KA Bandara Railink Solusi Pintar Transportasi di Jakarta


Innovation distinguishes between a leader and a follower.

By Steve Jobs

Copy Right: ARS
Copy Right: ARS

Hello World!

Jakarta, 27 Juni 2016

Masih ingat pengalaman perjalanan saya ketika ketinggalan pesawat ke Singapura karena macet sehingga terlambat datang ke Bandara? Tentu pengalaman ketinggalan pesawat akibat macet banyak yang pernah dialami oleh beberapa teman bukan hanya saya saja, apalagi  tahu sendiri Jakarta itu sangat macet sehingga cerita lamanya perjalanan ke Bandara khususnya Bandara Soekarno Hatta Jakarta sudah tak asing bagi kita. Tapi tenang saja, masalah macet dan telat ke Bandara sebentar lagi akan diatasi karena PT Railink yang merupakan sebuah perusahaan patungan yang 60% sahamnya dimiliki oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan 40% saham oleh PT Angkasa Pura II (Persero) sedang membangun Kereta Bandara di Soekarno Hatta Jakarta. Wow, sungguh terobasan dan inovasi bagus dalam dunia transportasi di Jakarta pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Aku sendiri baru tahu kalau PT. Railink itu sedang membangun kereta Bandara di Soekarno Hatta itupun tahu karena ikut acara Buka Bersama dengan tema Perkenalan dan Perkembangan Kereta Bandara Soekarno Hatta (Soetta) bersama-sama teman blogger lainnya di Spumante All Day Dining Menteng tanggal 27 Juni 2016 silam.

Bukber dengan Railink Copy Right: ARS
Bukber dengan Railink Copy Right: ARS

Aku memang sering memperhatikan kalau di Bandara Soekarno Hatta adanya pembangunan jalan tapi tak pernah aku sangka itu adalah Kereta Bandara di Jakarta. Dengan mengikuti Silaturrahmi dengan PT Railink barulah aku mendapatkan informasi yang membahagiakan sekaligus berita baik khususnya buatku yang suka jalan-jalan.

Dulu aku sempat cemburu dengan negara tetangga kita seperti Malaysia yang memiliki Kereta Bandara sehingga leluasa untuk pindah kesana kemari dan tanpa khawatir akan macet. Bahkan durasi ke Bandara dapat diprediksi dengan pasti. Kemudian tanggal 25 Juli 2013 beroperasilah Kereta Bandara di Indonesia pertama yang bernama Kereta api Airport Railink Services (KA ARS) bersamaan dengan beroperasinya Bandara Internasional Kuala Namu kala itu. Sebagai bangsa Indonesia tentu aku bangga dong punya kereta Bandara, sehingga transportasi yang ada di Indonesia tidak kalah dengan negara tetangga kita. Apalagi aku yang asli orang Sumatera Utara dan sering bolak-balik Medan maka pertama kali merasakan naiknya kereta Bandara bernama ARS tahun 2013 merupakan pengalaman yang tak terlupakan saat itu. Waktu itu naik Kerata seakan berada di Pesawat terbang, canggih dan luar biasa. Kereta Bandara Kuala Namu bersih, bangkunya nyaman, adanya AC, reclining seat,Wi-Fi, serta audio visual bahkan adanya Pramugara cakep dan Pramugari cantik seperti di pesawat yang senyum manis ketika memasuki kereta. Pokoknya serasa VIP padahal tiket yang dibeli waktu itu Rp75.000. Terus tanpa macet dari Kuala Namu ke Medan cuma 45 menit saja, kurang bahagia apa coba aku yang jadi traveler dimanjakan oleh kereta Bandara.

#bukberKAbandara Copy Right: ARS
#bukberKAbandara Copy Right: ARS

Nah berita baiknya dari Acara ngobrol santai disebut NGOBRAS dengan PT Railink beberapa saat lalu mengenai perkembangan Kerata di Bandara Soekarno Hatta. Dalam bukber sambil Ngobrol santai bersama blogger dihadiri langsung oleh Pak Heru Kuswanto, Dirut PT Railink; Pak Porwanto Handry N, PYMT Direktur Komersial; dan Pak Agus Pambagyo, Pengamat Kebijakan Publik. Informasi perkembangan kereta Bandara langsung dijabarkan oleh pakarnya. Dan aku yang mendapat undangan merasa bangga bisa bertemu dengan Dirut PT Railink langsung sambil buka bareng.

 Ngobras dengan Rainlink Copy Right: ARS
Ngobras dengan Railink Copy Right: ARS

Beberapa Catatan penting Mengenai  Perkenalan dan Perkembangan Kereta Bandara Soekarno Hatta

1. Rencana Ka Bandara Soekarno Hatta akan beroperasi di semester 1 tahun 2017 (estimasi jika project selesai tepat waktu dan tidak ada kendala)

Project Jakarta Airport Railink Copy Right: ARS
Project Jakarta Airport Railink Copy Right: ARS

2. Rute Ka Bandara Soekarno Hatta memiliki rute Stasiun Manggarai-Sudirman Baru-Tanah Abang-Grogol-Pesing-Kembangan-Rawa Buaya-Kalideres-Batu Ceper-Bandara. (Sumber PT Railink)

Rute Kereta Bandara Jakarta Copy Right: ARS
Rute Kereta Bandara Jakarta Copy Right: ARS

3. Operational Plan KA Bandara Soeta akan terintegrasi dengan Trans Jakarta, MRT, LRT dan Commuter Line. City Railway Train akan berlokasi di Stasiun Sudirman.

