mbak candinya?
    dan itu ada semacam selokan di kelilingnya?

    Reply

    1. betul kak ada selokan dan kecil candinya

      Reply

  16. Aku belum pernah kesitu, seru juga.

    Reply

    1. boleh dicoba kak pas libur

      Reply

  17. saya ada rencana gowes kesini mba .. tapi ga tahu kapan sih .. hanya ada di list saja ๐Ÿ˜€

    Reply

  18. boleh nih jadi target selanjutnya.. mumpung masih di ibukota.. liat peta 60an km dari jakarta.. semoga nggak lama di jalan.. ๐Ÿ˜€

    Reply

  19. saya enam tahun di Karawang dan belum ke sini. Asem.
    Eh masih di Karawang?
    Boleh main ke tempatku di Karawang Barat.

    Reply

    1. ntar pengen keliling wisata krawang kak

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s