Follow your passion, be prepared to work hard and sacrifice, and, above all, don’t let anyone limit your dreams.

By Donovan Bailey

Medan

Hello World!
Medan, 5 Juni 2016

Win, ada Gereja berbentuk Kuil di Medan, objek wisata Medan yang belum pernah dirimu kunjungi. Begitulah kira-kira ajakan temanku tahun 2012 ketika setahun meninggalkan Medan karena harus pindah bekerja di Kupang waktu itu. Tentu saja di tahun 2012 aku sudah mengunjungi Gereja yang mirip Kuil di India tapi saat itu pas datang ke Gereja Kuil di medan yang bernama Graha Bunda Maria Annai Velangkanni pada malam hari sehingga tidak terlalu jelas isi dari Gereja Kuil Medan. Barulah tahun 2016 bisa mengunjungi Gereja Kuil Graha Bunda Maria Annai Velangkanni Medan setelah beberapa kali gagal walau tiap tahun pasti balik ke Medan minimal sekali setahun. Itupun dengan berat hati adikku mau menemai aku dan keponakan perempuanku untuk jalan-jalan ke Graha Bunda Maria Annai Velangkanni.

Gereja Vihara

Gereja Vihara

Beruntungnya adikku tahu betul seluk beluk jalan di Medan, sehingga kami berdua hanya mengikuti jalan yang adikku bawa. Yah kami bertiga naik motor ke Gereja Kuil di Medan dengan dua motor, adikku sendiri dan aku dengan Keponakanku mengikuti akses ke Graha Bunda Maria Annai Velangkanni. Alamat Gereja Kuil Graha Bunda Maria Annai Velangkanni Medan di Jl. Sakura III No. 7-10, Perumahan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat, Medan. Sumatera Utara. Gereja Kuil Graha Bunda Maria Annai Velangkanni Medan sebenarnya berfungsi untuk gereja umat Katolik keturunan Tamil India  di Medan namun karena bentuknya yang unik sehingga pesona tersendiri bagi wisatawan.

Gereja Vihara Medan

Gereja Vihara Medan

Waktu kedatangan kami ke Gereja Kuil di Medan, meski hari terik ternyata banyak sekali wisawatan yang berkunjung untuk melihat isi gereja. Memang bangunannya unik menurutku karena jika tidak diperhatikan seksama maka akan dikira kuil Hindu namun karena ada ukiran salib maka jelas Gereja.

Objek Wisata Medan

Objek Wisata Medan

Walau perjalanan kami singkat ke Gereja Kuil di Medan, lumayan mengobati rasa penasaran akan wisata baru di Medan, wisata religi.

Gereja Vihara Medan

Gereja Vihara Medan

Catatan Perjalanan ke Gereja Kuil Graha Bunda Maria Annai Velangkanni Medan

  1. Tidak ada tiket masuk ke dalam Gereja Kuil Graha Bunda Maria Annai Velangkanni Medan
  2. Parkirannya juga gratis.
  3. Karena tempat ibadah umat Kristen, sebaiknya menjaga sikap dan tidak mengganggu.
  4. Akses ke Gereja Kuil Graha Bunda Maria Annai VelangkanniMedan cukup mudah bisa menggunakan motor, mobil maupun angkutan umum
  5. Gereja Kuil Graha Bunda Maria Annai VelangkanniMedan tidak terlalu luas sehingga 1 jam cukup untuk mengelilinginya
  6. Disekitar Gereja Kuil Graha Bunda Maria Annai VelangkanniMedan banyak penjual makanan sehingga tidak perlu khawatir lapar

Salam

Winny

Advertisements

Posted by Winny Marlina

Indonesian, Travel Blogger and Engineer

60 Comments

  1. AKu pernah kesini, Win.. kebetulan sama mantan boss, terus kita dianterin sama salah stau romonya.. Wah mewah sekali dalamnya.. plus dikasih tahu sejarahnya.. Takjub dah..