4. Waktu kedatangan dari Sudirman-Bandara: +/- 52 menit (perkiraan lama perjalanan) dan 15 menit 30 menit (bolak-balik).

5. Jumlah keberangkatan 124 trip/hari, dengan kapasitas penumpang 33.738/hari dengan 10 gerbong dan bangkunya terdiri 6 bangku.

6.  Perkiraan Harga tiket Rp 100.000-150.000,-

7. Rencana proyek KA Bandara berikutnya di Padang, Palembang, Majalengka, Denpasar, Yogyakrta dan Makassar.

KA Bandaran dI Indonesia Copy Right: ARS
KA Bandaran dI Indonesia Copy Right: ARS

Menurutku dengan adanya kereta Bandara merupakan solusi cerdas dalam dunia transportasi di Indonesia. Salutnya lagi untuk membangun jalur kereta Bandara, pembangunannya tanpa adanya dana dari APBN sehingga pembebasan lahan murni dari dana PT Railink. Jadi kita patut apresiasi niat baik dari PT Railink. Innovative dan visioiner!

Kereta Bandara Copy Right: ARS
Kereta Bandara Copy Right: ARS

Semoga kedepannya Kereta Bandara Indonesia tetap menjaga kualitas jasanya khususnya paling salut dengan kebersihan dari kereta, waktu perjalanan yang tepat waktu, serta pelayannya.

Terakhir yang paling penting untuk membeli tiket kereta Bandara juga praktis bisa berupa dengan e-money, credit card,  applikasi maupun online reservation jadi tidak perlu repot untuk transaksi tunai serta bagi wisawatan asing bisa menggunakan kartu perbankan luar negeri. Keren kan?

Mari kita dukung Railink Indonesia untuk membangun Indonesia lebih baik!

PS

Dibawah ini photo pertama kali mersakan naik kereta Bandara, yang bangkunya bersih, dan nyaman! Pengalaman naik kereta Bandara Kuala Namu-Medan yang menyenangkan!

Kereta Bandara Kuala Namu Medan
Kereta Bandara Kuala Namu Medan

Ada yang pernah naik kereta Bandara Kuala Namu-Medan? Bagaimana pendapatmu mengenai kerata Bandara milik PT Railink?

Oh ya yang terakhir harapan untuk Kereta Bandara

1. Semoga nantinya Kereta Bandara dapat memberikan peta gratis tentang wisata daerah kepada wisatawan yang telah membeli tiket kereta. Misalnya Kereta Bandara di Jakarta maka ARS bisa memberikan peta wisata Jakarta lengkap dengan informasi mengenai transportasi yang digunakan baik Kereta, Busway secara umum sehingga wisatawan terbantu dan sekaligus promosi ARS bukan?

2. Wifi dan Colokan listrik perlu diperhatikan karena sangat penting bagi pejalan apalagi tuntutan zaman sekarang yang serba teknologi.

Tulisan ini diikutkan dalam BLOG Competition Railink tahun 2016, semua photo yang ada di dalam tulisan merupakan photo hasil dari Acara Ngobrol Seru dan Santai Bersama Railink dan copy right PT Railink. 

Referensi: Presentasi dari PT. Railink.

Untuk informasi mengenai jadwal dan Tiket Bandara ARS bisa dilihat di www.railink.co.id

 

Salam

Winny

 

Iklan

49 tanggapan untuk “KA Bandara Railink Solusi Pintar Transportasi di Jakarta

  1. Waaaahhhh… kalau nanti sudah kelar proyeknya, bisa nih dicobain pas main2 ke Jakarta.

    Btw, pas bukber itu ketemu Eno Nagacentil juga yaaaaa

  2. Waaah kereen nih bakal lebih terukur waktunya kalo mau ke Bandara. Suka dag dig dug dengan kemacetan selama ini kalo mau ke Soekarno Hatta naik Damri.

    Terimakasih informasinya Mba.

  3. duh gak sabar mau nyobain…alhamdulillah sampe sekarang sih gak pernah ketinggalan pesawat, tapi kalo dateng mepet2 sampe larian2 di bandara sih sering x))))

  4. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny….

    Semoga menang dalam lombanya ya. Mudahan apa yang dicitakan oleh rakyat Indonesia untuk ke Bandara akan tercapai. Tidak ada macet lagi yang perlu dirisaukan.

    Selamat hari raya Win, maaf zahir dan bathin.
    Salam Syawal yang indah dari Sarikei, Sarawak. 🙂

  5. Aku aja yang tinggal di Bandung tahu lho CGK lagi bangun kereta bandara, hehehe.

    Singapura, KL, dan Bangkok sudah memiliki kereta bandara, tinggal Jakarta dan Manila yang belum (5 ibukota besar Asia Tenggara). Semoga proyeknya tidak terkendala dan dapat selesai tepat waktu, biar lebih bangga boyong teman dari luar negeri ke Jakarta 😀

    Anyway, secara praktek Bandara Jogja adalah bandara pertama yang terhubung dengan pusat kota dengan kereta api.

  6. berbicara transportasi publik jakarta. sepertinya memang kereta api yang akan terus bisa diandalkan, mungkin menyusul adalah trans jak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s