    Reply

    1. iya aku aja kak udah gak di medan baru tahu ada tempat menarik begitu

      Reply

      1. Gerejanya lumayan di pinggiran sih, jadi mungkin gak banyak yang tahu..

  2. Aku sudah win ke sini, akhir Februari

    Reply

      1. Disebelah kanan ada taman kecil yg unik

  3. Ada nuansa Hindunya ya Win 😀

    Reply

  4. Ahhhhh rindu ke Velangkanni, uniknya tempat ini selalu terjaga dengan baik. Bangunannya selalu bersih dan gak pudar.

    Reply

  5. Unik juga ya bangunannya.

    Reply

  6. Ah, kenapa ini bisa terlewatkan?! Cantik yah bangunannya dari luar emang kaya kuil Hindu.

    Reply

    1. kalau ke medan lg gk nyesel kak

      Reply

  7. bagus ya win…bener2 perpaduan gereja sama kuil hindu

    Reply

    1. iya Rinta kayak Medan Rasa India

      Reply

  8. Oooo aslinya bukan tempat wisata ya?

    Reply

    1. bukan tapi karena unik jadi banyak yang datang

      Reply

  9. Assalaamu’alaikum wr.wb, Winny…

    Ternyata ada juga binaan gereja seperti kuil ya. jarang sekali kita temui binaan rumah ibadah yang menggabungkan dua unsur agama ini ya. Sudah tentu menarik menjadi lokasi wisata.

    Salam Ramadhan al-Mubarak dari Sarikei, Sarawak.

    Reply

    1. selamat ramadhan juga siti

      Reply

  10. Wah gerejanya kok unik banget ya. Sama kayak gereja di Bali juga ada yang bangunannya berbentuk seperti pura dari bata merah

    Reply

    1. yang di bali namanya apa kak jadi penasaran

      Reply

    1. karena campuran unsur hindu ya

      Reply

  11. gereja dengan unsur India ya ..
    yang lengkung di bagian depan itu ramp bukan?

    Reply

    1. iya kak jadi medan rasa india

      Reply

  12. Cakep ya arsitektur gerejanya
    Klo ke Medan (lagi) ini harus masuk list kunjungan deh

    Reply

  13. Akulturasi budaya di rumah ibadah ya Win. Medan….masih di wishlist yg belum terwujud. Salam jalan-jalan Win

    Reply

    1. iya kak menarik jadinya

      Reply

  14. Akulturasi budaya di rumah ibadah ya Win. Medan wishlist yang belum tercapai nih. Selamat ibadah puasa ya Win.

    Reply

  15. aku juga belum pernah ke sana kok:)

    Reply

  16. unik banget bentuknya

    Reply

  17. keren nih Win… ntar ah kesana kalo lagi ke Medan… unik sekali bentuknya

    Reply

  18. sampai sekarang belum kesampaian kesini walaupun hampir tiap tahun pulang ke Medan hehehehe.. Emang ini gereja banyak disebut2 orang yach tampilan luarnya aja bagus apalagi dalamnya.

    Reply

    1. kalau balik harus disempatin kak 😀

      Reply

  19. Wah aristekturnya keren ya bisa merancang gerejanya kayak gini. Ah sayang, aku di Bandung nih, Mbak.. Jauh banget dari sini 🙂

    Reply

    1. moga nnati ada kesempatan kesana ya

      Reply

  20. Baru tau ada gereja vihara

    Reply

    1. aku jug alama baru tahunya kak

      Reply

  21. Hi, salam kenal..

    Gerejanya cakep yak, anw sempat berkunjung ke Lumbini ?
    itu juga cakep banget 😀

    Reply

    1. udah pernah yang lumbini cakep juga

      Reply

  22. Bangunan lama ga sih mbak? Kondisinya masih fresh gitu, terutama lantai jalan yang dipake naik.

    Reply

  23. Pas aku ke sini dulu udah sore… Nggak dapat gambar yang bagus. Pengen ke sini lagi deh. Btw suka sama kata-kata don’t let anyone limit your dreams. Loveee

    Reply

    1. kalau sore lebih bagusan ya kak.. kata nya buat motivasi kak 😀

      Reply

      1. Malah nggak dapat gambar bagus waktu itu 😐

  24. Weih, bagus ini mbak gerejanya,,,, Unik pula. Gereja kok kayak kuil di India ya? ckckck, tapi iya dink ada juga, di Bali Musholla tapi kayak pura,,, perpaduan keduanya,,,, keren, keren

    Reply

  25. wah salah satu tempat unik di kampung halamanku.
    nice post mbak,
    cuma kalo lagi ada ibadah jangan berisik apalagi pas foto-foto, ntar ditegur suster haha

    Reply

    1. Horas Medan emang cakep

      Reply

  26. Mbak …itu ciamik bangeeet gerejanya yaa … 🙂 Salam kenal ya …

    Reply

    1. salam kenal juga mbak, iya unik mbak

      Reply

  27. aku suka gereja ini, pernah sekali mampir

    Reply

  28. Wah, aku juga sempat ke sini kak waktu ke Medan.
    Tempatnya emang ciamik banget ya. Asli enggak kaya di Indonesia.
    Makasih buat sharingnya ya kak, ceritaku jadi berasa lebih lengkap setelah membaca blogmu 🙂

    Reply

    1. iya memang menarik untuk dikunjungi

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.